Siap Jadi Suksesor, Windows 11 Hadir dengan Fitur dan Tampilan Terbaru

Windows 11 muncul sebagai suksesor Windows 10, karena hadir dengan fitur hingga tampilan baru membuatnya lebih unggul dari Windows 10.

Cara Cek Product Key Windows 11 di Desktop dan PC
Windows 11

Microsoft resmi meluncurkan sistem operasi terbaru untuk komputer mereka. Windows 11, diumumkan pada tanggal 24 Juni 2021 kepada masyarakat umum. Kehadiran Windows 11 secara resmi menjadi jawaban akan pertanyaan akan masa depan sistem operasi Windows.

Jerry Nixon, divisi pengembangan software di Microsoft, menyatakan jika Windows 10 merupakan versi terakhir sistem operasi di Microsoft. Windows 10 dinyatakan sebagai layanan yang akan melakukan pembaruan. Namun semuanya tidak sesuai dengan kehadiran Windows 11 secara resmi.

Fitur Unggulan dalam Windows 11

Tapi pada kenyataannya kehadiran Windows 11 muncul sebagai suksesor Windows 10. Ada beberapa hal yang membuat Windows 11 lebih unggul dari Windows 10, tidak hanya logonya saja. Beragam fitur unggulan membuat Windows 11 patut kamu pertimbangkan.

Microsoft menyatakan jika UI serta beragam fitur baru pada sistem operasi Windows 11 bertujuan meningkatkan produktivitas. Beragam fitur ini akan memudahkan beragam pekerjaan. Berikut beberapa spesifikasi terbaru yang menjadi keunggulan Windows 11:

1. Tampilan Terbaru di Windows 11

Microsoft sengaja menyederhanakan desain di sistem operasi Windows 11. Hal ini bertujuan supaya Windows 11 bisa dipakai semaunya oleh semua pengguna. Seperti kemampuan Windows 11 yang dapat membuka aplikasi berdampingan.

Fitur Snap Layouts dan Snap Groups & Desktop dalam Windows 11 mempermudah aktivitas multitasking kamu. Sehingga kamu dapat membagi layar menjadi tiga ukuran yang besar dan dua ukuran kecil, dll. Fitur ini juga membuat kamu bisa menggunakan beberapa desktop sekaligus.

2. Fitur Chat

Kamu bisa menemukan fitur Chat pada Windows 11 yang terintegrasi langsung dengan Microsoft Team serta berada pada taskbar. Fitur chat ini memanglah tidak sama dengan fitur bubble. Tujuannya adalah mempermudah penggunanya untuk mengirimkan pesan tanpa perlu membuka aplikasi.

Dalam fitur ini kamu dapat mengirimkan suara, teks, video langsung ke kontak personal, tanpa peduli perangkat yang digunakannya. Fitur Chat ini akan memberikan akses instan buat memulai presentasi dan juga mempermudah melakukan mute ataupun unmute.

3. DirectX 12 Ultimate

Kehadiran Windows 11 menjadi kabar buat gamers, karena Microsoft menyatakan jika Windows 11 dapat memaksimalkan hardware komputer yang digunakan para gamers. Caranya adalah dengan menghadirkan teknologi terbaru yaitu DirectX 12 Ultimate.

Teknologi ini mampu mendayai hardware secara optimal dalam menghasilkan gambar menggunakan frame rate tinggi. Fitur ini juga akan memberikan pengalaman secara mendalam (immersive). Sehingga kamu tidak perlu khawatir jika frame rate tinggi akan membuat baterai laptop boros.

Windows 11 juga memiliki fitur Dynamic Refresh, dengan secara otomatis mengatur laju penyegaran ke mode terendah saat tak diperlukan. Lalu, ada juga DirectStorage untuk mempersingkat waktu loading serta mengizinkan jika memori kartu grafis memuat langsung file tidak melalui CPU.

4. Auto HDR, dan Xbox Game Pass

Windows 11 juga mempunyai fitur Auto HDR untuk membuat tampilan warna menjadi lebih hidup. Fitur ini juga bisa aktif walaupun digunakan pada gim non-HDR. Microsoft juga menyediakan fitur Xbox Game Pass untuk akses agar bisa memperoleh 100 game lebih yang berkualitas.

Katalog gim pada Xbox Game Pass juga selalu diperbarui setiap saat. Kamu yang sedang memainkan gim dengan fitur ini menjadi lebih mudah bertemu teman sehingga bisa bermain bersama. Bertemu dengan beragam teman yang bermain menggunakan konsol ataupun PC.

5. Fitur Widgets

Windows 11 juga menghadirkan fitur Widget supaya kamu bisa mendapatkan kabar terbaru. Panel fitur Widget juga dihadirkan di taskbar, dapat diakses jika menekan Windows+W. Fitur widget akan mencarikan berita terbaru dengan menggunakan algoritme AI.

Tidak hanya itu, fitur Widget Windows 11 juga bisa mengetahui jam, tanggal, cuaca, serta beragam informasi yang ingin kami ketahui. Tapi tidak seperti Windows Vista, Microsoft menghadirkan pengalaman berbeda, bahkan fitur Widget di Windows 11 tampil seamless seperti kaca transparan

6. Microsoft Store

Microsoft Store menjadi fitur buat kami yang sering mencari konten terbaru yang mengasyikkan, seperti film, gim, serta reality show. Kamu juga dapat mengunduh beragam aplikasi yang sedang hits di bidangnya mulai dari Canva, Zoom, Disney+, hingga Adobe Creative Cloud.

Semuanya itu dapat kami unduh tanpa perlu khawatir akan keamanannya, karena semua aplikasi-tersebut sudah lebih dulu diuji. Menariknya lagi, Microsoft Store juga menyediakan beragam Aplikasi Android yang kali pertamanya buat Windows 11.

Kamu jadi bisa mencari beragam aplikasi Android favoritmu di Microsoft Store serta mengunduh langsung dengan Amazon Appstore. Komputer Windows 11 akan menjalankan beragam aplikasi Android karena menggunakan teknologi Intel Bridge.

7. Microsoft Store yang Membantu Para Developer

Microsoft juga sangat membantu para pengembang, developer ataupun vendor software independen buat mencari pendapatan di Microsoft Store. Ini dikarenakan Microsoft telah mengizinkan untuk menyediakan aplikasi terbaik berbasis Win32, PWA ataupun aplikasi antarmuka lainnya.

Selain itu, Microsoft juga menawarkan antarmuka ARM64EC untuk software Visual Studio versi baru. Antarmuka inilah yang dapat dimanfaatkan developer dalam pembuatan aplikasi yang bisa kompatibel SoC ARM. Sehingga developer dapat memilih untuk memasukkan kode x64 atau ARM64EC.

Aplikasi kode ARM64EC dapat dipakai dengan mudah karena memang dirancang khusus untuk Windows. Sedangkan aplikasi dengan kode x64 akan dijalankan menggunakan emulasi bawaan Windows 11 buat ARM. Sehingga keduanya dapat dijalan bersama-sama secara optimal.

8. Mendukung WiFi 6E

Windows 11 merupakan sistem operasi Microsoft yang pertama mendukung langsung WiFi 6E. Jika menurut kecepatannya, WiFi 6E tidaklah berbeda jauh dengan WiFi 6. Karena transfer datanya sekitar 9,6 Gbps, tapi WiFi 6E menawarkan tingkat latensi lebih rendah.

Karena perangkat ini tidak cuma dapat menjalin koneksi melalu pita dengan frekuensi 2,4 GHz, 5 Ghz serta 6 GHz. Hal ini menjadi sangat berguna jika kamu sedang berada di area yang ramai dan padat. Kehadiran WiFi6E menjadi faktor unggulan dari Windows 11 yang dinantikan.

Cara Install Windows 11

Windows 11 telah diperkenalkan pada tanggal 24 Juni 2021 secara resmi. Tapi versi Windows 11 yang diperkenalkan paling awal merupakan versi yang kurang stabil. Kalau kamu merupakan tech-enthusiast yang memiliki komputer tidak hanya satu, dapat mencoba Windows 11 versi itu.

Berikut cara menginstall Windows 11 :

  1. Tekanlah tombol Windows serta klik tombol Settings dengan ikon gerigi.
  2. Kemudian masuk ke dalam menu Update & Settings.
  3. Lalu arahkan kursor paling bawah, kemudian klik Windows Insider Program.
  4. Terakhir, klik Get Started serta ikuti petunjuknya hingga selesai.

Penutup

Windows 11 hadir dengan tampilan lebih sederhana daripada Windows 10. Tapi ada beberapa fitur pada Windows 10 yang tidak ada di Windows 11. Beberapa hal inilah yang menjadi faktor utama yang membedakan Windows 11 dengan semua pendahulunya itu.

Untuk kamu yang memilih menjadi bagian dari program Windows Insider, kamu akan mendapatkan Windows 11 build preview. Windows 11 juga menjadi salah satu sistem operasi yang cocok untuk semua kalangan, bahkan buat gamers sekalipun.