Vivo X Fold, Smartphone Layar Lipat Pertama dari Vivo

Diprediksi akan menjadi pesaing Samsung Galaxy Z Fold, Vivo secara resmi akan mengeluarkan ponsel dengan konsep layar lipat yaitu Vivo X Fold.

Sumber gambar : https://inet.detik.com

Vivo resmi memperkenalkan smartphone layar lipat pertamanya setelah banyaknya rumor yang beredar. Diperkirakan akan menjadi pesaing Samsung Galaxy Z Fold 3, Vivo X Fold bersama dengan Vivo X Note dan tablet Vivo Pad telah menyapa market ponsel layar lipat di China.

Smartphone layar lipat yang mirip dengan seri Samsung Galaxy Z Fold ini memiliki layar utama dengan ukuran 8,03 inchi untuk penggunaan mirip tablet dan layar dengan ukuran 6,53 untuk penggunaan gaya ponsel yang lebih konvensional.

Review Vivo X Fold

Vivo X Fold, Smartphone Layar Lipat Pertama dari Vivo
Sumber gambar : https://inet.detik.com

Dibekali dengan prosesor Snapdragon 8 Gen 1, Vivo X Fold hadir dengan beragam keunggulan serta spesifikasi menarik yang dapat menunjang kamu dalam bekerja ataupun beraktivitas. Spesifikasi yang dapat dilihat mulai dari bentuk fisiknya, kualitas kamera, baterai, maupun penyimpanannya.

  • Smartphone Layar Lipat

Smartphone layar lipat Vivo X Fold ini dapat dilipat hingga sudut 60 derajat atau 120 derajat seperti laptop. Perusahaan smartphone ini mengklaim bahwa layar ponsel ini disertifikasi hingga 300.000 lipatan atau setara dengan melipat dan membuka perangkat 80 kali sehari selama setahun.

Dengan konsep smartphone layar lipat, Vivo X Fold ini dapat membantu pengguna menjalankan dua aplikasi secara bersamaan di layar bagian dalam yang lebih besar. Pada saat yang sama, pengguna juga bisa menjalankan jendela mengambang di atas untuk pengalaman multitasking yang lebih beragam.

  • Spesifikasi Layar

Mengusung konsep smartphone layar lipat, Vivo X Fold hadir dengan dua layar. Baik layar bagian luar maupun bagian dalamnya bisa dilipat. Layar bagian luar memiliki ukuran 6,53 Full HD+ dengan rasio 21:9. Sementara layar utama atau layar bagian dalamnya memiliki ukuran 8,03 inci dengan jenis AMOLED E5.

Layar sekunder atau layar luar berfungsi ketika layar utama ponsel digunakan dalam keadaan tertutup. Baik layar utama maupun layar sekunder, sama-sama mendukung refresh rate 120 Hz dan HDR10+. Layar utama dari smartphone lipat ini dapat dilipat ke dalam seperti sebuah buku.

Layar lipat ponsel ini menggunakan SCHOTT UTG (kaca ultra tipis, Schott yang memproduksi UTG Samsung). Layar jenis ini memiliki rekomendasi A+ dari Display Mate. Selain itu terdapat dua pemindai sidik jari dalam layar pada Vivo X Fold. Di mana keduanya adalah pemindai ultrasonik, bukan yang optik.

Panel yang digunakan AMOLED E5 dengan refresh rate 120Hz serta mendukung HDR10+. Vivo X Fold memiliki sensor sidik jari yang ditempatkan di kedua layarnya dengan menggunakan teknologi ultrasonic fingerprint. Berbeda dengan Samsung Galaxy Fold 3 yang memasang sensor sidik jarinya di tombol power.

  • Bagian Engsel

Bagi smartphone yang mengusung konsep layar lipat, engsel merupakan bagian yang penting. Pada ponsel ini engselnya menyerupai engsel sayap burung yang mengambang seperti pesawat terbang. Hal ini memungkinkan Vivo X Fold untuk menutup rata, dan tetap terbuka pada sudut antara 60 dan 120 derajat.

Vivo telah memaksimalkan konsep layar lipat X Fold. Dimana pengguna nantinya dapat menjalankan dua aplikasi secara bersamaan di layar bagian dalam. Ponsel ini memiliki jendela bidik saat bagian tengah dilipat hingga membentuk L. Hal ini akan memudahkan pengguna membuat konten tanpa bantuan tripod.

Jendela bidik setinggi pinggang ini akan membagi layar dalam bentuk L dan berfungsi untuk memotret hingga setinggi pinggang. Sehingga kamu dapat menggunakan mode ini untuk mengambil tangkapan eksposur lama dengan Vivo X Fold di permukaan yang datar.

  • Penyimpanan

Disertai prosesor Snapdragon 8 Gen 1, Vivo X Fold ini memiliki RAM hingga 12 GB dan media penyimpanan hingga 512 GB, memiliki pendingin VC liquid, lembaran konduktif termal grafit, dan gel konduktif termal.

Harganya didasarkan pada RAM dan ruang penyimpanannya. Adapun untuk RAM 12 GB dan ruang penyimpanan 256 GB dibandrol dengan harga 8.999 yuan atau sekitar 20,3 juta rupiah. Sedangkan untuk RAM 12 GB dan ruang penyimpanan 512 GB dibandrol harga 9.999 yuan atau sekitar 22,3 juta rupiah.

  • Baterai

Vivo X Fold juga dilengkapi dengan baterai yang memiliki kapasitas hingga 4.600 mAh. Baterai tersebut dapat diisi ulang dengan cepat. Vivo dilengkapi dengan dukungan kecepatan mengisi daya 66 watt yang membuat ponsel ini dapat mengisi daya hingga penuh hanya dalam waktu 37 menit.

Vivo X Fold ini juga dapat melakukan pengisian daya secara nirkabel hingga 50 watt. Selain itu ponsel ini juga dapat mengisi daya perangkat lain hingga 10 watt secara bersamaan. Smartphone layar lipat ini didukung dengan kecepatan pengisian daya yang cukup kuat untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

  • Kualitas Kamera

Vivo X Fold memiliki kamera utama dengan ukuran 50 MP yang didukung oleh sensor GN5 1/1,57 inch dan dilengkapi IOS. Vivo memiliki empat kamera di bagian belakang yang terdiri dari kamera tele foto dengan ukuran 12 MP, kamera periskop 8 MP (5x zoom digital 60x), serta kamera ultra wide dengan ukuran 48 MP.

Untuk Kamera utama Vivo X Fold memiliki ukuran sebesar 50 MP. Selain empat kamera tersebut, Vivo X Fold ini juga mendukung kamera selfie yang sangat baik. Ponsel ini memiliki dua kamera selfie yang berada di bagian dalam dan di bagian luar. Kedua kamera selfie tersebut masing-masing berukuran 16 MP.

Kamera Vivo X Fold ini didukung oleh teknologi Zeiss sehingga membawa beragam fitur menarik. Beberapa fitur menarik di antaranya adalah texture portrait, motion capture 3.0, super night scene, zeiss nature color, dan fitur lainya. Sementara kamera selfienya memiliki resolusi 16 MP.

  • Spesifikasi Harga

Untuk saat ini Vivo X Fold masih dipasarkan di China saja. Di China, Vivo X Fold ini hadir dengan tiga warna yang ditawarkan yaitu warna hitam, warna abu-abu dan warna biru. Vivo X Fold dibandrol seharga 8.999 yuan atau 20,3 juta rupiah untuk versi 12 GB dengan penyimpanan 256 GB.

Serta seharga 9.999 yuan atau 22,3 juta rupiah untuk versi 12 GB dengan penyimpanan 512 GB. Berdasarkan beberapa sumber dikutip bahwa Vivo X Fold ini akan mulai dijual secara eksklusif di China untuk tahapan awal mulai tanggal 22 April 2022.

Telah disinggung di berbagai media bahwa Vivo X Fold akan hadir untuk meramaikan pasar ponsel lipat di China. Namun, belum dapat dipastikan bahwa apakah ponsel lipat ini nantinya akan dapat diperjual belikan di luar pasar China dan masuk ke industri ponsel di Indonesia.

Penutup

Vivo X Fold merupakan smartphone layar lipat pertama yang dikeluarkan oleh Vivo. Ponsel ini didukung dengan prosesor Snapdragon 8 Gen 1 yang memiliki banyak keunggulan. Namun, belum dapat dipastikan apakah Vivo X Fold akan masuk ke pasar Indonesia, karena saat ini hanya dipasarkan di China saja.

Namun untuk kamu yang penasaran dengan ponsel ini bisa membelinya melalui marketplace luar negeri seperti Ali Express. Kita doakan saja semoga ponsel keren Vivo X Fold masuk ke pasar Indonesia dengan spesifikasi mumpuni seperti yang telah disebutkan di atas.