Vivo atau Oppo, Mana yang Lebih Baik?

Perdebatan mana yang lebih baik Vivo atau Oppo belum berakhir, simak pembahasannya berikut ini.

Vivo dan Oppo, Mana yang Lebih Baik?

Sejak awal era smartphone, produsen ponsel China telah mendominasi pasar smartphone Indonesia. Bahkan, salah satu raksasa teknologi dunia, Samsung harus mengalah pada ponsel yang diproduksi di negara tirai bambu seperti Vivo dan Oppo.

Uniknya, kedua merek ini berasal dari induk perusahaan yang sama, BKK Electronics. Meski lahir dari perusahaan induk yang sama, kedua merek smartphone ini tetap bersaing secara terbuka. Lalu apa perbedaan antara Vivo dan Oppo? Simak ulasan selanjutnya yuk!

Siapa yang Memiliki Spesifikasi Produk Paling Beragam?

Vivo dan Oppo, Mana yang Lebih Baik?

Sejak masuk ke Indonesia pada tahun 2013, OPPO telah membawa puluhan ponsel ke Indonesia. Ponsel yang dirilis juga memiliki variasi dan spesifikasi yang sangat beragam. Begitu pula dengan VIVO yang masuk ke Indonesia pada tahun 2014.

Karena perbedaan tahun sejak masuk ke Indonesia, jumlah produk OPPO melebihi VIVO. Namun dari segi spesifikasi dan harga, kedua ponsel ini tidak jauh berbeda. Mungkin ada sedikit perbedaan, namun itu tidak terlalu berarti.

Dari segi spesifikasi, keduanya memiliki tipe RAM dan penyimpanan internal yang berbeda di dalam smartphone mereka. Tersedia juga banyak varian RAM mulai dari 1GB hingga 12GB. Ruang penyimpanan internalnya mencapai 512GB.

Sedangkan untuk chipset bawaan, keduanya menggunakan jenis prosesor yang berbeda tergantung kelas ponsel yang ditawarkan. Keduanya hadir di setiap varian, dari kelas bawah hingga menengah.

Dalam hal harga, perbandingan antara ponsel OPPO dan VIVO tidak terlalu jauh. Dengan mengadopsi spesifikasi serupa, harga yang ditawarkan keduanya akan berada di kisaran yang sama.

Kisaran harganya juga sangat besar, mulai dari satu juta hingga puluhan juta, tergantung spesifikasi yang dibawa. Kamera dan baterai tidak jauh berbeda. Banyak dari seri yang dirilis juga memiliki kemampuan untuk mengisi daya dengan cepat.

Siapa yang Memiliki Produk Berkualitas Tinggi?

Vivo dan Oppo, Mana yang Lebih Baik?

Tingkat penilaian kualitas setiap orang berbeda-beda. Beberapa menilai dari daya tahan baterai, yang lain melihat kinerja kamera, sementara yang lain mengandalkan kekuatan ponsel saat terkena air atau terjatuh.

Karena OPPO atau VIVO memiliki spesifikasi yang mirip, tidak ada perbedaan besar dalam kualitas tampilan. Semuanya dikembalikan ke konsumen. Apa spesifikasi yang paling dibutuhkan untuk ponsel?

Misalnya, seri Find X dari OPPO bisa dibilang pilihan yang lebih baik daripada VIVONex untuk pembuat konten yang sangat bergantung pada penggemar fotografi dan kamera. Namun, jika kamu bekerja di luar masa normal pakai baterai, VIVOnex lebih andal.

Secara umum, baik desain bodi maupun interiornya menarik. Ini masalah harga yang merupakan faktor penentu akhir. Vivo merupakan produk dengan spesifikasi yang lebih sesuai dengan isi dompet Anda.

Kekurangan dan Kelebihan

Keduanya memiliki spesifikasi yang hampir sama, namun tentunya masing-masing merek tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Lantas apa saja kelebihan dan kelemahan kedua vendor ponsel China ini?

Kelebihan HP OPPO

  • Dengan desain cover yang menarik, berbeda dengan kompetitor.
  • Selalu beradaptasi dengan preferensi pasar.
  • Strategi pemasaran yang digunakan sangat baik. OPPO tidak hanya mengandalkan iklan di berbagai stasiun TV dan media online, tetapi juga sering bekerja sama dengan artis ternama untuk menjadi brand ambassador.
  • Di lini atas dan tengah, OPPO telah memperkenalkan VOOC flash charge, yang dapat memulihkan daya baterai empat kali lebih cepat dibandingkan ponsel lainnya. Jadi ketika baterai ponsel habis, kamu tidak perlu menunggu lama untuk mengisi baterai.
  • Kamera selfie dapat mengambil gambar yang lebih baik daripada pesaing dengan harga yang sama. Ini juga berlaku untuk perangkat yang dijual di semua lini, dari level awal hingga tinggi.

Kekurangan Smartphone OPPO

  • Harga yang ditawarkan lebih mahal dari spesifikasi produk yang dibawa.
  • Harga jual kembali ponsel OPPO cepat turun padahal harga belinya dinilai tinggi.
  • Dibandingkan dengan banyak pesaing, kualitas cangkang yang disematkan OPPO pada perangkat produksinya memang kurang memadai. Desainnya sangat menarik, namun masih banyak tipe yang menggunakan plastik sehingga mengurangi daya tahannya saat digenggam.
  • Di beberapa seri, antarmuka yang digunakan OPPO, ColorOS UI membuat ponsel sangat berat,
    Pembaruan sistem operasi jarang terjadi. Tentu saja, ini sedikit tidak nyaman. kami harus hati-hati memilih perangkat untuk mendapatkan pembaruan sistem operasi.

Keunggulan HP VIVO

  • Dilengkapi dengan teknologi dual motor quick charging yang diklaim mampu mengisi daya lebih cepat. VIVO mengklaim bahwa jika kamu mengisi daya dalam 5 menit, kami dapat mendengarkan musik di telepon selama 2 jam, dan bahkan jika kamu mengisinya selama 30 menit, itu akan memberikan waktu pakai hingga 7 jam.
  • Memperkenalkan berbagai inovasi menarik. Dari waktu ke waktu, para pengembang produk VIVO terus mencari cara untuk menghadirkan inovasi menarik pada produk mereka. Misalnya, dalam konsep dua layar yang baru-baru ini dibahas, kamera tersembunyi yang dapat muncul.
  • Meskipun memulai debutnya di Indonesia, harga VIVO cenderung lebih tinggi, dan merek tersebut dengan cepat beradaptasi dan menawarkan alat dengan harga yang kompetitif. Sesuai dengan spesifikasi yang dibawa, harganya juga lebih masuk akal.
  • Fitur kamera depan dan belakang cenderung lebih unggul dibandingkan merek lain dengan harga yang sama. Baik itu kamera selfie atau kamera belakang, kualitas kamera VIVO diakui secara luas oleh para reviewer sebagai salah satu kamera terbaik.
  • Desain penutup bodinya cenderung menarik.

Kekurangan HP VIVO

  • Banyak ponsel VIVO yang masih menggunakan penutup plastik untuk cover body, yang membuatnya tidak kokoh dan kurang tahan lama saat kamu memiliki perangkat tersebut.
  • Sebagai produk Cina, Funtouch OS, antarmuka yang dibuat oleh VIVO, mirip dengan sistem operasi iOS Apple. Antarmuka ini sangat mirip dengan iOS sehingga jelas tidak kreatif.
  • Brand VIVO hadir di semua lini pasar, namun dengan fokus pada produk kelas menengah. Oleh karena itu, calon konsumen perlu lebih cerdas mengetahui jika membutuhkan ponsel VIVO dengan harga murah.

Masing-masing merek tersebut memiliki kelebihan dan kelemahannya tersendiri. kami harus memilih merek yang sesuai dengan yang kamu cari, dan kelemahannya masih dapat diterima. Soal spesifikasi, OPPO dan VIVO tidak jauh berbeda di kategorinya masing-masing.

Jadi Oppo atau Vivo yang Bagus?

Apa Kelebihan HP OPPO? Ini Rekomendasinya!
Sumber gambar : www.oppo.com

Penilaian pribadi kamu lebih penting untuk membuat keputusan yang tepat. Karena setiap produk memiliki kualitas tersendiri. Jadi bagaimana jika kamu bertanya apakah Oppo atau Vivo yang bagus? Jadi tanyakan pada diri kamu berdasarkan informasi yang sudah kamu ketahui.

Kualitas Oppo dan Vivo kurang lebih sama, sehingga butuh usaha lebih untuk menentukan mana yang lebih baik, Oppo atau Vivo. Ini adalah perbandingan kelebihan dan kekurangan ponsel Oppo dan Vivo pada umumnya.

Semoga dapat membantu kamu untuk memberikan gambaran atau referensi sebelum membeli salah satu produk dari merek-merek di atas. Apapun pilihan Anda, semua tergantung selera dan kebutuhan pembeli. Jadi kamu tim Oppo atau Vivo?