Unik!! Ini Rekomendasi Aplikasi untuk Mencari Lokasi Orang

Ada banyak aplikasi smartphone yang kini memudahkan kita, salah satunya berguna untuk melacak lokasi orang. Apa saja rekomendasi aplikasi untuk mencari lokasi orang tersebut?

Begini Cara Cek Tarif Tol via Google Maps di HP Android dan iPhone
Ilustrasi Google Maps

Perkembangan teknologi memang membawa banyak kemudahan dalam banyak hal. Salah satunya adalah bagaimana tiap orang berinteraksi satu sama lain. Bahkan saat ini, sudah banyak bermunculan aplikasi untuk mencari lokasi orang.

Aplikasi ini sendiri memanfaatkan penggunaan dari GPS berbasis perangkat seluler. Nantinya, satellite GPS akan mendeteksi perangkat pengguna dan memberikan informasi tentang lokasi dari pengguna tersebut.

Rekomendasi Aplikasi untuk Mencari Lokasi Orang

Aplikasi untuk tahu lokasi seseorang ini sendiri memiliki banyak manfaat. Salah satu manfaatnya adalah berguna untuk orang tua melacak posisi anak Anda. Hal ini untuk memastikan anak tidak tersesat.

Lebih lanjut, aplikasi untuk mencari lokasi orang ini juga bermanfaat jika terjadi sesuatu pada pengguna, maka pihak berwenang bisa tahu dari mana harus mulai mencari. Berikut adalah beberapa rekomendasi aplikasi untuk mencari lokasi orang.

1. Glympse

Aplikasi pelacak lokasi gratis yang menjadi rekomendasi pertama adalah Glympse. Ini merupakan salah satu aplikasi yang cukup populer untuk berbagi lokasi. Salah satu keunggulannya adalah aplikasi ini gratis dan tidak perlu mendatar.

Nantinya, aplikasi ini bisa Anda gunakan untuk melihat posisi teman atau saudara. Aplikasi ini sendiri bekerja dengan sistem berbagi lokasi antara satu perangkat dengan perangkat lain yang menggunakan aplikasi sama.

Nantinya kamu bisa mengatur berapa lama perangkat tersebut bisa saling berbagi informasi ini. Hal penting lainnya adalah semua aktivitas tersebut membutuhkan izin akses, yang jika kamu tidak setuju maka akses tersebut tidak bisa digunakan.

2. Sygic Family Locator

Sesuai namanya, aplikasi untuk mencari lokasi orang ini cocok digunakan untuk kebutuhan keluarga. Nantinya, kamu bisa melacak dan mencari lokasi dari anggota keluarga dan mendapatkan data tersebut secara real time.

Keunggulan lain dari aplikasi ini juga adalah adanya fitur berbagi pesan. Nantinya, kamu bisa langsung mengirim pesan dengan basis teks dengan menggunakan aplikasi ini. Fitur ini juga membuat aplikasi ini menjadi semakin nyaman untuk digunakan.

Selain itu, dalam aplikasi ini juga ada fitur SOS. itur ini bisa digunakan jika seandainya ada anggota keluarga yang tidak ada kabar dalam waktu tertentu. Dengan menekan tombol SOS maka aplikasi akan langsung mencari posisi terakhir anggota keluarga tersebut.

3. Find My Friends

Aplikasi untuk mencari lokasi orang lain yang juga bisa kamu gunakan adalah find My friends. Aplikasi ini sendiri bekerja dengan menggunakan no handphone ataupun alamat email. Cara ini cukup efektif mengingat saat ini semua handphone terkoneksi dengan email.

Untuk melacak lokasi seseorang dengan aplikasi ini kamu hanya tinggal memasukan no handphone atau alamat email orang tersebut. Nantinya, aplikasi ini akan memasukan permintaan akses ke nomor atau alamat email tersebut.

Jika permintaan itu diterima oleh yang bersangkutan maka Anda akan langsung saling terkoneksi. Data lokasi yang ditampilkan juga merupakan data real time, sehingga aplikasi ini cukup akurat untuk Anda gunakan.

4. Google Maps

Cara mengetahui lokasi seseorang melalui gps juga sebenarnya bisa Anda lakukan dengan menggunakan Google Maps. Aplikasi bawaan Google ini memiliki fitur location sharing yang bisa kamu gunakan untuk melihat lokasi orang.

Cara kerja dari aplikasi ini sendiri cukup unik. Pengguna akan membagikan lokasi mereka ke orang lain. Nantinya, pengguna tersebut juga bisa mengatur berapa lama waktu yang mereka perlukan untuk berbagi lokasi tersebut.

Cara menggunakan aplikasi ini juga cukup mudah. Kamu hanya tinggal membuka Google Maps, lalu klik Menu. Setelah itu kamu bisa mencari menu Location Sharing lalu pilih Add People. Atur juga berapa lama kamu ingin membagikan data lokasi tersebut.

5. Life 360

Aplikasi untuk mencari lokasi orang lainnya yang bisa Anda gunakan Life 360. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk selalu terkoneksi dengan orang lain yang Anda inginkan. Aplikasi ini juga berbasis data real time.

Salah satu keunggulan dari aplikasi yang satu ini adalah adanya fitur circle. Dengan itur ini maka Anda bisa memilih dengan siapa saja Anda berbagi lokasi. itur ini juga membutuhkan akses dari kedua sisi pengguna.

Selain itu keunggulan lain dari aplikasi ini adalah Anda bisa memilih kapan ingin membagikan lokasi tersebut. Artinya, Anda tidak harus selalu memberikan informasi tentang posisi Anda secara terus menerus.

6. GeoZilla

Aplikasi untuk mencari lokasi orang lainnya yang juga bisa kamu gunakan untuk memantau lokasi seseorang adalah GeoZilla. Ini juga merupakan salah satu aplikasi populer yang bisa Anda gunakan untuk mencari dan mengetahui lokasi seseorang.

Salah satu keunggulan dari aplikasi ini adalah bisa membagi tugas dengan orang lain yang ada di grup aplikasi ini. Nantinya, Anda bisa menentukan siapa yang harus berbelanja, siapa yang harus membeli peralatan, dan lainnya.

Selain itu keunggulan lain dari aplikasi ini adalah tidak terlalu menguras baterai. Geozilla memiliki fitur Significant Location Change. Artinya, aplikasi ini tidak akan menyala jika perpindahannya dekat. Aplikasi akan aktif ketika Anda atau teman berpindah cukup jauh.

7. Find My Kids: Child Cell Phone Location Tracker

Sesuai namanya, aplikasi untuk mencari lokasi orang ini secara spesifik digunakan untuk mengetahui lokasi dari anak Anda. Nantinya aplikasi ini akan memberikan data lokasi berdasarkan GPS pada smartphone.

Salah satu keunggulan dari aplikasi ini bisa memberikan update lokasi secara berkala. Sama seperti aplikasi pencari lokasi lainnya, aplikasi yang satu ini juga membutuhkan izin akses dari kedua sisi pengguna.

Selain untuk mencari anak, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mencari orang dewasa lain Prinsip kerjanya tetap sama, pemantauan juga tetap memberikan data update secara real time dan cukup akurat.

8. Zenly

Aplikasi untuk mencari lokasi orang lain yang memungkinkan untuk berbagi data lokasi dengan orang lain berbasis nomor telepon adalah Zenly. Nantinya, Anda hanya tinggal memasukan nomor telepon dari orang yang ingin Anda pantau.

Aplikasi ini juga membutuhkan akses dari kedua sisi. Setelah Anda masukkan nomor telepon orang tersebut, maka mereka akan mendapatkan pesan konfirmasi. Jika mereka menyetujui konfirmasi tersebut, maka Anda bisa langsung melihat posisi mereka.

Keunggulan lain dari aplikasi ini adalah tidak terlalu boros pada pemakaian baterai. Hal ini karena aplikasi tidak membutuhkan space yang banyak ketika tidak digunakan. Bahkan ketika digunakan pun, aplikasi ini masih cukup ramah dengan penggunaan baterai.

9. Google Find My Device

Aplikasi berbagi lokasi selain untuk memantau lokasi orang juga bisa Anda gunakan untuk mencari perangkat yang hilang. Salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk hal ini adalah Google Find My Device.

Cara menggunakannya pun cukup mudah, Anda hanya tinggal mendaftarkan perangkat Anda ke aplikasi ini. Jika perangkat tersebut hilang, maka Anda bisa membuka aplikasi ini dari perangkat lain, dan melakukan pencarian.

Aplikasi ini selain bisa memantau lokasi juga bisa melakukan penguncian perangkat dari jarak jauh. Bahkan Anda bisa membunyikan alarm, menghapus data, dan membuat perangkat yang hilang tersebut terkunci dari jarak jauh.

Seberapa Penting Aplikasi Ini?

Aplikasi untuk mencari lokasi orang ini menjadi sangat penting terutama untuk kebutuhan keluarga. Anda bisa tahu di mana lokasi anggota keluarga yang lain dengan cepat. Jika terjadi sesuatu pun, Anda bisa dengan cepat tahu di mana lokasi terakhirnya.

Selain itu, aplikasi jenis ini juga bisa Anda gunakan untuk mencari perangkat yang hilang. Bahkan Anda juga bisa terus mendapatkan update lokasi dari perangkat tersebut. Anda juga bisa mengamankan data yang ada pada perangkat tersebut. Baca juga Aplikasi Telegram Premium Siap Meluncur, Ini Fitur dan Keunggulannya!