Ulasan Singkat HP OPPO A11k: Opsi Baru di Segmen Entry-Level

HP Oppo A11K bisa menjadi salah satu pilihan terbaik untuk ponsel kelas entry level. Penjelasan selengkapnya ada di sini.

Ulasan Singkat HP OPPO A11k: Opsi Baru di Segmen Entry-Level

Sebagai salah satu pemimpin pasar, OPPO Indonesia terus berupaya memperkuat pengaruhnya di tanah air. Kali ini, pabrikan smartphone asal Shenzhen itu membidik chip entry dengan penawaran terbarunya, HP OPPO A11k.

Meski memiliki anggaran yang terbatas, kelas menengah ke bawah memiliki pengaruh yang signifikan terhadap penjualan ponsel. Khusus untuk pasar Indonesia, bentuk pasar smartphone masih berbentuk piramida, dengan segmen tengah ke bawah menjadi yang terbesar.

Review HP OPPO A11K

Peluncuran OPPO A11k merupakan upaya perusahaan untuk memperkuat segmen ini. Banyak orang telah mencoba perangkat ini dan telah menuliskan reviewnya. Nah, berikut ini, kita juga akan mengulas panjang lebar mengani HP Oppo A11K:

  • Desain

Meski didesain untuk chip entry, OPPO A11k dibangun dengan desain yang prima dan menarik. Desainnya terinspirasi dari pola potongan berlian di bagian belakang. Mereka muncul dalam pola acak yang berbeda memberikan nuansa yang berbeda pula.

Menurut OPPO, konsep desain smartphone ini adalah 3D Diamond Blaze Design. Tersedia dalam dua warna, hitam dan putih, sesuai selera Anda. Ada layar sentuh di bagian depan, dengan tombol volume di sebelah kiri dan tombol daya di sebelah kanan.

Di bagian bawah terdapat slot speaker, port audio jack 3.5mm dan port micro USB. Desain ergonomis dan bodi melengkung yang elegan memungkinkan pengoperasian satu tangan dengan mudah. Secara keseluruhan, ponsel ini sangat nyaman di tangan atau di saku celana.

Kategori entry-level sering diremehkan, namun tidak demikian dengan OPPO A11k. OPPO telah mengungkapkan bahwa seri A11k telah melewati berbagai standar pengujian produk untuk memastikan kualitas dan keandalan.

Dimulai dengan uji tombol volume 100.000 kali, uji tombol daya 200.000 kali, bahkan tes 28.000 kali jatuh dari jarak 10cm. Ketika konsumen membutuhkan bantuan, jaringan nasional OPPO Indonesia yang terdiri dari 17 pusat layanan pelanggan dan lebih dari 20.000 situs penjualan selalu siap membantu.

  • Layar

Kualitas Layar OPPO A11k mengusung layar waterdrop berukuran 6,22 inci dengan resolusi HD+ 1520 x 720. Layar yang ditampilkan cukup untuk kebutuhan kelas penggunanya. Antarmuka di layar masih merupakan ColorOS 6.1.2 yang lama.

Hal yang sama berlaku untuk sistem operasi yang masih menggunakan Android 9. Namun, OPPO menyediakan teknologi pelindung mata tipe blue light shield. Dengan hadirnya filter blue light, dapat mencegah kelelahan mata akibat menonton video atau bermain game dalam waktu lama dan melindungi penglihatan Anda.

  • Kamera

Kamera OPPO selalu menjadi perhatian dalam kategori apa pun. Karena sudah menjadi fitur utama ponsel. Apalagi di era media sosial, di mana beragam konten seperti gambar dan video menjadi penting. Oleh karena itu, kualitas kamera yang kompeten adalah suatu keharusan.

Tapi tentu saja kita harus pintar dengan menurunkan ekspektasi. Kita menyadari sejak awal bahwa ini adalah ponsel kelas entry, sehingga dari segi fitur dan kualitas, tidak dapat dibandingkan dengan ponsel kelas atas seperti Reno, terutama seri Find.

OPPO A11k dilengkapi dengan kamera belakang ganda dengan teknologi AI. Kamera utama 13MP dan mendukung mode burst dan 6x digital zoom. Kamera selfie 2MP menghasilkan foto terbaik dengan kesan mendalam dengan efek bokeh.

Kedua, kamera depan 5MP didukung oleh teknologi AI Beautification, yang secara cerdas dapat meningkatkan selfie. AI Beautification dapat secara otomatis mendeteksi jenis kulit, usia, jenis kelamin, dan warna kulit untuk menghadirkan solusi filter kecantikan wajah yang melalui tahap penyesuaian.

Secara umum kualitas cukup baik untuk kelas ini. Secara khusus, beberapa fitur tambahan, termasuk yang dianggap penting, adalah Soloop. Bagi Anda yang ingin menjadi kreator TikTok atau Youtuber pemula, OPPO A11k hadir dengan Soloop Smart Video Editor, yang memungkinkan Anda mengedit video menakjubkan dengan mudah menggunakan filter sinematik.

  • Performa

OPPO A11k hadir dengan RAM 2GB dan penyimpanan internal 32GB. Jika ini tidak cukup, Anda memiliki opsi untuk ekspansi internal dengan kartu tambahan hingga 256 GB. Ini memastikan pengalaman penggunaan perangkat yang lancar setiap hari.

Namun tentunya dengan RAM, Anda tidak bisa menambah kapasitas lagi. Anda harus menerimanya apa adanya. Untuk menunjang performa, otak OPPO A11k dipercayakan kepada MediaTek yang di dalamnya terdapat chipset Helio P35.

Chipset ini memiliki prosesor octa-core 12nm dengan kecepatan hingga 2.3GHz. Cukup memadai jika hanya digunakan untuk kebutuhan game online, media sosial dan belajar di rumah.

Bagian penting lainnya adalah baterai. OPPO A11k memiliki baterai 4230mAh yang secara teoritis bertahan hingga 17 jam dengan streaming video non-stop. Jenis pengisian menggunakan port micro USB dan tidak mendukung pengisian cepat.

Penutup

HP Oppo A11K bisa menjadi salah satu pilihan terbaik untuk ponsel kelas entry level. Harga yang dibanderol untuk memboyong HP ini adalah sekitar Rp1.799.000. Cukup terjangkau dengan spesifikasi yang bisa diandalkan untuk kebutuhan standar sehari-hari. Baca juga Informasi Lengkap HP Vivo 1807, Spesifikasi Hingga Harga