Apa Saja Ukuran Poster di Photoshop yang Sering Digunakan dan Wajib Diketahui?

Bagi pengguna, ukuran poster di Photoshop merupakan bagian yang perlu diketahui sebelum membuat desain poster agar jika dicetak sesuai dengan tujuan atau kebutuhannya.

Apa Saja Ukuran Poster di Photoshop yang Sering Digunakan dan Wajib Diketahui?

Apakah Anda merupakan pengguna Photoshop? Bagi pengguna Photoshop yang sering membuat poster tentu tidak asing lagi dengan yang namanya ukuran poster di Photoshop. Para kreator IG juga bisa membuat ukuran poster Instagram di Photoshop dengan mudah.

Photoshop menjadi software yang sangat populer di kalangan desainer grafis atau pun para pekerja konten. Aplikasi dari Adobe tersebut bisa untuk mendesain icon atau logo, mengedit, atau memanipulasi visual yang berbasis digital.

Ukuran Poster di Photoshop

Kemampuan Photoshop tentu saja bisa digunakan oleh para profesional maupun para pemula. Bagi Anda yang baru ingin menggunakan Photoshop namun belum mengetahui ukuran poster digital, berikut sembilan ukuran poster di Photoshop yang perlu diketahui!

1. Poster ukuran A00

A00 merupakan tipe poster dengan ukuran 118,9 cm x 168,2 cm, sehingga termasuk dalam ukuran raksasa atau setara dengan tinggi orang dewasa. Ukuran ini sering digunakan sebagai promosi produk terkenal hingga ukuran poster film di Photoshop.

2. Poster ukuran A0

Ukuran poster di Photoshop yang kedua adalah A0. Poster ini sedikit lebih kecil daripada ukuran A00. Dengan ukuran tersebut, poster A0 cocok digunakan sebagai media promosi, hingga pameran lukisan, kaligrafi, atau gambar potrait di museum.

3. Poster ukuran A1

Poster-poster yang mungkin sering Anda jumpai di tempat umum biasanya menggunakan ukuran A1. Dengan lebar 59,4 cm dan panjang 84,1 cm, poster ukuran ini tentunya ideal jika digunakan sebagai media promosi di tempat-tempat publik.

4. Poster ukuran A2

Ukuran poster A2 setara dengan setengah tinggi dari orang dewasa, yakni dengan lebar 42 cm dan tinggi 59,4 cm. Poster ukuran ini ditujukan untuk membuat pesan singkat, biasanya di sekolah-sekolah, atau digunakan untuk memamerkan gambar tertentu.

5. Poster ukuran A3

A3 merupakan ukuran poster di Photoshop yang umum digunakan untuk menggambar maupun melukis. Dimensi poster A3 adalah 29,7 cm x 42 cm sehingga membuat poster ini banyak diminati oleh para kreator karena mudah jika igin dibawa ke mana-mana.

6. Poster ukuran A4

Bagi Anda yang menginginkan ukuran poster dinding di rumah atau di ruang keluarga, Anda bisa menggunakan ukuran A4. Ukuran A4 setara dengan ukuran kertas skripsi dengan panjang 21 cm dan lebar 29,7 cm.

7. Poster ukuran kecil

Ukuran kecil merupakan kategori lain dari ukuran dengan panjang 28 cm dan lebar 43 cm. Karena ukurannya yang tergolong kecil, poster ini tidak bisa diletakkan secara sembarangan atau harus ada penempatan dengan proporsi tertentu.

8. Poster ukuran sedang

Ukuran poster di Photoshop satu ini disebut sebagai ukuran architectural C. Poster ukuran sedang ini sengaja dibuat minimalis sehingga cocok jika ditempatkan di dinding rumah sakit atau biasa di dinding kantor.

9. Poster ukuran besar

Untuk acara outdoor atau poster yang dipasang di mall, ukuran yang cocok digunakan adalah ukuran besar atau disebut juga ukuran architectural D. Akan tetapi, ukuran ini tidak cocok untuk poster iklan karena setelah dicetak, resolusi menjadi kurang jelas.

Jenis-jenis Poster

Poster memiliki banyak jenis yang biasa ditemui di tempat-tempat tertentu, mulai dari sekolah, museum, kantor, mall, hingga di tempat pelayanan umum. Apa saja jenis-jenis poster yang sering muncul di sekitar kita?

  • Poster niaga
  • Poster pendidikan
  • Poster seni budaya
  • Poster kegiatan atau event
  • Poster layanan masyarakat
  • Poster hak asasi

Kelebihan dan Kekurangan Membuat Poster di Photoshop

Photoshop sebagai perangkat lunak untuk membuat poster atau melakukan fungsi grafis lainnya tentu saja memiliki banyak kelebihan atau keunggulan yang bisa dirasakan oleh para kreator, yaitu:

  • Mudah dioperasikan oleh siapa pun, baik pemula maupun profesional.
  • Gambar yang dihasilkan jelas.
  • Banyak tersedia ukuran poster di Photoshop.
  • Fitur Photoshop termasuk lengkap dengan berbagai tools yang bisa digunakan.
  • Bisa disimpan dengan format penyimpanan yang beragam.
  • Bisa memalukan koreksi atau manipulasi gambar yang diinginkan.
  • Terdapat editing efek yang seolah tak terbatas.

Di sisi lain, Photoshop juga memiliki kelemahan atau kekurangan sebagai aplikasi editing yang cukup populer sampai saat ini, yaitu:

  • Gambar yang bisa diedit hanyalah statis.
  • Harga dari aplikasi Photoshop relatif mahal, sehingga kurang cocok bagi pengguna yang low budget.
  • Butuh spesifikasi komputer yang tinggi agar bisa diakses secara optimal.
  • Harus menggunakan banyak layer dalam proses editing.
  • Ukuran file yang dihasilkan cukup besar sehingga akan memakan ruang penyimpanan.

Kesimpulan

Para pengguna bisa memanfaatkan ukuran poster landscape Photoshop hingga ukuran potrait yang tersedia sebelum membuat poster. Ukuran poster di Photoshop yang beragam tentu saja akan memudahkan pembuat poster dan menghasilkan poster yang tepat guna.

Kini Photoshop menjadi pilihan software yang populer bagi para kreator, terlepas dari kelebihan yang diikuti dengan kekurangan dari Photoshop sendiri. Anda juga bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi dengan aplikasi besutan Adobe tersebut. Baca juga Tertarik Dengan Seni Grafiti? Coba Aplikasi Grafiti Huruf Berikut Ini!