Tips Agar Trending di TikTok Bagi Pemula

Seperti Facebook dan Instagram, TikTok kini menarik hati banyak orang. Tidak terkecuali Indonesia, berikut tips agar trending di TikTok bagi pemula.

tips agar trending di TikTok

Sebagai aplikasi video pendek yang menghibur, TikTok memberikan ruang bagi pengguna untuk membuat video kreatif dalam rentang waktu 15 detik hingga 1 menit di ponsel mereka. Sebuah kebanggaan jika bisa berhasil trending di Tikok, berikut tips agar trending di TikTok.

Sekarang ini, bahkan pengguna dapat mengunggah 3 video TikTok selama 3 menit. Aplikasi TikTok sendiri memiliki banyak istilah yang umum digunakan. Namun, Salah satu istilah paling populer digunakan di Aplikasi TikTok adalah FYP. Apa itu FYP? Mengapa begitu populer?

Apa yang Dimaksud dengan FYP?

FYP adalah singkatan dari “For You Page” dan merupakan halaman yang direkomendasikan untuk aplikasi TikTok yang ditampilkan saat pertama kali Anda membuka aplikasi TikTok. Bagi yang sudah sering menggunakan TikTok, sudah tidak asing lagi.

Ada banyak video yang direkomendasikan di beranda paket FYP. Melalui halaman ini, pengguna dapat menyebarkan ulasan mereka di TikTok. Oleh karena itu, banyak pengguna yang ingin masuk FYP di TikTok.

Namun, FYP di aplikasi TikTok berbeda dengan halaman berikutnya. Di halaman berikutnya, jika seseorang mengikuti akun TikTok orang lain, video yang terakhir diunggah akan ditampilkan di halaman berikutnya.

Saat ini, jika halaman FYP ditampilkan berdasarkan popularitas dan algoritma tertentu, video yang dapat ditampilkan di FYP tidak selalu menarik. Metode FYP dengan TikTok tidak begitu sulit. Namun, untuk masuk ke FYP, Anda perlu melakukan tips agar trending di TikTok.

Tips Agar Tranding di TikTok Mudah Dan Aman

Tidak mudah untuk masuk ke halaman FYP dan membuat video Anda menjadi trending, karena ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan dan itu adalah kunci keberhasilan video yang akan dilihat lebih banyak orang.

Namun, ketika video muncul di halaman, secara tidak langsung membantu pemilik akun meningkatkan keterlibatan dan interaksi dengan pengguna TikTok lainnya. Sekarang, secara bertahap Anda memiliki kunci sukses di TikTok. Berikut cara masuk ke FYP Tik Tok, yang bisa dijadikan panduan.

1. Buat konten yang banyak diminati orang

Tips agar trending di TikTok.yang pertama adalah menyajikan konten yang menarik. Untuk dapat masuk ke halaman FYP di TikTok, Anda harus membuat konten yang dapat meningkatkan interaksi antara Anda dengan pengguna lain. Perhatikan juga kualitas videonya.

Ini dapat dicapai dengan membuat konten yang unik, menarik, dan tidak diragukan lagi asli. Bukan mengupload konten orang lain. Pastikan untuk memberikan caption yang akan membantu pengguna lain merasa senang dan tertarik dengan konten Anda.

Cara-cara membuat konten TikTok yang menarik bisa Anda pelajari dari berbagai sumber, terutama dari akun pengguna TikTok yang paling sering berhasil trending. Ingat, jangan pernah sepenuhnya meniru konten orang lain, Anda tetap harus punya ciri khas.

2. Upload video pada jam sibuk

Saat membuat dan mengunggah konten video TikTok, pilih jam upload TikTok tersibuk, karena pada saat itu, pengguna TikTok paling aktif. Anda dapat memulai mengupload video sesuai dengan jadwal sibuk bagi pengguna TikTok. Ini tips agar trending di TikTok.

Jam sibuk TikTok atau biasa disebut TikTok prime time adalah pukul 12.00 hingga 13.00 WIB di siang hari, 16.00 hingga 17.00 WIB di sore hari, dan 19.00 hingga 23.00 WIB di malam hari. Anda perlu menjadwalkan waktu membuka TikTok untuk melihatnya pada waktu-waktu ini.

Jika dilihat lebih rinci, inilah jadwal yang tepat untuk mengunggah video ke FYP TikTok selama prime time. Hal ini juga berlaku untuk Indonesia. Catat baik-baik waktunya jangan sampai salah menentukan waktu.

  •  Hari Senin: 14.00 WIB, 18.00 WIB, 21.00 WIB
  •  Hari Selasa: 10.00 WIB, 16.00 WIB, 21.00 WIB
  •  Hari Rabu: 11.00 WIB, 19.00 WIB, 20.00 WIB,
  •  Hari Kamis: 06.00 WIB, 21.00 WIB, 23.00 WIB
  •  Hari Jumat : 16.00 WIB, 24.00 WIB, 02.00 WIB
  •  Hari Sabtu dan Minggu 06.00 WIB, 07.00 WIB, 22.00 WIB

3. Berikan caption yang menarik

Caption adalah tips agar trending di TikTok, yang letaknya di bagian bawah video harus. Jika memungkinkan, konten teks mewakili konten video TikTok yang Anda unggah. Sejak bulan November tahun 2021, TikTok telah melakukan peningkatkan jumlah karakter dalam teks dari 100 menjadi 300.

Anda dapat memanfaatkan ini untuk membuat teks semenarik mungkin. Selain itu, caption ini bisa berupa pertanyaan untuk memancing dialog dan komentar dari pengguna lain. Ini adalah cara termudah agar link FYP TikTok Anda trending.

Hal ini dilakukan untuk meningkatkan dan mendukung video yang diunggah. Dengan interaksi yang banyak, video akan otomatis muncul di halaman FYP, dan jika memungkinkan akan terus menduduki posisi teratas.

4. Ikuti tren yang tengah viral

Selain itu, cara masuk ke FYP TikTok juga bisa dilakukan dengan mengikuti isu-isu yang sedang trend saat ini. Hampir setiap hari, selalu saja ada tema baru yang viral atau trending di aplikasi TikTok.

Dengan mengikuti tren dan tantangan saat ini, Anda dapat meningkatkan jumlah interaksi dengan pengguna lainnya, yang mengakibatkan video Anda masuk dalam FYP. Bahkan, jika memungkinkan bisa juga menduduki posisi teratas untuk tren yang Anda ikuti.

5. Kolaborasi dengan kreator lain

Buat konten untuk meningkatkan popularitas akun TikTok. Anda dapat berkolaborasi dengan pembuat TikTok lain untuk membentuk duo video atau menantang mereka bersama. Ini yang disebut dengan kolaborasi. Ini menjadi tips agar trending di TikTok yang paling jitu.

Video duet TikTok terbukti cukup ampuh untuk meningkatkan eksposur konten video yang dibuat. Jika hasil duet tersebut menarik, apalagi jika sampai kreator lain juga mengundang Anda untuk berduet menciptakan video duet. Berarti tips kolaborasi Anda berhasil.

6. Jangan lupa pakai hastag

Tips agar trending di TikTok atau muncul di FYP Anda adalah dengan menggunakan berbagai tagar yang sedang tren. Selain itu, pastikan untuk menggunakan hashtag yang relevan dengan video Anda.

Hastag agar masuk FYP TikTok juga membantu pengguna TikTok lain merasa lebih mudah mencari, memilih dan mengenali berbagai macam konten. Beberapa orang menggunakan hashtag #foryou, #FYP, atau #foryoupage.

7. Gunakan lagu-lagu populer

Cara mudah viral di TikTok saat membuat video bisa dilakukan dengan menggunakan lagu-lagu yang sedang sukses saat ini. Cobalah untuk melakukan pengeditan video sebaik mungkin, termasuk kutipan dari lagu tersebut. tips agar trending di TikTok yang satu ini sangat mudah.

Cara ini sangat efektif untuk menampilkan video di FYP. Namun, perhatikan konten videonya, bukan hanya lagu-lagu populernya. Jika konten tidak cocok, kecil kemungkinan orang akan menonton video Anda sampai akhir.

Semoga tutorial cara masuk ke FYP TikTok ini membantu ya. Ini juga secara tidak langsung dapat meningkatkan popularitas jika video masuk dan mencapai posisi atas halaman FYP. Anda harus konsisten mengupload video agar terbiasa dengan algoritma TikTok.

Penutup

tips agar trending di TikTok Ini hanya beberapa cara Anda dapat menjadi FYP di TikTok dan Anda dapat mencobanya ketika Anda ingin menjadikan video Anda sebagai video yang direkomendasikan untuk orang lain. Baca juga Cara Menjadi Influencer di TikTok dan Ini Potensinya!