Terkuak, Inilah Alasan Mengapa Harga iPhone Mahal

Mengapa harga Iphone mahal ketimbang Android, bahkan sampai puluhan juta rupiah? Hal tersebut terjadi karena beberapa alasan berikut ini.

Terkuak, Inilah Alasan Mengapa Harga Iphone Mahal

iPhone merupakan ponsel keluaran Apple yang muncul sebelum tahun 2010. Semenjak tahun tersebut, berbagai series iPhone dipasarkan. Dengan harga jual yang tinggi, bahkan sampai puluhan juta rupiah. Lantas mengapa harga iPhone mahal terlebih di Indonesia?

Padahal jika dilihat sekilas, spesifikasi yang dimiliki iPhone sama seperti Android. Tidak ada perbedaan berarti antara keduanya. Tapi lucunya, justru harga jual iPhone lebih tinggi ketimbang ponsel-ponsel Android, entah itu keluaran Samsung atau XiaoMi.

Kenapa Harga iPhone Mahal di Indonesia

Terkuak, Inilah Alasan Mengapa Harga Iphone Mahal

Sudah menjadi rahasia umum, iPhone memiliki nilai jual yang sangat mahal. Lebih mahal ketimbang ponsel bersistem operasi Android. Setidaknya ada beberapa hal yang menjadi alasan kenapa perkara tersebut terjadi, seperti:

1. Sistem Keamanan Sulit Tertembus

Apakah Anda mengetahui kenapa artis pakai iPhone, begitu pula dengan pejabat atau orang penting lain? Soalnya ponsel ini memiliki sistem keamanan yang cukup kompleks. Tidak seorang pun dapat membobolnya.

Kenapa hal tersebut dapat terjadi? Pasalnya, Apple memegang kendali penuh terhadap software dan hardware mereka. Dengan demikian, ponsel dapat mendeteksi bahaya sedini mungkin dan memberitahukannya ke pengguna.

Selain itu, iPhone pun menggunakan sistem penyimpanan closed-resource yang bernama iCloud. Dengan sistem tersebut, tidak ada seseorang pun yang dapat membobol data penting dari pengguna lain.

2. Kinerja Perangkat Tetap Bagus

Alasan berikutnya mengapa harga iPhone mahal ketimbang Android adalah kinerja perangkat yang tetap bagus. Meskipun Anda telah menggunakannya satu tahun atau lebih untuk berbagai keperluan.

Hal tersebut berbeda jauh dengan ponsel dari Android yang biasanya dalam waktu 7 bulan saja, kinerja perangkat akan menurun. Apalagi jika Anda menggunakannya secara intens untuk menjalankan aplikasi berat.

3. Periode Penggunaan Sangat Lama

iPhone memiliki hardware yang terbaik ketimbang merek lainnya, seperti Samsung, Oppo, atau Xiao Mi. Hal tersebut membuat ponsel ini dapat mempertahankan performa selama bertahun-tahun.

Bahkan meskipun Anda menggunakannya untuk berbagai keperluan yang dapat dibilang cukup berat. Salah satunya adalah bermain permainan daring yang sukses menarik minat masyarakat Indonesia dari berbagai usia.

4. Tampilan Muka yang Sederhana

Penyebab selanjutnya mengapa harga iPhone mahal, bahkan sampai puluhan juta rupiah adalah tampilan muka yang sederhana. Atas kesederhanaan tersebut, siapapun yang menggunakan ponsel ini tidak akan mengalami kesulitan.

Meski demikian, jika Anda sebelumnya pengguna Android, Anda akan membutuhkan sedikit waktu untuk beradaptasi. Tenang saja, adaptasi yang dilakukan tidak akan memakan waktu sampai berhari-hari atau berminggu-minggu.

5. Dapat Menjalankan Dua Tugas Sekaligus

Rutinitas manusia semakin padat seiring berjalannya waktu. Untuk mempermudah semua itu, manusia membutuhkan suatu perangkat yang dapat menjalankan dua perintah dalam satu waktu.

Di antara perangkat yang tersedia, semua produk Apple dapat menjalankan dua tugas sekaligus. Tugas tersebut dilakukan secara lancar, tanpa ada kendala sama sekali. Hal tersebut merupakan salah satu faktor penyebab kenapa harga iPhone di Indonesia mahal.

6. Biaya Penelitian

Mengeluarkan dan memasarkan produk baru ke masyarakat bukan perkara mudah. Sebagai produsen, Apple wajib melakukan riset terlebih dulu bersama para ahli di bidang masing-masing.

Terkadang, penelitian tersebut berlangsung sampai lama, bahkan bertahun-tahun. Apalagi jika apa yang diharapkan gagal tercapai oleh peneliti. Tentu saja, lamanya penelitian akan memperbesar biaya yang ada.

Dengan demikian, itu menjadi salah satu alasan kenapa harga jual iPhone dapat melambung tinggi, walau dalam keadaan bekas. Bahkan ada potensi nilai jualnya mencapai 20 juta lebih untuk series terbaru yang lebih canggih, elegan, dan modern.

7. Mengawasi Setiap Aplikasi yang ada di Apps Store

Apabila Anda membuka aplikasi Apps Store, Anda akan menemukan beragam aplikasi mulai dari game sampai kerjaan. Semua aplikasi tersebut tentunya memiliki jumlah unduhan dan rating yang berbeda.

Semua aplikasi yang muncul pada Apps Store tidak sembarangan. Mendapatkan pengawasan penuh dari Apple selaku produsen hp iPhone. Jika ada satu aplikasi yang mencurigakan, pihak perusahaan menghapus dari sistem mereka. Itu menjadi faktor mengapa harga iPhone mahal.

Kenapa iPhone Mahal Tapi Laku?

Terkuak, Inilah Alasan Mengapa Harga Iphone Mahal

Ketujuh hal di atas menjadi faktor-faktor mengapa harga iPhone mahal, terlebih di Indonesia. Meskipun mahal, penjualan terhadap produk tersebut cukup tinggi di seluruh dunia, sampai berates-ratus unit. Lantas, kenapa iPhone mahal tapi laku?

1. Gengsi

Masyarakat Indonesia menganggap bahwa iPhone itu ponsel untuk orang kaya saja. Hanya mereka dengan penghasilan sampai puluhan atau ratusan juta per bulan yang mampu membeli produk tersebut.

Oleh karenanya, berkat anggapan tersebut, siapa pun yang menggunakan iPhone sebagai ponsel pribadinya dianggap kaya. Secara strata ekonomi, derajat mereka pemilik hp tersebut naik drastic daripada sebelumnya.

Kemudian, untuk mendapatkan pengakuan sebagai orang kaya itulah, tidak sedikit orang yang membeli iPhone. Padahal secara keuangan, sebenarnya mereka tidak mampu untuk membayarnya, walau langsung atau cicil.

2. Strategi Promosi yang Baik

Apakah Anda mengetahui bahwa kenapa iPhone tidak diiklankan di televisi atau social media? Karena menurut perusahaan tersebut, promosi di kedua media ini tidak efektif dan tidak akan mendatangkan keuntungan melimpah.

Dalam pandangan Apple, mayoritas penonton televisi atau social media adalah mereka yang tidak memiliki pekerjaan. Dan asumsinya, mereka tidak mampu membeli produk keluaran perusahaan tersebut.

Oleh karenanya, Apple melancarkan strategi promosi lain yang dianggap lebih efektif meski terlihat kuno. Strategi tersebut adalah membuka gerai di mall atau supermarket mewah di seluruh dunia, meski harus menyewa tempat yang lumayan mahal.

3. Kamera Berkualitas Tinggi

Selama ini, iPhone memiliki kualitas kamera yang cukup baik. Setiap gambar yang ditangkap terlihat jernih di layar perangkat. Bahkan setiap detail yang terdapat pada objek gambar nampak jelas.

Dengan demikian, tidak sedikit pembuat konten yang menjadikannya sebagai salah satu alat untuk menciptakan video. Video berbagai jenis, entah itu review, tutorial, streaming dan lain-lain.

Hal tersebut yang pada akhirnya menjadi salah satu jawaban mengapa harga iPhone mahal. Meskipun mahal, berkat kamera yang jernih, banyak konsumen yang membeli produk tersebut, bahkan mengalahkan pesaing.

4. Menurunkan Pangsa Pasar

Selama bertahun-tahun, Apple berhasil mempertahankan citra sebagai brand ponsel untuk orang kaya. Buktinya adalah dengan desain yang menarik dan elegan. Pada sisi lain, teknologi yang tersemat selangkah lebih maju ketimbang kompetitor.

Seiring berjalannya waktu, iPhone mulai merubah citranya tersebut secara perlahan. Dengan cara mengeluarkan produk baru dengan harga tidak terlalu tinggi. Harapannya adalah agar masyarakat dengan ekonomi menengah dapat membeli produknya, termasuk iphone termahal.

Selain itu, Apple pun membuka pembayaran secara cicilan. Berlangsung selama satu tahun lebih, tergantung jumlah uang muka. Besaran bunga pun dapat disesuaikan oleh kondisi perekonomian para pembeli.

Penutup

Mengapa harga iPhone mahal disebabkan oleh banyak faktor. Beberapa di antaranya telah tersebutkan pada pembahasan sebelumnya. Meski demikian, tidak sedikit masyarakat yang membeli produk ini untuk keperluan pribadinya. Baca juga 10 Daftar Harga Iphone Termurah Tahun 2022 yang Bisa Kamu Miliki