Apa Itu Teknologi Panel Surya? Begini Manfaat dan Cara Pasangnya!

Panel surya adalah salah satu alternatif untuk menggantikan listrik dan bisa dipasang secara mandiri serta memiliki beragam manfaat lainnya.

Apa Itu Teknologi Panel Surya? Begini Manfaat dan Cara Pasangnya!

Panel surya merupakan salah satu alternatif untuk menghasilkan listrik secara mandiri. Bahkan panel surya memiliki sejumlah manfaat serta terhitung lebih hemat. Masalah listrik menjadi prioritas utama yang harus dianggarkan untuk menutupi biaya rumah tangga.

Karena hampir semua aktivitas dan penggunaan beragam teknologi sangat bergantung pada listrik. Secanggih apapun teknologi saat ini, tidak akan berfungsi tanpa listrik. Oleh karena itu, listrik merupakan kebutuhan pokok yang harus ada.

Hanya saja biaya dan harga listrik terus menerus naik. Hal ini membuat orang berpikir untuk menghemat penggunaan listrik dan menjaga agar biaya yang dikeluarkan tidak meningkat. Salah satu caranya adalah dengan memasang panel surya di rumah sendiri.

Cara Kerja Sistem Panel Surya

Apa Itu Teknologi Panel Surya? Begini Manfaat dan Cara Pasangnya!

Cara kerja sistem panel surya sangat berkaitan erat dengan efek photovoltaic. Saat sampai di bumi, sinar matahari mempunyai partikel yang kecil dan seringkali disebut sebagai foton. Didalam sel surya mengandung beragam rangkaian semikonduktor dan terdiri atas atom-atom.

Saat foton menabrak atom akan membuat energinya bisa memisahkan elektron dengan atom tersebut. Sehingga elektron akan mempunyai muatan negatif yang bergerak menuju area pita konduksi serta material semikonduktor nya.

Atom kemudian akan kehilangan elektron sehingga sering disebut juga sebagai hole bermuatan positif. Terjadinya kekosongan akibat kehilangan elektron, membuat daerah semikonduktor dengan elektron bebas mempunyai sifat negatif serta menjadi pendonor elektron.

Area inilah yang dinamakan sebagai semikonduktor tipe N. Lain halnya dengan semikonduktor hole yang mempunyai sifat positif akan berganti dan mempunyai tugas buat menerima elektron dan dinamakan sebagai semikonduktor tipe P.

Pertemuan area positif dengan area positif akan membangun suatu energi dan mendorong elektron serta hole bergerak secara berlawanan. Karena elektron akan pergi menjauhi area negatif sedangkan hole menjauhi area positif.

Jadi saat diberikan beban untuk menggunakan perangkat listrik timbullah arus listrik. Sehingga bisa dikatakan jika panel surya merupakan diode foto dengan permukaan sangat besar guna menangkap lebih banyak sinar matahari untuk menghasilkan energi listrik lebih besar.

Manfaat Menggunakan Panel Surya

Apa Itu Teknologi Panel Surya? Begini Manfaat dan Cara Pasangnya!

Ada banyak manfaat jika Anda memutuskan untuk menggunakan panel surya di rumah. Beragam manfaat ini juga bisa menjadi pertimbangan Anda dalam memilih panel surya yang ingin digunakan. Berikut manfaat panel surya yang dipasang secara mandiri di rumah :

1. Hemat tagihan listrik

Tentu saja, melonjaknya harga listrik mempengaruhi kondisi ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Apalagi jika harga listrik terus naik tanpa disertai peningkatan pendapatan. Menggunakan panel surya dapat menghemat hingga 50% tagihan listrik Anda

Bahkan Anda mungkin tidak perlu membayar tagihan listrik lagi. Hal ini karena Anda dapat memenuhi kebutuhan listrik di rumah Anda sendiri dengan menggunakan panel surya. Tidak heran jika panel surya kini sedang mendapatkan perhatian yang besar.

2. Ramah lingkungan

Dengan menggunakan sistem pembangkit listrik yang menggunakan energi matahari berperan dalam menjaga alam. Energi sinar matahari termasuk sumber energi ramah lingkungan, selalu tersedia dan mudah didapatkan

3. Cocok diterapkan di Indonesia

Indonesia merupakan negara tropis sehingga matahari bersinar sepanjang tahun. Hal ini membuat Indonesia merupakan tempat yang cocok. Sehingga sistem panel surya dapat diterapkan ke seluruh rumah di Indonesia dan akan menjadi pembangkit listrik mandiri.

Syarat Memasang Panel Surya di Atap Rumah

Jangan sembarangan saat cara memasang panel surya di atap rumah Anda. Karena pemasangan panel surya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Selain itu agar tidak perlu adanya pembongkaran karena pemasangan yang salah. Jadi pastikan Anda memperhatikan hal-hal berikut:

1. Perhatikan Lokasi Pemasangan

Pemasangan panel surya biasanya diletakkan di atap rumah karena paling banyak terkena sinar matahari. Namun untuk memaksimalkan energi yang Anda dapatkan, perlu memperhatikan letak rumahnya.

Semakin dekat rumah Anda dengan garis khatulistiwa, semakin mudah terkena sinar matahari. Anda juga perlu memperhatikan arah hadap atap, letak tanah untuk memasang sistem panel surya, dan jarak antara panel surya atap dengan panel listrik utama.

2. Membeli Komponen Berkualitas dari Tempat Tepercaya

Hati-hati saat membeli suku cadang untuk panel surya. Periksa kredibilitas penjual dan beli komponen berkualitas tinggi dari penjual dengan garansi produk. Penjual juga harus memberikan layanan dan layanan garansi jual jika terjadi masalah.

Hal ini penting karena menyangkut peralatan listrik yang dapat berbahaya jika terjadi kegagalan atau masalah sistem.

Sistem Panel Surya Atap Rumah Grid Tie

Sistem panel surya atap, yang disebut grid ties, menggunakan panel surya yang terhubung ke listrik PLN. Pada dasarnya keluaran daya dari sistem ini terhubung langsung ke PLN, sehingga dapat digunakan kembali. Berikut adalah tiga cara sistem panel surya Grid Tie :

  • Penghuni rumah akan memasang sistem panel surya dan grid tie inverter dan BOS (sistem keseimbangan termasuk panel kontrol, konektor, kabel, keamanan, dll.) di dalam rumah.
  • PLN akan memasang meteran kWh khusus yang disebut kWh impor/ekspor atas permintaan penghuni rumah. Ini membantu untuk mencatat jumlah energi yang dipasok / dijual ke PLN oleh penghuni rumah. Serta besarnya energi yang digunakan oleh PLN pemilik rumah.
  • Selisih antara daya komunikasi ke PLN atau daya yang dijual dan konsumsi daya keluarga dihitung secara rinci oleh PLN. Pemilik rumah memiliki “tabungan” yang dapat digunakan kembali kapan saja jika tenaganya melebihi konsumsi energi maksimum.

Rata-rata, saat memasang sistem panel surya grid tie, pemilik rumah dapat menghemat 30% hingga 40% dari tagihan PLN bulanan mereka sebelum memasang sistem panel surya. Sehingga pemasangan panel surya di rumah kini mulai populer karena lebih hemat

Cara Memasang Sistem Panel Surya Grid Tie

Pemasangan model ini tidak terlalu rumit, tetapi membutuhkan pengawasan ahli yang kompeten di bidangnya untuk menghindari hal-hal yang tidak perlu. Jika Anda tertarik dan ingin memasang panel surya berikut beberapa hal yang harus diperhatikan :

1. Perhatikan Jenis Atap Rumah

Sebelum memasang panel surya pastikan untuk mencari tahu jenis atap rumah yang digunakan. Perhatikan juga hal-hal detail misalkan rumah Anda menghadap kemana? Berapa biaya kWh yang harus dibayarkan setiap bulannya? Apakah listrik PLN menyala dalam 24 jam?

2. Menghitung Persyaratan Sistem Panel Surya

Pastikan untuk selalu gunakan total kapasitas energi panel surya yang lebih kecil dari kapasitas kWh yang terpasang di rumah. Selain itu pastikan Anda menghitung persyaratan sistem panel surya dengan baik.

3. Gunakan Produk Panel Surya Berkualitas Tinggi

Jika Anda menemukan penyedia produk yang menjamin garansi produk, periksa juga apakah mereka memiliki jasa pemasangan dengan pengalaman memasang sistem panel surya atap yang telah terbukti dan sudah bekerja setidaknya selama satu tahun.

Pastikan untuk bertanya jika ada pertanyaan agar tidak ada kesalahan dalam pemasangan. Agar panel surya yang dipasang sesuai keinginan dan berfungsi sebagaimana mestinya. Mengingat biaya serta pemasangan panel surya tidaklah mudah dan membutuhkan biaya yang lumayan.

Demikian pembahasan tentang teknologi panel surya, semoga bermanfaat untuk Anda yang ingin menghemat energi. baca juga artikel lain terkait Motor Listrik Makin Menjamur dan Terjangkau, Ini Rekomendasi Pilihannya!