Tanda-tanda Kamu Kecanduan Media Sosial dan Cara Mengatasinya

Ada beberapa tanda kamu sudah kecanduan media sosial, bahkan ini mungkin tidak disadari. Simak bagaimana cara mengatasinya!

Tanda-tanda Kamu Kecanduan Media Sosial dan Cara Mengatasinya

Penggunaan media sosial sudah umum bagi anak-anak, remaja, dewasa, orang tua, atau siapa pun. Kebiasaan ini bisa berbahaya karena dapat menyebabkan kecanduan. Bahkan mungkin secara tidak sadar kita telah masuk dalam perangkap ini.

Sebuah survei tahun 2017 menemukan bahwa sekitar 210 juta orang di seluruh dunia menderita kecanduan internet dan media sosial. Tentunya hal ini dapat meningkat seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi dan media sosial.

Tanda-tanda Kamu Tergila-gila dengan Media Sosial

Tanda-tanda Kamu Kecanduan Media Sosial dan Cara Mengatasinya

Dalam hal kecanduan, banyak orang hanya fokus pada dunia media sosial. kamu dikatakan dalam keadaan ini jika memiliki salah satu dari tanda atau gejala kecanduan media sosial berikut:

1. Ketika Bangun Langsung Periksa Media Sosial

Hampir semua pecandu media sosial memulai kehidupan sehari-hari mereka dengan memeriksa ponsel untuk melihat apa yang mereka lewatkan di Facebook, Twitter, dan Instagram saat tidur nyenyak.

Ponsel juga merupakan hal terakhir yang kamu matikan sebelum tidur. Bahkan, mengganggu waktu tidur karena selalu terobsesi dengan browsing media sosial.

2. Selalu Berpikir Bagaimana Mendapatkan Selfie yang Sempurna

Selalu berfikir untuk mendapatkan foto terbaik untuk diposting di Instagram biasanya dihadapi oleh orang-orang yang tergila-gila dengan media sosial.

Pecandu ini ingin membuat pengikutnya cemburu, jadi dia perlu mengunggah foto yang sempurna. Proses ini bisa membuat stres dan menjengkelkan, tetapi tampaknya kamu tidak mempedulikan konsekuensinya.

2. Terhubung ke Internet Kapan Saja

Tanda lain dari kecanduan media sosial yang harus kamu waspadai adalah selalu online kapan saja serta di mana saja. Tidak hanya berlibur, tetapi juga saat di seberang jalan dan pergi ke kamar mandi, kamu akan selalu terhubung di media sosial.

Tidak pernah bosan dengan ponsel sepanjang hari untuk menelusuri dan menonton video viral tanpa akhir atau melihat ratusan foto liburan teman. Apa pun yang dilakukan saat bermain media sosial, kamu dapat menemukan tempat dan cara untuk membenamkan diri di media sosial.

4. Tidak Ada Internet, Hidup Sengsara

Hal-hal buruk bisa terjadi, seperti ketika kamu tidak memiliki internet / WiFi. Merasa tidak mampu menavigasi timeline untuk melihat aktivitas dan posisi teman dan keluarga dapat menyebabkan perasaan cemas dan gelisah.

Kamu seperti kehilangan dunia saat tidak menemukan jaringan internet. Bahkan tidak sedikit orang yang menjadi murung ketika hal itu terjadi. Ini menjadi tanda yang benar-benar harus dihindari karena sangat berdampak buruk.

Cara Mengatasi Kecanduan Media Sosial

Tanda-tanda Kamu Kecanduan Media Sosial dan Cara Mengatasinya

Kecanduan tidak terbatas pada alkohol, tembakau, seks, makanan/minuman manis, narkotika, dan permainan. Ada juga kecanduan media sosial yang berbahaya dan harus diwaspadai. Jadi pertanyaannya adalah bagaimana mengatasi kecanduan media sosial?

1. Fokus Pada Orang-Orang di Sekitar Kamu

Untuk mengatasi kecanduan media sosial, mulailah dengan satu hal sederhana. Misalnya, saat menghabiskan waktu bersama, fokuslah pada teman dan keluarga. Dengan kata lain, masukkan smartphone kamu ke dalam tas atau sejenisnya.

Ingatlah bahwa mereka tidak hanya membutuhkan kehadiran kamu, tetapi juga energi positif yang kamu berikan kepada mereka. Bagaimana perasaan kamu saat mengobrol dengan seseorang yang sibuk bermain media sosial di perangkat pintar kamu?

Ini menjengkelkan bukan? Jadi jika kamu tidak ingin diperlakukan seperti ini, pastikan untuk memperhatikan dan menghormati orang lain.

2. Peningkatan Sosialisasi Dalam Kehidupan Nyata

Padahal, tak ada salahnya berkomunikasi lewat media sosial yang menawarkan fitur seperti FaceTime. Namun, jika sering memilih metode komunikasi ini, ada baiknya kamu berpikir ulang.

Sekali lagi, tidak apa-apa menggunakan fitur seperti FaceTime. Tapi kamu harus bertemu face to face, kan? Masih banyak lagi manfaat bersosialisasi dalam kehidupan nyata.

Saat kamu bertatap muka dengan seseorang, tidak banyak tembok yang memisahkan kamu dari orang lain. Dengan cara ini, keduanya bisa berkomunikasi lebih akrab, bebas, dan tentu saja lebih menyenangkan.

3. Matikan Notifikasi dan Hapus Akun yang Tak Dipakai

Cara ini tidak terlalu efektif dalam mencegah kecanduan media sosial. Dengan mematikan notifikasi, kamu dapat fokus pada tugas yang sedang dikerjakan dan hal lainnya. Selain itu, menghapus akun media sosial kamu adalah salah satu cara paling efektif untuk mengatasi kecanduan media sosial.

Menurut Mary Potter, Direktur Pemasaran Professional Organizers Canada, langkah pertama dalam mengakhiri kecanduan media sosial adalah dengan menghapus platform yang tidak digunakan.

4. Temukan Aktivitas Lainnya

Jika kamu merasa asyik dengan media sosial, segera cari aktivitas bermanfaat lainnya. Tujuannya untuk mengurangi intensitas browsing internet di dunia maya. Semakin sibuk kamu dengan aktivitas lain, semakin sedikit waktu yang dihabiskan di media sosial.

Kegiatan apa yang bisa kamu coba? Ada begitu banyak yang bisa dicoba, seperti olahraga dan hang out bersama keluarga dan teman dekat.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa menjajal hobi baru dan aktivitas seru bersama teman-temanmu. Ingatlah bahwa menghabiskan waktu berjam-jam secara online dapat bergantung pada teknologi dan dapat mengurangi kemampuan bersosialisasi.

5. Hapus Daftar “Teman” dan “Mengikuti”

Kecanduan media sosial juga dapat diatasi dengan menghapus daftar “Teman” dan “Mengikuti”. Sayangnya, kedua fitur ini adalah cara untuk berkomunikasi dengan kerabat, teman, atau orang di sana, sehingga sulit untuk melakukan prosedur ini.

Namun, tidak apa-apa untuk memeriksa daftar kontak media sosial kamu dan menekan tombol Hapus. Namun, sebelum melakukan tindakan ini, tanyakan pada diri kamu tiga pertanyaan:

  • Apakah mereka penyebab masalahnya?
  • Apakah mereka menambah hal-hal positif dalam hidup kamu?
  • Apakah kamu mengenal mereka di dunia nyata?

Jika jawaban pertanyaan pertama dan ketiga adalah “Ya” dan “Tidak” untuk pertanyaan kedua, tekan tombol “Hapus” atau “Berhenti Ikuti”. Ini membantu membuat mengubah kesehatan mental dan kesejahteraan dalam jangka panjang.

6. Selalu Kurangi Penggunaan Medsos

Ini adalah cara paling efektif untuk menghindari kecanduan media sosial. Cobalah untuk membatasi jumlah waktu yang kamu habiskan di media sosial setiap hari.

Kamu dapat menggunakan alarm atau stopwatch untuk mengontrol penggunaan media sosial. Jika memiliki kebiasaan lupa waktu saat menggunakan media sosial, kamu dapat menghilangkan kecanduan media sosial dengan cara ini.

7. Gunakan Dengan Bijak

Menggunakan smartphone dengan bijak adalah cara yang efektif untuk mengatasi kecanduan media sosial. Jika digunakan dengan bijak, ada manfaat lain yang bisa didapat dari media sosial. Tak hanya itu, kamu pun bisa merasa lebih nyaman dengan penggunaan media sosial yang cerdas. Ingatlah bahwa pengaruh media sosial bergantung pada cara kamu menggunakannya.

Misalnya, kamu tidak benar-benar harus memiliki semua jenis media sosial. Atau, kamu dapat mengaktifkannya di media sosial yang sering digunakan. Semakin banyak media sosial yang dimiliki, semakin lama kamu menghabiskan waktu di dunia maya.

Penutup

Ini adalah penjelasan untuk mengatasi kecanduan media sosial. Jika kamu merasa bahwa media sosial mulai menghambat produktivitas dan kamu tidak dapat menangani situasinya sendiri, menghubungi psikolog untuk mendapatkan saran yang lebih baik tidak pernah merugikan.