Rekomendasi Tablet Android dan iPad Terbaru, Anda Harus Tahu!

Tablet android dan iPad menjadi salah satu pilihan terbaik bagi Anda yang menginginkan fleksibilitas ketika beraktivitas.

Rekomendasi Tablet Android dan iPad Terbaru, Anda Harus Tahu!

Ninja Tekno – Persaingan di dunia elektronik saat ini semakin pesat. Tablet menjadi salah satu yang terdampak, di mana kini pasar tablet semakin sempit. Tablet android dan iPad kini mengalami kenaikan peminat dari tahun ketahun, sebab mereka masih memiliki tempat bagi beberapa orang. 

Masih banyak orang yang membutuhkan tablet, terutama tablet android. Tablet android yang fleksibel membuat beberapa orang yang menginginkan fleksibilitas dalam bekerja masih menggunakannya. Selain itu tablet android murah juga semakin banyak dijumpai sekarang.  

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Tablet Android atau iPad

Bagi Anda yang menginginkan tablet android atau iPad namun memiliki budget yang minim, tidak perlu khawatir. Karena saat ini tablet ekonomis atau murah semakin banyak di pasaran. Anda bisa menemukannya di berbagai toko baik online maupun offline.  

Ada banyak merek yang bisa Anda pilih, selain itu Anda juga bisa melihat spesifikasinya terlebih dahulu sebelum membelinya. Berikut beberapa pilihan produk yang bisa Anda pilih, mulai dari tablet android untuk pelajar, tablet android 5 jutaan, hingga tablet android 10 jutaan. 

Namun, sebelum membeli ada baiknya Anda melihat-lihat dulu rekomendasi tablet android yang ada, bauk melalui internet ataupun saran orang yang ahli. Berikut beberapa hal yang bisa Anda perhatikan ketika memilih tablet android. 

  • Prosesor 

Ketika ingin membeli suatu barang usahakan untuk melihat bagian dalamnya terlebih dahulu. Terutama ketika ingin membeli sebuah tablet android yang tergolong murah. Tablet yang memiliki prosesor octa core memiliki performa yang lebih baik dari yang lain. 

  • Ukuran layer

Bagi Anda yang gemar bermain game, menonton film atau youtube maka memilih ukuran layer juga menjadi hal penting. Sekarang ada banyak tablet yang menyediakan ukuran layer lebih lebar bahkan di angka 10 inch dengan resolusi layar tinggi dan teknologi IPS LCD.

  • Kapasitas memori atau RAM 

Selain melihat prosesor dan resolusi layer, Anda juga perlu melihat kapasitas memori yang disediakan. Usahakan memilih kapasitas memori yang besar agar dapat menunjang aktifitas Anda. selain itu kapasitas RAM yang besar membuat aksesibilitas semakin cepat. 

  • Fitur konektivitas

Selain dari ketiga hal di atas ada hal yang lebih penting lagi, yakni fitur konektivitas yang dimiliki tablet. Pemilihan tablet android harus sesuai dengan kebutuhan Anda, maka pilih tablet dengan konektivitas yang lengkap. 

Beberapa tablet murah tak jarang memiliki konektivitas yang rendah, tinggal bagaimana Anda pintar-pintar memilihnya. Beberapa konektivitas yang harus dimiliki tablet Anda diantaranya Wifi 802.11 a/b/g/n/ac; Bluetooth 5.0; NFC; USB Type C 2.0.

  • Perhatikan harga 

Setelah Anda melihat spesifikasi dari tablet yang ingin dibeli, jangan lupakan sola harga. Jika harga tidak menjadi masalah maka Anda bisa mencoba merek keluaran Apple atau Samsung. Namun jika harga menjadi penting maka cobalah untuk mencari yang relevan. 

Ada barang ada harga memang benar adanya, di mana meskipun berharga murah jangan langsung tergius begitu saja. Cek Kembali kekurangan dan kelebihan dari produk yang Anda beli. Sesuaikan dengan kebutuhan Anda membelinya. 

Tablet Android dan iPad untuk Pelajar

Untuk para pelajar, tablet menjadi penunjang belajar mereka karena lebih fleksibel daripada laptop ataupun komputer. Pelajar bisa menggunakan tablet lebih leluasa dan bisa dibawa kemana saja. Tablet Android menjadi salah satu pilihan sebagian pekerja pula.

Tablet bisa menunjang kegiatan multimedia para desainer maupun grafis. Selain itu bagi para pelajar tablet ini menunjang multitasking mereka. Sesuaikan kebutuhan belajar dengan tablet android untuk pelajar.  

Tak jarang para pelajar membutuhkan tablet android dengan desain yang trendy dan menarik. Selain itu mereka juga mementingkan merek tablet android kekinian. Namun, semua itu belum tentu menjadi jaminan, Anda perlu cek kembali spesifikasinya.  

  • Apple iPad Seri 9th Generation (2021)

Apple mengeluarkan seri lain selain iPad Air 2020, iPad mini 2021 atau iPad pro 11 2021. Ia mengeluarkan iPad seri 9 yang memiliki desain yang berbeda dengan yang lain. Meskipun dirilis bersama namun kesemuanya memiliki spesifikasi yang berbeda. 

Meskipun desain iPad seri 9 ini terlihat lebih jadul, namun iPad ini memiliki sensor sidik jari pada bagian depan. Sehingga jelas lebih memudahkan para penggunanya, meskipun resolusi layer menjadi lebih kecil. Berikut spesifikasi iPad seri 9. 

Dimensi 250,6 x 174,1 x7,5 mm dengan layar retina IPS LCD 10,2 inci, 1620 x 2160 piksel. Di dukung prosesor Hexa-core dengan RAM 3 GB dan memori internal 64 GB dan 256 GB. Memiliki baterai dengan 8557 mAh fast charging 32,4 W, di bandrol dengan harga mulai Rp. 6.099.000. 

  • Xiaomi Mi Pad 5

Tablet yang satu ini juga tidak kalah menarik dari tiga pesaingnya di atas. Memiliki desain yang menarik dan elegan daya tawar tablet ini. Apalagi dengan desainnya yang tipis dan ringan di tambah panel layer bezel-less berukuran 11 inci. 

Tablet ini juga cocok digunakan bagi para pelajar yang membutuhkan aksesibilitas, kenyamanan, dan kemudahan ketiga beraktivitas. Berikut spesifikasinya, dengan dimensi 254.7 x 166.3 x 6.9 mm dan layar 11”, 1600 x 2560 pixels, 274 ppi, IPS. 

Didukung dengan prosesor octa core, RAM 6GB, Memori Internal 256 GB dan baterai 8720 mAh, Li-Polymer, fest charging. Tablet ini dibandrol dengan harga mulai dari Rp. 4.990.000, cukup ekonomis bukan. 

Tablet Android 5 jutaan 

Bagi Anda yang memiliki biaya minim namun ingin memiliki tablet android. Anda tidak perlu khawatir karena masih banyak produk yang menyediakan tablet android yang terjangkau. Selain itu Anda juga tidak perlu khawatir dengan kualitasnya. 

Ada banyak pilihan tablet android di bawah harga 5 jutaan dengan spesifikasi yang cukup bagus.Memang kualitasnya akan berbeda dengan harga di atasnya, namun tablet ini masih memiliki banyak kelebihan yang bisa Anda rasakan. 

Berikut merupakan tablet android dengan spesifikasi yang bisa Anda pilih. 

  • Samsung Galaxy Tab A7 Lite

Produk yang cukup diminati yakni keluaran dari Samsung. Samsung memiliki banyak tipe pada tablet androidnya dengan spesifikasi yang cukup lengkap. Samsung tidak hanya mengeluarkan produk eksklusif namun juga ekonomis. 

Salah satu produk ekonomis milik Samsung yakni Galaxy tab A7 lite, di mana harganya sangat terjangkau di kalangannya. Berikut spesifikasi Layar PLS TFT, 8,7 inci, 800 x 1340 piksel, Chipset: mediatek Helio P22T (12 nm), RAM: 3GB menjadi daya dukungnya.

Memori internal: 32 GB, memori eksternal: micro SDXC (slot khusus) hingga 1 TB, kamera depan/kamera belakang: 2 MP/ 8 MP, baterai Li-Po 5100 mAh. Di bandrol dengan harga: Rp.2,2 jutaan. 

  • Huawei MadePad T10 Kids Edition 

Selain produk dari Samsung, merek lain yang tak ingin kalah yakni Huawei. Ia merilis produk baru yang ramah untuk anak-anak. Huawei MediaPad T10 kids edition, dari namanya saja sudah bisa dipastikan bahwa produk ini ramah anak-anak. 

Dengan resolusi layar IPS 9,7 inci dan dilengkapi dengan chipset kirin 710A membuat produk ini lebih menarik. Huawei memiliki GPU Mali G51, RAM 2 GB dan memori internal 32 Gb ditambah memori eksternal micro SD non-standard hingga 512GB. 

Dilengkapi pula dengan kamera depan 2 MP sedangkan kamera belakang hingga 5 MP dengan baterai 5100 mAh. Tablet ini masih bisa menunjang kebutuhan anak-anak dengan aktivitas yang tidak berlebihan. Dibandrol dengan harga rp. 2,7 jutaan. 

  • Nokia T20 Wifi

Merek lain yang juga tak ingin kalah saing lainnya yakni Nokia. Sudah tidak asing lagi dengan merek yang satu ini bukan. Nokia memang sudah menjadi legenda di dunia elektronik terutama gawai, dan ia juga merilis tablet dengan harga terjangkau pula. 

Nokia meluncurkan produk tabletnya dengan seri Nokia T20 Wifi. Produk ini dilengkapi dengan layar IPS LCD 10,4 inci, Chipset Unisoc T610, GPU Mali G52 dengan RAM 4 GB, memori internal 64GB dan memory external micro SD non standard hingga 512GB. 

Selain itu tablet ini memiliki resolusi kamera depan 2 mp dan kamera belakang hingga 8 MP dengan baterai 8200 mAh. Sudah Tangguh di kelasnya bukan, selain itu tablet ini dibandrol dengan harga Rp.3,3 jutaan, cukup ekonomis. 

Tablet Android 7 jutaan 

Untuk Anda yang memiliki budget lebih, ada baiknya untuk membeli tablet dengan harga di atas 5 jutaan. Hal ini disarankan karena tablet di atas 5 jutaan memiliki spesifikasi yang lebih bagus. Selain itu Anda perlu melihat pula rekomendasi tablet android sebelum membelinya. 

Berikut merupakan tablet android dengan kisaran harga 7 jutaan yang bisa Anda pilih. Sebelum membelinya ada baiknya jika Anda tetap melihat spesifikasi tablet android. Sesuaikan dengan kebutuhan Anda ketika memilih dan membeli. 

Beberapa produk yang bisa Anda coba yakni Apple iPad mini 7.9 keluaran tahun 2019. Ada pula Samsung Galaxy Tab S7 5G, Huawei Pad 11 yang juga berkisar di harga 7 . Di bawah merupakan salah satu produk beserta spesifikasinya. 

  • Samsung Galaxy Tab S6 Lite

Samsung lagi-lagi tetap menjadi rekomendasi untuk Anda yang mencari tablet android dengan kualitas bagus. Pasalnya Samsung memang memiliki kualitas di atas merek-merek lain di pasaran. Selain itu Samsung juga semakin inovatif di setiap produknya.

Samsung Galaxy Tab S6 Lite menjadi primadona bagi para pelanggannya. Tablet ini di rilis pada 2020 lalu dengan fitur dan spesifikasi yang menarik. Selain itu harga yang ditawarkan juga cukup ramah di kelasnya. Berikut spesifikasi dan harganya. 

Memiliki desain yang premium didukung stylus khas Samsung. Dengan dimensi 244,5 x 154,3 x 7 mm dengan layer TFT 10,4 inci beresolusi 1.200 x 2.000 piksel. Menggunakan prosesor octa-core dengan RAM 4 GB dan memori internal 64 GB atau 128 GB. Baterai 7.040 mAh fast charging 15W, dibanderol Rp. 6 – Rp. 7 jutaan. 

  • Apple iPad 10.02 

Apple memang menjadi daya Tarik lain selain Samsung. Produknya sering kali menjadi incaran para konsumen setiap kali melakukan perilisan. Meskipun seringkali mengeluarkan produk dengan harga yang cukup premium, namun produk ini tetap memiliki peminatnya. 

Apple iPad 10.02 menjadi salah satu pilihan Anda ketika mencari produk tablet Android berkualitas. Dengan spesifikasi dimensi 250,6 x 174,2 x 7,5 mm dengan layar IPS 10,2 inci, resolusi 1.620 x 2.160 piksel. Ditambah prosesor dengan Quad-core 2,34 GHz , Ram 3 GB dengan memori internal 32 GB atau 128 GB. 

Diperkuat dengan daya baterai 8.827 mAh membuat tablet android ini memiliki performa yang bagus. Di bandrol dengan harga Rp. 5. 693.000 sampai Rp 7.549.000 menjadi cukup ekonomis di kelasnya. 

Tablet 10 jutaan 

Tablet android menjadi salah satu kebutuhan bagi para pekerja khususnya di bidang desain grafis ataupun multimedia. Untuk itu banyak merek yang menyediakan tablet khusus untuk menunjang aktivitas mereka. 

Kebanyakan tablet android akan memukul harga lebih tinggi untuk produk mereka yang unggul. Beberapa produk yang bisa Anda coba yakni Samsung Galaxy Tab S7 Plus, apple iPad Air generasi ke 4 dan merek lain seperti Huawei, Advan ataupun Nokia. 

Tidak banyak merek yang mengeluarkan produk di harga 10 jutaan memang, namun yang menjadi unggulan tetap Samsung dan Apple. Anda bisa melihat beberapa produk tablet android 10 jutaan beserta spesifikasinya berikut. 

1. Apple iPad mini 6th generation (2021)

Satu lagi seri terbaru dari Apple pada iPad yakni iPad mini 6 di mana desainnya hampir sama seperti iPhone 13. Desain yang menarik namun nyaman digenggam menjadi kelebihan tablet yang satu ini. Selain itu tablet ini juga mendukung banyak pekerjaan dan aktifitas Anda. 

Body iPad ini menggunakan material aluminium dan kaca sehingga build qualitynya cukup Tangguh. Selain itu sisi belakang dan samping memiliki desain datar dengan lengkungan di setiap sudutnya menambah kesan elegan. 

Dengan Dimensi: 195.4 x 134.8 x 6.3 mm, Layer: 8.3 inci, 1488 x 2266 piksel, rasio 3:2, kerapatan piksel ~327 ppi, Prosesor: Hexa-Core,RAM: 4 GB, Memori internal: 64 GB dan 256 GB, Baterai: Li-Ion 5.125 mAh, fast charging 25 W, Harga: mulai dari Rp. 9.599.000. 

2. Samsung Galaxy Tab S8 Ultra

Selain produk Apple yang merilis tablet, Samsung juga tak ingin kalah. Tahun ini Samsung kembali mengeluarkan tablet terbarunya yakni Galaxy Tab S8 Ultra. Tablet yang satu ini juga cocok bagi pelajar maupun pekerja. 

Tablet ini memiliki chipset Qualcomm SM8450 Snapdragon 8Gen 1 dan 16 GB RAM. Hal ini sangat menunjang Anda ketika belajar, bermain game, bekerja, hingga membuat konten professional. Berikut spesifikasi Galaxy Tab S8 Ultra. 

Dimensi: 326.4 x 208.6 x 5.5 mm, Layer: 14.6”, 1848 x 2960 pixels, 240 ppi, AMOLED , Prosesor: octa core, RAM: 12 GB, Memori internal: 256 GB, Baterai: 11200 mAh, Li-Polymer, fest charging, Harga: mulai dari Rp.9.679.000. 

Itu tadi beberapa rekomendasi tablet android terbaru yang bisa Anda coba. Selain melihat harga dan mereknya, Anda juga harus melihat spesifikasinya sebelum membeli tablet tersebut. harga yang ditawarkan belum tentu menjamin keaslian dan kualitas barang. 

Penutup

Beberapa saran tablet android di atas hanyalah sebagian produk saja, masih banyak produk yang bisa Anda coba dan lihat di toko offline maupun online. Usahakan tetap bijak dalam memilih dan membeli barang kebutuhan Anda.