Spesifikasi, Fitur dan Harga Smartphone Vivo Y93

Spesifikasi, fitur, kelebihan dan kekurangan dari smartphone Vivo Y93 akan dibahas secara singkat dalam tulisan ini. Simak selengkapnya!

Spesifikasi, Fitur dan Harga Smartphone Vivo Y93
Vivo.com

Persaingan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan manusia akan teknologi semakin ketat. Termasuk persaingan di bidang telekomunikasi, khususnya smartphone. Brand smartphone Vivo pun tidak ketinggalan untuk ambil bagian. Vivo mengeluarkan seri smartphone Vivo Y93 di akhir tahun 2018.

Vivo Y93 termasuk ke dalam kategori entry level smartphone alias smartphone dengan spesifikasi yang cukup baik, bisa dikatakan tidak terlalu tinggi dan harganya relatif cukup terjangkau. Namun dengan harga yang sama Vivo Y93 memiliki spesifikasi lebih baik daripada merek-merek terkenal.

Spesifikasi Smartphone Vivo Y93

Harga Vivo Y93 saat dirilis pada akhir tahun 2018 di Indonesia adalah Rp2.449.000. Berbeda dengan harga yang dirilis di China yaitu sekitar Rp3.300.000. Perbedaan harga tersebut tentunya mempengaruhi pula spesifikasi handphone yang ditanam di dalamnya.

Smartphone Vivo Y93 keluaran China memiliki RAM 4 Giga Byte dengan memori penyimpanan internal sebesar 64 Giga Byte. Sedangkan Vivo Y93 keluaran Indonesia RAM dipangkas menjadi 3 Giga Byte dengan memori penyimpanan internal hanya sebesar 32 Giga Byte.

Chipset Snapdragon seri 439 yang dibangun melalui proses FinFET 12 nm ini ditanam pada Vivo Y93. Prosesornya Octa Core Cortex A53, dengan clock speed 1,95 GHz dan Graphical Processing Unit Adreno 505. LCD Vivo Y93 berukuran 6,2 inch dengan resolusi High Definition Plus.

Kamera smartphone Vivo Y93 RAM 3 ini cukup mumpuni yaitu 2 kamera belakang dengan resolusi 13 Mega Pixel dan 2 Mega Pixel. Sedangkan kamera depannya beresolusi 8 Mega Pixel. Smartphone ini juga dilengkapi dengan fitur face unlock namun tanpa dilengkapi dengan pemindai sidik jari.

Fitur dan Gambaran Umum Vivo Y93

Meskipun secara resmi Vivo menyatakan Y93 keluaran 2019 namun di akhir 2018 smartphone ini sudah muncul di pasaran. Desain layar Ultra All Screen berukuran 6,2 inch ini memiliki rasio 88,6% layar ke bodi. Meskipun layarnya luas namun Anda tetap dapat dengan mudah mengoperasikannya.

Terdapat fitur Smart Split yang dapat membagi layar menjadi dua hanya dengan mengusapkan tiga jari Anda ke layar. Ada juga fitur Jovi Smart Scene yang hadir untuk menemani Anda dengan cara menghitung langkah Anda, menghitung kalori harian Anda dan mengingatkan Anda beristirahat.

Selain kapasitas baterai besar mencapai 4030 mAh, smartphone Vivo Y93 ini juga dilengkapi dengan sistem manajemen daya baterai yang cerdas dan eksklusif. Fitur lainnya yaitu AI Face Beauty yang dibuat untuk melengkapi kamera depannya, fitur ini secara otomatis mempercantik gambar wajah Anda.

Selain spesifikasi dan fiturnya yang mumpuni. Desain dari smartphone Vivo Y93 juga sangat elegan dengan proses pewarnaan khusus. Menampilkan gradasi warna hitam dan biru. Gradasi dan perpaduan warna tersebut memberi kesan pemandangan luar angkasa dalam genggaman Anda.

Ringkasan Spesifikasi Vivo Y93

Setelah menjelaskan spesifikasi dan fitur Vivo Y93 3/32 dengan deskriptif, sekarang kami menyajikan ringkasan spesifikasi smartphone ini untuk Anda agar mudah dimengerti dan menjadi bahan pertimbangan untuk dibeli atau tidak. Berikut ini ringkasannya.

1. Dimensi: 155,11 mm x 75,09 mm x 8,28 mm
2. Berat: 163,5 gram
3. Prosesor: Snapdragon 439
4. RAM: 3 GB
5. Penyimpanan: 32 GB
6. Baterai: 4030 mAh
7. Sistem Operasi: Funtouch OS 4.5 (Android 8.1)
8. Layar: 6,2 inch
9. Resolusi: 1520 x 720 (High Definition +)
10. Layar Sentuh: Multi Sentuh Kapasitif
11. Wifi: 2.4G
12. Bluetooth: Bluetooth 5.0
13. Jaringan: 2G GSM, 3G WCDMA, 4G FDD LTE dan 4G TDD LTE
14. Audio yang Didukung: WAV, MP3, AMR, APE, FLAC, MIDI, Vorbis
15. Video yang Didukung: MP4, AVI, 3GP

Tips Mengecek Smartphone Vivo Y93

Harga rilis Vivo Y93 sekitar 2,5 Juta Rupiah, namun saat ini sulit ditemukan Vivo Y93 yang baru Jika Anda tertarik dengan smartphone ini, Vivo Y93 bekas bisa jadi alternatif pilihan Anda. Namun bila ingin membeli yang bekas, ada baiknya simak tips mengecek kondisi Vivo Y93 berikut ini.

  • Cek sensitivitas layarnya dengan cara buka menu panggilan kemudian ketik *588#, lalu muncul halaman factory test, pilih menu engineering test, pilih toucscreen test kemudian ikuti instruksi di layar. Di situ Anda bisa mengecek kondisi layar dan touchscreen smartphone Vivo Y93 masih bagus atau tidak
  • Cek tipe smartphone dengan membuka menu pengaturan, pilih menu about phone, klik model number. Di situ Anda dapat melihat kesesuaian model smartphone yang akan dibeli
  • Cek IMEI Vivo dengan cara ke menu pengaturan, pilih about phone. Di situ Anda dapat melihat informasi IMEI yang valid
  • Cek sistem operasi smartphone Vivo dengan cara ke menu pengaturan, pilih about phone, kemudian Anda lihat apakah ada informasi soal Sistem Operasi. Jika ada, berarti smartphone tersebut asli, jika tidak ada maka pantas diragukan keasliannya

Penutup

Tulisan mengenai spesifikasi, fitur dan harga Vivo Y93 kali ini pasti cukup menjadi panduan bagi Anda. Tentunya dalam mempertimbangkan apakah smartphone Vivo Y93 sebagai ponsel yang layak digunakan atau belum cukup layak digunakan oleh Anda. Baca juga 6 Rekomendasi Pilihan Samsung RAM 6 Terbaik