Snapdragon vs MediaTek, Mana yang Lebih Unggul?

Snapdragon vs Mediatek mana lebih unggul? Semuanya tergantung kebutuhan pengguna karena setiap prosesor memiliki kelebihan dan kekurangannya.

Snapdragon vs MediaTek, Mana yang Lebih Unggul?
Sumber Gambar : https://hpsultan.com

Snapdragon vs Mediatek mana yang lebih bagus? Pertanyaan ini seringkali dipertanyakan saat berencana ingin membeli smartphone Android terbaru tetapi masih bingung memilihnya. Dari banyaknya prosesor HP, merk Snapdragon serta MediaTek merupakan dua merek paling terkenal.

Namun, karena kedua merk ini mempunyai popularitas yang sama, sehingga banyak orang yang bingung memilih di antara keduanya. Untuk memudahkan kamu dalam memilih, ketahuilah kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Snapdragon vs MediaTek

MediaTek merupakan perusahaan manufaktur Taiwan, bergerak dalam produksi beragam barang semikonduktor. Salah satu yang terkenal adalah prosesor Android Helio MediaTek. Mediatek juga menargetkan pasar fokus ke satu kalangan, yaitu kalangan kelas menengah.

Snapdragon merupakan merek prosesor HP Amerika Serikat dan merupakan rancangan perusahaan Qualcomm. Dalam beragam smartphone serta tablet. Prosesor Snapdragon dirancang khusus untuk menargetkan pasar menengah keatas, sehingga harga ditawarkan lebih mahal.

Kelebihan MediaTek

Setiap prosesor pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya, walaupun menyasar kelas yang berbeda MediaTek tidak kalah populer daripada dengan Snapdragon. Bahkan, beragam HP gaming murah sudah didominasi prosesor merk MediaTek.

Walaupun banyak yang meragukan merek prosesor Mediatek, prosesor ini tidak akan populer dan jika tidak mempunyai memiliki kelebihan. Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan prosesor Mediatek agar lebih mudah membandingkannya Snapdragon vs MediaTek.

1. Harga Lebih Terjangkau

Daripada HP Snapdragon, HP prosesor MediaTek biasanya memiliki harga yang murah. Walaupun murah, tapi performa prosesor MediaTek tetap dapat bersaing. Bahkan menurut faktanya tidak sedikit HP gaming menggunakan merek prosesor MediaTek

2. Performa Grafis Tinggi dan Hemat RAM

Prosesor MediaTek memiliki kinerja grafis atau GPU yang dapat membantu grafis dengan resolusi tinggi. Bahkan prosesor ini lebih hemat penggunaan RAMnya daripada prosesor Snapdragon, jadi kamu tidak perlu khawatir saat bermain game berat karena akan tetap lancar.

Kekurangan Mediatek

Tidak hanya mempunyai kelebihan saja, prosesor Mediatek juga tetap mempunyai beberapa kekurangan. Hal ini sangatlah wajar dan bisa menjadi pembanding bagi kamu yang bingung memilih prosesor. Berikut beberapa kekurangan prosesor HP Mediatek.

1. Menggunakan CPU Core Standar

Kekurangan pertama dalam prosesor MediaTek yaitu menggunakan CPU core standar sehingga berpengaruh terhadap kualitas hardwarenya. Sebenarnya kekurangan ini tidaklah mengejutkan karena prosesor MediaTek fokus pada target pasar kelas menengah.

2. Overheat

Salah satu masalah cukup sering dialami para pengguna HP yang memakai prosesor MediaTek yaitu cepat panas atau overheat. Karena beberapa chipset MediaTek menawarkan performa tinggi yang justru menjadi salah satu masalah HP cepat mengalami overheat.

3. Baterai Lebih Boros

Kekurangan lainnya dari prosesor MediaTek yaitu pemakaian daya baterai yang lumayan boros. Hal ini disebabkan pada beberapa jenis prosesor MediaTek menyediakan performa grafis lumayan maksimal dan membutuhkan banyak daya baterai.

Kelebihan Snapdragon

Setiap prosesor HP pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya, walaupun berbeda MediaTek karena menyasar kelas atas, Snapdragon juga tidak kalah populer. Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan prosesor Snapdragon yang dapat dijadikan pembanding Snapdragon vs MediaTek.

1. Perfroma Grafis Lebih Maksimal

Walaupun beberapa tipe prosesor MediaTek menyediakan kualitas grafis yang tinggi, namun ternyata perfroma grafis Snapdragon jauh lebih unggul. Ini disebabkan Qualcomm memakai teknologi paling canggih buat CPU core produknya.

2. Kinerja Prosesornya Cepat

Tidak hanya menyediakan performa grafis yang unggul, prosesor Snapdragon memiliki keunggulan secara menyeluruh. Dalam segi stabilitasnya atau dalam hal efisiensi pemakaian baterai. Sehingga tidak heran kalau HP dengan prosesor Snapdragon menjadi incaran walaupun harganya mahal.

Kekurangan Snapdragon

Tidak hanya memiliki kelebihan saja, prosesor Snapdragon juga tetap mempunyai beberapa kekurangan. Hal ini sangatlah wajar bahkan bisa menjadi pembanding bagi kamu yang bingung memilih prosesor. Berikut beberapa kekurangan prosesor HP Snapdragon.

1. RAM Lebih Boros

Prosesor Snapdragon yang berani menghadirkan performa grafis yang maksimal tentu saja membutuhkan RAM yang besar juga. Sehingga GPU prosesor Snapdragon membutuhkan RAM yang lumayan besar.

Jika tidak, kinerja HP bisa menjadi lambat serta aplikasi tidak dapat berjalan dengan lancar. Sehingga, bagi kamu yang ingin menggunakan HP Snapdragon, pilihlah HP Android dengan RAM 4GB ke atas. Hal ini perlu kamu lakukan jika ingin memperoleh performa paling maksimal.

2. Harga Lebih Mahal

Performa grafis yang lebih unggul dan kapasitas RAM yang besar, tentu saja kamu juga harus mengeluarkan uang lebih buat membeli HP prosesor Snapdragon. Hal ini menjadi salah satu kekurangan prosesor Snapdragon karena HP yang memakainya prosesor ini, harganya lebih mahal.

Performa Snapdragon vs Mediatek

Jika kamu ingin melihat processor yang lebih bagus untuk gaming antara Snapdragon vs MediaTek, perhatikanlah performanya masing-masing. Berikut beberapa keunggulan performa dari masing-masing prosesor.

  • MediaTek Helio P70 vs Snapdragon 675

Prosesor MediaTek Helio P70 digunakan pada beberapa hp Android terbaru, misalkan: Oppo F11 Pro srrta Realme U1. Sedangkan prosesor Snapdragon 675 digunakan pada beberapa HP terbaru misalkan Vivo V15 Pro serta Samsung Galaxy A70.

Berdasarkan klaim Mediatek, pada Helio P70 telah dilengkapi fitur canggih seperti kecerdasan buatan (AI) serta dapat meningkatkan kualitas pada foto kameranya. Tapi pada Snapdragon 675 merupakan hasil pengembangan prosesor sebelumnya yaitu Snapdragon 660.

Membuat beda adalah prosesor terbaru telah memakai CPU Kryo hasil modifikasinya sama Cortex ARM yang terbaru. Untuk CPU hasil modifikasi ini, berhasil meningkatkan performa processor pada HP gaming hingga 20%.

Berdasarkan skor AnTuTu, pada HP Oppo F11 Pro dengan pemakaian Mediatek Helio P70 sudah mencetak skor hingga 150,218. Pada Realme U1 dengan penggunakan processor yang sama telah mendapatkan skor 144,436.

Sedangkan pada Vivo V15 Pro menggunakan Snapdragon 675 mendapatkan skor AnTuTu hingga 180,774. Sedangkan pada Samsung Galaxy A70 dengan processor yang sama mendapatkan skor AnTuTu hingga 167,750. Berdasarkan rata-rata skor, untuk gaming Snapdragon terlihat lebih unggul daripada Mediatek.

  • Mediatek Helio P90 vs Snapdragon 855

Mediatek Helio P90 merupakan varian paling atas pada processor Mediatek versi Helio. Processor ini dinilai paling cepat tapi hanya mampu mendapatkan skor AnTuTu hingga 162,861. Skor ini tidak lebih unggul daripada Snapdragon 675.

Ketikan ditandingkan dengan prosesor Snapdragon 730 pada Samsung Galaxy A80 masih belum dapat bersaing (skor AnTuTu 207,502). Sedangkan pada kelas premium ataupun high end, Mediatek memang terpaksa mengakui akan keunggulan prosesor Snapdragon.

Jika ingin menyaingi prosesor Snapdragon 855 dengan rata-rata skor AnTuTu berada di 360,000-an prosesor Mediatek kalah jauh. Bahkan untuk skor AnTuTu pada Snapdragon 855 dapat mencapai dua kali lipat jauh unggul daripada Mediatek versi Helio P90 serta P70.

Dalam hal performa, prosesor Snapdragon memang cocok buay gaming. Hal ini dikarenakan skor AnTuTu lebih tinggi daripada Mediatek. Walaupun memang skor AnTUTu bukanlah satu-satunya yang dapat menjadi faktor penentu.

Walaupun begitu tetap ada kekurangan pada Snapdragon seperti harganya yang relatif lebih mahal bahkan membutuhkan membutuhkan RAM lebih besar agar kinerjanya optimal. Jika ingin mengetahui yang lebih unggul Snapdragon vs MediaTek semuanya tergantung kebutuhan penggunanya.