Simak Tutorial Cara Cek Product Key Windows 11 di Desktop dan PC

Jika kamu hendak melakukan install ulang Windows 11 pada perangkat laptop maupun PC, yuk pahami cara cek product key Windows 11 di desktop dan PC berikut!

Cara Cek Product Key Windows 11 di Desktop dan PC
Windows 11

Bagaimana cara cek Product Key Windows 11 di Desktop dan PC? Pertanyaan ini merupakan salah satu pertanyaan yang banyak dicari oleh para pengguna Windows 11. Mengetahui Product Key Windows 11 merupakan hal yang penting karena akan mendukung kelancaran operasi sistem Windows.

Product key Windows sendiri juga sering disebut sebagai nomor seri. Product key Windows merupakan sebuah kode unik yang dapat digunakan sebagai ID dari sebuah produk. Jika kamu sedang mencari cara untuk melakukan cek product key Windows 11 di desktop dan PC, simak ulasan berikut.

Mengenal Product Key Windows 11

Product Key Windows merupakan bentuk kode sejumlah 25 karakter yang dapat kamu gunakan untuk mengaktifkan salinan Windows. Karena Windows 11 menggunakan metode lisensi digital untuk aktivasi, maka kamu tidak perlu memasukkan kunci secara manual setiap kali update Windows.

Namun, jika kamu mengalami kesalahan aktivasi, mungkin kamu harus memasukkan kode karakter kunci dari produk sebanyak 25 karakter agar berhasil mengaktifkan salinan Windows. Namun, jika tidak memiliki kode aktivasi tersebut, berikut dibahas cara cek product key Windows 11 di desktop dan PC.

Perlu diingat, kamu harus memperhatikan bahwa setiap edisi Windows menggunakan product key Windowsnya sendiri, termasuk pada Windows 11. Jadi, jika kamu memiliki lisensi untuk edisi Windows Home, kamu tidak dapat menggunakannya untuk mengaktifkan Windows 10 Pro atau edisi lainnya.

Cara Cek Product Key Windows 11

Product key Windows 11 dapat diaktivasi melalui beberapa cara. Masing-masing cara memiliki langkah, tahapan, dan terkadang kode unik yang harus kamu perhatikan dengan seksama. Berikut merupakan beberapa cara cek product key Windows 11 yang dapat kamu lakukan:

1. Cek Product Key Windows 11 dengan Command Prompt

Kamu dapat menggunakan Command Prompt yang selalu dapat diandalkan untuk menemukan kunci produk untuk salinan Windows. Pastikan desktop atau PC berada dalam kondisi optimal. Berikut langkah-langkah cara cek product key Windows 11 di desktop dan PC dengan Command Prompt:

  • Tekan Win + S pada keyboard untuk membuka pencarian Windows.
  • Ketik “cmd” lalu lanjutkan dengan klik “Run as administrator” untuk menjalankan perintah.
  • Pada layar jendela Command Prompt, ketik kode berikut dan tekan enter untuk menjalankan perintah selanjutnya:
    wmic path SoftwareLicensingService get OA3xOriginalProductKey

Jika telah berhasil, kunci produk asli akan ditampilkan di layar. Salin dan simpan kunci di lokasi yang aman seperti akun Dropbox atau Google Drive untuk penggunaan di masa mendatang.

2. Cek Product Key Windows 11 dengan Powershell

Jika kamu lebih suka menggunakan PowerShell daripada Command Prompt, atau jika metode pertama tidak berhasil, kamu dapat menggunakan alat otomatisasi tugas dengan bantuan Powershell untuk memulihkan product key Windows 11. Berikut langkah-langkah aktivasinya:

  • Tekan Win dan ketik PowerShell.
  • Klik kanan pada PowerShell dan pilih opsi “Run as administrator” untuk menjalankan perintah.
  • Di jendela PowerShell, ketik kode berikut dan tekan enter untuk menjalankan perintah:
    powershell “(Get-WmiObject -query ‘select * from SoftwareLicensingService’).OA3xOriginalProductKey”

Perintah mungkin memerlukan beberapa detik untuk dieksekusi. Setelah eksekusi berhasil, itu akan menampilkan kunci produk untuk salinan Windows desktop atau PC milikmu.

Perhatikan bahwa ini juga mengharuskan pengguna untuk memiliki versi Windows yang telah diaktifkan.

3. Cek Product Key Windows 11 dengan Bantuan Pihak Ketiga ShowKeyPlus

Jika kamu lebih suka menghindari kerumitan mengetik perintah atau menjalankan skrip, alat pihak ketiga seperti ShowKeyPlus dapat membantu kamu untuk menemukan product key Windows 11 dengan beberapa klik dan lebih simpel.

ShowKeyPlus adalah aplikasi pihak ketiga dan tersedia di Microsoft Store. Yang harus kamu lakukan adalah mengunduh dan menjalankan aplikasi untuk mengambil informasi produk Windows. Inilah cara cek product key Windows 11 yang dapat kamu terapkan:

  • Kunjungi halaman Microsoft Store untuk ShowKeyPlus dan instal aplikasinya.
  • Luncurkan ShowKeyPlus, kemudian aplikasi akan menampilkan informasi terkait dengan lisensi Windows yang diinstal untuk desktop maupun PC milikmu.
  • Klik tombol Simpan untuk menyimpan detail produk dalam file teks.

Selain itu, kamu juga dapat menggunakan alat ini untuk memeriksa edisi Windows menggunakan kunci produk dan juga mengambil kunci dari cadangan. Setelah langkah-langkah tersebut dijalankan, kamu telah mendapatkan product key Windows 11 untuk desktop maupun PCmu.

4. Cek Product Key Windows 11 dengan VBS Script

Cara lain untuk menemukan kunci produk Windows 11 adalah dengan menjalankan skrip VBS. Meskipun mungkin terlihat rumit, menjalankan skrip VBS tidak lebih dari beberapa langkah, dan inilah cara cek product key Windows 11 dengan VBS Script:

  • Buka aplikasi Notepad yang terinstall di PC.
  • Salin kode berikut dan tempel ke file Notepad.
  • Set WshShell = CreateObject(“WScript.Shell”)
    MsgBox ConvertToKey(WshShell.RegRead(“HKLM\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\DigitalProductId”))
    Function ConvertToKey(Key)
    Const KeyOffset = 52
    i = 28
    Chars = “BCDFGHJKMPQRTVWXY2346789”
    Do
    Cur = 0
    x = 14
    Do
    Cur = Cur * 256
    Cur = Key(x + KeyOffset) + Cur
    Key(x + KeyOffset) = (Cur \ 24) And 255
    Cur = Cur Mod 24
    x = x -1
    Loop While x >= 0
    i = i -1
    KeyOutput = Mid(Chars, Cur + 1, 1) & KeyOutput
    If (((29 – i) Mod 6) = 0) And (i <> -1) Then
    i = i -1
    KeyOutput = “-” & KeyOutput
    End If
    Loop While i >= 0
    ConvertToKey = KeyOutput
    End Function
  • Setelah selesai, tekan Ctrl + S.
  • Ubah nama file menjadi Productkey.vbs.
  • Selanjutnya, klik drop-down untuk Save as type dan pilih All Files.
  • Klik tombol Simpan.

Klik dua kali pada file productkey.vbs untuk menjalankan skrip. Kunci produk kemudian akan muncul dalam pop-up. Gunakan pintasan keyboard Ctrl + C untuk menyalin kode dan menyimpannya di lokasi yang aman.

5. Selalu Periksa Bukti Pembelian Product Key Windows 11

Jika kamu membeli product key Windows 11 secara resmi, kamu bisa mencari product key di email atau struk pembelian. Untuk pembelian online seperti via Amazon, kamu dapat menerimanya melalui email. Gunakan kata kunci yang sesuai dengan apa yang telah diterima dan tertulis melalui e-mail.

Selain itu, jangan lupa untuk memeriksa dan menanyakan kembali pada penjual online untuk menemukan informasi tentang cara mengambil kunci atau bagaimana kunci awalnya dikirimkan. Interaksi juga dapat memastikan bahwa pesanan product key Windows 11 yang kamu beli telah didapatkan.

Selain itu, cari stiker fisik di komputer dengan informasi yang terkait dengan konfigurasi perangkat keras maupun perangkat lunak komputer. Dari sini mungkin juga telah menyertakan kunci produk Windows atau detail lain yang diperlukan yang dapat membantu kamu untuk menemukannya.

6. Contact Center: Layanan Microsoft Support

Jika semua langkah cara cek product key Windows 11 di desktop dan PC yang telah dijelaskan gagal, coba hubungi dukungan Microsoft untuk mendapatkan bantuan. Kamu dapat meminta bantuan dari Microsoft Support untuk menggunakan layanan “Get Help” pada desktop maupun PC. Berikut cara layanan tersebut:

  • Tekan Win + I untuk membuka Pengaturan.
  • Di panel kanan, klik Aktivasi.
  • Selanjutnya, klik “Get Help”.
  • Pilih alasan yang sesuai dan klik pada “Contact Support”.
  • Selanjutnya, pilih jenis produk yang kamu butuhkan dan klik Konfirmasi.
  • Klik pada opsi Berikan nomor telepon dan agen dukungan akan menghubungimu. Kemudian ikuti petunjuk di layar.

Penutup

Sejak Windows 10 hingga Windows 11, Microsoft telah mengubah cara kerja lisensi Windows. Terlepas dari bagaimana kamu mendapatkan lisensi produk, setelah diaktifkan, kunci produk akan terkait dengan perangkat keras sistem.

Tidak perlu khawatir, cukup ikuti langkah-langkah cara cek product key Windows 11 di desktop dan PC untuk mengambil product key Windows 11 dalam waktu singkat dan praktis. Namun, jika kamu masih tidak dapat memulihkan kode kunci, coba hubungi Microsoft Support untuk bantuan lebih lanjut. Baca juga Cara Screenshot Layar Windows dan Mac Mudah dan Praktis