Simak, Rekomendasi Smart TV Terbaik dan Terjangkau 2022

Ingin membeli TV terbaru yang berteknologi terkini? Jika iya, mungkin Anda wajib menyimak    rekomendasi Smart TV dengan harga terjangkau dan kualitas yang terbaik berikut ini.

rekomendasi Smart TV

Hiburan kini telah jadi kebutuhan tersendiri bagi masyarakat. Perkembangan teknologi membuat masyarakat beralih dari TV tabung ke berbagai pilihan merk rekomendasi Smart TV dan android TV. Tidak hanya menjual tampilan yang elegan, namun juga terdapat berbagai fitur yang menarik. 

Smart TV terbaik 2022 juga menawarkan berbagai hiburan, mulai dari tayangan streaming, konten Youtube bahkan game. Selain itu resolusi layar UHD dan 4K berbagai rekomendasi Smart TV juga akan menyuguhkan tampilan gambar yang cemerlang dengan beragam jenis sistem operasi. 

Merk Smart TV Terbaik

Anda tentu butuh referensi dan rekomendasi Smart TV terbaik untuk dipilih. Kini, banyak orang tidak hanya menonton hiburan favorit mereka, tapi juga bermain game dan melakukan presentasi. Oleh karena itu, berikut ini rekomendasi Smart TV 2022 bisa Anda pilih dan pertimbangkan. 

  • Sony Series

Salah satu merk Smart TV terbaik adalah buatan pabrikan Sony. Beberapa tipe Andalan seperti Sony W660G dan X8000H Series patut Anda pertimbangkan. Sebagai salah satu rekomendasi Smart TV masa kini, Sony menyediakan berbagai ukuran seperti 43, 50 hingga 80 inci.

Tipe unggulan seperti Sony W660G dan X8000H Series memiliki kualitas gambar X-Reality PRO Kejernihan layar Full HD mendekati resolusi gambar 4K. Selain itu juga terdapat akses YouTube instan, Google Assistant, fitur Smart Plug and Play dan Motion Flow, port HDMI dan USB.

  • Samsung Series

Produk Smart TV terbaik lainya, tak lain ialah Samsung series. Beberapa tipe unggulan Samsung yang menjadi rekomendasi Smart TV terbaik diantaranya ialah TU8000 dan TU6900 series. Salah satu kelebihan Samsung terdapat pada desain dan tampilan yang ramping dan tampak elegan.

Untuk Anda para pengguna produk Apple, Smart TV ini juga dilengkapi fitur AirPlay 2. Ini memungkinkan Anda untuk melakukan streaming atau berbagi konten dari perangkat Apple ke TV layar lebar. Soal kualitas gambar, terdapat layar 4K UHD yang jernih dan tajam. 

  • LG Series

Jika Anda mencari rekomendasi smart TV 4K dengan harga dan kualitas yang kompetitif, seri LG UN7300 mungkin cocok untuk Anda. Smart TV LG tersedia dalam beragam ukuran. Anda bisa mendapatkannya kecanggihan televisi berteknologi terkini dengan harga mulai dari 4 jutaan.

Seri LG UN7300 juga dilengkapi dengan fitur HDR 10 Pro, HLG Pro yang mampu memberikan kualitas gambar HDR yang sempurna. Sebagai pelengkap, terdapat beberapa fitur hebat lainnya seperti Ultra Surround, Film Maker Mode, AI ThinQ dan HGiG Profile untuk game HDR.

  • Toshiba Series

Seri Toshiba L5995 adalah rekomendasi Smart TV ideal bagi Anda yang tergila-gila dengan merk Jepang. Televisi ini hadir dengan ukuran 32, 43, dan 49 inci. Salah satu fitur yang ditonjolkan yaitu Cevo Engine Premium, yang memberikan gambar lebih hidup, lebih detail dan mendalam.

  • Polytron Series

Tampilan yang tipis dengan balutan bahan metal premium membuat Polytron jadi salah satu rekomendasi Smart TV pilihan. Basis sistem operasi Linux didukung dengan akses nirkabel sehingga membuat Anda dapat menikmati Youtube, Netflix dan akses sosial media sesuka hati.

Dilengkapi dengan layar 4K UHD beresolusi 3840×2160, Smart TV Polytron seperti seri PLD 55UV5900 hadir dalam ukuran layar 55 inci. Selain itu terdapat fitur HDMI, YUV Input, AV Input, Optical Digital Audio Output, dan Tuner penerima siaran baik secara analog dan digital. 

Perbedaan Smart TV dan Android TV

Banyak diantara Anda mungkin bingung, apa bedanya smart TV dan android TV. Secara sederhana, Smart TV ibarat sebuah televisi yang didalamnya terdapat komputer. Anda pun dapat dengan mudah terhubung dan mengakses Netflix, Youtube, atau media sosial seperti facebook.

Sedangkan Android TV ialah smartphone yang berbentuk televisi.  Di dalamnya terdapat berbagai fitur hingga aplikasi layaknya android. Oleh karena itu, coba simak perbedaan Smart TV dan Android TV dibawah ini agar Anda mendapatkan TV yang sesuai dengan kebutuhanmu. 

  • Sistem operasi

Perangkat lunak dan sistem operasi yang disematkan pada berbagai rekomendasi Smart TV dan Android TV, benar-benar berbeda. Umumnya, Smart TV menggunakan sistem operasi Tizen. Selain itu, juga terdapat sistem operasi Linux atau Web OS yang dapat terhubung ke internet.  

Pada Android TV sistem operasi yang digunakan lebih canggih seperti halnya perkembangan sistem operasi pada smartphone android. Anda pasti familiar dengan seri android marshmallow, nougat, dan lainnya. Sistem operasi ini juga akan langsung terhubung ke Google Play Store.

  • Fitur bawaan

Perbedaan paling penting antara Smart TV dan TV Android adalah fitur bawaan. Android TV jelas mengungguli TV pintar dalam hal fungsionalitas dengan keragaman tools yang ada. Walau dapat terhubung ke internet, namun tetap saja tidak selengkap dan optimal seperti smartphone. 

  • Tampilan fisik

Dari segi tampilan, kini banyak merk mengusung model minimalis. Namun, beragam rekomendasi Smart TV sangat cocok bagi Anda yang suka dengan tampilan sederhana namun tetap berteknologi tinggi. Jika kebutuhanmu lebih kompleks, mungkin Android TV akan jadi pilihan yang sempurna. 

  • Input sistem

Dalam hal input, Android TV lebih baik daripada Smart TV. Akses yang dapat Anda sambungkan sangat fleksibel. Android TV memiliki tools perintah suara dan akses Bluetooth sehingga dapat tersambung ke keyboard dan mouse.. Ini adalah salah satu yang tidak dimiliki oleh Smart TV. 

  • Penggunaan remote

Perbedaan antara Smart TV dan Android TV juga terletak pada penggunaan remote. Untuk mengoperasikan Smart TV, Anda hanya membutuhkan satu remote. Sedangkan Android TV memerlukan setidaknya dua remote untuk mengoperasikan sistem android secara maksimal. 

  • Akses ke Google Play Store

Perbedaan mendasar lainnya antara Smart TV dan Android TV adalah akses ke Google Play Store. Smart TV tidak memiliki akses ke layanan google yang satu ini. Di sisi lain, Android TV, memungkinkan akses yang luas untuk menjelajah berbagai aplikasi di Google Play Store.

  • Koneksi ke smartphone

Mungkin beberapa pilihan rekomendasi smart TV maupun Android TV memiliki akses yang sama ke smartphone. Namun, jenis Smart TV lebih terbatas daripada Android TV. Smartphone yang mutakhir dapat dengan mudah terhubung dengan hampir semua merk dan tipe Android TV.

  • Harga

Perbedaan jelas lainnya antara kedua jenis TV berteknologi tinggi ini ialah masalah harga. Dengan berbagai spesifikasi yang tersematkan, pilihan rekomendasi Smart TV berharga 2 juta hingga 12 juta rupiah. Sedangkan Android TV menawarkan harga yang lebih murah.

Rekomendasi Smart TV Harga 5 Jutaan Murah dan Terjangkau 

Jika ingin menikmati hiburan melalui rekomendasi Smart TV dengan kualitas terbaik namun tak ingin merogoh kantong terlalu dalam, mungkin Anda bisa simak rekomendasi pilihan Smart TV dengan harga 5 jutaan berikut ini. Tentu soal kualitas tak diragukan lagi karena dilengkapi teknologi terkini. 

  • Polytron PLD 43AS1558 

Rekomendasi smart TV harga terjangkau dari polytron ialah seri PLD 43AS1558 dengan harga 3,8 Jutaan. Selain sudah menggunakan resolusi full HD, TV ini dibekali juga dengan satu buah port LAN, USB dan WiFi. Smart TV ini menggunakan prosesor Amlogic S905X-B. 

  • Samsung Crystal TU6900

Samsung mengeluarkan Samsung Crystal TU6900 43 inch dengan harga 4,5 jutaan saja. Dengan resolusi layar 4K ultra High Definition, Anda dapat menikmati gambar yang memukau. Smart TV ini telah dibekali sistem operasi Tizen dan AirPlay 2 untuk Anda pengguna Apple. 

  • Toshiba 32L3965 

Keunggulan dari Toshiba 32L3965 seharga 2,7 juta adalah warna dan tampilan layarnya yang memukau dengan fitur 10-bit Video Processing. Selain itu, Toshiba juga menyematkan teknologi DVB-T2 dan fitur audio dari Dolby Atmos. Selain itu juga terdapat port HDMI dan USB.

  • Aqua LE32AQT6200T

Produk Aqua LE32AQT6200T ini telah dilengkapi teknologi 3D Comb Filter sehingga dapat menampilkan gambar yang lebih mulus. TV seharga 2,7 jutaan ini tidak hanya menggunakan DVB-T2 saja, namun juga ada port HDMI dan USB untuk memutar hiburan kesukaanmu. 

  • Sharp Aquos LED 2T-C32DCi 

Sharp mengeluarkan Aquos  LED 2T-C32DCi untuk Smart TV kelas ekonomis. Dengan harga 2,7 jutaan saja, Anda mendapatkan TV LED 32 inci dengan fitur dan teknologi X2 Mater Engine Terdapat fitur lain seperti antena booster, Dolby Audio dan fitur proteksi voltase maupun petir.

Rekomendasi Smart TV 24 Inch 

Bagi Anda yang memiliki ruang tak begitu luas di rumah atau hanya memiliki dana terbatas, mungkin coba simak rekomendasi Smart TV 24 inch berikut ini. Walau berukuran kecil, mau teknologi yang ditawarkan tak kalah dengan kelas ukuran Smart TV diatasnya. 

  • Samsung 24H4150

Sebagai salah satu merk TV terbaik, Samsung 24H4150 menawarkan fitur dan desain Smart TV dengan panel layar LED beresolusi full HD yang mampu memproduksi warna dan tampilan sangat jernih. Selain memiliki port USB dan HDMI, juga terdapat beragam fitur berteknologi lainnya. 

  • Polytron PLD24MV1859

Polytron juga hadir dalam persaingan pasar TV 24 inci dengan tipe PLD24MV1859, dimana terdapat beragam fitur seperti Picture Noise Reduction, 8 Picture Mode, Wi-Fi dan Eco Mode. Selain itu juga dilengkapi Screen Mirroring, Screen Stand By Mode dan port HDMI.

  • Sharp LC-24LE170i

Sharp hadir sebagai salah satu rekomendasi Smart TV 24 inchi yang bersaing di pasaran. Tipe LC-24LE170i ini memiliki panel HD dan teknologi LED backlight yang membuat gambar lebih tajam.Selain itu juga terdapat fitur antenna booster dan pelindung tegangan agar tetap stabil. 

  • Cocoa 24D3A

Generasi terbaru dari Cocoa yakni Coocaa 24D3A 24 inci dilengkapi dengan layar full HD. Anda akan menemukan port USB, HDMI, VGA, AV input, serta AUX  untuk melengkapi kebutuhan hiburanmu. Tak perlu risau, TV ini dijamin hemat daya listrik dengan kapasitas 45 watt saja. 

  • LG 24TN520S 

Pabrikan LG tak mau ketinggalan dalam penjualan TV 24 inch. Tipe LG 24TN520S dibekali dengan HD Display, Wide Viewing Angle, dan Built in WiFi. Selain itu, TV dengan sistem operasi linux WebOS ini juga dilengkapi 2 stereo speaker, port HDMI dab fitur Wall Mountable.

Rekomendasi Smart TV 32 Inch Terbaik

Di kelas ukuran TV sedang, beragam merk juga mengeluarkan tipe Smart TV dengan ukuran 32 inci. Beragam fitur dan kelengkapan lainya dijamin akan memuaskan kebutuhan hiburanmu. Coba simak rekomendasi Smart TV 32 inci terbaik yang akan membuatmu betah di rumah berikut ini. 

  • Samsung QN32Q60AAFXZA

Produk Samsung seri QN32Q60AAFXZA ini sangat cocok untuk para gamer karena didukung HDR10 dan HDR10+. Selain tampilan gambar 4K yang memukau, terdapat beberapa fitur lain seperti Voice Assistant, Amazon Alexa, Bixby, Google, dan koneksi dengan PC atau laptop.

  • Samsung T4500

Satu lagi produk Samsung yang patut Anda pertimbangkan, yaitu Smart TV T4500. Selain kualitas gambar yang memukau, juga terdapat banyak fitur seperti one remote, smart hub, bixby dan smartcloud untuk menyimpan file. TV ini juga dapat Anda gunakan sebagai personal computer lho.

  • Changhong L32K2

Changhong L32K2 merupakan seri keluaran pabrikan TV china yang tak bisa dianggap remeh. TV keluaran 2020 ini dibekali bluetooth 5.0, Chromecast Built-in dan terhubung dengan Google assistant dan Google play. Selain hemat listrik, TV ini juga frameless dengan fitur Dolby Audio.

  • LG 32LM630

LG 32LM630 menjadi salah satu rekomendasi Smart TV terbaik saat ini dengan ukuran layar dan resolusi HD 4K dan dilengkapi dengan Dynamic Color enhancer dan prosesor quad core membuat gambar lebih hidup. Selain itu terdapat virtual surround plus, Dolby Audio serta port HDMI. 

  • Sharp 2T-C32BA1i

Produk keluaran sharp ini dilengkapi dengan fitur screen time yang dapat Anda gunakan sebagai pengontrol waktu tonton anak. Selain itu juga dilengkapi layar full HD yang menghasilkan gambar 4K. Fitur inputnya dilengkapi port HDMI, USB, Audio Out, serta Antenna Booster.

Rekomendasi Smart TV 43 Inch Terbaik

Jika ruang di rumahmu cukup lebar dan Anda punya dana lebih untuk membeli Smart TV, coba simak rekomendasi Smart TV 43 inch berikut ini. Ukuran layar yang lebar dan kualitas gambar full HD dan ditambah beragam fitur lainnya akan membuatmu nyaman menonton apa yang Anda mau.

  • TCL 43A30

TCL 43A30 memiliki aksesibilitas yang baik dengan akses Google, Youtube dan Netflix. Sebagai TV yang jadi rekomendasi Smart TV pilihan, TCL mengusung layar UHD 4K dan audio Dolby Vision. Juga terdapat fitur Hands-free voice control untuk mengaksesnya tanpa remote dari jarak jauh. 

  • Samsung TU8000

Satu lagi rekomendasi Smart TV Samsung 43 inch dengan desain minimalis yang didukung Crystal processor 4K, yaitu Samsung TU8000. TV ini dilengkapi dengan port HDMI, Ethernet, Bluetooth, WiFi, audio digital optis, fitur bixby dari samsung dan menggunakan sistem operasi Tizen.

  • LG 43UN7300PTC

Smart TV LG ini merupakan TV dengan operating system WebOS  yang beresolusi UHD 4K dan Wide Viewing Angle. Selain terdapat fitur LG ThinQ dan Magic Remote. Untuk konektivitas, tersedia port USB, HDMI, LAN, WiFi, Bluetooth, dan AirPlay untuk pengguna Apple.

  • Sony W66G

Smart TV dengan sistem operasi Linux ini dilengkapi sistem X-Protection PRO dan proteksi voltase korsleting listrik. Beberapa fitur yang tersedia antara lain Dolby Audio, HDMI, USB, LAN, audio input, koneksi smartphone dan 4K X-Reality Pro untuk gambar yang memukau.

  • Toshiba 43L5650

Keistimewaan televisi ini adalah adanya fitur active motion and resolution yang menghasilkan pergerakan gambar yang baik. Ada pula browser Opera akan mempermudah aksesmu ke berbagai konten hiburan. Smart TV ini juga bisa Anda jadikan layar komputer dengan koneksi VGA HDMI.

Kesimpulan

Perkembangan teknologi memang tak bisa dipungkiri membuat pilihan untuk memenuhi kebutuhan hiburan jadi semakin variatif. Rekomendasi Smart TV terbaik dengan berbagai pilihan fitur di atas dapat Anda jadikan pertimbangkan sebelum membeli Smart TV terbaik yang sesuai. Baca juga Simak! Inilah Rekomendasi TV Android di Bawah 5 Jutaan