Simak! Inilah Rekomendasi TV Android di Bawah 5 Jutaan

Untuk sekarang, Anda dapat menyaksikan acara televisi favorit melalui beberapa rekomendasi TV android dengan harga murah!

Cara Pasang Set Top Box Sebagai Alternatif Dapat Siaran TV Digital

Rekomendasi TV Android di Indonesia dengan harga, ukuran, dan keunggulan yang berbeda sudah banyak jumlahnya. Semuanya akan dibahas secara lengkap pada pembahasan di bawah ini.

Namun sebelum masuk ke pembahasan inti, lebih baik mengetahui dahulu apa itu TV Android. Tidak lupa, Anda juga sebaiknya mengenal perbedaan TV Android dengan smart TV yang umumnya ada di masyarakat. Untuk itu, baca artikel ini sampai habis!

Apa itu TV Android

Pada hakikatnya, TV Android sama seperti smart TV yang dijual bebas di Indonesia. Perbedaannya adalah televisi jenis ini menggunakan Android sebagai sistem operasinya, persis seperti ponsel pintar.

Dengan hal tersebut, Anda akan menemukan berbagai aplikasi di Android TV. Mulai dari sosial media semisal Facebook sampai aplikasi streaming video semisal YouTube. Anda dapat membuka semua itu sesuai kebutuhan.

Kemudian, TV Android menyematkan Google Assistant pada perangkatnya. Hal tersebut dilakukan untuk mempermudah para pengguna ketika mencari informasi tertentu di YouTube, seperti TV Android terbaik dan harganya.

Perbedaan lainnya adalah TV Android dapat dihubungkan dengan ponsel pintar milik pengguna. Implikasinya, Anda bisa saja menonton berbagai video yang ada di ponsel melalui televisi Android.

Merek TV Android Terbaik

Pada mulanya, produsen TV Android hanyalah Google. Seiring berjalannya waktu, banyak perusahaan yang memproduksi barang tersebut. Di antara semua itu, ada beberapa yang akhirnya mendapatkan gelar sebagai merk TV android terbaik, seperti:

1. SAMSUNG

SAMSUNG merupakan perusahaan asal Korea Selatan. Di Indonesia, perusahaan ini memasarkan beragam barang elektronik. Sebut saja, seperti dispenser, ponsel pintar, mesin cuci sampai laptop.

Selain itu, SAMSUNG juga memproduksi sekaligus menjual beragam rekomendasi TV android murah dengan harga di bawah 5 juta rupiah. Walaupun murah, SAMSUNG menawarkan keunggulan kepada para pengguna.

Keunggulan tersebut meliputi gambar yang jernih dan suara yang jelas. Pada sisi lain, SAMSUNG pun telah memproduksi televisi dengan layar melengkung. Layar tersebut akan memberikan pengalaman menonton baru kepada Anda.

2. SONY

Selain SAMSUNG, SONY dikategorikan sebagai merk TV android terbaik 2022 di Indonesia. Setidaknya, beberapa alasan bisa melatarbelakangi hal itu. Salah satunya adalah resolusi gambar yang begitu jelas.

Resolusi tersebut didapatkan karena hampir semua produk televisi keluaran SONY menggunakan layar AMOLED. Oleh karenanya, detail yang terdapat pada gambar dapat terlihat secara sempurna.

Kemudian, warna yang muncul pada layar pun lebih tajam ketimbang smart TV keluaran perusahaan lain. Sehingga tidak menyakitkan mata siapa pun yang menyaksikan tayangan di televisi tersebut.

3. Panasonic

Panasonic dikenal sebagai brand TV terbaik Indonesia. Dari dahulu, perusahaan ini telah memproduksi beragam jenis televisi kepada masyarakat dan sukses terjual dengan jumlah yang cukup tinggi setiap tahun, seperti smart TV.

Adapun mayoritas smart TV buatan Panasonic menggunakan Firefox sebagai sistem operasinya. Dengan hal tersebut, Anda tidak dapat memanfaatkan fitur Google Assistant untuk membantu dalam rutinitas.

Namun ada pula televisi pintar Panasonic yang menggunakan Android sebagai sistem operasi. Salah satu produk tersebut adalah smart TV seri HX dan SX. Kedua rekomendasi TV android ini dibandrol dengan harga mencapai 3 juta rupiah.

4. Polytron

Polytron adalah satu-satunya produsen barang elektronik Indonesia yang mampu bersaing dengan SAMSUNG atau Sony. Terlebih pada komoditas televisi pintar atau dikenal juga sebagai smart TV.

Kenapa prestasi tersebut dapat diraih? Pasalnya hampir seluruh android TV buatan Polytron memiliki kualitas baik. Buktinya adalah produk perusahaan ini bertahan lama meskipun telah berusia hingga dua dekade atau lebih.

Pada sisi lain, apabila salah satu rekomendasi TV Android Polytron mengalami kerusakan, Anda tak perlu mengeluarkan uang sepeser pun. Pasalnya dalam satu tahun ke depan pasca pembelian, pihak perusahaan akan memberikan garansi perbaikan kepada konsumen.

5. Xiaomi

Xiaomi nampaknya hendak mengikuti jejak SAMSUNG. Pasalnya, perusahaan asal China ini mulai menciptakan produk elektronik baru selain ponsel, salah satunya adalah televisi pintar berbasis Android.

Sama seperti di ponsel pintar, Xiaomi mengincar pasar menengah ke bawah. Dengan kenyataan demikian, harga rata-rata rekomendasi TV android 2022 keluaran Xiaomi di kisaran lima juta rupiah ke bawah.

Meskipun harganya murah, smart TV Xiaomi memiliki kualitas yang tidak kalah dengan perusahaan lain. Sehingga wajar saja apabila banyak masyarakat terlebih di Indonesia yang meminatinya.

6. Philips

Philips adalah perusahaan asal Belanda, lebih tepatnya Amsterdam. Bergerak di bidang teknologi dan telah menciptakan beragam produk elektronik berkualitas dan bernilai tinggi yang berguna bagi masyarakat.

Sayangnya, tidak semua produk elektronik Philips dijual di Indonesia. Hanya beberapa jenis saja yang dapat Anda temukan dengan mudah di toko perlengkapan rumah tangga, seperti mesin cuci, televisi, kulkas, setrika, dan lampu.

Terkhusus televisi sendiri, Philips hanya menjual TV LED ke pasar Indonesia. Sementara itu, perusahaan tersebut enggan mengeluarkan smart TV buatan mereka ke masyarakat di tanah air. Padahal produk mereka sangat bagus dan cocok menjadi rekomendasi TV android terbaik.

7. TCL

Tidak semua orang yang mengetahui brand asal China ini. Pasalnya pamor mereka kalah ketimbang perusahaan raksasa lainnya, seperti Xiaomi, SAMSUNG, Polytron, Philips sampai Panasonic.

Meskipun TCL merupakan perusahaan dari China. Faktanya produk buatan mereka, terlebih smart TV memiliki kualitas yang sangat baik. Bahkan masuk ke dalam salah satu rekomendasi TV android terbaik dan termurah di Indonesia.

Rekomendasi TV Android 24 Inch

Ketujuh badan usaha di atas dikenal sebagai merek televisi pintar di Indonesia. Untuk selanjutnya, mari kita ulas secara lengkap tentang rekomendasi dan harga TV android terbaik 2022 berukuran 24 inci di bawah ini:

1. Philips 24PHA4003

Philips 24PHA4003 merupakan rekomendasi TV android berukuran 24 inch pertama pada daftar kali ini. Dibandingkan dengan yang lain, produk ini menawarkan berbagai keunggulan kepada seluruh konsumen.

Keunggulan pertama adalah televisi ini dapat digunakan sebagai monitor pada komputer Anda. Kenapa? Selain ukurannya yang kecil, gambar yang muncul dari perangkat ini cukup tajam dan jernih.

Keunggulan berikutnya adalah berkat adanya Digital Crystal Clear, Philips 24PHA4003 dapat menangkap hasil siaran yang jernih tanpa menggunakan bantuan aksesoris lain, seperti antena yang harganya cukup mahal.

2. Sharp LC-24LE170i

Rekomendasi TV android 24 inch berikutnya adalah Sharp LC-24LE170i. Sama seperti sebelumnya, keunggulan utama dari produk ini adalah resolusi gambar yang dihasilkan sangat jernih.

Selain itu, Sharp LC-24LE170i juga tidak membutuhkan booster tambahan untuk menangkap sinyal lebih baik. Pasalnya, di dalam produk tersebut, pihak perusahaan telah menanamkan suatu teknologi yang berfungsi untuk meningkatkan jangkauan sinyal televisi.

Anda dapat menikmati dua keunggulan tadi dengan membeli produk ini, baik di toko resmi atau bukan. Tenang saja, harga yang ditetapkan oleh pihak penjual cukup murah kok, yaitu tidak lebih dari 2 juta rupiah.

3. LG 24TL520V-PT

Sedikit berbeda dengan dua produk sebelumnya, LG 24TL520V-PT menyediakan fitur cinematic mode. Jika Anda mengaktifkannya, Anda akan merasakan pengalaman berbeda dalam menonton film bersama keluarga.

Pasalnya, gambar yang dihasilkan melalui fitur tersebut hampir mirip dengan bioskop. Jangkauan rasionya lebih luas dan panel layar LED cukup memanjakan mata bagi siapapun yang menyaksikannya.

4. TCL 24D

TCL 24D memiliki teknologi suara yang berkualitas pada kelasnya. Jika Anda mengatur audio di volume tinggi, suara yang muncul tidak akan pecah dan bulat sebagaimana mestinya. Bahkan bergema selayaknya Anda sedang menonton film di bioskop.

Selain itu, TCL juga menyematkan fitur konektivitas yang cukup komplit pada salah satu produknya tersebut. Anda dapat menghubungkan televisi dengan ponsel pintar melalui bluetooth atau jaringan WiFi.

Meski demikian, TCL 24D memiliki jumlah port yang terbilang sedikit. Mungkin bagi Sebagian orang, hal tersebut tidak terlalu mengganggu. Mengingat mereka tidak perlu menghubungkan perangkat eksternal lain lewat kabel.

Namun bagi orang lain, jumlah port sedikit dianggap sebagai kekurangan TCL 24D. Sehingga mereka harus menggunakan colokan tambahan untuk menghubungkan perangkat lain dengan salah satu rekomendasi TV android ini.

5. Polytron 24T1850

Polytron 24T1850 masuk ke dalam daftar paling terakhir sebagai rekomendasi TV android 24 inch terbaik Indonesia. Sama seperti beberapa nama di atas, televisi keluaran Polytron ini menawarkan beragam keuntungan kepada konsumen, seperti gambar yang jernih.

Pada sisi lain, Anda akan mendapatkan sepasang speaker untuk menambah pengalaman menonton bersama keluarga. Tenang saja, speaker tersebut diberikan secara gratis sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan uang lagi.

Kemudian, Polytron 24T1850 sendiri memiliki fitur konektivitas yang begitu banyak. Hal ini sama seperti TCL 24D. Dengan demikian, Anda pun dapat menghubungkan ponsel atau laptop dengan televisi ini.

Rekomendasi TV Android 32 Inch

Bagi sebagian orang, menonton acara lewat televisi 24 inch itu cukup mengganggu. Pasalnya gambar yang muncul tidak akan jelas. Oleh karenanya, orang-orang tersebut mencari rekomendasi TV android berukuran 32 inch berikut:

1. SAMSUNG 32 T4500

Harga SAMSUNG 32 T4500 terbilang cukup mahal bagi sebagian orang, yaitu 3 juta rupiah untuk satu unitnya. Itu pun belum termasuk beberapa aksesoris pelengkap untuk mendukung kualitas suara dan gambar yang dihasilkan.

Meskipun terbilang mahal, produk ini menawarkan beragam keunggulan ketimbang produk lain. Hal pertama adalah Anda dapat mengatur televisi ini melalui Bixby. Selain itu, Anda juga dapat mengganti kanal televisi lewat ponsel sendiri.

Selain itu, Anda juga boleh menyimpan file-file penting di televisi sendiri. Tentunya melalui fitur bernama Smart Cloud. Berkat ketiga hal tersebut, Samsung 32 T4500 tergolong ke dalam rekomendasi TV android 32 inch.

2. Sharp 2T-C32BA1i

Biasanya anak kecil selalu mencuri kesempatan untuk menonton tayangan yang mereka mau, meskipun sudah larut malam. Hal tersebut terkadang cukup mengganggu orang tua terlebih jika sang anak mesti melakukan aktivitas di pagi hari.

Namun jika Anda memiliki Sharp 2T-C32BA1i, kesempatan tersebut tidak akan ada. Pasalnya Anda dapat mengatur screen time televisi sesuai keinginan masing-masing melalui remote atau ponsel pintar.

Berkat kemampuan tersebut, jika ada seseorang yang hendak menonton acara di televisi, si perangkat tidak menyala. Kemudian, perangkat akan memberikan peringatan kepada ponsel sang pemilik televisi. Itulah alasan mengapa sharp 2T masuk ke dalam rekomendasi TV android.

3. LG 32 LM

Secara desain, LG 32 LM terbilang cukup menarik. Sebabnya adalah televisi ini mengusung konsep layar melengkung yang menambah pengalaman menonton bagi para konsumen. Selain itu, produk ini menerapkan bezel less yang memberikan kesan elegan.

Pada sisi lain, di dalam LG 32 LM pun terdapat teknologi Dolby Audio. Berkat hal tersebut, suara yang dihasilkan oleh perangkat ini cukup menggelegar dan merata. Pengalaman selayaknya menonton di teater pribadi pun akan terasa.

Anda jangan melupakan teknologi Active HDR. Apa fungsinya? Untuk menjadikan gambar lebih hidup dan memanjakan mata. Kemudian warna yang muncul pun tidak akan kabur selayaknya produk dari perusahaan lain.

Keunggulan tersebut dapat Anda peroleh dengan membeli LG 32 LM. Berapa harga TV android 32 inch ini? Menurut berbagai sumber, perangkat ini dijual dengan harga yang cukup mahal, yaitu lima juta rupiah.

4. Rekomendasi TV android Cooca 32S6G

Rekomendasi TV android berikutnya adalah Cooca 32S6G. Sedikit berbeda dengan yang lain, produk tersebut menggunakan sistem operasi Android terbaru untuk mendukung segala perintah dari pengguna.

Selain itu, Anda pun berkesempatan untuk mengontrol perangkat ini hanya melalui suara. Pasalnya, Cooca 32S6G telah memiliki fitur Google Assistant yang membantu konsumen dalam menjalankan rutinitas.

Kemudian, Anda boleh saja mengunduh aplikasi-aplikasi lain di Cooca 32S6G ini. Hal tersebut dapat terjadi karena adanya Play Store yang merupakan aplikasi bawaan dari sistem android versi terbaru.

5. Chiq L32G7P

Chiq L32G7P memiliki keunggulan ketimbang keempat produk tadi. Hal yang paling utama adalah Anda dapat menggunakan ponsel pintar sebagai remot TV. Dengan ini, Anda berkesempatan untuk mengatur saluran tayangan dari jarak jauh.

Pada sisi lain, Anda pun dapat memanfaatkan fitur suara untuk membantu pekerjaan jarak jauh. Misalnya, menghubungi nomor seseorang dalam situasi genting. Selain itu, Anda bisa menyuruh sistem untuk membuka aplikasi tertentu.

Rekomendasi TV Android 43 Inch

Pada hakikatnya, televisi 32 inch sudah cukup besar. Gambar yang ditampilkan pun tajam. Namun, sebagian orang yang tidak menyukainya karena satu dan lain hal. Dengan demikian, Anda atau mereka dapat memilih salah satu dari nama-nama berikut:

1. Rekomendasi TV android Mi TV 4A

Harga rekomendasi TV android 43 inch ini relatif murah, yaitu 2 jutaan saja. Meski murah, terdapat banyak fitur yang tersemat pada produk keluaran Xiaomi tersebut, salah satunya adalah Google Voice Search.

2. Samsung crystal Smart TV

Produk smart TV 4K terbaik salah satunya jatuh pada produk dari Samsung. Dibanderol dengan harga 4,5 juta, TV ini telah didukung dengan fitur smart hub dengan sistem operasi Tizen. Dengan begitu, pengguna dimanjakan dengan menonton Youtube, Netflix hingga Apple TV.

3. Coocaa 40s5G

Daftar terakhir ada Coocaa 40s5G yang merupakan smart TV yang tergolong murah dengan dilengkapi infinity display tanpa bezel dan rasio mencapai 97%. Benar-benar tidak ada kesan murahan sama sekali!

Penutup

Perkembangan TV memang sekarang ini terus meningkat. Beragam jenis, mulai dari bentuk hingga sistem operasinya terus mengalami kemajuan. Jadi, sekarang bukan hanya TV dengan sistem biasa, tapi sudah ada TV yang dapat digunakan selayaknya smartphone.

Demikian daftar rekomendasi TV android yang dibanderol harga di bawah 5 jutaan saja yang bisa jadi pertimbangan kamu dalam memilih. Pada intinya, fitur-fitur yang tersedia tak kalah keren dibandingkan pada kelas harga yang lebih mahal.

Kebutuhan televisi setiap orang tentu berbeda-beda. Anda tidak harus membeli  TV Android, tapi sesuaikan dengan kebutuhan saja. Semoga membantu! Baca juga Mengetahui Perbedaan antara Smart TV dengan Android TV