Simak! Inilah Cara Merekam Layar di Berbagai Perangkat Gadget

Dokumentasi kadangkala tak cukup dengan tangkapan layar, perlu juga rekam layar. Berikut adalah cara merekam layar di berbagai perangkat gadget.

cara merekam layar

Di era ini, penggunaan smartphone tidak hanya terbatas sebagai alat komunikasi. Berbagai fitur canggihnya kini membantu pekerjaan-pekerjaan manusia. Salah satunya adalah adanya fitur cara merekam layar dengan menggunakan screen recorder di perangkat gadget.

Fitur screen recorder adalah satu dari berbagai fitur yang paling ditunggu-tunggu pengguna. Berbeda dengan screen shoot yang hanya bisa menangkap layar dan menyimpannya dalam bentuk gambar, fitur ini memungkinkan pengguna dapat merekam layar dan menyimpannya dalam bentuk video.

Manfaat Merekam Layar di Smartphone

Kehadiran fitur screen recorder memberikan banyak manfaat bagi para pengguna. Apa saja kira-kira kegunaan-kegunaan dari fitur canggih smartphone yang satu ini? Berikut ini adalah beberapa manfaat merekam layar yang perlu Anda ketahui:

  • Dijadikan sebagai barang bukti

Kemudahan yang didapat dari transaksi-transaksi perbankan secara mobile seringkali juga berdampak negatif. Salah satunya adalah rentannya terjadi kasus-kasus penipuan online. Risiko-risiko tersebut memang kadang tidak bisa dihindari itu, sehingga Anda harus tahu cara untuk menanganinya.

Salah satu penanganan yang bisa Anda lakukan adalah dengan cara merekam layar perangkat smartphone yang Anda gunakan. Ia bisa dijadikan sebagai barang bukti ketika nantinya Anda hendak melaporkan kasus penipuan tersebut kepada pihak berwajib.. 

  • Memperjelas informasi yang didemonstrasikan

Manfaat rekam layar berikutnya adalah dapat memperjelas informasi yang didemonstrasikan. Hal tersebut karena seringkali informasi tak cukup jika hanya diilustrasikan dengan gambar. Sebaliknya, mendemonstrasikan informasi tersebut dalam bentuk video bisa dijadikan solusi.

Misal saja ketika Anda hendak menginformasikan cara penggunaan membuat style heading di Microsoft Word. Pembuatan tutorial dengan mendemonstrasikannya langsung dalam bentuk video akan dapat dipahami lebih mudah oleh sasaran informasi Anda.

  • Konsultasi dengan mudah

Apakah semua aplikasi di perangkat gadget Anda berjalan baik? Adakah sesuatu yang membuat Anda bingung dengan fitur-fitur yang ada di smartphone Anda? Masalah-masalah yang muncul semacam ini juga dapat Anda konsultasikan dengan ahlinya langsung.

Adapun langkah yang bisa Anda lakukan adalah dengan cara merekam layar ketika aplikasi yang bermasalah tersebut tunjukkan gejalanya. Dengan itu, ahli yang nantinya akan memperbaiki masalah tersebut akan tahu secara langsung apa yang terjadi dengan smartphone Anda.

Aplikasi Merekam Layar di Perangkat Gadget

Banyak sekali kegunaan screen recorder, bukan? Anda pun kini tidak perlu kebingungan lagi ketika membutuhkan aplikasi untuk merekam layar. Berikut ini adalah beberapa aplikasi yang direkomendasikan untuk Anda install dan gunakan di smartphone kesayangan Anda.

  • Aplikasi screen recorder bawaan dari smartphone

Beruntungnya, di tengah-tengah persaingan produk-produk baru, para produsen smartphone mulai menghadirkan fitur untuk merekam layar secara bawaan. Dengan demikian, Anda tidak perlu harus mengunduh dan memasang aplikasi tersebut secara manual yang merepotkan.

Cara merekam layar melalui aplikasi bawaan smartphone terbilang sangat mudah. Anda hanya perlu membuka folder dengan nama tools / alat yang didalamnya terdapat berbagai jenis apps bawaan. Salah satu di antaranya adalah aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk merekam layar.

  • Xrecorder: Screen recorder & Video Recorder

Meskipun mudah, aplikasi rekam layar bawaan kadang susah untuk ditemukan. Inilah alasan kenapa tidak sedikit pengguna lebih memilih untuk mengunduh dan memasang aplikasi rekam layar dari PlayStore. Salah satunya adalah aplikasi XRecorder.

Ada beberapa keunggulan yang membuat tidak sedikit pengguna memilih gunakan aplikasi Xrecorder: Screen recorder & Video Recorder. Di antaranya adalah tak adanya marka air atau watermark dan tak adanya batas waktu merekam. Sehingga Anda akan dapat merekam layar dengan nyaman dan aman.

  • Mobizen

Cara merekam layar berikutnya dapat dilakukan dengan menggunakan Mobizen. Aplikasi yang bisa Anda unduh secara gratis dan memiliki ukuran 29 MB ini memiliki banyak keunggulan. Salah satunya adalah Anda dapat menggambar ketika layar direkam melalui fitur Draw on Screen.

Aplikasi yang dibuat oleh AppSmartz bisa dikatakan sebagai aplikasi perekam layar populer di kalangan pengguna smartphone. Sebab selain gratis, perekam layar yang satu ini cukup ringan, mudah digunakan dan settingannya mudah bahkan bagi pemula.

Cara merekam layar di HP Android

Seperti yang telah diketahui bersama, dibandingkan dengan beberapa gadget lainnya, android adalah gadget yang paling sering digunakan. Hal ini karena android tak hanya berperan sebagai alat komunikasi saja, tapi juga dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan lainnya.

Salah satunya adalah untuk merekam rapat yang dilakukan secara online, membuat video tutorial, merekam video, dan lain sebagainya. Inilah alasan mengapa cara merekam layar di HP Android masih penting diketahui. Termasuk bagi Anda yang pengguna OPPO, Vivo, Xiaomi, dsb. 

Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk merekam layar. Anda bisa melakukannya dengan maupun tanpa aplikasi. Dengan screen recorder bawaan dari android, memungkinkan Anda tidak perlu mengunduh dan menginstall aplikasi dari pihak ketiga.

  • Rekam layar tanpa aplikasi di android

Cara merekam layar di android sangat mudah. Pertama-tama, buka pengaturan atau setelan di HP android Anda. Temukan fitur “screen recorder”, ketuk fitur tersebut. Setelah itu, akan muncul beberapa pilihan pada layar, yakni rekam dengan atau tanpa suara, suara media, atau suara mikrofon.

Setelah itu, langkah merekam layar tanpa aplikasi di android berikutnya adalah memilih suara sesuai keinginan atau keperluan. Kemudian jika Anda sudah siap merekam, sentuh pada menu “mulai merekam” dan sentuh “stop” saat proses rekaman sudah selesai. Sangat mudah, kan?

  • Rekam layar dengan aplikasi di android

Tidak jarang, hasil rekam layar dengan aplikasi bawaan dari android bisa kurang memuaskan. Untuk inilah beberapa orang memilih untuk menggunakan aplikasi perekam layar dari pihak ketiga. Berikut ini adalah beberapa jenis aplikasi yang bisa kamu lakukan untuk merekam layar.

  • Aplikasi AZ Screen recorder
  • Aplikasi Mobizen Screen recorder
  • Aplikasi Super Screen recorder
  • Aplikasi Apowersoft Screen recorder
  • Aplikasi Game Screen recorder
  • Aplikasi Xrecorder
  • Aplikasi RecScreen recorder
  • Aplikasi Irecorder.

Keberadaan aplikasi perekam layar hape android ini bisa Anda gunakan untuk abadikan momen atau aktivitas-aktivitas yang dilakukan. Adapun umumnya, aplikasi yang masing-masing miliki kelebihan ini bisa diunduh dan dipasang secara gratis. Jadi Anda tak perlu khawatir akan dikenai biaya.

Cara merekam layar di Laptop

Tak saja dapat dilakukan di hape android maupun di iPhone, merekam layar bisa juga dilakukan di laptop. Screen record laptop pun bisa dilakukan dengan berbagai cara. Baik dengan bantuan aplikasi maupun tanpa menggunakan aplikasi sama sekali.

Meskipun pada dasarnya, langkah-langkah merekam dengan maupun  tanpa aplikasi tekniknya berbeda, namun umumnya semua cara dilakukan dengan mudah. Sehingga ketika Anda ingin membuat video tutorial maupun live streaming saat bermain game bisa aman dan lancar.

  • Rekam layar tanpa aplikasi di laptop

Di antara keuntungan semakin canggihnya teknologi adalah semakin banyaknya kemudahan yang ditawarkan untuk memudahkan pekerjaan manusia. Salah satunya adalah kehadiran windows 10 yang memungkinkan Anda bisa merekam layar laptop dengan mudah tanpa ribet.

Perlu Anda ketahui bahwa sebelum kehadirannya, screen recorder bukanlah suatu kegiatan yang mudah dilakukan. Sebab pengguna perlu menggunakan aplikasi dari pihak ketiga untuk merekam aktivitas layar yang nantinya akan dibagikan kepada khalayak maupun kepentingan lainnya.

Akan tetapi, setelah kehadiran windows 10 di laptop maupun PC, kini kita dapat mengenal satu fitur menarik bernama Xbox Game Bar. Fitur yang satu ini memungkinkan pengguna yang ingin merekam layar laptop tidak perlu lagi harus menginstal aplikasi perekam layar secara manual.

Cara merekam layar dengan Xbox Game Bar di laptop sangat mudah. Tekan tombol ‘Windows logo + G’, kemudian klik pada ikon webcam. Klik ikon titik besar untuk merekam, kemudian klik ikon kotak berwarna hijau untuk stop merekam. Sangat sederhana, bukan?

  • Rekam layar dengan ekstensi di laptop

Selain menggunakan shortcut Xbox Game Bar, cara merekam layar di laptop berikutnya bisa Anda lakukan menggunakan browser Chrome. Yakni dengan cara menambahkan ekstensi. Nah, dari banyaknya ekstensi screen record, salah satu yang direkomendasikan ialah Awesome Screenshot & Screen recorder.

Adapun cara menambahkan ekstensi perekam layar ini pada Chrome juga tidak terlalu rumit. Pertama-tama, buka Chrome dan masuklah ke Chrome Web Store. Pada bilah penelusuran, ketik “Awesome Screenshot & Screen recorder, kemudian klik “Add to Chrome” dan ketuk “Add extension”.

Jika sudah, langkah berikutnya adalah klik “extension” yang lokasinya ada di pojok kanan atas. Carilah ekstensi “Awesome Screenshot & Screen recorder” dan aktifkan dengan klik tombol “pin”. Setelah inilah Anda sudah dapat merekam layar dengan gunakan ekstensi ini di laptop.

Cara merekam layar di PC

Bagi Anda yang gemar game online dan ingin melakukan streaming, Anda tak perlu bingung lagi karena sudah ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk merekam layar. Tak terkecuali jika Anda ingin melakukannya di PC (Personal Computer) baik menggunakan tools maupun aplikasi.

Benar saja, dengan bermodalkan PC yang Anda gunakan, kini Anda dapat merekam layar gadget Anda tanpa ribet. Berikut ini adalah beberapa cara merekam layar di PC yang bisa Anda coba karena sangat mudah.

  • Gunakan Shortcut Windows + G

Cara merekam layar di PC yang pertama ialah dengan menggunakan fitur Xbox Game Bar yang secara otomatis terpasang di laptop dengan windows 10 ke atas. Cara ini memungkinkan Anda dapat merekam layar tanpa harus mengunduh dan menginstall suatu aplikasi lebih dulu.

Adapun cara menggunakan fitur ini sangat sederhana. Pertama, tekan tuts keyboard berlogo Windows + G secara bersamaan. Kemudian klik pada menu “overlay” dan pilih “capture”. Pada menu capture, akan muncul beberapa opsi, sementara untuk keperluan merekam, pilih “start recording”.

Memulai rekaman bisa Anda lakukan dengan klik ikon bulat, dan klik ikon kotak untuk berhenti merekam. Sementara untuk melihat hasil rekaman yang sudah dikerjakan, Anda dapat melihat hasil tersebut dengan membuka game bar. Mudah sekali, bukan?

  • Gunakan Aplikasi Perekam Layar: OBS Studio

Sebenarnya, ada banyak aplikasi perekam layar di PC yang bisa Anda gunakan. Salah satu yang paling populer digunakan adalah OBS Studio. Kepopuleran apps yang satu ini di antaranya ialah karena hasil dari rekamannya bisa dibagikan secara langsung ke Yt, Dailymotion, dan lain-lain.

Akan tetapi, seperti halnya aplikasi lainnya, untuk bisa menggunakannya Anda harus lebih dulu mengunduh dan menginstal programnya lebih dahulu. Jika sudah terinstal, barulah Anda dapat menggunakan aplikasi rekam layar yang satu ini. Adapun cara penggunaannya ialah seperti ini:

  • Buka aplikasi OBS Studio yang sudah terinstall di komputer Anda.
  • Pilih menu sources, kemudian klik tanda plus (+) yang ada di bagian bawah.
  • Klik pada menu “display capture” dan berilah judul rekaman sesuai keinginan.
  • Jika sudah siap untuk merekam, klik pada tombol “start recording” dan klik pada tombol “stop recording” ketika sudah selesai.
  • Hasil dari proses rekaman akan tersimpan langsung di direktori laptop Anda.

Cara merekam layar di Windows

Cara merekam layar di windows dilakukan untuk berbagai kepentingan. Salah satunya adalah sering digunakan untuk mempresentasikan penugasan dan membuat tutorial jalankan atau melakukan sesuatu. Sebagian lagi, memanfaatkan untuk membuat tutorial di Youtube.

Cara merekam layar dinilai lebih efisien dan memberikan kejelasan yang tinggi ketika ia menjadi media untuk menyampaikan suatu informasi. Sehingga tidak masalah ketika para pengguna windows kemudian harus mengunduh aplikasi supaya bisa merekam layar di laptop.

  • Rekam Layar di Laptop dengan Game Bar

Bagi para pengguna laptop windows, cara pertama yang bisa Anda pilih adalah dengan gunakan game bar. Adapun langkah-langkahnya yang pertama adalah tekan Windows + G di keyboard. Nantinya, akan muncul fitur rekam layar bawaan dari laptop setelah Anda menekannya.

Langkah berikutnya adalah tekan ikon microphone yang ada di toolbar atas untuk menyalakan atau mematikan fitur mikrofon. Jika sudah siap untuk merekam, Anda dapat menekan fitur “start recording yang ada di sampingnya fitur mikrofon. Maka aktivitas merekam pun akan dimulai.

  • Gunakan Aplikasi Snagit

Jika Anda mengalami masalah ketika merekam layar menggunakan game bar, Anda juga bisa memilih alternatif untuk menggunakan aplikasi Snagit. Aplikasi yang mudah digunakan ini saat pertama-tama Anda harus mengunduh dan menginstalnya lebih dahulu.

Setelah terinstall di laptop, aplikasi ini akan menampilkan beberapa fitur screen recorder. Klik pada menu “video”, lalu pilih “capture”, dan tentukan area layar yang hendak Anda rekam. Jika ingin menjeda perekaman, klik “pause” dan klik “stop” untuk menghentikan proses rekaman.

  • Rekam Layar dengan Screen recorder di Chrome

Untuk beberapa kondisi, keharusan untuk mengunduh dan memasang aplikasi terlebih dahulu mungkin akan sedikit merepotkan. Untuk itulah, terdapat alternatif lain yang dapat Anda pilih untuk merekam layar, yakni gunakan ekstensi screen recorder yang ada di Chrome.

Caranya merekam layar dengan ekstensi Chrome pun sangat mudah. Pertama, buka chrome dan ketik “screen recorder”. Lalu, klik “add to chrome” dan “add extension”. Setelah itu, klik extension “screen recorder” dan pilih “hanya layar atau hanya kamera”. Rekam aktivitas sesuai keinginan Anda

Penutup

Ada banyak cara merekam layar di berbagai perangkat gadget. Baik yang menggunakan aplikasi dari pihak ketiga, melalui ekstensi di Chrome, maupun fitur bawaan dari perangkat gadget yang Anda gunakan. Tentunya, masing-masing cara miliki kelebihan dan kekurangan. Mana kiranya yang akan Anda gunakan? Baca juga Cara Merekam Layar di Windows + Rekomendasi Softwarenya