Simak Ini! Tips Memilih Handphone Android Untuk Anak

Selain faktor kemajuan teknologi, pandemi juga memaksa anak-anak akrab dengan handphone. Berikut ini tips memilih handphone android untuk anak.

tips memilih handphone android untuk anak

Di zaman teknologi seperti sekarang ini, anak-anak juga perlu dibekali dengan smartphone. Oleh karena itu, Anda bisa membaca tips memilih handphone android untuk anak di bawah ini agar Anda tidak salah dalam memilih.

Handphone anak-anak memiliki standar mereka sendiri untuk penggunaan fungsional. Peran orang tua yang selalu mengawasi penggunaan handphone anaknya juga sangat penting. Jadi ini bukan hanya tentang handphone.

Tips Memilih Handphone Android Untuk Anak yang Benar

Memilih handphone bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan juga usia. Bagi yang membutuhkan untuk keperluan bisnis, handphone dengan RAM dan memori yang besar mutlak diperlukan. Hal yang sama berlaku untuk kebutuhan handphone android untuk anak

Anak-anak membutuhkan suatu handphone yang harus dipilih oleh orang tua. Ada beberapa tips bijak untuk memutuskan handphone mana yang tepat untuk anak Anda, tetapi apakah itu? Periksa berikut ini.

1. Tidak harus mahal

Pada masa sekarang, ada banyak handphone anak murah kelas atas di luar sana. Bagi orang tua yang ingin membelikan handphone untuk anaknya, sebaiknya jangan membeli handphone yang mahal. Cukup menentukan budget dari yang satu hingga yang paling mahal 1,5 juta.

Pastikan Anda mampu membayar harga ini. Anda dapat dengan mudah menemukan harga dengan mencari secara online. Bandingkan beberapa merek yang harganya di kantong Anda. Baru setelah itu akan memutuskan untuk membeli secara online atau offline.

2. Tujuan

Pikirkan terlebih dahulu tentang tujuan membeli alat tersebut. Jika anak Anda hanya bermain game, sebaiknya tidak perlu. Berikan anak handphone, dengan tujuan handphone android untuk anak sekolah sebagai alternatif media pendidikan untuk anak-anak.

Orang tua berperan penting dalam menyesuaikan spesifikasi perangkat agar sesuai dengan kebutuhan dan usia anak. Agar juga tidak disalahgunakan oleh anak. Jangan lupa untuk mengingat anak selalu, tentang tujuan dibelikannya handphone.

3. Dapatkan layar yang lebar dan jernih

Tips memilih handphone android untuk anak selanjutnya adalah pemilihan layar. Bagi yang berencana membeli smartphone sebagai alat pendidikan, ukuran layar patut dipertimbangkan. Layar lebar adalah solusinya.

Anda juga perlu mengosongkan layar agar video yang ditampilkan mudah dipahami. Layar yang jernih membuat mata anak Anda tidak terlalu lelah. Anak juga dapat membaca teks yang diberikan oleh guru tanpa masalah.

4. Masa pakai baterai yang lama

Sesi belajar di rumah menggunakan perangkat handphone untuk daring ini memakan waktu satu atau dua jam. Terlebih jika anak perlu melakukan panggilan video menggunakan handphone, anak harus membutuhkan daya baterai yang banyak.

Pilih smartphone dengan baterai besar agar tidak mengganggu konsentrasi atau sesi belajar Anda. Anak akan lebih nyaman belajar dalam waktu yang lama dan tidak akan terganggu. Beberapa handphone saat ini menjual baterai dengan kapasitas hingga 4.500 mAh dengan harga murah.

5. Mudah digunakan untuk melakukan tugas

Saat ini, buku tidak selalu digunakan untuk belajar di sekolah atau mengerjakan pekerjaan rumah. Saat ini, beberapa sekolah menawarkan pertanyaan dan metode langsung di laptop atau smartphone mereka. Dan itu menjadi salah satu tips memilih handphone android untuk anak

Apakah handphone yang akan dibeli memiliki fitur ini? Dan aplikasi ini dapat digunakan untuk menginstal setidaknya beberapa aplikasi pembelajaran. Termasuk melakukan tugas dari kursus anak. Pertimbangkan itu saat akan membeli Hp untuk anak

6. Dapat digunakan untuk panggilan video yang lancar

Saat mencoba produk, tips memilih handphone android untuk anak adalah Anda menguji panggilan video dengan handphone tersebut. Layarnya besar dan jernih, tetapi resolusinya mungkin tidak bagus. Juga, cek speaker nya mungkin sulit didengar.

Kebutuhan akan panggilan video lebih dari sekedar foto, tetapi juga masalah kejernihan suara. Apakah handphone memiliki kemampuan panggilan video yang sangat baik atau tidak juga merupakan kriteria pembelian.

7. Tidak cepat rusak

Hal lain yang tidak ketinggalan adalah bahan handphone yang tahan lama dan elastis. Apalagi jika anak-anak tersebut masih berada di usia sekolah dasar. Anda dapat dengan mudah menjatuhkan handphone hingga layar retak atau perangkat rusak.

Anda harus pandai mengidentifikasi handphone yang tahan lama. Biasanya ada beberapa merek handphone yang menawarkan fitur ini. Fitur yang membuat handphone tidak mudah lecet dan retak atau pecah saat terjatuh.

8. Jangan lupa beri perlindungan

Untuk membuat handphone Anda bertahan lebih lama, mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan. Anda perlu menambahkan aksesori seperti silikon dan mengganti pelindung layar pada saat pembelian.

Handphone itu sendiri mungkin sudah memiliki jenis layar yang kasar, tetapi menambahkan pelindung tidak masalah. Mengingat handphone tersebut akan dipakai oleh anak-anak yang belum mengerti memelihara barang.

9. Koneksi internet

Koneksi internet juga harus diperhatikan. Tidak apa-apa jika anak Anda ingin menghubungkan gadgetnya ke internet sebagai pendukung untuk mencari informasi tentang topik dan hobi mereka. Itu adalah salah satu hal penting dalam tips memilih handphone android untuk anak.

Lain halnya jika mereka ingin mencoba bermain games dan lain-lain. Anda boleh tidak mengizinkan mereka untuk membeli paket internet. Beri pengertian kepada anak tentang tujuan handphone itu digunakan.

10. Kapasitas memori

Gadget Anda membutuhkan memori yang cukup untuk menyimpan aplikasi dan video pendidikan. Karena itu, perhatikan kapasitas memori perangkat yang ingin dibeli. Semakin banyak memorinya, semakin banyak informasi dan aplikasi yang dapat Anda simpan.

Hal tersebut tentu saja memudahkan anak Anda dalam menyimpan banyak pelajarannya dari sekolah. Hal lain juga yang menjadi tips memilih handphone android untuk anak, handphone anak Anda menjadi tidak lelet, karena kapasitasnya yang besar membuat performa optimal.

11. Kamera

Anak-anak suka menjelajah dan berfoto. Anak-anak tidak hanya dapat mengasah keterampilan fotografi mereka, tetapi mereka juga dapat menggunakan kamera untuk mengambil gambar hewan dan tumbuhan di sekitarnya dan belajar tentang hewan yang diambil secara online.

Hal ini mendukung mereka untuk lebih kreatif dalam menentukan hasil potretan. Percayakan kepada mereka untuk mengambil gambar dari kamera handphonenya, agar mereka terlatih menggunakannya.

12. Dilengkapi dengan teknologi GPS, WIFI dan BTS

Tips memilih handphone android untuk anak Anda adalah dilengkapi dengan GPS. Pertama, itu akan memperkenalkan kepada anak-anak teknologi seperti GPS. Dengan kata lain, akan memperkenalkan adanya teknologi tinggi yang dapat mengetahui keberadaan seseorang.

Oleh karena itu, orang tua dapat mengetahui lokasi persis anak mereka dan memperbaruinya dengan kombinasi teknologi 3 arah melalui GPS, WIFI, dan lokasi BTS melalui handphone Anda. Anda bisa tahu kapan saja, di mana saja anak Anda berada.

13. Tips memilih Handphone dari Harga

Harga adalah salah satu yang penting dalam tips memilih handphone android untuk anak. menjadi pertimbangan semua orang tua saat membeli gadget, dan hampir semua orang tua mencari harga terbaik untuk budget mereka.

Alat murah tidak selalu jelek dan berkualitas buruk. Saat ini, banyak merek perangkat keras menawarkan berbagai fitur dengan harga bersaing. Hal itu juga untuk meminimalisir kerugian, jika anak merusak handphonenya.

Penutup

Ini adalah tips memilih handphone android untuk anak termudah yang dapat Anda ikuti untuk mendapatkan handphone yang tepat untuk anak Anda. Tujuannya adalah kemudahan belajar dan komunikasi saat mereka jauh dari rumah. Baca juga Cara Memanfaatkan HP Android Lama, Jadi CCTV Hingga Remote