Seberapa Penting Pembaruan Perangkat Lunak Android?

Kamu mungkin sering mendapatkan notifikasi untuk melakukan pembaruan perangkat lunak pada smartphone, namun seberapa penting pembaruan perangkat lunak android?

Seberapa Penting Pembaruan Perangkat Lunak Android?

Bagi pemilik smartphone android seperti Samsung, Xiaomi, Oppo, Vivo dan lain-lain sesekali pasti mendapatkan notifikasi untuk melakukan pembaruan perangkat lunak. Hal yang disayangkan masih banyak orang yang tidak mengetahui seberapa penting pembaruan perangkat lunak android.

Ada beberapa alasannya, seperti memory penuh dan takut data terhapus ketika pembaruan perangkat lunak smartphone. Mari simak informasi tentang seberapa penting pembaruan perangkat lunak android agar mendapatkan gambaran harus atau tidaknya melakukan pembaruan perangkat lunak.

Seberapa Penting Pembaruan Perangkat Lunak Android?

Seberapa Penting Pembaruan Perangkat Lunak Android?

Pembaruan perangkat dalam smartphone android merupakan hal yang dapat dilakukan beberapa kali dalam setahun. Pembaruan perangkat dapat memperbaiki error-error yang ada pada versi perangkat sebelumnya, selain hal tersebut berikut adalah hal penting pembaruan perangkat lunak:

1. Meningkatkan Kinerja

Pembaruan perangkat lunak pada android juga dapat untuk memperbaiki error-error yang ada pada versi perangkat sebelumnya. Ketika kamu melakukan pembaruan perangkat lunak kinerja dari smartphone kamu pun akan turut serta mendapatkan pembaharuan.

Smartphone android akan jadi lebih optimal dan lebih cepat, melalui pembaruan perangkat lunak aplikasi-aplikasi yang ada akan jadi lebih ringan ketika dijalankan. Beberapa hal yang didapatkan adalah waktu boot lebih cepat, hemat daya, dapat membuka apps dengan cepat dan lain-lain.

Jika sebelumnya smartphone terasa lamban atau sering mengalami lag maka disarankan untuk melakukan pembaruan perangkat lunak. Itu adalah salah satu gambaran seberapa penting pembaruan perangkat lunak android.

2. Memperbaiki Error Pada Aplikasi

Salah satu hal yang sering terjadi ketika tidak melakukan pembaruan perangkat adalah sering munculnya error pada smartphone. Error yang muncul dapat terjadi pada sistem, aplikasi bawaan seperti kamera maupun pada aplikasi pihak ketiga.

Jika bertanya seberapa penting pembaruan perangkat lunak android maka jawabannya adalah penting agar error yang dialami aplikasi tidak terjadi lagi. Salah satu contoh yang paling sering dialami adalah aplikasi kamera yang tidak dapat dibuka.

Tidak hanya pada kamera, ketika membuka suatu aplikasi lalu aplikasi tersebut langsung menutup atau tidak dapat dibuka juga merupakan error yang akan dialami. Solusi dari permasalahan ini adalah untuk segera melakukan pembaharuan perangkat lunak pada smartphone android.

3. Menambahkan Fitur-Fitur Baru

Mendapatkan fitur-fitur terbaru merupakan alasan orang menjawab penting ketika ditanya seberapa penting pembaruan sistem android?. Ini merupakan salah satu hal yang memotivasi orang untuk melakukan pembaruan perangkat lunak.

Untuk mendapatkan fitur-fitur terbaru tersebut perlu dilakukannya pembaruan perangkat lunak android. Segera lakukan hal tersebut jika smartphone android terasa jadul dibanding pengguna smartphone android lain karena tidak menjalankan fitur-fitur terbaru.

Fitur-fitur ini didapatkan ketika melakukan pembaruan versi android ke versi yang lebih tinggi. Sebagai contoh, ketika melakukan pembaruan perangkat lunak dari android 11 ke android 12 maka akan didapatkannya fitur-fitur android 12 yang tidak ada pada android 11 seperti remote control.

4. Meningkatkan Keamanan Device

Seberapa penting upgrade sistem android? Sangat penting apalagi dalam hal keamanan perangkat. Smartphone android yang tidak menjalankan versi terbaru dari perangkat lunak yang tersedia tergolong lebih rentan keamanannya.

Terserang virus, dicuri datanya, hingga dihack sampai kehilangan kendali device merupakan beberapa ancaman yang dapat terjadi. Ketika smartphone android mendapatkan pembaruan perangkat maka sistem keamanan yang ada di dalamanya juga mendapat pembaruan.

Ini adalah salah satu hal yang menjadikan pembaruan perangkat lunak pada android suatu hal yang harus dilakukan agar device tetap aman dari serangan virus. Jika tidak segera diperbaharui maka device yang dimiliki ada dalam posisi yang mudah terserang virus.

5. Pembaruan User Interface

User interface merupakan salah satu aspek yang penting bagi beberapa orang, dengan user interface yang smooth dan ringan akan mempermudah pengunaan sehari-hari. Ini salah satu hal yang membuat pembaruan perangkat lunak menjadi hal yang penting.

Perubahan user interface memiliki banyak bentuk, dari icon yang tersedia, warna menu notifikasi, hingga menu utama yang terdapat pada perangkat andoid kamu. Setelah mendapatkan pembaruan tampilan yang ada pada android biasanya akan tampil lebih fresh dari sebelumnya.

Jadi tunggu apalagi? Langsung memperbaharui perangkat lunak yang ada pada smartphone android kamu agar dapat memberikan tampilan baru yang tidak membosankan. Hal yang secara fungsional juga akan memperlancar penggunaan sehari-hari.

6. Mendukung Penggunaan Aplikasi

Seberapa Penting Pembaruan Perangkat Lunak Android?

Aplikasi bisa dikatakan sebagai kaki dan tangan dari smartphone android, tanpa adanya aplikasi maka perangkat tidak dapat berfungsi dengan baik. Sebagai contoh dibutuhkannya aplikasi WhatsApp untuk melakukan chat, untuk mengakses email dibutuhkan aplikasi Gmail dan sebagainya.

Biasanya pada perangkat-perangkat android terbaru akan melakukan auto-update ketika versi terbaru dari aplikasi tersebut tersedia. Jika aplikasinya sudah update namun systemnya belum maka akan ada ketidakcocokan dalam penggunaan aplikasi tersebut.

Beberapa hal yang dapat terjadi adalah aplikasi tidak dapat beroperasi secara optimal hingga akan force close dengan sendirinya. Hal ini mencerminkan seberapa penting pembaruan perangkat lunak android agar aplikasi-aplikasi dapat beroperasi dengan baik.

7. Optimalisasi Game

Bagi para gamer sejati yang menggunakan handphonenya kebanyakan untuk aktivitas gaming melakukan pembaruan perangkat lunak merupakan hal yang wajib dilakukan. Sama seperti aplikasi, game juga selalu mendapatkan update dari versi sebelumnya.

Versi dari game akan menyesuaikan dengan kompabilitas dengan versi android yang dimiliki oleh pengguna, jadi jika game update namun sistem tidak maka games tidak akan berjalan secara optimal. Hal ini akan meninggalkan banyak error ketika menjalankan game pada smartphone android.

Error-error seperti lag, tombol tidak dapat dipencet hingga games yang ingin dimainkan tidak dapat dibuka karena langsung force close merupakan akibat versi game & versi perangkat lunak tidak sesuai. Segera lakukan pembaruan pada perangkat lunak kamu agar dapat bermain game dengan lancar.

Kekurangan Ketika Melakukan Update

Seberapa Penting Pembaruan Perangkat Lunak Android?

Pembaruan perangkat lunak pada perangkat android kamu tidak hanya memiliki dampak-dampak positif namun ada beberapa error juga yang kemungkinan dapat terjadi. Berdasarkan tanggapan orang yang telah melakukan pembaruan perangkat.

Beberapa error tersebut yang dialami oleh mereka yang telah melakukan pembaruan perangkat berupa kamera error di mana ketika membuka kamera, kamera akan terlihat blur. Beberapa orang juga mengeluhkan audionya menjadi kecil setelah dilakukannya pembaruan.

Untuk melakukan update juga dibutuhkan kuota yang banyak dan juga cepat, karena jika tidak pembaruan perangkat akan mengalami kegagalan. Ini merupakan salah satu faktor mengapa orang jarang melakukan pembaruan perangkat.

Penutup

Jika masih mempertanyakan seberapa penting pembaruan perangkat lunak android maka jawabannya adalah penting. Dengan beragam fitur baru dan perbaikan yang akan didapatkan ketika melakukan pembaruan, hal ini merupakan hal yang dibutuhkan oleh para pengguna smarphone android.

Segeralah melakukan pembaruan perangkat lunak android kamu jika mengalami error atau ingin memiliki kinerja perangkat yang optimal. Ada juga bonus berupa User Interface yang lebih fresh ketika kamu melakukan update.