Review Samsung Galaxy J6 Plus, Cek Kelebihan dan Kekurangannya!

Samsung sebagai merek ponsel ternama, di tahun 2018 meluncurkan Samsung Galaxy J6 Plus dengan desain yang kekinian dan layar penuh.

Review Samsung Galaxy J6 Plus, Cek Kelebihan dan Kekurangannya!

Ninja Tekno – Samsung sebagai merek ponsel ternama, di tahun 2018 meluncurkan Samsung Galaxy J6 Plus dengan desain yang kekinian dan layar penuh.

Samsung J6 plus sendiri diluncurkan tak lama sesudah rilisnya Samsung J6. Jika dilihat dari segi spesifikasinya, ponsel ini memiliki peningkatan di beberapa sektor. Tentunya mampu memenuhi kebutuhan smartphone di masa sekarang.

Meskipun mirip dengan Samsung Galaxy 4 Plus, namun perbedaannya terletak pada fitur fotografi pada Samsung J6 Plus yang sudah dilengkapi dengan dual kamera di belakang. Ponsel ini memiliki 4 pilihan warna yaitu Grey, Blue, Black dan Red.

Spesifikasi Samsung Galaxy J6 Plus

Pada Samsung J6 Plus spesifikasi, memiliki tampilan dengan layar IPS LCD seluas 6 inci HD Plus sehingga mampu memberikan tampilan visual yang lebih tajam serta atraktif. Ponsel ini menggunakan  jaringan 4G LTE Cat.4, non-CA juga Wi-Fi 802.11 b/g/n (2.4GHz), HT40. 

Selain itu, Samsung J6 Plus ini dibekali dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 450 Quad Core 1.4 GHz dengan kapasitas RAM 3 GB dan 4 GB. Dalam sektor fotografi ponsel ini mengusung dual kamera utama 13 MP+5 MP dan kamera swafoto dengan lensa 8 MP.

Kelebihan Samsung Galaxy J6 Plus

Seperti ponsel lainnya, Samsung J6 Plus memiliki beberapa keunggulan. Umumnya semakin tinggi harga ponsel maka semakin banyak keunggulan yang ditawarkan oleh ponsel tersebut. Berikut kelebihan dari Samsung J6 plus yang bisa Anda pertimbangkan:

  • Layar Super AMOLED yang Berkualitas

Layar 6 inchi dengan Super AMOLED pada Samsung Galaxy J6 Plus ini memiliki kualitas visual warna yang baik. Gambar yang dihasilkan terlihat jernih dan detail. Keunggulan dari Super AMOLED sendiri memiliki konsumsi daya yang relatif hemat.

  • Kapasitas Memori Internal Besar dan dapat di Upgrade

Samsung J6 Plus RAM 3 GB dan 4 GB memiliki kapasitas memori internal yang cukup besar yaitu hingga 32 GB dan 64 GB. Untuk Anda yang membutuhkan ruang penyimpanan yang lebih besar bisa melakukan upgrade dengan Micro SD hingga 1TB.

  • Desain Bodi yang menarik

Berbeda dengan tipe ponsel Samsung sebelumnya, Samsung Galaxy J6 Plus memiliki desain yang elegan. Tampilan bodi belakang menggunakan bahan plastik polycarbonate dengan tampilan yang glossy dan mengkilap. 

  • Triple Slot

Kelebihan lainnya dari Samsung J6 Plus ini menyediakan triple slot  sekaligus yang disematkan di bagian kiri ponsel. Dua slot untuk SIM 1 dan SIM 2, sedangkan slot ketiga untuk memory card.  Pengguna tidak perlu repot lagi mengganti antara SIM 2 dan memory card.

  • Hasil Kamera Bening dan Efek Bokeh

Kamera depan pada Samsung J6 Plus dibekali dengan kamera dengan resolusi 8 MP dengan lampu flash. Sedangkan kamera belakang dengan resolusi 13MP dan 5 MP, dimana keduanya mampu menghasilkan efek bokeh (blur di bagian background).

Kekurangan Samsung J6 Plus

Samsung Galaxy J6 Plus harga 2 Jutaan saat pertama kali dirilis ini, selain memiliki banyak kelebihan juga memiliki beberapa kekurangan dibandingkan ponsel lain dengan harga yang sama. Berikut ini beberapa kekurangan dari Samsung J6 Plus:

  • Kapasitas Baterai yang Kecil

Ponsel ini memiliki kapasitas baterai yang relatif kecil, yakni 3300 mAh dan sanggup bertahan selama 15-16 jam. Untuk proses charging atau pengisian daya tidak dilengkapi teknologi pengisian daya cepat. Proses charging ponsel ini memakan waktu kurang lebih selama 3 jam. 

  • Layar Tidak Full View

Meskipun layar pada ponsel ini terbilang cukup luas yaitu 6 inchi, jika dibandingkan dengan tren ponsel saat ini yang mengusung layar Full View. Ponsel ini bisa dinilai ketinggalan zaman, sebab masih menyisakan bezel  di sekeliling bodi depan.

  • Letak Fingerprint Scanner yang Tidak Ergonomis

Fingerprint Scanner pada Samsung Galaxy J6 plus ini terletak menyatu dengan tombol power yang berada di bagian kanan bodi. Ukuran dari area fingerprint scanner ini tidak begitu luas hanya seukuran tombol power yang berada di body samping.

  • Mudah Kotor

Meskipun terlihat elegan, body glossy pada Samsung Galaxy J6 Plus ini mudah meninggalkan bekas sidik jari. Tentu saja membuat tampilan body ponsel ini terlihat kotor. Untuk mengatasinya, Anda harus sering mengelap body nya dengan kain.

  • Kinerja Ponsel yang Berada di Bawah Ponsel Sekelasnya

Ponsel Samsung yang satu ini mengandalkan prosesor buatan sendiri, yakni Exynos 7870 Quad Core. Sedangkan pada sistem operasinya Samsung Galaxy J6+ menjalankan OS Android 8.1. Dibandingkan dengan ponsel harga yang sama kinerja ponsel ini tertinggal cukup jauh.

Kesimpulan

Samsung Galaxy J6 Plus ini dapat menjadi pilihan bagi Anda yang ingin memiliki Smartphone Samsung dengan budget terbatas. Meskipun memiliki beberapa kekurangan, namun setidaknya ada beberapa fitur yang bisa diunggulkan.