Review Lengkap HP Vivo V23e, Spesifikasi dan Harganya

HP Vivo V23e
Vivo.com

Di penghujung tahun 2021, Vivo Indonesia meluncurkan seri V terbarunya yang bertajuk HP Vivo V23e. Smartphone ini tergolong kelas menengah karena dibekali chipset MediaTek Helio G96. Chipset yang sama ini dirancang oleh Mediatek untuk mendukung aktivitas pengguna, termasuk bermain game.

Review HP Vivo V23e

Karena fokus Vivo pada smartphone, Vivo V23e juga lebih memilih kamera sebagai spek utamanya. Di bawah ini kita akan membahas dan mereview HP tersebut secara mendalam mulai dari desain,  performa hingga harga yang dibanderol sekarang.

  • Desain

Tampak belakang juga ditata elegan dengan kamera. Vivo telah melengkapi kamera Vivo V23e dengan layar yang tersembunyi untuk memberikan tampilan yang elegan pada smartphone ini.

Bodi Vivo V23e juga sangat sederhana, berukuran 160,87 x 74,28 x 7,36 mm. Bobotnya hanya 173 gram, sehingga sangat nyaman digenggam dalam waktu lama. Tombol volume dan power disusun sejajar di sisi kanan ponsel. Sementara itu, bagian bawah ponsel memiliki port USB Type-C, bersama dengan slot kartu SIM, speaker, dan mikrofon.

Tidak ada jack headphone 3.5mm. Namun Vivo telah menyediakan konektor dalam paket pembelian sehingga Anda tetap dapat menggunakan headphone dengan jack 3.5mm. Vivo V23e juga dilengkapi dengan dua earbud dalam paketnya, sehingga Anda dapat menggunakannya untuk komunikasi dan hiburan.

Layar depan sendiri dihiasi dengan layar AMOLED 6,44 inci dan notch di tengah layar untuk menampung kamera selfie 50MP. Teknologi layar ini memungkinkan smartphone menggunakan fitur pemindai sidik jari di layar.

  • Performa

Untuk performa, HP Vivo V23e ditenagai oleh chipset Mediatek Helio G96 dengan RAM 8GB yang cukup besar dan penyimpanan internal 128GB. Penyimpanan cukup standar untuk smartphone kelas menengah, tetapi penggunaannya dapat diperluas dengan memori eksternal.

Chipset yang disertakan dalam smartphone ini sendiri merupakan chipset milik MediaTek yang mendukung aktivitas gaming. Jadi, kita bisa memainkan PUBG Mobile, yang merupakan game yang relatif berat, untuk menguji kinerja smartphone ini.

Vivo V23e memiliki fitur Game Support atau Game Boost yang meningkatkan performa ponsel saat diajak bermain game. Pada smartphone ini, fitur ini disebut Ultra Game Mode. Kita bisa  mencoba mode ini dan bermain membandingkan pengalaman bermainnya.

Memainkan masing-masing 30 menit PUBG Mobile dengan atau tanpa mode ultra game, pengalaman bermain PUBG Mobile di HP Vivo V23e tetap menyenangkan. Tidak ada gejala lag yang terlihat saat bermain game.

Faktanya, kami telah mengaktifkan pengaturan grafis tertinggi yang didukung smartphone ini (HD-High), anti-aliasing, giroskop, shadow, dan banyak lagi. Perbedaannya terasa dari segi peningkatan suhu smartphone, mode ultra game diaktifkan dan suhu sangat hangat. Namun, kenaikan suhu masih tergolong normal untuk aktivitas mobile gaming.

Konsumsi baterai juga tampaknya berbeda. Dalam Ultra Game Mode, 30 menit bermain menghabiskan lebih banyak baterai, sekitar 8%. Di sisi lain, memainkan jumlah waktu yang sama tanpa mode ini akan menghabiskan 6% baterai.

Secara keseluruhan, HP Vivo V23e adalah smartphone yang bagus untuk mobile gaming. Selain itu, beberapa spesifikasi memberikan dukungan ergonomis untuk aktivitas ini, seperti layar AMOLED yang membuat tampilan konten menjadi lebih nyaman.

Selain itu juga terdapat fitur Extended RAM yang dapat digunakan untuk memperpanjang RAM sesuai kebutuhan saat bermain game sehingga membuat game berjalan lebih baik. Sayangnya, refresh rate smartphone ini hanya 60Hz. Tentunya chipset yang Anda miliki sudah mendukung aktivitas gaming, sehingga refresh rate yang lebih tinggi akan lebih ideal.

Dalam hal daya tahan, smartphone ini mengemas baterai 4.050mAh. Kapasitas ini cukup standar bahkan untuk smartphone kelas menengah. Namun, kekurangan ini sepenuhnya diatasi oleh dukungan pengisian cepat 44W.

Sebab adanya teknologi fast charging, baterai Vivo V23e bisa terisi penuh hanya dalam 70 menit. Dengan waktu ini sudah bisa charge hingga 50%. Sangat berguna bagi Anda yang ingin mendukung aktivitas sehari-hari, bermain game atau menikmati konten dari ponsel pintarnya.

  • Harga HP Vivo V23e

Awal 2022 HP Vivo V23e dibanderol lebih murah. Jika Anda sudah bertanya-tanya tentang hal itu untuk waktu yang lama sekarang adalah waktu untuk membelinya. Saat spesifikasi dan harga HP Vivo V23e diumumkan November 2021 lalu, produk tersebut berhasil mencuri perhatian di pasar kelas menengah.

Besarnya jumlah RAM yang dimilikinya menjadi daya tarik tersendiri. Di situs resmi Vivo Indonesia, Vivo V23e dibanderol dengan harga Rp4.099.000, turun Rp300.000 dari harga awalnya.

Dengan Vivo V23e, Vivo kembali memperkenalkan teknologi andalannya yaitu Extended RAM. Teknologi ini memungkinkan RAM 8GB Vivo V23e ditingkatkan 4GB menjadi total 12GB. Jumlah RAM yang besar ini tentunya memberikan dukungan tambahan untuk prosesor MediaTek Helio G96.

Prosesor Helio G-series secara khusus dirancang untuk menghasilkan lebih banyak daya untuk banyak aplikasi, termasuk aplikasi game. Bagi yang suka bermain game mobile, kombinasi prosesor Vivo V23e dan RAM sangat bisa diandalkan.

Penutup

HP Vivo V23e benar-benar bisa menjadi salah satu pilihan terbaik untuk kebutuhan smartphone sehari-hari. Terlebih sekarang harganya sudah turun dari harga awal ketika launching. Jadi, tunggu apalagi, segera miliki Vivo V23e ini! Baca juga artikel lain Rekomendasi HP Terbaik 2022 yang Cocok untuk Anda