Rekomendasi Laptop Gaming Terbaik di Tahun 2022 Untuk Anda

Selain alat kantor, saat ini laptop juga berperan sebagai sarana hiburan. Anda membutuhkan rekomendasi laptop gaming yang mumpuni? Silahkan simak berikut ini!

Rekomendasi Laptop Gaming Terbaik di Tahun 2022 Untuk Anda

Apakah anda membutuhkan rekomendasi laptop gaming pada saat ini? Tenang saja karena akan kami sajikan beberapa varian laptop gaming yang bisa menjadi pilihan terbaik untuk kebutuhan anda.

Perlu anda ketahui bahwa laptop gaming bukan sembarangan laptop, karena pada dasarnya kegunaan dari laptop ini lebih banyak dari laptop kantoran biasanya. Kenapa seperti itu? Ini karena untuk menjalankan game dibutuhkan spesifikasi laptop tertentu.

Apa Itu Laptop Gaming?

Pada dasarnya laptop gaming dengan laptop biasa hampir sama, yang membedakan keduanya adanya spesifikasi yang cukup tinggi pada jenis gaming. Laptop ini biasanya digunakan untuk bermain game. Untuk rekomendasi laptop gaming terbaik, simak penjelasan berikut ini.

Apakah laptop gaming mahal? Pertanyaan ini kerap kali muncul dan pada akhirnya bingung dalam menentukan membeli laptop gaming. Padahal pada kenyataannya tidak semua laptop gaming itu mahal.

Sebagai contoh, ada laptop gaming yang murah dan berkisar dibawah 10 jutaan, ada juga yang dibanderol 11-15 jutaan, dan sampai 20 juta. Adakah yang lebih mahal dari itu ? ya, jawabannya ada.

Dari sini dapat anda tarik kesimpulan, bahwa semua itu sesuai kebutuhan dan budget yang anda miliki. Untuk mendapatkan laptop gaming terbaik anda, saya sarankan membaca artikel rekomendasi laptop gaming terbaik ini sampai selesai ya.

Perbedaan Laptop Gaming Dengan Laptop Biasa 

Sebelum pembahasan rekomendasi laptop gaming terbaik untuk anda, alangkah baiknya mengetahui perbedaan antara laptop biasa dan gaming. Ada beberapa perbedaan yang bisa anda lihat dan ketahui dari perbedaan laptop gaming dengan laptop biasa.

  1. Spesifikasi Laptop

RAM dan SSD pada laptop biasa berbeda dengan laptop gaming, biasanya perbedaannya sangat signifikan. Ini karena laptop gaming membutuhkan mesin pacu yang lebih garang dalam memproses suatu game yang dianggap cukup berat.

Selain RAM dan SSD, laptop gaming juga dilihat dari sistem CPU dan GPUnya. Jangan sampai anda tertipu dengan penjual laptop yang yang menawarkan menawarkan laptopnya gaming, padahal sebenarnya  biasa saja.

Tips untuk anda yang bingung ketika ingin membeli laptop gaming ialah sering-sering membaca dan meminta rekomendasi laptop gaming kepada teman, saudara, ataupun orang yang benar-benar tahu perihal laptop.

  1. Desain Laptop

Desain sebuah laptop biasanya juga mencerminkan bentuk variannya, apakah ia laptop gaming atau laptop biasa. Laptop gaming biasanya memiliki desain yang ergonomis, dan berkesan futuristik.

Selain dari speknya, desain suatu laptop juga menunjukkan apakah ia tipe gaming ataupun bukan. Untuk beberapa orang awam mungkin masih belum tahu perbedaannya, tapi jangan khawatir. Sekarang anda bisa mengetahuinya dari banyak media.

Salah satunya anda bisa melihat rekomendasi laptop gaming 2022 di beberapa website atau lapak-lapak jual beli online yang menampilkan gambar laptopnya. Dengan melihat secara langsung ataupun online anda akan tahu perbedaannya.

  1. Brand dan Merek Dagang Laptop

Ciri-ciri yang ketiga dan yang paling mudah anda ketahui ialah dari brand dan merek dagang mereka. Beberapa perusahaan laptop besar seperti ASUS ROG, MSI, LENOVO, DELL, dan brand-brand lainnya mempertahankan ciri khasnya dengan mengeluarkan hanya laptop gaming.

Namun, tidak semua brand dan merek dagang mereka hanya memproduksi serial gaming. Misalnnya Lenovo dan Dell, mereka juga mengeluarkan beberapa serial laptop biasanya dengan spek seadanya dan harga yang cukup terjangkau.

Apa rekomendasi Asus laptop gaming terbaik? Jika anda adalah fanboy Asus, maka rekomendasi laptop gaming terbaik ialah Asus ROG. Karena, semua dari jenis ROG memiliki spesifikasi laptop gaming yang dibutuhkan para gamer. 

Rekomendasi Laptop Gaming Murah 2022

Saat ini, produsen laptop ternama beruntung bisa menawarkan pilihan menarik di segmen laptop gaming kelas menengah. Dengan cara ini, orang yang memiliki lebih banyak budget lebih fleksibilitas dalam membuat pilihan.

Umumnya di kisaran harga 10 juta rupiah atau kurang, terjadi persaingan sengit antara produk yang dilengkapi prosesor Intel Core i3 dan AMD Ryzen 5. Begitu pula dengan grafis AMD dan Nvidia. Daftarnya adalah sebagai berikut:

  1. Asus Vivobook A412DA

Asus Vivobook A412DA hadir dengan desain compact yang nyaman untuk dilihat dan dibawa kemana-mana. Dengan desainnya yang ergonomis dan body slim, membuatnya enak dipandang dan dibawa kemanapun tempatnya.

Laptop gaming cukup murah dan memiliki layar 14 inci dengan grafis Radeon Vega 3 yang  sudah terintegrasi dengan prosesor AMD Ryzen 3 2200U. Selanjutnya, untuk keamanan, Asus Vivobook A412DA juga dilengkapi dengan sensor sidik (Fingger print).

Asus Vivobook A412DA ini memiliki spesifikasi yang lumayan garang. Layar sudah full HD (1920 x 1080 piksel) dan lebar 14 inci. RAM Asus Vivobook A412DA 4GB DDR4 RAM. Dan tentunya tipe A412DA bersifat upgradable untuk storagenya.

Laptop memiliki penyimpanan sebesar 512GB SSD yang tentunya akan semakin mempermudah kinerja laptop tanpa lelet dan lemot. Perkiraan harga, Asus Vivobook A412DA ini dibanderol mulai 8 jutaan.

  1. Dell Inspiron 3841

Dell inspiron 3841 menjadi rekomendasi laptop gaming 10 jutaan. Laptop ini memiliki lebar layar 14 inci full HD (1366 x 768 piksel),dan prosesor Intel Core i3-7020U generasi yang ke-7. Dan dinobatkan sebagai laptop gaming termurah.

Sebagai salah satu rekomendasi laptop gaming  terbaik dikelasnya, Dell Inspiron 3841 ini mengusung dual-core, dan dilengkapi RAM 4GB DDR4 dan juga sudah dilengkapi GPU Intel HD Graphics 620.

Dell inspiron 3841 dipersenjatai dengan audio dual stereo speaker dari Waves MaxxAudio Pro yang terkenal mampu memanjakan telinga anda dengan sajian suara yang berkualitas. Dengan suara yang sudah mumpuni ini laptop Dell Inspiron 3841 sudah menjadi standar masa kini.

Laptop Dell Inspiron RAM nya bisa ditingkatkan hingga 16GB DDR4 dan sudah dikolaborasikan dengan AMD Radeon 520 yang sangat cocok untuk anda penikmat gaming. Harganya dibanderol mulai dari 6 jutaan, sangat murah bukan!

  1. Asus TUF Gaming FX505DD

Seri FX505DD ini dikenal dengan laptop gaming yang menggunakan prosesor AMD Ryzen mobile seri 3000 generasi kedua pertama di dunia. Sama seperti saudara-saudaranya FX505DD juga dibekali sertifikat ketahanan standar militer.

Asus TUF Gaming FX505DD memiliki prosesor AMD Ryzen 5 3550H yang memacunya dengan sangat kencang dan laptop ini sudah  dilengkapi kartu grafis Nvidia GeForce GTX sebesar 3GB.

Laptop Asus TUF Gaming memiliki RAM sebesar 8GB DDR4 dan penyimpanan internal 1 TB yang sangat besar, sehingga memudahkan untuk menyimpan segala macam file-file penting untuk kerja maupun gaming.

Dengan spesifikasi badaknya tersebut laptop ini menjadi salah satu rekomendasi laptop gaming yang patut dipertimbangkan. Apalagi melihat ketangguhan dan ketahanannya yang sudah bersandar militer. Laptop ini dibanderol dengan harga kisaran 10 jutaan.

  1. Acer Aspire E5-476

Acer Aspire E5-476G merupakan salah satu yang paling laris dan diminati banyak orang. Sebagai rekomendasi laptop gaming ke-5 juta ini ditenagai oleh prosesor Intel Core i3-8310U dengan chipset Intel generasi ke-8, kartu grafis mobile Nvidia GeForce MX150 2GB.

Seri laptop juga menyertakan optical drive (ODD) yang membuat laptop sedikit lebih tebal (sekitar 30mm). layarnya 14 inci full HD (1920 x 1080 piksel) dengan RAM 4GB DDR4. Luar biasa bukan? 

Dengan prosesor intel generasi ke-8 nya, Aspire E5-476 ini unggul dalam fitur performa gaming yang cukup tinggi, content creator yang memadai, serta berkemampuan overclocking yang lebih baik pula tentunya.

Storage laptop ini sebesar 1 TB dan dengan tambahan adanya DVD/RW yang bisa memudahkan untuk agar tidak perlu lagi membeli alat eksternal untuk memutar film kaset. Harganya sekitar 6 juta rupiah.

  1. Acer Aspire 3 A315-42-R315-42-R3GZ

Posisi rekomendasi laptop gaming selanjutnya yaitu, Acer Aspire 3 A315-42-R315-42-R3GZ. Didukung oleh prosesor AMD Ryzen 5, Acer Aspire 3 A315-42-R3GZ bisa menjadi andalan utama bagi siapa pun yang mencari laptop gaming murah 7 jutaan.

Dengan harga ini, Anda juga dapat memanfaatkan grafis AMD yang andal, ruang penyimpanan yang cukup, dan RAM hingga dua stereo built-in untuk memuaskan pengalaman anda dalam berselancar MP3 dan film kesukaan anda.

Selain itu, laptop ini memiliki lebar layar 15,6 inci dengan resolusi sebesar 1366 x 769 piksel dan gambar AMD Radeon Vega . RAM nya 8 GB (2 x 4GB), penyimpanan internalnya HDD 1 TB. Dan harganya sekitar 7 jutaan. Murah ya!

Dari sekian banyak rekomendasi laptop gaming murah, dengan spesifikasinya yang mumpuni menjadikan anda lebih suka, apalagi ditambah dengan kemampuan multitaskingnya yang sangat memuaskan. Aspire 3 ini responsifitasnya yang sangat tinggi dan cepat.

  1. Asus ROG G5131H

Laptop Asus ROG G5131H juga termasuk kedalam kategori rekomendasi laptop gaming terbaik di tahun 2022 ini dengan spesifikasi yang pastinya membuat anda ngiler. Laptop ini memiliki layar 15.6″ LED-backlit FHD (1920×1080) Anti-Glare IPS-level 144Hz.

Prosesornya AMD Ryzen ke-7 4800H dengan kartu grafis Nvidia GeForce GTX 1650, GPU 4GB GDDR6. Dengan RAM 8GB DDR4 3200MHz. Serta dengan bobot berat hanya sekitar 2,1 kg cukup ringan bukan.

Keberadaan AMD Ryzen 7 beserta dengan kartu grafis GTX 1650 memungkinkan anda untuk memainkan game-game PC dengan grade AAA seperti Cyberpunk 2077 dan AC Valhalla atau game lainnya keluaran terbaru 2022 ini.

Laptop Laptop Asus ROG G5131H menjadi rekomendasi laptop gaming 10-15 jutaan. Kekurangan Asus ROG seri ini belum menyediakan port Thunderbolt 4. Harga pasarannya saat ini berkisar 15 juta rupiah.

  1. MSI Bravo 15

Rekomendasi laptop gaming terbaik selanjutnya dari MSI dengan seri Bravo 15. Laptop ini memiliki layar yang lebarnya 15,6” full HD dan bezel nya yang tipis serta frame rate 144 Hz. Memungkinkannya untuk bermain game dengan lancar.

MSI Bravo 15 hadir dengan kartu grafis AMD Radeon RX5500M dengan VRAM 4GB. Jika dibandingkan dengan Nvidia GeForce GTX 1650 Ti, VGA nya hampir setara dan mampu bermain di game-game dengan frame rate tinggi.

Laptop gaming ini mampu bermain stabil di frame rate 65  FPS dengan kondisi grafis Very High Resolution serta resolusi 1080p. Tingginya performa ini juga tak luput dari dukungan prosesornya yang luar biasanya pula. Selain itu baterainya sangat awet hingga 7 jam.

Bila dilihat dari keseluruhannya laptop ini mengusung balancing pada performa VGA dan CPU-nya sehingga mumpuni dan menjadikannya garang dalam berbagai hal. Laptop ini di pasaran harganya sekitar 14 jutaan.

  1. HP Victus 16

Salah satu brand yang menyaingi ROG dan MSI dalam hal gaming yaitu HP dalam series OMEN maupun Pavilion Gaming. Tapi kali ini justru bukan keduanya, yang akan dibahas yakni satu lagi seri gaming yang dimiliki HP yaitu Victus 16-e0089AX ini.

Laptop buas ini punya layar yang tergolong wow dengan lebar 16,1”, full HD (1920 x 1080 piksel), anti glare, low blue light, 300 nits, dan frame rate 144Hz. Sungguh sangat memanjakan mata anda untuk betah berlama-lama main laptop.

Jawabannya tentu saja iya, apalagi hanya sekedar game Dota 2 ataupun CS Go. HP Victus 16 ini performa prosesornya sangat luar biasa dengan dukungan AMD Ryzen 5 5000 dan GPU RTX 3060.

Apakah penyimpanannya dapat di upgrade? Ya, tentu saja. Anda dapat me-upgrade RAM maupun penyimpanannya karena memiliki 2 slot yang tersedia di dalamnya. Di pasaran harga laptop HP Victus 16 dibandrol sekitar 15 jutaan.

  1. Acer Nitro 5 core i7

Tidak heran lagi apabila Acer Nitro 5 dijadikan sebagai rekomendasi laptop gaming 2022, karena ia dibekali dengan prosesor Gen ke-11 serta grafis GPU Nvidia GeForce RTX 3050. Laptop ini akan membuktikan bahwa ia patut menyandang gelar rekomendasi laptop gaming terbaik.

Acer nitro 5 core i7 ini menjadi incaran para gamer pemula maupun profesional. Selain dari prosesornya yang gahar, laptop ini dilengkapi dengan desain yang keren, maskulin, sehingga menimbulkan kesan kepuasan dan gaharnya ketika perform.

Tidak hanya itu saja, laptop ini memiliki Wi-fi 6 AX201 dan Killer Ethernet E2600, yang membuatnya tetap optimal walaupun sedang dalam kondisi konektivitas kurang baik. Siapapun pasti tidak mau terganggu disaat seru-serunya bermain dikarenakan sinyal buruk bukan.

Sebagai pelengkap terakhir, laptop ini mempunyai 2 kipas pendingin dan sistem thermal inovatif. Sehingga Acer Nitro 5 core i7 ini tetap beroperasi secara stabil tanpa gangguan suhu panas dari laptop ketika main game.

  1. Asus Zenbook Duo (UX482EG)

Laptop selanjutnya yang tak kalah hebatnya dan menjadi diantara top rekomendasi laptop gaming yaitu Asus Zenbook Duo UX482EG. Laptop ini juga menjadi rekomendasi laptop gaming 20 jutaan. 

Laptop ini berpenampilan futuristik, serta ditenagai dengan prosesor Core i5-1135G7 serta grafis Nvidia GeForce MX450 yang sangat powerfull. Laptop ini sangat cocok untuk gaming ataupun content creator karena memiliki mode 2 layar yang akan memudahkan pekerjaan.

Laptop ini juga sudah support USB Type-C Thunderbolt 4, sehingga dapat disambungkan ke monitor-monitor lainnya. Laptop ini memiliki RAM 8 GB LPDDR4X serta SSD 512 GB. Selain itu layar Zenbook Duo ini 14 Inci dan sudah Full HD.

Tidak hanya itu saja, laptop ini dilengkapi sistem pendingin Active Aerodynamic System Plus yang mampu meningkatkan sirkulasi mulai dari 49%. Layarnya yg Full HD sudah tervalidasi dengan PANTONE sehingga menjamin akurasi warna yang tinggi.

Untuk beberapa rekomendasi laptop gaming seperti Asus Zenbook Duo dan Acer Nitro 5 i7 sudah termasuk kedalam kategori menengah keatas ya, karena bisa anda lihat sendiri bahwa untuk harga pasarannya saat ini berkisar 20 jutaan. Baca juga 7 Rekomendasi Laptop Gaming 6 Juta yang Cocok Untuk Berhemat