Chipset Unisoc dan Rekomendasi HP yang Sudah Menggunakan Chipset Tersebut

Chipset Unisoc merupakan chipset yang banyak digunakan saat ini. Apa saja tipe yang banyak digunakan dan apa saja rekomendasi hp yang menggunakan chipset Unisoc?

Rekomendasi Chipset Unisoc dan HP yang Sudah Menggunakan Chipset Tersebut
Sumber gambar : https://www.itworks.id

Chipset merupakan salah satu bagian yang cukup penting dalam smartphone. Bagian ini akan menjadi otak dari performa smartphone itu sendiri. Salah satu merk chipset yang saat ini mulai banyak digunakan adalah Chipset Unisoc.

Beberapa smartphone dengan level entry mulai memilih untuk menggunakan chipset yang satu ini. Setidaknya ada dua tipe chipset Unisoc yang mulai banyak digunakan saat ini, yang pertama adalah T610 dan yang kedua adalah T618

Chipset Unisoc T610

Rekomendasi Chipset Unisoc dan HP yang Sudah Menggunakan Chipset Tersebut
Sumber Gambar : https://gizmologi.id/

Salah satu hp dengan chipset Unisoc T610 ini adalah Realme C25Y. Jika kamu melihat, smartphone yang satu ini selain memiliki layar besar dan kemampuan baterai yang cukup awet, juga memiliki performa yang cukup baik.

Hal tersebut tentu saja menunjukan kemampuan dari Unisoc sebagai chipset. Selain itu, smartphone satu ini juga cukup bisa diandalkan untuk main game atau kebutuhan harian. Beberapa keunggulan chipset Unisoc T610 lainnya adalah:

1. Menggunakan Fabrikasi 12nm

Meskipun banyak digunakan untuk smartphone entry level, namun nyatanya chipset yang satu ini sudah menggunakan fabrikasi 12nm. Hal tersebut menjanjikan performa yang tinggi, penggunaan daya yang efisien, dan tidak menimbulkan panas berlebih.

Secara konstruksi, chipset Unisoc T610 ini memiliki 8 inti CPU. 2 inti ARM Cortex A75 yang akan menjamin masalah performa. 6 inti Cortex A55 yang akan digunakan untuk kebutuhan penggunaan aplikasi dan lainnya.

CPU nya sendiri berjalan pada clock speed 1,8 GHz. Secara penggunaan, maka chipset ini sendiri lebih unggul jika dibandingkan dengan Snapdragon 665. Hal ini terlihat dari penggunaan aplikasi benchmark.

2. Memiliki Performa yang Cukup Baik

Hal lain yang juga menjadi keunggulan dari chipset Unisoc T610 adalah kemampuannya untuk menjalankan berbagai macam aplikasi dengan cepat, bahkan ketika status aplikasi masih cold start.

Kemampuan ini akan membuat aplikasi menjadi lebih cepat terbuka. Tentunya hal ini akan penggunaan aplikasi juga menjadi lebih maksimal. Pada uji coba, hasilnya beberapa aplikasi lebih cepat terbuka ketika menggunakan chipset Unisoc T610 ini.

Chipset Unisoc T618

Tipe lainnya yang juga banyak digunakan dari chipset Unisoc ini adalah tipe T618. Sama dengan tipe lainnya, chipset Unisoc seri yang ini juga sangat banyak digunakan pada smartphone level entry.

Dengan kemampuan yang sangat tinggi, salah satu kekuatan chipset Unisoc T618 ini adalah harga yang cukup terjangkau. Hal ini membuat kamu yang memiliki budget terbatas tetap bisa merasakan performa smartphone yang maksimal.

1. Spesifikasi Unisoc T618

Jika dilihat dari konstruksinya maka chipset yang satu ini terdiri dari 8 inti core. 2 core ARM Cortex A76 2 GHz dan 6 core Cortex A55 1.8 Ghz. Jika dilihat dari desain, maka konstruksinya mirip dengan Qualcomm 710, MediaTek G70 dan G80.

Jika dilihat dari segi kecepatan, maka chipset satu ini cukup bisa diandalkan, dengan kecepatan 850 MHz. Kecepatan ini sendiri unggul sedikit jika dibandingkan MediaTek Helio G70 yang memiliki kecepatan 820 Mhz.

2. Konektivitas

Beralih ke sisi konektivitas, maka prosesor yang satu ini sudah didukung dengan modem LTE Cat 7, Wifi, dan juga bluetooth. Dengan konektivitas tersebut maka sebenarnya chipset ini sudah bisa diandalkan untuk mendukung kemampuan dasar yang kamu butuhkan.

Hal menarik lainnya yang ada pada Unisoc T618 adalah kemampuannya untuk mendukung lensa kamera untuk resolusi 64 MP, Selain itu, chipset ini sendiri sudah mampu untuk menangkap video 25 fps.

Masih di sekitar dukungan kamera, chipset ini juga dilengkapi dengan Image Signal Processor yang sudah terintegrasi dengan ACUTE logic 3A. Nantinya kombinasi ini akan mendukung penggunaan 4 jenis lensa.

Selain itu, chipset ini juga sudah menggunakan teknologi independent CSDP AI Engine. Teknologi ini sendiri akan mampu mendukung kecerdasan buatan seperti Portrait AI, retouching foto, dan deteksi objek.

Rekomendasi Hp dengan Chipset Unisoc

Sudah dijelaskan sebelumnya, jika penggunaan chipset Unisoc ini mulai banyak digunakan, terutama untuk smartphone entry level. Keunggulan chipset Unisoc adalah membuat smartphone budget rendah dengan performa maksimal.

Beberapa rekomendasi HP yang sudah menggunakan chipset Unisoc ini antara lain:

1. Realme C25Y

Salah satu smartphone yang sudah cukup terkenal dengan menggunakan chipset Unisoc adalah Realme C25Y. Salah satu keunggulan dari perangkat ini adalah penggunaan kamera dengan resolusi 50 MP.

Smartphone yang satu ini juga memiliki layar dengan dimensi 6,5 Inci dengan resolusi HD yang cukup memanjakan mata. Realme C25Y ini sendiri menggunakan chipset T610, dengan konfigurasi octa core yang cukup powerfull.

Untuk urusan kamera, selain kamera utama dengan resolusi 50 MP, smartphone ini juga masih didukung dengan kamera makro sebesar 2 MP dan kamera depth dengan resolusi 2 MP. Selain itu, hal tersebut juga ditambah dengan kamera depan beresolusi 8 MP.

2. Realme C21Y

HP dengan chipset Unisoc lainnya adalah Realme C21Y. Smartphone ini sendiri memiliki ukuran layar 6,5 inci dan juga layar yang sudah HD. Smartphone ini juga dilengkapi dengan kapasitas baterai sebesar 5000 mAh.

Realme C21Y ini sendiri menggunakan chipset Unisoc T610 dengan konfigurasi octa core. Smartphone ini sendiri memiliki 3 kamera belakang dengan konfigurasi 13 MP sebagai kamera utama. Sementara kamera depth dan makro dengan resolusi 2 MP.

3. Samsung Galaxy A03

Samsung Galaxy A03 juga merupakan salah satu smartphone yang menggunakan Unisoc sebagai chipsetnya. Smartphone dengan layar berukuran 6,5 inci dengan layar HD ini menggunakan chipset Unisoc T606.

Chipset ini sendiri dibangun dengan konstruksi octa core. 2 Core ARM Cortex A75 dengan 1.6 GHz dan 6 core ARM Cortex A55 dengan kecepatan 1,6 GHz. Performanya juga semakin bisa diandalkan dengan penggunaan RAM berkapasitas 4 GB.

4. Realme Narzo 50i

Realme merupakan salah satu brand smartphone yang banyak menggunakan chipset Unisoc belakangan ini. Salah satu produk Realme lainnya yang menggunakan chipset ini adalah Realme Narzo 50i.

Perangkat ini sendiri menggunakan chipset Unisoc 9863. Chipset yang dibangun dengan konstruksi octa core dengan kecepatan 1,6 GHz Perangkat ini juga termasuk entry level yang layak untuk kamu coba.

Salah satu keunggulan dari perangkat ini adalah kapasitas baterai yang mencapai 5000 mAh. Dengan kapasitas tersebut, maka kamu bisa bermain game sampai 10 jam non stop. Bahkan jika hanya untuk kebutuhan dasar, maka bisa bertahan sampai 20 jam.

Penutup

Dari penjelasan di atas, terlihat jika saat ini kamu juga bisa menggunakan smartphone dengan harga yang cukup murah namun kualitas yang prima. Termasuk, kamu juga bisa menggunakan smartphone dengan performa yang maksimal.

Penggunaan chipset Unisoc ini memang identik dengan perangkat entry level. Namun, chipset ini juga bisa memberikan perangkat tersebut performa yang jauh di atas kelasnya. Chipset ini juga memiliki kualitas yang cukup baik di kelasnya.