Perbedaan Antara Intel dan AMD serta Kelebihan dan Kekurangannya Untuk Laptop

Butuh banyak pertimbangan ketika membeli prosesor laptop, artikel ini akan mengulas perbedaan antara Intel dan AMD serta kelebihan dan kekurangannya

Perbedaan Antara Intel dan AMD serta Kelebihan dan Kekurangannya Untuk Laptop

Hal yang sering jadi pertimbangan ketika membeli suatu laptop adalah kecepatan Central Prossesing Unit (CPU). Merk CPU yang paling popular saat ini adalah Intel dan AMD sehingga mengundang pertanyaan apa perbedaan antara Intel dan AMD serta bagaimana kelebihan dan kekurangannya.

CPU merupakan otak dari laptop, jika CPU kamu memiliki kecepatan tinggi maka tidak akan mengalami lag ketika mengerjakan sesuatu. Hampir semua laptop di pasaran menjalankan kedua prosesor di atas karena kualitas yang ditawarkan kepada pembeli.

Perbedaan Antara Intel dan AMD serta Kelebihan dan Kekurangannya

Memiliki Central Processing Unit (CPU) yang memiliki kecepatan tinggi merupakan pilihan semua orang karena akan sangat membantu pekerjaan mereka. Saat ini tersedia 2 pilihan CPU yaitu Intel dan AMD, apakah perbedaan antara Intel dan AMD serta kelebihan dan kekurangannya?.

1. Harga

Harga merupakan aspek penting ketika membeli prosessor, logikanya semakin tinggi harga semakin bagus kualitas suatu barang. Dari segi harga perbedaan antara Intel dan AMD serta kelebihan dan kekurangannya dapat dibedakan sebagai berikut.

Dengan spesifikasi yang sama harga prosessor AMD banyak yang dijual dengan harga lebih murah daripada Intel. Hal ini sering ditemukan pada pasar menengah ke bawah, laptop-laptop yang berspesifikasi tinggi harga antara Intel dan AMD tidak terlalu berbeda.

Menyesuaikan budget dan kebutuhan spesifikasi ketika membeli suatu laptop merupakan salah satu syarat utama yang dimiliki seseorang ketika membeli laptop. Jadi ketika kamu memiliki budget lebih belilah laptop berprosesor intel, jika budget kamu tipis alangkah baiknya untuk ambil AMD.

Jadi jika ingin membeli laptop berspesifikasi ke bawah untuk mengerjakan kerja-kerja ringan seperti mengetik, powerpoin atau browsing pilihlah AMD. Jika kamu mengunakan laptop untuk pengunaan berat seperti editing dan gaming, maka Intel yang harus menjadi pilihan kamu.

2. Orientasi Penggunaan

Untuk apa kamu akan mengunakan laptop juga harus menjadi pertimbangan ketika ingin memilih prosesor. Dengan banyaknya perbedaan antara Intel dan AMD serta kelebihan dan kekurangannya ini menjadi hal yang tricky.

Prosesor pada laptop pun juga menyesuaikan sesuai kebutuhan, jika banyak melakukan kerja-kerja multimedia maka disarankan untuk menggunakan Intel. Kalo kamu mencari laptop berspesifikasi tinggi namun dengan harga murah gunakan AMD.

Dalam hal penggunaan prosesor Intel dapat berintegrasi dengan graphics card dan komponen lain agar dapat mengoperasikan kerja multimedia secara optimal. Untuk mendapatkan keoptimalan tersebut yang menjadi kekurangan pembeli harus merogoh kocek lebih dalam.

Di sisi lain AMD dapat menawarkan harga murah dengan prosesor yang spesifikasi nya tidak jauh berbeda dari Intel. Kekurangannya banyak pengguna merasa bahwa laptop berprosesor AMD lebih sering panas. Ini adalah penyebab banyak prosesor AMD yang sering mengalami kerusakan.

3. Suhu

Ketika berbicara kecepatan, suhu dari CPU tersebut juga jadi hal yang patut dipelajari. Poin ini penting untuk diketahui ketika mencari perbedaan antara Intel dan AMD serta kelebihan dan kekurangannya untuk Laptop.

Seperti yang telah ditulis di atas suhu tinggi pada CPU dapat menyebabkan kerusakan. Suhu tinggi disebabkan oleh pengaturan yang dimiliki CPU ketika menjalankan banyak pekerjaan sekaligus. Banyak orang menggunakan internal maupun eksternal cooler untuk mendinginkan suhu CPU.

Dalam hal pengaturan suhu dari CPU intel dapat mengungguli AMD, Intel lebih dapat mengatur suhu dari CPU ketika sedang mengerjakan banyak hal sekaligus. Intel telah dibekali dengan teknologi temperature balancing ketika suhu dari CPU nya sudah mulai panas.

AMD secara spesifikasi memang dapat sebanding dengan Intel namun satu hal yang disayangkan AMD belum dilengkapi dengan teknologi yang serupa sehingga memiliki resiko untuk overheat. Syukurnya hal ini dapat dikompensasikan dengan harga prosesor AMD yang lebih murah daripada intel.

4. Grafis

Perbedaan antara Intel dan AMD lain yang harus dijadikan sebagai bahan pertimbangan banyak orang adalah dari segi grafis. Grafis yang dapat ditunjukan oleh suatu laptop memang tergantung dari graphics card nya namun CPU juga berpengaruh.

Di sektor grafis AMD dapat menunjukan grafis yang lebih bagus, dengan teknologi yang dimiliki oleh CPU AMD yang dapat memaksimalkan tampilan grafis. Walau memiliki suhu yang tinggi hal ini beralasan karena untuk menjaga stabilitas output grafis yang dikeluarkan oleh AMD.

Intel memiliki stabilitas suhu yang baik ketika mengerjakan beberapa hal sekaligus namun ada hal yang harus dikorbankan untuk mencapai hal ini. Agar suhu tidak overheat intel menurunkan kualitas beberapa sektor termasuk grafis, hal ini menyulitkan pengguna untuk mendapatkan performa puncak.

Rekomendasi yang dapat ditawarkan adalah ketika kamu mencari laptop yang dapat memberikan performa grafis terbaik disarankan untuk membeli laptop dengan prosesor AMD. Jika grafis bukanlah hal yang menjadi concern besar untuk kamu maka belilah laptop dengan prosesor intel.

5. Deteksi Virus

Ini adalah faktor yang mungkin sering luput dari pikiran seseorang ketika hendak membeli laptop, deteksi virus. Ini aspek penting ketika mempelajari perbedaan antara Intel dan AMD serta kelebihan dan kekurangannya karena akan berpengaruh kepada keamanan laptop kamu.

Virus dapat menyebabkan kerusakan yang serius jika tidak ditangani secara cepat, dari kehilangan file-file penting, tidak dapat mengakses laptop hingga membuat laptop mati total. Intel dan AMD memiliki teknologi yang berbeda terkait deteksi virus.

AMD memiliki teknologi terbaru yang memungkinkan untuk mendeteksi virus, ini merupakan fitur yang datang menyatu dengan CPU. Tidak perlu untuk mengunduh software antivirus dari pihak ketiga agar dapat mendeteksi & menghilangkan virus jika laptop kamu ber-CPU AMD.

Hal disayangkan bagi mereka yang memilih Intel sebagai CPU laptop adalah tidak adanya fitur antivirus yang sudah menyatu dengan CPU yang dibeli. Jadi para pengguna laptop ber-CPU Intel harus mendownload lagi antivirus dari pihak ketiga.

6. Merk

Seperti yang dikatakan sebelumnya, laptop yang beredar dipasaran pada saat ini kebanyakan menggunakan prosesor dari intel atau AMD. Popularitas dari kedua prosesor ini sudah mendunia karena telah melalui proses panjang.

Intel memulai produksi prosesor pada tahun 1971 sedangkan AMD pada tahun 1995. AMD bisa dibilang 20 tahun lebih muda daripada intel, ini memposisikan intel untuk lebih dikenal dan lebih banyak waktu untuk mengembangkan produknya.

Intel memiliki service center yang tersebar hampir di seluruh dunia dengan layanan costumer service hingga 24 jam. Tidak jarang juga intel memberikan garansi penuh terhadap pembelian prosesor mereka. Walau dengan beragam kemudahan servis intel bisa dibilang tergolong mahal.

Walaupun 20 tahun lebih muda daripada Intel, AMD dapat mengejar ketinggalan tersebut dengan cepat. Service center 24/7 yang tersebar di seluruh dunia adalah pelayanan yang diberikan AMD pada pembeli setianya. Servis AMD dapat tergolong murah karena tersedia banyak sparepart di pasaran.

Penutup

Dari informasi yang ditulis pada artikel ini semoga pembaca dapat memahami perbedaan antara Intel dan AMD serta kelebihan dan kekurangannya untuk laptop. Pilihlah prosesor laptop kamu sesuai dengan kebutuhan spesifikasi yang diperlukan dan budget yang dimiliki.

Intel dan AMD sama-sama memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing, ada sektor di mana AMD lebih unggul daripada Intel ada juga sektor di mana Intel lebih bagus dibandingkan Intel. Kembali lagi untuk membeli laptop yang ideal sesuaikan lah dengan kebutuhan dan budget kamu.