Perawatan dan Tips Agar Baterai Laptop Tahan Lama

Kebutuhan terhadap laptop yang tinggi membuat Anda harus memperhatikan tips agar baterai laptop tahan lama. Di bawah ini penjelasannya!

Perawatan dan Tips Agar Baterai Laptop Tahan Lama

Laptop adalah perangkat portabel yang memungkinkan Anda mengontrolnya kapan saja. Tetapi, penggunaan laptop dibatasi oleh daya baterai, terutama jika sulit mendapatkan colokan untuk mengisi daya laptop. Berikut ini ada tips agar baterai laptop tahan lama.

Keterbatasan ini juga dapat diperparah jika kondisi baterai laptop tidak optimal karena penggunaan dan perawatan yang tidak tepat. Hal tersebut mengakibatkan baterai pada laptop Anda akan cepat habis dan penggunaan laptop menjadi tidak optimal.

Ciri-ciri Baterai Laptop yang Mulai Rusak

Pemakaian laptop yang tinggi membuat kita gampang sekali menyadari jika perangkat laptop kita mengalami masalah. Salah satunya adalah baterai, baterai laptop hanya tahan 1 jam sudah menunjukkan gejala berat kerusakan baterai.

Apalagi indikator yang menjadi tanda baterai laptop Anda tidak optimal? Tips agar baterai laptop tahan lama, berguna untuk menghindari kerusakan baterai. Jika Anda mengetahui ini lebih dini, tentu bisa segera diatasi. Berikut ciri-ciri baterai laptop yang sudah mulai rusak.

1. Laptop menjadi cepat panas

Tanda pertama gejala baterai rusak yang harus dikenali adalah jika laptop Anda menjadi lebih cepat panas dari biasanya. Meskipun penggunaan daya baterai masih terbilang aman, namun dalam situasi begitu, Anda sudah perlu waspada.

2. Waktu pengecasan yang lebih cepat atau lebih lama dari biasanya

Jika Anda mulai menyadari saat melakukan pengisian daya laptop durasinya berubah, lebih cepat atau lebih lama dari waktu pengisian biasanya. Anda sudah harus memperhatikan baterai laptop Anda lebih bijak karena itu juga tanda awal kerusakan baterai.

3. Baterai laptop yang tidak tahan lama

Ciri paling akurat selanjutnya adalah ketika penggunaan daya baterai tidak bisa lagi bertahan lama. Hal ini menunjukkan jika baterai laptop bocor. Jika sudah sampai pada tahap ini, segera ganti baterai laptop Anda agar tidak berpengaruh pada performa laptop Anda.

Cara Perawatan dan Tips Agar Baterai Laptop Tahan Lama

Faktanya saat ini, laptop modern hadir dengan teknologi dan perangkat lunak penghemat baterai, sehingga Anda dapat menggunakannya lebih lama tanpa harus menghubungkan adaptor pengisi daya setiap saat.

Namun, ini tidak berarti bahwa laptop ini bebas untuk waktu yang lama, karena dapat kehabisan daya kapan saja. Anda juga harus mengetahui cara agar baterai laptop tidak bocor agar Anda bisa lebih nyaman menggunakan laptop.

Berikut beberapa tips dan trik agar baterai laptop Anda lebih awet, terutama untuk memperpanjang umur baterai laptop Anda, untuk menunjang segala aktivitas Anda di laptop Anda.

1. Hindari kepanasan dan perhatikan suhu laptop

Tips agar baterai laptop tahan lama yang pertama adalah hindari penggunaan laptop secara berlebihan saat menonton atau bermain game, karena dapat membuat laptop menjadi terlalu panas. Terutama jika tidak didukung oleh kipas laptop yang sesuai.

Suhu laptop yang tinggi meningkatkan konsumsi daya baterai laptop menjadi lebih banyak-. Oleh karena itu, jaga agar suhu laptop tetap stabil dan gunakan kipas laptop untuk memperpanjang masa pakai baterai.

2. Waktu penggunaan

Ini adalah tips agar baterai laptop tahan lama yang kedua. Tentunya semua produk elektronik memiliki kapasitas yang berbeda-beda. Jika Anda ingin merawat baterai laptop dalam waktu lama, Anda perlu memperhatikan waktu pemakaiannya agar laptop tidak cepat rusak.

Misalnya, hindari membiarkan laptop Anda menggunakannya untuk waktu yang lama. Meskipun Anda mengetahui cara agar baterai laptop awet saat main game, tetap saja sebaiknya hal tersebut dihindari.

3. Perhatikan aplikasi yang dipakai

Perangkat keras bukan satu-satunya hal yang perlu Anda perhatikan untuk membuat baterai laptop Anda bertahan lebih lama. Karena jika Anda membuka terlalu banyak aplikasi secara bersamaan, laptop Anda akan sulit dioperasikan dan baterai akan lebih cepat habis.

Oleh karena itu, pastikan untuk menutup semua aplikasi yang tidak digunakan. Ini adalah salah satu cara agar baterai laptop bertahan lama. Karena dengan membuka banyak aplikasi secara bersamaan, akan membuat laptop Anda bekerja lebih keras.

4. Menyesuaikan cahaya dari layar laptop

Salah satu tips untuk membuat baterai laptop Anda lebih tahan lama adalah dengan mengatur lampu layar rendah. Selain menjadi cara menghemat baterai laptop dan menjaga kualitas, tentunya tips agar baterai laptop tahan lama satu ini, bermanfaat untuk kesehatan mata Anda.

Efeknya mungkin tidak terasa saat ini, namun jika terus menerus menatap laptop dengan layar cerah dan tajam akan membuat mata Anda mudha lelah, berair, panas dan memerah. Lakukan tips ini agar kesehatan mata terjaga.

5. Jangan biarkan laptop mati total

Jika Anda terlalu fokus pada pekerjaan, menonton film, atau bermain game, Anda sering lupa mengisi daya laptop hingga mati total. Perlu diingat bahwa kebiasaan seperti itu dapat menurunkan kualitas baterai laptop Anda dan bisa berakibat fatal.

Hal ini karena kekurangan daya yang tiba-tiba pada laptop Anda dapat dengan cepat merusak komponen baterai. Oleh karena itu, jika Anda ingin mengatur agar baterai laptop Anda bertahan lebih lama, pastikan untuk mengisi dayanya sebelum turun di bawah 20%.

6. Saat mencapai 100%, cabut pengisi daya baterai

Tips agar baterai laptop tahan lama selanjutnya adalah dengan menghindari pengisian daya laptop Anda dalam waktu lama, karena arus akan terus mengalir melalui baterai. Akibatnya, komponen baterai laptop cepat rusak.

Cara agar baterai laptop Anda lebih awet adalah dengan memperhatikan juga durasi pengisian baterai, jangan terlalu lama, dan jangan juga terlalu cepat. Artinya berikan pengisian daya sesuai porsi yang pas untuk baterai laptop tersebut.

7. Matikan laptop Anda saat mengisi daya

Tentu saja, jika Anda mematikan laptop saat mengisi daya, baterai akan terisi lebih cepat. Selain itu, tidak menggunakan laptop saat berada di dalam pengisi daya membantu memperpanjang masa pakai baterai laptop dengan menghindari aktivitas yang intens.

Tips agar baterai laptop tahan lama kali ini cukup mudah bukan? Atau malah sangat sulit menahan keinginan untuk menggunakan laptop pada waktu-waktu pengisian tersebut. Apalagi jika hanya untuk bermain game kesukaan.

8. Gunakan pengisi daya asli sesuai merk laptop

Tips agar baterai laptop tahan lama adalah perhatikan juga bahwa baterai laptop akan awet menggunakan charger asli dari laptop itu sendiri. Sebenarnya menggunakan charger KW bisa lebih menghemat biaya, namun akibatnya tegangan laptop menjadi tidak stabil.

Jika tegangan laptop pada baterai tidak stabil maka baterai laptop tidak bisa optimal menyimpan daya saat pengisian berlangsung dan baterai juga berpotensi akan cepat rusak. Teliti juga perangkat pendukung laptop lainya.

Untuk membuat baterai laptop Anda lebih tahan lama, Anda perlu mengikuti serangkaian tips agar baterai laptop tahan lama di atas. Tips ini tidak akan sulit dijalankan karena kita ingin memelihara barang yang banyak sekali fungsi dan manfaatnya.

Penutup

Tips agar baterai laptop tahan lama hanya sebagian cara yang bisa Anda gunakan untuk memelihara laptop. Yang paling penting adalah, kesadaran diri Anda dalam memelihara suatu barang, terlebih jika itu barang yang penting dalam kehidupan. Baca juga Jangan Panik! Ini Cara Mematikan Laptop yang Error