Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Tidak Terkoneksi WiFi 

Saat daring, WiFi dibutuhkan untuk menghemat pengeluaran internet. Jika WiFi bermasalah, ini cara mengatasi laptop yang tidak terkoneksi WiFi

cara mengatasi laptop yang tidak terkoneksi WiFi

Pada masa pandemi, kebutuhan daring meningkat. Solusi penghematan pengeluaran internet adalah memasang WiFi. Biaya internet akan lebih murah dengan WiFi. Dalam pemakaiannya, WiFi dan laptop kadang bermasalah, ini cara mengatasi laptop yang tidak terkoneksi WiFi.

WiFi adalah teknologi nirkabel yang memungkinkan beberapa komputer terhubung satu sama lain tanpa menggunakan kabel. WiFi ini memudahkan untuk berselancar di internet tanpa harus menghubungkan laptop dengan kabel LAN.

Penyebab Laptop Tidak Terkoneksi WiFi

Berdasarkan fungsinya, WiFi mendukung aktivitas internet dilakukan dengan lebih mudah. Tetapi bagaimana jika tiba-tiba WiFi laptop hilang? Tentu hal ini sangat mengganggu pekerjaan. Aktivitas daring juga banyak yang akan tertunda.

Sebenarnya, ada banyak cara untuk menghubungkan Wi-Fi ke laptop Anda. Akan tetapi, untuk menghindari masalah ini, berikut adalah beberapa penyebab laptop tidak terkoneksi dengan WiFi yang bisa kita hindari.

1. Adaptor WiFi belum diaktifkan

Salah satu alasan internet WiFi laptop tidak bisa on adalah adaptor Wi-Fi tidak berfungsi. Mengaktifkan adaptor WiFi laptop cukup mudah, tetapi bagi sebagian pengguna rata-rata, mengaktifkan adaptor WiFi di laptop masih membingungkan.

Tentu saja, mudah cara mengatasi laptop yang tidak terkoneksi WiFi. Ada ikon WiFi yang bisa Anda klik di pojok kanan bawah. Jika adaptor WiFi tidak menyala, Anda akan melihat tanda silang merah (x), sebagai tanda bahwa WiFi belum aktif.

Di sisi lain, jika adaptor WiFi menyala, Palang Merah (x) akan hilang. Cukup klik pada ikon dan Anda akan melihat tiga opsi di atasnya: WiFi, mode pesawat, dan hotspot. Klik opsi Wi-Fi untuk menghidupkan adaptor dan memilih koneksi internet dari daftar penyedia internet yang tersisa.

Laptop biasanya mempunyai tombol khusus yang berfungsi untuk menghidupkan dan mematikan adaptor laptop. Anda dapat dengan mudah menghidupkan / mematikan adaptor WiFi dengan menekan tombol tersebut.

2. Pengaturan jaringan yang salah

Alasan lain laptop tidak dapat terhubung ke WiFi adalah karena pengaturan jaringan yang salah. Laptop mungkin telah mengubah pengaturan jaringan untuk mendapatkan koneksi internet yang lebih cepat dengan mengubah IP/DNS. 

Hal ini mengakibatkan laptop tidak bisa connect WiFi. Untuk menghindarinya, lakukan hal berikut: 

  • Buka pilihan Panel Kontrol> lalu Jaringan dan Internet> silakan pilih Jaringan dan Pusat Berbagi> lalu Ubah Pengaturan Adaptor.
  • Dalam opsi WiFi, klik kanan pada setiap koneksi WiFi dan klik Properties.
  • Anda akan disajikan dengan beberapa pilihan. Setelah memilih silakan klik Properties.
  • Untuk mengembalikan pengaturan jaringan ke default atau otomatis, Anda dapat memilih Dapatkan alamat IP secara otomatis dan Dapatkan alamat server DNS secara otomatis. Setelah itu, pengaturan jaringan akan otomatis mengikuti konfigurasi WiFi.

3.  Driver WiFi tidak diinstal

Cara mengatasi laptop yang tidak terkoneksi WiFi. adalah driver WiFi telah dihapus. Tentunya modem WiFi yang terpasang di laptop membutuhkan software berupa driver agar dapat berfungsi dengan baik.

Anda mungkin lupa menginstal driver WiFi di laptop. Apalagi jika membeli laptop kosong tanpa sistem operasi. Tentu saja, harus menginstal sendiri sistem operasi dan driver yang diperlukan.

Tentu saja, untuk memperbaikinya, install driver adaptor WiFi di laptop Anda. Paket driver biasanya tersedia dalam bentuk CD yang disertakan dalam paket. Biasanya drivernya disesuaikan dengan merk laptop yang digunakan.

4. Tanggal kadaluwarsa driver WiFi

Kemungkinan penyebab lainnya adalah driver adaptor WiFi yang sudah lama.  Jika driver telah kedaluwarsa, perangkat tersebut tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya. Akibatnya laptop tidak bisa connect internet.

Cara mengatasi laptop yang tidak terkoneksi WiFi. Dalam kasus ini, cukup masuk ke menu Device Manager > Network Adapters > Modem Name dan update driver. Kemudian klik pada bagian kanan dan silakan pilih opsi Update Driver Software. Cara itu akan membantu untuk mengaktifkan kembali koneksi WiFi ke laptop Anda.

5. Laptop mode hemat daya

Alasan lainnya laptop tidak dapat terhubung ke WiFi adalah karena laptop dalam mode hemat daya. Dalam hal ini, laptop mulai dengan prosesor, tingkat kecerahan layar, pemutaran latar belakang, dan koneksi internet, yang mengurangi kinerja secara keseluruhan.

Oleh karena itu, dalam hal penghematan daya, kecepatan internet biasanya lambat atau ada yang tidak dapat terhubung sama sekali. Cara mengatasi laptop yang tidak terkoneksi WiFi. Di laptop, atur adaptor nirkabel ke mode hemat daya dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka Panel Kontrol>kemudian pilih Perangkat Keras dan Suara> Opsi Daya.
  • Pada menu Opsi Daya, klik tombol Ubah Pengaturan Daya Lanjutan.
  • Dalam opsi konfigurasi adaptor nirkabel, ubah opsi Mode Hemat Daya untuk opsi Baterai Aktif dan Plugin ke Performa Maksimum.
  • Oleh karena itu, kinerja WiFi akan kembali maksimal. Namun, tentu saja hal ini akan membuat mode hemat daya tidak bekerja secara maksimal.
  • Mode hemat daya sebenarnya dirancang untuk menghemat daya pada laptop Anda. Dengan mengubah performa WiFi ke performa maksimal, penggunaan daya baterai akan kembali normal.

Alasan laptop Anda tidak terhubung ke Wi-Fi bisa jadi sepele, dan sederhana. Maka dari itu  Anda perlu memahami cara mengatasi laptop yang tidak terkoneksi WiFi. Karena cara ini akan membantu Anda terhindar dari maslah koneksi WiFi.

Cara Mengatasi Laptop Tidak Terkoneksi WiFi dengan Mudah

Laptop sangat erat kaitannya dengan internet nirkabel. Kedua teknologi ini telah diperkenalkan untuk memberikan mobilitas bagi pemakainya. Namun, laptop sering tidak terhubung ke jaringan WiFi, yang menghambat pekerjaan Anda.

Ada langkah mudah cara mengaktifkan WiFi di laptop yang bisa Anda lakukan, saat laptop terkendala koneksi WiFi. Berikut cara-cara yang bisa dilakukan secara ringkas dan mudah dipahami oleh banyak orang.

Cara mengatasi laptop yang tidak terkoneksi WiFi, Anda dapat melakukan langkah berikut:

  • Klik Strat> Panel Kontrol> Jaringan dan Internet.
  • Klik pada Network dan Sharin Center, lalu klik Ubah Pengaturan Adaptor.
  • Klik kanan pada koneksi wireless dan pilih Properties.
  • Pada tab Jaringan, temukan Protokol Internet versi 4 dan klik dua kali.
  • Selanjutnya, pilih [Obtain an IP address automatically] dan [Obtain a DNS server address automatically].
  • Cukup dan klik OK.

Namun, jika langkah-langkah ini belum berhasil dan WiFi tidak terhubung ke laptop Anda, ada cara mengatasi laptop yang tidak terkoneksi WiFi.  Mungkin ada kesalahan pada driver jaringan Anda. Oleh karena itu, sebaiknya melakukan hal berikut:

  • Klik kanan My Computer / Computer / This PC pada menu Start dan pilih Manage.
  • Pilih Pengelola Perangkat/Device Manager.
  • Temukan adaptor jaringan. Jika Anda mendapati sebuah tanda seru dengan warna kuning, berarti driver laptop Anda bermasalah.
  • Perangkat WiFi berada di bawah adaptor jaringan.
  • Klik kanan> Copot pemasangan di perangkat WiFi.
  • Kemudian klik kanan dan pilih Scan for Hardware Changes agar laptop Anda menginstal ulang driver perangkat WiFi secara otomatis.
  • Setelah selesai, tutup Pengelola Perangkat dan sambungkan kembali laptop Anda ke WiFi.

Penutup

Sebaiknya, periksa secara menyeluruh masalah apa pun dengan WiFi yang tidak terhubung ke laptop Anda. Cara mengatasi laptop yang tidak terkoneksi WiFi bisa dengan memeriksa internet dari routernya, karena masalah bisa disebabkan dari mana saja bukan hanya dari laptop. Baca juga Cara Mengaktifkan Wifi di Laptop dan Komputer