Pengertian, Jenis dan Cara Membuat Mind Map

Tidak perlu keahlian khusus untuk membuat mind map, Anda hanya perlu mengikuti cara membuat mind map di bawah ini dengan detail dan rinci.

Cara Membuat Mind Map

Ninja Tekno – Pastinya beberapa dari Anda sudah tidak asing lagi dengan namanya mind map. Seketika pula akan teringat dengan sebuah gambar yang berbentuk cabang-cabang yang berguna untuk merumuskan berbagai konsep. Oleh sebab itu, dibutuhkan cara membuat mind map.

Tidak perlu khawatir lagi, perumusan yang kompleks tentunya akan lebih memudahkan Anda dalam memahami gambaran yang ingin dicapai. Maka dari itu, perlu belajar dan mengetahui cara membuat mapping mind dengan sangat baik.

Tentang Mind Map

Sebelum beranjak ke cara membuat mind mapping aesthetic atau sederhana, Anda juga perlu tahu terlebih dahulu apa sebenarnya mind map itu sendiri. Mind map merupakan sebuah cara yang berguna untuk mengelompokkan beberapa ide ke dalam sebuah rangka.

Rangka yang dimaksud yaitu kerangka yang biasanya mempunyai struktur untuk membantu Anda mengingat atau menganalisa sebuah masalah. Selain itu, mind map biasanya disebut sebagai proses pemindahan pemikiran dari otak ke dalam bentuk tulisan dan gambar.

Jenis-jenis Mind Map

Setelah itu Anda juga perlu mengetahui beberapa mind map yang sering kali digunakan oleh beberapa orang sebelum akhirnya tahu cara membuat mind map. Karena sebenarnya mind map sendiri mempunyai jenis  beragam, oleh sebab itu inilah beberapa jenis mind map :

1.      Mind Map Bab

Jenis pertama yaitu mind map bab. Mind map jenis ini merupakan mind mapping yang biasanya akan dibuat berdasarkan rangkaian bab yang telah Anda pelajari sebelumnya. Akan tetapi, dalam mind map bab harus diringkas ke dalam poin penting yang diambil garis besarnya saja.

2.      Mind Map Silabus

Selanjutnya ada mind map silabus, mind map ini juga disebut mind map makro yang artinya jenis mind map yang berguna untuk membantu memberikan sebuah gambaran tentang apa yang telah Anda pelajari dan biasanya dibuat dalam ukuran besar yang ditempel di dinding.

3.      Mind Map Paragraf

Jenis ketiga dari mind map yaitu mind map paragraf. Mind map ini berfungsi untuk memberikan informasi secara lengkap, karena dapat dilihat secara ringkasan dari setiap bab sekaligus mengetahui detail penjelasannya.

Cara Membuat Mind Map

Mind map sendiri mempunyai berbagai fungsi dan manfaat, oleh sebab itu patut untuk Anda pelajari terkait cara membuat mind mapping simple yang baik dan benar agar dapat merealisasikan tujuan Anda dalam membuat mind map.

1.      Mencari Topik Utama

Langkah pertama yang perlu Anda persiapkan ketika membuat mind map yaitu mencari topic utama. Mencari dan menentukan topic utama yang akan menjadi pokok pembahasan masalah yang ingin diselesaikan.

Pada umumnya, Anda akan menetapkan topic utama dengan kata kunci yang biasanya digunakan sebagai fokus pemikiran. Kata kunci tersebut bisa terdiri dari 1 hingga 3 kata, atau bisa juga Anda memilih topic yang mempunyai arti luas seperti ekonomi, dan lainnya.

2.      Menuliskan Poin Penting dari Topik Utama

Setelah Anda mendapatkan topic utama, Anda bisa melanjutkan cara membuat mind map dengan menuliskan poin penting dari topic utama tersebut. Poin penting yang dimaksud yaitu gagasan penting yang menyangkut topic tersebut.

Nantinya poin penting dari topic utam atersebut bisa Anda jadikan sebagai cabang-cabang pertama dari topic pembahasan selanjutnya. Sebagai contoh, topic utama ekonomi dengan poin penting perusahaan mikro.

3.      Menambahkan Kata Kunci di Setiap Cabang Poin

Selanjutnya hal yang bisa Anda lakukan untuk merealisasikan cara membuat mind mapping yaitu dengan menambahkan kata kunci di setiap cabang poin penting sebelumnya. Kata kunci inilah nantinya yang memberikan gagasan lebih rinci untuk memudahkan dalam mengingat.

Jika Anda menggunakan sebuah singkatkan, gunakanlah singkatan yang familiar untuk didengar telinga Anda atau sesuatu simbol yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari. Sebagai contoh, ketika poin penting perusahaan mikro maka kata kuncinya UMKM.

4.      Membuat Garis yang Menghubungkan Ide

Jika ketiga langkah di atas sudah Anda terapkan dengan baik, maka langkah selanjutnya yaitu membuat garis yang menghubungkan ide tersebut. Dengan garis itu nantinya, Anda akan merasakan kemudahan dalam membaca atau memahami isi dari mind map tersebut.

Anda bisa memulai membuat garis penghubung ide dari topic utama hingga berakhir ke kata kunci dari poin penting. Selain itu, Anda juga bisa membuatnya dari topic utama ke topic yang paling spesifik. Tentunya hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan pemahaman.

5.      Memberikan Gambar Ilustrasi

Selanjutnya Anda juga bisa menambahkan gambar ilustrasi untuk merealisasikan cara membuat mind map di buku tulis atau media aplikasi lainnya. Dengan menambahkan gambar ilustrasi, akan lebih memudahkan dalam memahami kata kunci yang sudah Anda buat.

6.      Menambahkan Catatan Kecil

Terakhir Anda bisa menambahkan beberapa catatan kecil memang itu diperlukan, akan tetapi tidak semua poin bisa Anda tambahkan catatan karena jika hal itu terjadi akan terkesan berlebihan.

Oleh sebab itu, tata dengan sangat tepat untuk menghasilkan gagasan yang mudah untuk Anda pelajari nantinya. Selain itu, catatan kecil ini berguna untuk pelengkap atas sebuah topic yang sulit dimengerti.

Penutup

Pada intinya siapa saja bisa merealisasikan cara membuat mind map dengan baik dan benar, karena setiap orang mempunyai tingkat pemahaman yang berbeda-beda atas topic tertentu. Oleh karena itu, Anda bisa membuat mind map sesuai versi masing-masing.