Pengertian dan Fitur Menarik Perangkat Smart Home

Perangkat Smart Home adalah salah satu teknologi mutakhir yang membuat hunian anda jadi lebih canggih, modern dan memudahkan banyak aktivitas di dalam rumah.

Pengertian dan Fitur Menarik Perangkat Smart Home

Ninja Tekno – Perangkat smart home atau rumah pintar saat ini rupanya mulai berkembang dengan pesat di Negara Indonesia. Khususnya untuk masyarakat yang tinggal di area perkotaan.

Beberapa dari Anda mungkin masih merasa asing dengan istilah smart home itu sendiri. Teknologi yang satu ini memang terbukti sangat membantu memudahkan aktivitas. Di bawah ini akan kami jelaskan lebih lengkap lagi mengenai smart home.

Pengertian Perangkat Smart Home

Anda mungkin bertanya-tanya apa sebenarnya smart home itu? Apa saja teknologi smart home system yang saat ini populer dan lain sebagainya. Oleh karena itulah, penting untuk mengerti lebih dahulu definisi smart home.

Smart home merupakan sebuah sistem pengaturan rumah dengan cara otomatis. Di mana nantinya dapat Anda operasikan melalui jarak jauh menggunakan internet dan Perangkat smart home.

Teknologi smart home di rumah satu sama lain nantinya akan saling terhubung. Mulai dari sistem pencahayaan, sistem keamanan, suhu, hiburan dan lain sebagainya. Umumnya teknologi smart home memiliki kemampuan dalam mempelajari kebiasaan dari pemilik hunian.

Sehingga dengan begitu hanya perlu melakukan satu kali pengaturan agar nantinya bisa Anda pakai dengan lebih maksimal. Selain itu juga perangkat yang satu ini mampu untuk meningkatkan keamanan dari rumah dengan cara mendeteksi keberadaan orang lain.

Mengapa Perlu Menggunakan Smart Home

Ada banyak alasan mengapa di sini Anda perlu mulai menerapkan teknologi smart home ini bagi hunian Anda. Hal itu tidak lepas dari kelebihan dan juga manfaat yang bisa Anda peroleh. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa Anda perlu memakai smart home.

  • Kenyamanan

Tidak bisa kita pungkiri bahwa semua orang pastinya merasa sangat suka jika mereka hidup nyaman. Smart home teknologi mampu menciptakan kenyamanan dan akan selalu memanjakan para penggunanya.

Anda nantinya tidak harus beranjak berdiri lebih dahulu untuk menyalakan lampu. Dengan adanya teknologi smart home ini, maka pencahayaan di kamar tidur bisa Anda setel secara otomatis.

  • Kemudahan

Beragam kemudahan pastinya bisa Anda peroleh ketika menerapkan teknologi smart home ini. Segala hal bisa terlaksana secara otomatis. Seperti menyalakan televisi, membuka pagar, membuka tirai dan lain-lain.

  • Efisiensi

Perangkat smart home ini perlu untuk terhubung dengan jaringan internet supaya nantinya bisa berfungsi dengan optimal. Selain itu juga internet sangat Anda butuhkan agar Anda bisa mengoperasikannya melalui ponsel.

Hal tersebut tentunya menawarkan tingkat efisiensi bagi para penggunanya. Tidak hanya itu saja, perangkat pun juga terbentuk sedemikian rupa agar mampu menghemat listrik.

  • Keamanan

Alasan berikutnya mengapa Anda harus menggunakan smart home yaitu karena pertimbangan keamanan. Smart home di sini akan menawarkan keamanan yang relatif beragam. Mulai dari sensor asap, kunci pintu, sensor banjir dan lain-lain.

Dengan adanya fitur-fitur keamanan tersebut pastinya akan membuat Anda sebagai pemilik hunian jadi lebih tenang ketika harus meninggalkan rumah. Terlebih lagi Anda bisa memantau rumah hanya melalui perangkat ponsel saja.

Fitur Terbaik Smart Home

Fitur yang tersemat pada smart home ini tak dapat kita pungkiri memang sangat menyita perhatian. Pasalnya fitur-fitur tersebut sangat memudahkan dan menguntungkan bagi para pemilik rumah. Berikut ini adalah beberapa fitur yang bisa Anda nikmati dari Perangkat smart home.

  • Sensor Kunci Rumah

Salah satu fitur paling utama yang dimiliki oleh smart home yaitu fitur untuk membantu dalam memastikan keamanan hunian Anda memakai sensor kunci rumah. Fitur yang satu ini bisa Anda operasikan langsung menggunakan perangkat ponsel.

Teknologi berupa sensor kunci rumah tersebut akan memberitahu Anda sebagai pemilik melalui sebuah notifikasi. Dari notifikasi inilah nantinya Anda akan tahu bahwa terdapat orang asing mencoba membuka jendela ataupun pintu rumah Anda.

  • Sensor Gerak

Fitur selanjutnya perangkat smart home yaitu sensor gerak. Umumnya sensor ini akan terpasang di area pintu pagar. Cuman begitu nantinya Anda tidak harus turun dari mobil untuk membuka pintu pagar lebih dahulu.

  • Sensor Lampu

Sensor yang satu ini bisa Anda aplikasikan di area yang seringkali orang lewat, seperti contohnya lorong maupun pintu masuk. Dengan adanya sensor tersebut pastinya akan lebih memudahkan, karena Anda tidak harus repot-repot menekan saklar.

  • Speaker Pintar

Selama speaker terkoneksi ke jaringan internet, maka sistem akan pemberitahuan semua informasi yang Anda butuhkan melalui speaker serta mengoperasikan semua perangkat yang saling terhubung.

  • Lampu Pintar

Fitur selanjutnya yaitu fitur berupa lampu pintar. Tentunya lampu ini tak sama dengan lampu-lampu lainnya. Pada lampu pijar tersebut Anda bisa mengubah warna sesuai dengan kebutuhan. Lampu pintar pada perangkat smart home ini bisa Anda operasikan dengan sensor gerak.

  • Colokan Pintar

Fitur yang satu ini tak kalah canggih seperti halnya fitur-fitur yang sudah tersebut di atas. Colokan pintar tersebut akan menghubungkan antara perangkat yang ada di rumah ke koneksi internet. Dengan begitu akan bisa Anda akses menggunakan ponsel.

  • Pancuran Shower dengan Speaker

Jika Anda di sini termasuk orang yang gemar mendengarkan musik saat tengah mandi, maka Anda akan lebih mudah dengan penerapan smart home. Anda nantinya bisa mengganti pancuran shower memakai shower yang telah dilengkapi speaker.

Hal itu tentu akan sangat menyenangkan, karena Anda bisa mendengarkan musik sambil lalu Anda mandi.

  • Bidet Toilet

Kebersihan tentunya adalah hal yang sangat perlu untuk Anda perhatikan di sini. Oleh karena itulah Anda bisa menggunakan salah satu fitur smarthome rumah pintar berupa dudukan kloset dengan bidet. 

Selain nantinya bisa bermanfaat untuk menjaga kebersihan, dengan adanya bidet tersebut juga akan lebih terasa nyaman dan bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Seperti contohnya Anda dapat menyesuaikan air dingin atau air hangat.

Pengaturan tersebut bisa Anda lakukan dengan lebih mudah dengan adanya tombol yang tersedia di toilet smart home.

  • Bak Mandi Hydrotherapy

Fitur perangkat smart home berikutnya yang cukup populer digunakan yaitu bak mandi hidroterapi. Dengan menggunakan jenis bak mandi tersebut Anda akan lebih mudah dalam mengatur suhu tekanan bahkan hingga warna air.

Fitur dari teknologi smart home tersebut akan sangat memanjakan Anda, terlebih ketika Anda baru pulang dari pekerjaan.

  • Intelligent Toilet

Jika Anda menginginkan toilet selalu dalam keadaan bersih, maka fitur yang satu ini akan sangat membantu. Teknologi berupa intelijen toilet yang tersemat pada smart home tentunya akan pendukung dan menjaga kebersihan toilet di rumah Anda.

Fitur berupa intelijen toilet tersebut lengkap dengan beberapa teknologi modern. Seperti contohnya penghangat kaki, automatic toilet seats, automatic flushing, bluetooth dan heated seats.

Penutup

Demikianlah penjelasan mengenai fitur-fitur terbaik yang bisa Anda rasakan ketika menggunakan teknologi smart home. Dari ulasan di atas Anda juga bisa mengetahui apa alasan mengapa perlu menerapkan smart home di hunian.

Perangkat smart home tak bisa kita pungkiri akan sangat membantu dalam memudahkan pekerjaan manusia. Tidak hanya itu saja, teknologi ini menawarkan kenyamanan bagi para penghuni rumah. Dengan begitu tentu Anda akan semakin merasa betah berada di rumah.