Motor Listrik Makin Menjamur dan Terjangkau, Ini Rekomendasi Pilihannya!

Mode transportasi yang satu ini mulai menjadi primadona di kalangan masyarakat, pasalnya motor listrik menjadi energi yang lebih ramah lingkungan.

Motor Listrik Makin Menjamur dan Terjangkau, Ini Rekomendasi Pilihannya!
Sumber gambar : https://www.oto.com

Sebagai moda transportasi yang cukup diandalkan, motor listrik memiliki pesonanya sendiri. Namun masih banyak masyarakat yang belum mengetahui prinsip kerjanya. Selain prinsip kerjanya, Anda juga perlu mengetahui cara perawatannya juga.

Motor listrik sebenarnya juga memiliki beberapa jenis dan ukuran, mulai dari motor listrik mini hingga motor listrik dewasa yang jauh lebih kuat dan stailis. Untuk mengenal lebih jauh mengenai motor listrik, pertama-tama mari simak ulasan berikut yang akan menjelaskan serba serbi motor listrik kesayangan.

Sekilas Tentang Motor Listrik

Motor Listrik Makin Menjamur dan Terjangkau, Ini Rekomendasi Pilihannya!
Sumber gambar : www.suara.com

Perlu kamu ketahui bahwa motor listrik merupakan alat yang dapat mengubah energi listrik menjadi energi mekanik (gerak) dan membuat motor dapat bergerak atau melaju di jalanan. Jenis motornya sendiri dikelompokkan menjadi tiga, yakni motor DC, motor induksi dan motor sinkron.

Jenis motor tersebut memiliki prinsip kerja serupa namun memiliki besaran magnet yang berbeda. Di antara prinsip kerja motor yakni adanya arus listrik yang dihasilkan dari medan magnet yang kemudian memberikan gaya. Terdapat loop pada dinamo dan pasangan gaya yang akan memutar kumparan.

  • Masyarakat Menyukai Motor Listrik

Saat ini banyak masyarakat yang telah berpindah dari kendaraan berbahan bakar minyak menjadi berbahan bakar listrik. Motor listrik milik Indonesia sendiri telah banyak peminatnya, terbukti dengan semakin banyaknya konsumsi motor listrik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Jenis motor listrik yang ada di Indonesia sendiri ada banyak, baik dari merek dan variannya. Untuk kelebihan dari motor listrik sendiri ada pada biaya perawatannya yang tidak lebih mahal dari motor konvensional.

Perawatan lebih mudah juga menjadi salah satu kelebihan dari motor listrik. Pasalnya pada motor listrik kamu tidak akan dibebani dengan biaya servis rutin seperti ganti oli, filter udara mesin, bensin, dan lain sebagainya. Karena pada motor listrik hal-hal seperti itu tidak ada.

  • Lebih Mudah Dalam Pengoperasiannya

Lalu motor listrik sendiri lebih mudah dalam pengoperasiannya. Seperti hanya motor metik yang hanya perlu putar gas tanpa pindah gigi, pada motor listrik pun juga demikian. Namun yang membedakannya, kamu tidak perlu menekan tombol starter, hanya tinggal On-kan saja dan bisa langsung jalan.

Selain itu iming-iming menjadi salah satu pegiat lingkungan juga menanti kamu pengguna motor listrik. Dengan menggunakan motor listrik, kamu telah berkontribusi untuk mengurangi emisi karbon di udara.

Semakin Terjangkau Masyarakat

Motor Listrik Makin Menjamur dan Terjangkau, Ini Rekomendasi Pilihannya!
Sumber gambar : https://otomotif.kompas.com

Semakin hari jenis motor listrik semakin menjamur di mana-mana, ditambah dengan harganya yang semakin bersahabat dikantong masyarakat. Selain itu semakin banyak pula produsen motor listrik yang menawarkan berbagai kemudahan hingga pembayaran dari yang paling mahal hingga termurah.

Harga motor listrik sendiri semakin terjangkau oleh masyarakat yang membuatnya semakin diminati. Selain itu imbauan pemerintah yang mengganti energi dan bahan bakar yang lebih ramah lingkungan membuatnya semakin menjadi primadona.

Selain karena imbauan dari pemerintah, alasan lain semakin meningkatnya konsumsi motor listrik yakni karena mahalnya harga minya dunia. Hal ini tentu berpengaruh pada harga bahan bakar motor berbahan bakar minyak bumi.

Hal ini juga berkaitan dengan dukungan regulasi pajak kendaraan rendah emisi. Hal ini tentu memudahkan bagi masyarakat sehingga membuat mereka beralih ke kendaraan yang lebih ramah lingkungan.

Alasan lain yang membuatnya semakin dicari yakni karena performa motor lsitrik yang lebih baik dibandingkan motor konvensional. Selain itu biaya operasionalnya pun jauh lebih murah dibandingkan membeli bensin.

Daftar Motor Listrik di Indonesia

Motor Listrik Makin Menjamur dan Terjangkau, Ini Rekomendasi Pilihannya!
Sumber gambar : https://www.oto.com

Kini kita telah menyambut era baru kendaraan di dunia, yakni kendaraan berdaya listrik. Indonesia kini juga sedang gencar-gencarnya memasarkan kendaraan berbahan bakar listrik. Salah satu hal menarik yakni produk motor listrik yang ada di pasaran merupakan produk lokal baik motor maupun produsennya.

Ada banyak jenis motor listrik yang telah di pasarkan, berikut merupakan daftar motor listrik yang telah di pasarkan di Indonesia:

1. Viar Q1

Dalam gelaran Gaikindo Indonesia Internasioanl Auto Show (GIIAS) 2019 lalu, Viar meluncurkan New Viar Q1 yang merupakan motor listrik terbaru mereka. Motor listrik ini berbeda dengan generasi mereka sebelumnya, yakni menggunakan satu baterai sebagai penggeraknya.

Untuk new Viar Q1 sendiri telah dilengkapi dengan dua baterai sekaligus yang akan membuatnya jauh lebih awet. Namun, harga motor listrik ini akan jelas naik dari harga generasi sebelumnya yang berada dikisaran Rp 18 juta rupiah.

2. Viar E-Cros

Merek yang satu ini selain menjual jenis skuter metik, juga menjual Motor listrik bergaya motor trail. Motor listrik jenis ini hadir dalam dua varian, yakni varian Viar E-Cross Advance dan Viar E-Cross Lite.

Harga dari motor listrik jenis ini pun jelas jauh berbeda dari varian skuter metik mereka, kisaran harga motor listrik varian ini berada di angka Rp 50 juta rupiah. Tak heran jika belum banyak pengguna motor ini.

3. Selis

Selis menjadi motor listrik yang memiliki banyak varian di kelasnya. Diantaranya yakni Selis Merak yang berjenis skuter matik dan dibandrol dikisaran harga Rp 23,5 jutaan. Cukup mahal untuk motor berjenis metik.

Sama dengan milik Viar, Selis juga memiliki jenis motor trail nya, yang dibandrol dengan harga Rp 24,3 jutaan. Jauh di bawah Viar yang menembus angka 50 juta. Jenis ini jauh lebih ramah di kantong masyarakat saat ini.

4. Gesits

Merek yang satu ini sudah sering digaungkan, di mana sempat digadang-gadang menjadi motor listrik buatan anak bangsa yang akan mendunia. Gesits pertama kali diluncurkan pada gelaran Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) 2019 lalu.

Gesits merupakan singkatan dari Garasindo Electric Scooter ITS, dari namanya saja sudah bisa diketahui siapa pembuat motor listrik satu ini. Dibandingkan dengan Viar Q1, Viar E-Cross, dan Selis, Gesits menjadi yang paling mahal di kelasnya berkisar Rp 24,9 juta-an.

5. Yamaha E01

Di Indonesia sendiri ada beberapa merek motor listrik yang cukup populer dikalangan masyarakat. Yamaha E01 merupakan keluaran terbaru dari perusahaan YMC. Kendati demikian, motor ini masih dalam tahap uji coba di negara yang berbeda iklim.

Motor listrik ini memiliki tiga opsi pengisian daya listrik yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Motor Yamaha E01 memiliki baterai 8,1 kW yang terpasang secara permanen. Jarak yang bisa ditempuh motor ini bisa mencapai jarak 130 km ketika terisi penuh.

Penutup

Itulah sekilas mengenai motor listrik yang ada di Indonesia dan membuatnya semakin diminati oleh masyarakat. Selain itu ada banyak kelebihan yang dimiliki motor listrik yang tidak dimiliki oleh motor konvensional seperti biaya operasional yang lebih terjangkau dan performa yang lebih baik.

Dengan ini kamu telah lebih mengenal tentang motor listrik yang ada di Indonesia dan segala hal yang berkaitan dengannya. Selain menjadi mode transportasi yang ramah lingkungan, motor listrik juga menjadi salah satu ladang investasi baru.