Mengetahui Perbedaan antara Smart TV dengan Android TV

Teknologi terbaru Smart TV merupakan wujud progres perkembangan industri pertelevisian. Bahkan juga turut berkembang Android TV, lantas apa yang membedakan keduanya? Berikut penjelasannya!

Simak! Inilah Rekomendasi TV Android di Bawah 5 Jutaan
Sumber gambar : voi.id

Televisi atau yang disingkat TV merupakan salah satu alat elektronik yang pasti ada di rumah sebagai sarana hiburan. Salah satu jenis TV adalah smart TV yang menjadi teknologi televisi mutakhir dari perkembangan televisi yang sebelum-sebelumnya.

Seperti halnya TV tabung kemudian berubah menjadi TV Led. Adanya inovasi terbaru ini menyematkan perangkat keras untuk menjalankan sistem operasi seperti halnya sebuah ponsel. Produk smart TV terbaik datang dari berbagai merk ponsel, seperti LG, Samsung, Xiaomi, Panasonic, dan TCL.

Semua merk TV pintar tersebut menggunakan sistem operasi yang memuaskan para konsumen. Sayangnya sering kali orang salah definisi antara TV pintar dengan android TV. Maka dari itu pada kesempatan kali ini akan dijelaskan perbedaan keduanya agar kamu bisa memilih sesuai kebutuhanmu.

Perbedaan antara Smart TV dengan Android TV

Mengetahui Perbedaan antara Smart TV dengan Android TV
Sumber gambar : XDA-Developers.com / tekno.kompas.com

Agar kamu lebih paham mengenai smart TV dengan android TV, maka pada pembahasan kali ini akan dijelaskan mengenai perbedaan keduanya. Simak penjelasannya dengan baik agar kamu tidak lagi keliru dalam membedakan keduanya.

Memahami Smart TV

Smart TV atau TV pintar tak lain merupakan televisi dengan menggunakan sistem operasi tertentu dalam pengoperasiannya. Sistem operasi tersebut bisa dimiliki produsen televisi atau menggunakan sistem operasi lain. Seperti Linux, Web OS, Tizen, Home QS, dan Android TV.

Dengan demikian, TV pintar ini tidak hanya bisa melihat siaran dari channel khusus TV saja. Melainkan ada banyak pilihan aplikasi yang menjadi bawaan untuk bisa kamu nikmati. Seperti halnya terkoneksi dengan Youtube, Netflix, dan Facebook. Adapun keunggulan dari TV pintar sebagai berikut:

  • Bisa menjalankan berbagai aplikasi bawaan secara langsung.
  • Bisa langsung main game dari Smart TV.
  • Program TV dan aplikasi streaming berjalan dalam satu perangkat.
  • Tidak perlu HP untuk melihat video streaming.
  • User interface yang bisa digunakan dengan mudah oleh semua kalangan.

Saat menggunakan TV pintar, maka kamu pasti memerlukan jaringan internet. Selain itu karena pembaruan softwarenya yang butuh koneksi internet. Memilih langganan wifi pun menjadi solusi terbaik untuk kamu yang menggunakan TV pintar ini.

Sayangnya penggunaan TV pintar ini juga terdapat kekurangan yakni sebagian besar sistem operasinya tidak bisa dilakukan upgrade. Kamu pun juga tidak bisa menikmati banyak pilihan aplikasi, sebab memang aplikasi yang bisa diakses adalah aplikasi yang menjadi bawaan dari TV pintar.

Memahami Android TV

Setelah memahami apa itu TV pintar, maka kamu juga harus memahami apa itu android TV agar bisa mengetahui perbedaan keduanya. Android TV ini muncul pertama kali pada tahun 2014 yang memberikan akses aplikasi dari sistem operasi android layaknya HP dari sebuah televisi.

Android TV ini memiliki layanan dan fitur yang mirip dengan TV pintar yang mampu menjalankan aplikasi jika terkoneksi dengan internet. Android TV juga dilengkapi dengan mikrofon ke remote TV sehingga bisa menggunakan Google Asistant.

Agar bisa mendapatkan sekaligus menjalankan aplikasinya, maka kamu perlu mengunduh aplikasinya terlebih dahulu di Playstore. Pada android TV ini memiliki prosesor dan RAM guna memperlancar pengguna untuk membuka aplikasi dalam jumlah yang banyak.

Jenis android TV cocok buat kamu yang memiliki smartphone dengan OS android pula. Akan tetapi untuk penggunaannya terbatas dengan user interface yang rumit daripada Smart TV. Selain itu produsennya masih terbatas. Namun di balik itu, ada banyak keunggulan dari android TV sebagai berikut:

  • Bisa dihubungkan langsung ke smartphone android dengan mudah.
  • Terdapat banyak pilihan aplikasi di Playstore
  • Adanya pembaruan software secara rutin.

Kesimpulan Perbedaan Smart TV dengan Android TV

Mengetahui Perbedaan antara Smart TV dengan Android TV
Sumber gambar : polytron.co.id

Dengan berbagai penjelasan di atas. Maka dapat disimpulkan bahwa smart TV memberikan pengalaman menjelajahi dunia internet secara lebih mudah karena memiliki user interface yang lebih sederhana. Sedangkan android TV memberikan banyak aplikasi dengan user interface yang butuh penyesuaian.

Smart TV dilengkapi dengan koneksi internet yang penggunanya bisa menonton film atau serial hiburan lainnya melalui layanan streaming aplikasi. Sementara pada android TV merupakan generasi terbaru dari TV Pintar dengan sistem android yang dapat menjalankan aplikasi jika tersambung dengan internet.

Rekomendasi Smart TV dan Android TV

Mengetahui Perbedaan antara Smart TV dengan Android TV
Sumber gambar : voi.id

Ada banyak pilihan merk TV pintar dan Android TV di pasaran dengan harga yang bervariasi sesuai dengan kualitas yang diberikannya. Sebelum kamu pergi ke toko elektronik atau memesannya secara online, agar kamu tahu kebutuhan terbaikmu, berikut rekomendasi TV pintar dan Android TV.

1. Smart TV TCL 32S62

Bagi kamu yang minat dengan TV pintar, maka TCL 32S62 bisa jadi pilihan tepat. Karena TV ini hadir dengan body tipis dengan ukuran layar 32 inci. Untuk harga smart TV ini bisa kamu dapatkan di tarif di bawah 2 juta. TV ini dilengkapi dengan prosesor quad core dengan spesifikasi produk sebagai berikut:

  • Aspect Ratio : 16:9
  • HDMI : 2 ports
  • USB : 1 port

2. Android TV Mi TV 4A

Android keluaran Xiaomi ini hadir dengan layar HD LED yang menampilkan detail warna yang lebih nyata. Audio pada TV ini mengadopsi speaker 8w x 2 powerfull stero dengan suara yang kencang dan sangat jelas. Selain itu, TV juga dilengkapi mode drop down, remote control, dan Google voice search.

Dengan kelengkapan seperti itu, maka Anda bisa mencari hiburan dengan lebih mudah. TV Mi TV 4A ini bisa kamu dapatkan dengan kisaran harga 2 jutaan. Tentu ini menjadi smart TV murah dengan keunggulan fasilitas yang diberikan. Adapun secara detailnya, TV Mi TV 4A memiliki spesifikasi produk berikut:

  • Screen Size : 32 inci
  • HDMI : 3 ports
  • USB : 2 port

3. Android TV TCL 32A3

Rekomendasi Android TV selanjutnya adalah TCL 32A3 dengan layar 32 inci dan resolusi full HD. Dengan begitu sudah jelas kalau tampilan gambarnya lebih tajam dan detail. Saat menonton, kamu akan dimanjakan dengan output audio surround 5,1 yang didukung dengan teknologi Dolby.

Penggunaan alat smart TV ini juga akan lebih hemat listrik. Ini karena hanya memerlukan sumber daya listrik yang cukup rendah, yakni sebesar 50 W saat aktif dan 0,5 W saat standby, TV ini bisa kamu dapatkan dengan harga kisaran 2 juta dengan spesifikasi produk sebagai berikut:

  • Screen Size : 32 inci
  • HDMI : 2 ports
  • USB : 1 port

Penutup

Teknologi terbaru Smart TV merupakan wujud progres perkembangan industri pertelevisian. Bahkan juga turut berkembang Android TV yang sekarang banyak tersedia di pasaran. Beragam jenis dan tipenya bisa kamu pilih dengan mudah.

Itulah perbedaan antara Smart TV dengan Android TV, di mana memang memiliki perbedaan yang tipis secara fungsional. Maka ketika kamu hendak membeli produk TV, sesuaikan dengan apa yang kamu butuhkan dan juga dengan memperhatikan detail harganya.