Mengenal Sejarah Komputer dan Perkembangannya dari Masa ke Masa

Menjadi salah satu model teknologi yang sering digunakan, berikut ini informasi mengenai sejarah komputer dan juga perkembangannya dari masa ke masa.

Mengenal Sejarah Komputer dan Perkembangannya dari Masa ke Masa
Foto : https://commons.m.wikimedia.org/wiki/File:Lilith_(computer).jpg

Komputer menjadi salah satu bentuk dari kemajuan teknologi yang telah dihadirkan oleh manusia. Perkembangannya sendiri melewati beberapa generasi dengan beberapa pembaharuan. Berikut ini informasi mengenai sejarah komputer yang bisa Anda simak.

Tidak bisa dipungkiri jika komputer memiliki banyak manfaat. Fakta yang terkenal bahwa komputer dapat memudahkan pengguna untuk menyelesaikan tugas. Untuk itu, Anda perlu mengetahui bagaimana perkembangan dari sebuah teknologi yang terkenal ini.

Perkembangan Sejarah Komputer

Mengenal Sejarah Komputer dan Perkembangannya dari Masa ke Masa
Foto : https://commons.m.wikimedia.org/wiki/File:Old_computer_2.jpg

Di dunia yang semakin berkembang ini, teknologi juga terus berkembang dari waktu ke waktu. Salah satu perkembangan teknologi yang dapat dirasakan banyak orang selama ini adalah komputer.

Selain itu, semua pekerjaan saat ini dikaitkan dengan komputer, baik itu komputer rumah atau komputer kantor. Tentunya Anda juga yang merasakan manfaat dari teknologi komputer ini, bukan?

Teknologi komputer ini dapat dikembangkan seperti teknologi lainnya. Dengan perkembangan teknologi komputer, objek tunggal ini menjadi lebih kompleks dan membutuhkan waktu lebih lama untuk diselesaikan.

Oleh karena itu, tanpa komputer saat ini, kecil kemungkinannya akan sangat sulit untuk menyelesaikan tugas dan tugas yang kita miliki tepat waktu.

Dengan teknologi komputer yang semakin maju, Anda dapat melihat bahwa komputer memiliki penyimpanan yang semakin banyak. Hal ini memungkinkan untuk menangani berbagai tugas dan fungsi komputer.

Selain itu, Anda dapat menghubungkan komputer Anda ke Internet untuk memfasilitasi interaksi dengan orang lain dan bekerja secara online. Dengan kata lain, komputer dapat digunakan sebagai penunjang bagi kita untuk menyelesaikan pekerjaan dan menyelesaikannya.

Evolusi komputer menunjukkan bahwa komputer terus berkembang mengikuti perkembangan zaman dan kemajuan teknologi. Semua perkembangan yang terjadi pada teknologi komputer merupakan revisi dari penemuan komputer sebelumnya.

Komputer itu sendiri awalnya ditemukan oleh seorang ilmuwan bernama Charles Babbage, dan sejak itu terus dikembangkan oleh penemunya. Berikut ini informasi mengenai sejarah komputer dan ricnian ilmuwan yang terlibat.

Sejarah Komputer Abad 19 dan 20

Mengenal Sejarah Komputer dan Perkembangannya dari Masa ke Masa

Melihat lebih jauh, sejarah komputer berawal pada tahun 1801. Joseph Marie Jacquard, seorang pedagang dan penemu Prancis pada saat itu, menemukan dan mempraktikkan konsep mekanis sederhana mirip komputer lama.

Selain itu, pada tahun 1821, seorang matematikawan Inggris bernama Charles Babbage berhasil merakit mesin aritmatika bertenaga uap yang mampu menghitung tabel angka. Namun, karena kendala teknis pada saat itu, proyek itu tidak berhasil.

Kemudian Pemerintah Inggris telah mendanai kegiatan ini, tetapi Charles Babbage belum menemukan tempat yang cerah untuk menyelesaikan proyeknya.

Namun, menurut sumber literatur sejarah lainnya, sekitar tahun 1842 Charles Babbage berhasil menciptakan versi pertama dari komputer mekanik yang disebut mesin perbedaan. Setelah itu, dia melakukan banyak hal hingga versi terakhir dari komputer mekanik dapat digunakan.

Sejarah Komputer Abad Generasi 1 – 4

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, masuknya sejarah komputer pada abad ke-20 dapat dibagi menjadi beberapa periode. Mengutip Rumah Belajar Kemendikbud, berikut rangkuman sejarah komputer singkat dari generasi ke-1 hingga ke-4.

  • Generasi Pertama (1940-1959)

Meskipun menggunakan perangkat elektronik, komputer generasi pertama umumnya memiliki kelemahan seperti cepat panas dan mudah terbakar saat memproses atau menyimpan data. Oleh karena itu, kebanyakan komputer jenis ini menggunakan tabung.

Selain itu, saat ini komputer menggunakan bahasa mesin/sistem kode biner yang berbeda. Contoh komputer generasi pertama adalah komputer IBM 701, diproduksi pada tahun 1953. Itulah sejarah komputer generasi pertama.

Generasi Kedua (1959-1965)

Sejarah komputer generasi kedua ini jauh lebih besar dari pendahulunya. Tidak hanya itu, komputer berhenti menggunakan tabung dan beralih menggunakan komponen transistor yang lebih kecil.

Perkembangan awal juga membantu menciptakan teknologi baru pada komputer generasi kedua. Misalnya menggunakan pita magnetik dan disk magnetik berupa removable disk. Komputer juga dapat memproses data melalui operasi real-time dan time-sharing.

Contoh komputer generasi kedua termasuk komputer PDP-5 dan PDP-8 yang diproduksi pada tahun 1963.

Generasi Ketiga (1965-1970)

Sejarah komputer generasi ketiga adalah bahwa perangkat ini benar-benar menggunakan sistem operasi. Oleh karena itu, ini memungkinkan pengguna untuk menjalankan program yang berbeda dan berbeda secara bersamaan.

Ukuran komputer generasi kedua, seperti komputer IBMS. Dari NOVA ke PDP-11 jauh lebih kecil dari PC generasi sebelumnya. Hal ini juga meningkatkan efisiensi pemanfaatan listrik.

Manfaat komputer generasi ke-3 termasuk penggunaan disk magnetik akses acak dengan berbagai kemampuan pemrosesan dan pemrograman. Pada saat ini, komputer juga terhubung dan komunikasi menjadi mungkin.

Generasi Keempat (1970)

Sejarah komputer generasi keempat ini dilengkapi dengan teknologi yang lebih maju dari generasi sebelumnya. Contohnya seperti penggunaan mikroprosesor dan semikonduktor berupa chip untuk memori komputer.

Saat ini, banyak perusahaan mulai merilis beberapa jenis komputer. Sebagai contoh, pertimbangkan komputer IBM 370 dengan prosesor Intel 4004, pertama kali dikembangkan oleh Intel pada tahun 1971 menggunakan chip mikroprosesor.

Juga, Ap sejak 1977. Perkembangan komputer pribadi seperti komputer sudah dimulai. PleII dan komputer desktop Xerox Corporation. Pada tahun 1981, komputer mulai sering menggunakan sistem operasi Windows.

Dapat disimpulkan jika sejarah komputer setiap generasinya memiliki masing-masing komponen yang dikembangkan demi perbaikan dan penyempurnaan teknologi komputer.

Komputer Saat Ini dan Implementasinya

Komputer pribadi telah dikembangkan sejak tahun 1970, terutama Xerox Alto, yang dapat mengirim email dan mencetak dokumen. Desainnya juga mirip dengan komputer masa kini dengan monitor, keyboard, dan mouse.

Banyak juga penemuan-penemuan baru antara Dynamic Access Memory Chips, Ethernet, dan Floppy Disk di era ini.

Kemudian, Apple didirikan pada tahun 1976, dan Apple I diperkenalkan sebagai komputer sirkuit tunggal pertama. Kemudian, pada tahun 1983, CD yang ditetapkan sebagai standar umum untuk komputer dan digunakan sebagai perangkat penyimpanan 550MB data.

Pada tahun yang sama, Microsoft secara resmi memperkenalkan Word. Dimana pada saat ini banyak digunakan untuk mengerjakan tugas-tugas terentu, salah satunya adalah membuat dokumen.

Pengembangan komputer bukan satu-satunya. Setiap tahun selalu ada update untuk membuatnya secanggih sekarang ini. Pada tahun 1984, Apple merilis Macintosh. Itu adalah komputer pertama yang memiliki mouse sebagai konsol dan memiliki antarmuka pengguna.

Microsoft kemudian merilis sistem operasi Windows dengan antarmuka grafis dan kemampuan multitasking. Tak lama kemudian, Apple merilis sederet laptop portable bernama Powerbooks yang bisa Anda bawa kemana saja.

Dulu, pengguna komputer masih menggunakan floppy disk dan CD untuk menyimpan datanya. Banyak orang masih menggunakannya sampai sekarang, tetapi popularitasnya telah diabaikan oleh penyimpanan portabel, atau drive USB.

Untuk memperumit masalah, dengan keberadaan Internet saat ini, beberapa orang tidak menggunakan penyimpanan komputasi awan (cloud) untuk menyimpan data dan file penting dengan cara yang aman.

Pemanfaatan Komputer

Penerapan penggunaan komputer juga semakin berkembang di berbagai bidang. Memisahkan penggunaan komputer dari kehidupan sehari-hari tampaknya sangat sulit dan sudah menjadi kebutuhan dalam masyarakat modern.

Pemanfaatan komputer antara lain:

  • Untuk keperluan sekolah
  • Untuk keperluan pekerjaan
  • Sebagai sarana hiburan
  • Mencari informasi
  • Sumber pendapatan

Dengan ada banyaknya manfaat komputer tersebut, tidak heran jika komputer menjadi salah satu jenis perangkat elektronik yang sangat penting saat ini.

Penutup

Itu tadi artikel mengenai sejarah komputer yang telah Anda baca. Dengan adanya tambahan informasi mengenai sejarah komputer dari generasi pertama sampai sekarang, semoga bisa menambah wawasan Anda mengenai perkembangan teknologi yang satu ini.