Manfaatkan Live Streaming untuk Tingkatkan Penjualan, Begini Caranya!

Ada banyak strategi penjualan yang bisa dilakukan, salah satunya live streaming. Berikut ulasannya yang akan membantu meningkatkan penjualan Anda.

Manfaatkan Live Streaming untuk Tingkatkan Penjualan, Begini Caranya!

Live Streaming adalah konten video yang disiarkan langsung melalui internet tanpa perlu diedit atau diperbaiki setelahnya. Anda hanya perlu menyalakan kamera kemudian mulai merekam kapan saja dan di mana saja.

Selain itu, siaran yang bersifat langsung dan interaktif, memungkinkan penonton untuk meninggalkan komentar dan berbalas komentar dengan penonton lainnya. Tidak hanya itu, pengikut akun Anda juga akan diberi tahu setiap kali Anda melakukan siaran langsung.

Apa Pentingnya Live Streaming Dalam Penjualan?

Salah satu bentuk pemasaran yang perlu dilakukan untuk mencapai tujuan penjualan yang diinginkan adalah mempromosikan produk. Promosi produk dapat dilakukan dengan berbagai cara, tapi yang paling efektif adalah menawarkan langsung kepada pembeli.

Memanfaatkan kemajuan teknologi terkini sebagai strategi pemasaran digital, sangat membantu Anda menjangkau lebih banyak calon pembeli. Melalui platform digital yang Anda miliki, Anda dapat menawarkan langsung produk tanpa harus bertatap muka.

Aktivitas jual beli ini didukung pula oleh pengguna internet yang tinggi, sehingga meningkatkan antusias terhadap media sosial. Hampir semua situs atau platform jual beli online di semua media sosial ramai dikunjungi pengguna internet.

Cara baru berbelanja online sudah menjadi gaya hidup bagi sebagian masyarakat. Tingginya antusiasme ini mendorong para pelaku usaha menjajal pasar digital. Pelaku usaha juga dituntut lebih kreatif dalam melakukan promosi produk.

Agar spesifikasi produk lebih mudah dipahami oleh calon pembeli, penjual harus menjelaskan secara detail. Penjelasan secara detail tidak cukup dengan deskripsi tulisan, harus juga dengan penjabaran lisan.

Menghadirkan Interaksi Menarik Antara Penjual dan Pembeli

Manfaatkan Live Streaming untuk Tingkatkan Penjualan, Begini Caranya!

Meskipun dilakukan secara online, penjual dan pembeli harus tetap berkomunikasi dengan baik, sebagaimana komunikasi yang dilakukan secara langsung. Seperti transaksi offline pada umumnya.

Perbedaannya adalah bahwa komunikasi berlangsung melalui saluran siaran langsung atau media video langsung. Pembeli juga dapat menggunakan fitur kolom obrolan untuk menghubungi penjual.

Penjual harus mampu membuat live streaming yang menarik, agar calon pembeli antusias tehadap produk yang ditawarkan. Untuk itu diperlukan beberapa persiapan yang harus dilakukan antara lain seperti berikut:

1. Sebuah Telepon Seluler atau Laptop yang Terhubung Ke Internet.

Anda tidak perlu menggunakan kamera kelas atas yang mahal. Anda hanya perlu menggunakan laptop atau juga dapat menggunakan ponsel. Pastikan baterai ponsel dan laptop Anda penuh dan internet lancar agar tidak ada kendala selama siaran langsung.

2. Atur Letak Kamera atau Laptop di Posisi Strategis.

Gunakan alat bantu agar Anda bisa mengatur posisi kamera sesuai keinginan Anda. Jika Anda ingin membuat video yang dinamis, Anda bisa meminta bantuan seseorang agar memungkinkan ruang gerak Anda menjadi lebih luas dan bebas.

3. Mikrofon

Gunakan klip mikrofon untuk membuat suara Anda menjadi jelas terdengar. Pembeli akan lebih mengerti, sehingga informasi produk tersampaikan dengan baik. Hal itu juga akan memudahkan interaksi dan transaksi selanjutnya.

4. Pencahayaan dan Latar Belakang.

Perhatikan latar belakang dan pencahayaan yang Anda gunakan untuk membuat nyaman penonton. Sebaiknya gunakan latar belakang yang sederhana, bersih, dan pencahayaan yang terang agar wajah dan produk Anda terlihat jelas.

5. Koneksi Internet yang Stabil

Koneksi internet yang stabil sangat penting untuk mendukung live streaming yang akan dilakukan. Sebaiknya Anda terlebih dahulu memastikan koneksi internet pada laptop atau ponsel anda cukup dan memadai.

6. Konten yang Disajikan

Bukan hanya memperhatikan kualitas video, tapi juga pembuatan konten dan judul yang menarik itu penting. Untuk membuat konten yang menarik, pertama-tama Anda perlu memperhatikan jenis konten.

Tutorial untuk penggunaan produk, peluncuran produk baru, dan promosi yang melibatkan influencer. Sediakan ruang untuk berdialog dengan penonton. Kemudian Anda bisa membuat judul menarik untuk calon pembeli, seperti menawarkan diskon dan lain-lain.

7. Konsistensi

Biasanya sekali atau dua kali menonton, pembeli baru antusias untuk mengingat barang atau toko Anda. Gunakan tema atau format yang konsisten untuk membantu penonton mengingat produk-produk toko Anda.

Anda dapat mengikuti langkah-langkah di atas untuk mempersiapkan live streaming terbaik bagi produk anda. Ingat, selalu berinteraksi dengan penonton sehingga terjalin komunikasi dua arah.

Memanfaatkan Media Sosial dalam Penjualan

Manfaatkan Live Streaming untuk Tingkatkan Penjualan, Begini Caranya!

Anda bisa memanfaatkan media sosial sebagai lapak online penjualan produk Anda. Live streaming di media sosial akan lebih memudahkan promosi, sehingga Anda memungkinkan untuk mendapatkan lebih banyak penonton.

Anda perlu hanya perlu membagikan ke beranda media sosial untuk mengajak lebih banyak penonton. Banyaknya penonton tentu membuka peluang produk untuk terjual lebih banyak. Berikut platform media sosial yang bisa Anda gunakan.

  • Facebook

Yang pertama adalah Facebook. Facebook memiliki dua jenis fitur streaming. Yang pertama disiarkan langsung di beranda, opsi pertama ini mirip dengan Instagram. Pilihan kedua adalah siaran langsung di grup Facebook. Oleh karena itu, hanya anggota grup yang dapat melihatnya.

Anda bebas memilih kedua pilihan tersebut. Anda bisa menggunakannya secara bergantian atau bersamaan, yaitu dengan memilih pilihan fitur streajing kedua kemudian membagikannya langsung ke beranda.

  • Instagram

Media sosial kedua adalah Instagram. Tentu Anda sudah mengetahui fitur live yang satu ini. Anda mungkin sering menggunakannya. Namun, kebanyakan orang menggunakan fitur ini hanya untuk tujuan hiburan.

Pada fitur live instagram Anda dapat menggunakannya untuk mempromosikan produk Anda. Selain itu, Anda dapat menyimpan hasil video ke IGTV atau mempostingnya ke cerita Instagram Anda.

  • Tiktok

Media sosial selanjutnya yang bisa digunakan untuk live streaming adalah Tiktok. Namun, tidak semua pengguna Tiktok bisa melakukan live streaming. Ada beberapa syarat yang perlu dipenuhi dan Anda bisa menjadi influencer di TikTok!

Pengguna Tiktok yang diperbolehkan menggunakan fitur streaming adalah yang telah memiliki pengikut lebih dari 1.000. Ada juga batasan usia pengguna. Hal tersebut merupakan kebijakan yang harus dipatuhi oleh semua pengguna Tiktok.

  • YouTube

Siapa pun dapat menggunakan fitur live streaming di Youtube. Anda hanya perlu memperbarui ke versi terbaru dari Youtube. Jika Anda pengguna baru Youtube, Anda belum bisa melakukan streaming langsung, diperlukan waktu sekitar 24 jam untuk memulai aktivasi.

Tidak hanya itu, Anda bisa mendapatkan uang dari siaran langsung dengan mengaktifkan iklan pada akun Youtube Anda. Namun, tentu saja ada syarat dan ketentuan yang berlaku. Anda dapat meningkatkan penjualan Anda secara gratis melalui Youtube.

  • Shopee

Shopee sebenarnya bukan merupakan media sosial. Shopee adalah pasar digital namun juga memiliki kemampuan streaming langsung. Masih banyak pasar juga menawarkan kemampuan streaming langsung.

Shopee merupakan salah satu pasar digital besar di Indonesia, sehingga jika Anda membuat lapak online di shopee bisa memungkinkan produk anda terjual lebih banyak. Hal tersebut karena banyak nya kemudahan berbelanja yang ditawarkan.

Penutup

Ada baiknya Anda menjajal satu persatu platform media sosial yang menyediakan fitur live streaming. Dengan berpartisipasi dalam banyak media sosial, Anda bisa mendapat kesempatan menarik lebih banyak penonton dan meningkatkan penjualan melalui fitur yang tersedia.