Review Laptop MacBook Air M2, Performa hingga Harganya

MacBook Air M2 besutan Apple memang menjadi primadona bagi penggemarnya yang terus bertambah. Penjelasan selengkapnya di sini!

MacBook Air M2

Laptop MacBook Air M2 besutan Apple memang menjadi primadona bagi penggemarnya yang terus bertambah. Apple dengan berbagai inovasinya terus menghadirkan produk-produk terbaru yang bisa menjadi pilihan. Walaupun memang, harga produk-produk Apple terbilang mahal, namun tetap saja orang-orang memburu berbagai produk keluarannya.

Salah satu produk yang belum lama dikeluarkan oleh Apple adalah MacBook Air M2. Nah, pada kesempatan ini kita akan membahas sedikit mengenai produk yang satu ini. Sebab itu, jika tertarik silakan simak ulasan ini hingga selesai, ya!

Apple Mengeluarkan Laptop MacBook Air M2

Sebelum Apple resmi meluncurkan smartphone terbarunya dengan seri iPhone 14, konsumen yang mencari laptop dengan performa cepat diberikan pilihan baru. Harga MacBook Air M2 lebih premium dan sedikit lebih tinggi dari generasi sebelumnya.

Bahkan saat diluncurkan, Apple masih akan menawarkan MacBook Air M1. Jadi keduanya di sini tidak untuk bersaing satu sama lain. Mereka yang tidak membutuhkan kinerja ekstra masih dapat memilih seri sebelumnya. Kabar baiknya adalah konsumen Indonesia dapat segera mendapatkan laptop Apple terbaru secara resmi.

Review MacBook Air M2

Laptop MacBook Air M2 menarik perhatian banyak orang dengan spesifikasinya yang mumpuni. Untuk itu, di bawah ini kita akan mereview nya dalam beberapa katagori mulai dari desain hingga performa yang dibawa. Selengkapnya di sini!

1. Ketersediaan Produk dan Harga

Juga dikenal sebagai MacBook Air M2 atau MacBook Air 2022, model ini mempertahankan desain generasi Air dari bertahun-tahun yang lalu dan memiliki desain yang serba baru. Butuh lebih dari dua bulan dari peluncurannya pada 6 Juni tahun lalu untuk ketersediaan resminya melalui pengecer Apple terkenal.

Informasi tentang kehadiran MacBook Air terbaru langsung bocor melalui akun media sosial Instagram resmi iBox Indonesia, salah satu retailer resmi Apple. Gambar MacBook Air M2 yang diunggah setelah 8 September akan muncul dalam empat pilihan warna yang berbeda. Tertanggal 12 September 2022 dan dapat dibeli mulai pukul 00.01 WIB.

Statusnya yang masih “segera hadir”, namun Anda sudah dapat melihat harga MacBook Air M2 di situs web resmi iBox. Tersedia dalam 4 warna (Midnight, Starlight, Space Grey, Silver) dan 2 pilihan penyimpanan. Harga MacBook Air M2 256GB mulai dari Rp20,999.000. Opsi 512 GB mencapai Rp25.999.000.

2. Performa

Sebagai referensi, tes kinerja SSD dijalankan pada laptop MacBook Air M2 dan varian SSD 256GB memiliki kinerja tulis 15-30% lebih lambat dan kinerja baca 40-50% lebih lambat daripada varian 512GB. Ketika berbicara tentang SSD saja, ya, ini bukan tentang kinerja keseluruhan yang mungkin tetap sama untuk pengguna biasa.

Mengenai situasi ini, Apple telah mengeluarkan pernyataan resmi kepada The Verge yang melakukan pengujian awal, mengatakan bahwa MacBook Air M2 akan jauh lebih cepat dan lebih unggul daripada generasi M1 berkat kehadiran chipset baru. Jadi meskipun SSD lebih lambat, kinerja penggunaan sehari-harinya tetap cepat.

3. Daya Tahan Baterai Hingga 18 jam

Jadi jika pengguna MacBook Air yang lebih tua bisa menukarkan MacBook Air M2, apa yang akan mereka dapatkan? Dengan desain baru, bobotnya sedikit berkurang menjadi 1,2 kg, dengan ketebalan rata-rata 11,3 mm.

Plus, ada opsi warna baru yang disebut Midnight. Terlihat gelap dan elegan, tetapi banyak orang mengeluh karena cepat ternodai pada permukaan bodynya.

Layar MacBook Air M2 dapat diperluas hingga 13,6 inci, karena sudut-sudutnya cukup tipis saat dibuka. Layar dapat menampilkan warna yang lebih kaya, memiliki kecerahan maksimum 500 nits, dan memiliki notch untuk penempatan webcam HD 1080p di bagian tengah atas.

Apple juga menyertakan 3 mikrofon dan 4 speaker, sempurna untuk menikmati konten hiburan dan melakukan panggilan konferensi. Baterai MacBook Air M2 sendiri dikatakan bertahan hingga 18 jam berkat chip baru yang lebih hemat daya. Ini juga lebih cepat hingga 18% (CPU) dan 35% (kapasitas grafis).

4. Kekurangan dan Kelebihan MacBook Air M2

Satu kelemahan MacBook Air baru adalah harganya mulai dari $1.199, yang lebih mahal $200 dari model M1. Laptop lama masih merupakan pilihan yang baik, tetapi model MacBook Air M2 sepadan dengan kenaikan harga.

MacBook Air sebelumnya cenderung sangat mahal, karena Apple cenderung memprioritaskan gaya daripada substansi. Namun sejak itu, Apple telah menemukan cara untuk lebih berupaya dalam desain yang ramping. MacBook Air mungkin adalah laptop terbaik Apple saat ini.

Laptop MacBook Air M2 cepat dan efisien. Selama Anda tidak memiliki perangkat lunak yang terlalu rumit untuk digunakan secara teratur, laptop ini cukup kuat untuk kebanyakan orang. Prosesor M2 jauh lebih cepat daripada prosesor M1, dan masa pakai baterai sangat baik.

Penutup

Kita harus mengatakan bahwa MacBook Air dengan prosesor M1 masih merupakan mesin yang hebat dan menghemat banyak uang – laptop ini masih menjadi pilihan yang masuk akal. Tetapi MacBook Air M2 jelas merupakan perangkat yang lebih baik, melampaui MacBook Air M1 dalam hampir semua hal.