Keunggulan Snapdragon 8 Gen 1 yang Wajib Diketahui

Ketahui keunggulan chip terbaru dari Qualcomm yaitu Snapdragon 8 Gen 1 serta apa saja hp yang menggunakan chipset tersebut.

Keunggulan Snapdragon 8 Gen 1 yang Wajib Diketahui
Sumber gambar : https://tekno.kompas.com

Menjelang akhir tahun lalu, Qualcomm telah resmi mengeluarkan chipset terbaru yaitu Snapdragon 8 Gen 1 yang dapat menjadi prosesor andalan dari berbagai brand smartphone besar di dunia. Chipset ini merupakan kelanjutan atau penerus dari seri sebelumnya yaitu Snapdragon 888.

Sebagai Chip keluaran terbaru, tentunya Snapdragon 8 Gen 1 ini memiliki banyak keunggulan yang lebih baik dibandingkan seri sebelumnya. Bagi kamu yang penasaran terkait Snapdragon 8 Gen 1 ini, berikut akan dijelaskan beragam keunggulan serta rekomendasi HP yang mengusung Snapdragon 8 Gen 1.

Keunggulan Snapdragon 8 Gen 1

Keunggulan Snapdragon 8 Gen 1 yang Wajib Diketahui
Sumber gambar : https://inet.detik.com

Qualcomm mengklaim bahwa smartphone yang mengusung Snapdragon 8 Gen 1 ini mampu menghasilkan 20% kinerja CPU lebih cepat dibandingkan pendahulunya. Selain itu Snapdragon 8 Gen 1 ini dipastikan dapat menghemat daya hingga 30% lebih irit. Berikut beberapa keunggulan lainnya:

1. Kualitas Kamera yang Semakin Meningkat

fitur yang berhubungan dengan kamera Snapdragon 8 Gen 1 disebut dengan Snapdragon Sight. Fitur-fitur tersebut di antaranya adalah kedalaman bit serta kecepatan pemrosesan yang lebih tinggi, mode malam yang lebih baik serta dukungan HDR pada video yang lebih tinggi dibanding seri sebelumnya.

Kemampuan foto burst Snapdragon Sight meningkat menjadi 240 foto dengan resolusi 12MP perdetik. Ini merupakan dua kali lipat lebih banyak dibanding Snapdragon 888. Selain itu pemrosesan datanya mencapai multi-frame perdetik, lebih banyak dibandingkan sebelumnya hanya enam foto.

Snapdragon 8 Gen 1 juga hadir dengan triple ISP (Image Signal Processor) yang lebih tinggi yaitu 18 bit, berbeda dengan Snapdragon 888 sebelumnya dengan triple ISP 14 bit. Kamera pada Snapdragon 8 Gen 1 dapat memproses dengan kecepatan hingga 3,2 gigapiksel perdetik.

Kedalaman warna perkanal yang 18 bit membuat Snapdragon 8 Gen 1 dapat menangkap warna dengan gradasi yang lebih halus. Hal ini membuat sensor kamera dari Snapdragon 8 Gen 1 dapat menangkap warna objek hingga lebih menyerupai aslinya.

Snapdragon 8 Gen 1 ini juga dapat menangkap gambar contras tinggi dengan lebih baik. Hal ini karena didukung dengan dynamic range yang lebih tinggi. Sehingga dapat dikatakan bahwa Snapdragon 8 Gen 1 mempunyai kemampuan HDR yang lebih baik dibandingkan seri sebelumnya.

2. Mode Malam, Video, dan AI yang Lebih Baik

Untuk mode malamnya Snapdragon 8 Gen 1 dapat menangkap hingga 30 gambar 18 bit. Hal ini membuat Snapdragon 8 Gen 1 memberikan gambar mode malam yang lebih baik. Snapdragon ini juga dapat mengambil video 8K dengan HDR dan foto 64 MP secara sekaligus.

Kemampuan AI (Artificial Intelligence) juga meningkat. Salah satunya adalah fitur untuk pengenalan wajah. Snapdragon 8 Gen 1 dapat mengenali wajah dengan lebih baik karena didukung 300 titik facial landmark untuk pengenalan wajah. Termasuk pengenalan wajah saat tertutup atau menggunakan masker.

3. Fitur Gaming yang Mendukung

Snapdragon 8 Gen 1 telah diklaim memiliki peningkatan grafis sebesar 30% dan lebih hemat daya sebanyak 25% dibandingkan seri sebelumnya. Pengguna juga dapat menikmati dua kali lipat frame rate pada tingkat daya yang sama, atau frame rate yang sama namun dengan pengurangan daya 50%.

4. Fitur lain yang Meningkat

Snapdragon 8 generasi terbaru juga memiliki prosesor sinyal gambar (ISP) tambahan yang selalu aktif di sensor pengindraan. Fitur ISP ini berguna untuk mencegah seseorang mengintip layar ponsel yang sedang kamu gunakan dari belakang punggung.

Snapdragon 8 Gen 1 juga mendapatkan pembaharuan dalam hal konektivitas 5G dengan menawarkan kecepatan mengunduh hingga 10 Gbps dan fitur 3GPP 16. Selain itu, dalam hal konektivitas lainnya pada Snapdragon Qualcomm terbaru terdapat teknologi nirkabel WiFi 6E, Bluetooth 5.2 dan Snapdragon Sound.

HP Snapdragon 8 Gen 1

Selain diklaim mampu menghasilkan 20% kinerja CPU yang lebih cepat, Snapdragon 8 Gen 1 juga diklaim mampu meningkatkan tampilan grafis hingga 30% lebih baik. Beberapa brand smartphone besar dunia yang turut mengusung Snapdragon 8 Gen 1 ini adalah Samsung, OPPO, Realme, Vivo dan Xiaomi.

1. Xiaomi 12

Xiaomi 12 memiliki RAM 8 GB dengan kapasitas penyimpanan 256 GB, sistem operasi MIUI 13 berbasis Android 12, serta teknologi audio dengan speaker ganda. Kebutuhan daya ponsel ini ditopang oleh baterai 4500 mAh. Kamera selfienya memiliki resolusi 32 MP dan memiliki keunggulan foto di malam hari.

2. Realme GT 2 Pro

Kamera selfie pada ponsel ini memiliki resolusi 32 MP. Pada panel belakang terdapat triple kamera dengan konfigurasi kamera wide 50 MP, kamera ultrawide 50 MP, serta kamera mikroskop 3 MP. Kinerja ponsel ini didukung oleh baterai berkapasitas 5000 mAh yang telah mendukung kecepatan pengisian daya 65W.

3. Samsung Galaxy S22 5G

Samsung Galaxy S22 memiliki keunggulan pada tampilan layar, prosesor serta kameranya. Telah dibekali RAM sebesar 8 GB dan pilihan memori internalnya adalah 128 GB dan 256 GB. Samsung Galaxy S22 juga dibekali baterai berkapasitas 3700 mAh yang mendukung kecepatan pengisian daya 25W.

Samsung Galaxy S22 5G juga mengusung triple kamera dengan konfigurasi kamera utama 50 MP, kamera telefoto 10 MP, dan kamera ultrawide 12 MP. Selain itu, ponsel ini juga memiliki kamera selfie yang beresolusi 10 MP. Samsung Galaxy S22 5G dibekali dengan layar Dynamic AMOLED 2X.

4. Xiaomi 12 Pro

Xiaomi 12 Pro hadir dengan Snapdragon 8 Gen 1 yang memiliki keunggulan di antaranya memori RAM besar, tampilan layar tajam, serta keunggulan pada spesifikasi kamera. Memiliki konfigurasi triple kamera yang ketiganya memiliki resolusi 50 MP baik untuk kamera wide, ultrawide ataupun telefotonya.

Xiaomi 12 Pro memiliki pilihan RAM sebesar 12 GB/256 GB. Selain itu, ponsel ini juga memiliki baterai 120W yang didukung teknologi Xiaomi HyperCharge yang diklaim dapat mengisi daya baterai hingga penuh hanya dalam waktu 18 menit menggunakan mode boost.

5. Samsung Galaxy S22+ 5G

Sama seperti ponsel Snapdragon 8 Gen 1 lainnya, Samsung Galaxy S22+ 5G juga memiliki triple kamera yang terdiri dari kamera wide dengan resolusi 50 MP, kamera telefoto beresolusi 10 MP, serta kamera ultrawide dengan resolusi 12 MP. Untuk kamera selfienya memiliki resolusi sebesar 10 MP.

Samsung Galaxy S22+ 5G hadir di Indonesia dengan dua pilihan RAM yaitu 8 GB/128 GB dan 8 GB/256 GB. Selain itu ponsel ini juga dibekali dengan kapasitas baterai sebesar 4500 mAh dengan kecepatan mengisi dayanya sebesar 45W.

Penutup

Sebagai chip keluaran terbaru Snapdragon 8 Gen 1 menawarkan beragam keunggulan yang dapat membantu meningkatkan kinerja ponsel kamu. Mulai dari kualitas kamera yang meningkat, pengisian daya yang lebih cepat dan lebih hemat, konektivitas yang lebih baik hingga beragam fitur lainnya.