Gadget, iOS  

Kecanggihan Fitur IOS 15.4 Terbaru yang Perlu Kamu Ketahui

Apple telah resmi merilis iPhone dan iPad terbaru yang menggunakan sistem operasi iOS 15.4. Berbagai informasi mengenai keunggulan Fitur IOS 15.4 dapat kamu ketahui pada artikel berikut ini.

ios-15-4-dijadwalkan-rilis-minggu-depan-
Sumber gambar: www.tek.id

Beragam fitur baru terdapat pada sistem iOS 15.4 yang baru rilis pada 14 Maret lalu. Perbandingan dengan iOS sebelumnya memiliki pembaruan yang cukup besar. Di antaranya adalah kemampuan pada Fitur IOS 15.4 yakni face id yang dapat mengenali wajah meskipun memakai masker.

Daftar update penting lainnya di operasi iOS 15.4 berupa suara baru Siri, peningkatan kemampuan live text, otentifikasi baru Apple Pay, serta emoji baru. Lalu berupa simpan password di Keychain, peningkatan pada Air Tag, dan perintah SOS darurat. Bagaimana fitur detailnya? yuk simak informasi sebagaimana berikut.

Berbagai Fitur IOS 15.4 yang Canggih

Fitur canggih iOS 15.4 sendiri hadir sebagai sistem operasi bawaan yang ada pada iPhone SE, iPhone 13, dan iPhone 13 Pro. Menariknya, pengguna iPhone yang mendukung bisa melakukan upgrade ke iOS 15.4, dengan cara update software. Berbagai tipe iOS 15.4 iPhone yang didukung sebagai berikut:

  • iPhone 6S & 6S Plus
  • iPhone SE (Generasi kesatu dan kedua)
  • iPhone 7 & 7 Plus
  • iPhone 8 & 8 Plus
  • iPhone X
  • iPhone Xs & Xs Max
  • iPhone Xr
  • iPhone 11, 11 Pro, & 11 Pro Max
  • iPhone 12, 12 mini, 12 Pro, & 12 Pro Max
  • iPhone 13, 13 mini, 13 Pro, & 13 Pro Max

Dengan rilisnya iOS 15.4 sudah tentu menjadikan pemakaian iPhone semakin canggih dan mudah. Apalagi dengan didukungnya berbagai fitur menarik yang semakin memanjakan pengguna iPhone. Maka berikut ini adalah berbagai fitur unggul yang terdapat pada iOS 15.4.

1. Pengenal Face Id

Pengenalan face id pengguna pada sistem iOS 15.4 ini bisa dilakukan meskipun pengguna memakai masker. Aksesnya dapat diperoleh dengan melakukan pengaturan menu “Face ID & Passcode.” Dengan demikian, saat pengguna mengenakan masker tidak perlu membukanya untuk mendeteksi wajah.

Setelah fitur ini aktif, maka perangkat iPhone akan mengenali wajah pengguna dan kunci layar pun akan terbuka.Jelas ini menjadikan akses pribadi membuka layar menjadi sangat mudah tapi tetap aman. Info seputar sistem pengenalan Face Id adalah sebagai berikut:

  • Fitur face id iOS 15.4 bisa mendeteksi siapa penggunanya melalui pengenalan mata.
  • Fitur Face Mask Id ini bisa diakses oleh pengguna iPhone 12 dan iPhone 13.

2. Asisten Virtual Siri

Apple juga turut berinovasi lewat Fitur IOS 15.4 dengan opsi suara baru untuk Siri. Pengguna iPhone pun dapat mengubah opsi suara Siri menjadi suara yang lebih netral gender. Opsi suara ini salah satunya menggunakan akses khas Amerika yang tersedia pada “Voice 5” yang bisa kamu atur sebagai berikut:

  • Akses menu settings
  • Klik opsi Siri & Search
  • Klik opsi voice yang kamu inginkan, misal klik “Voice 5”

3. Peningkatan Kemampuan Live Text

Fitur live text iOS 15.4 merupakan inovasi Apple yang menggunakan teknologi kecerdasan buatan melalui tangkapan kamera. Fitur ini bekerja dengan cara mengambil tes yang ada dalam foto yang ditangkap kamera. Kamu pun bisa mengoperasikan fitur live text dengan cara berikut:

  • Masuk aplikasi “Notes and Reminder”
  • Klik ikon kamera dan foto objek yang ingin kamu baca teksnya.
  • Teks pada foto bisa kamu salin atau terjemahkan.

4. Otentifikasi Apple Pay

Jika sebelumnya otentifikasi Apple Pay bisa diakses dengan menekan tombol power sebanyak 2 kali. Kini pada Fitur IOS 15.4 dapat menampilkan opsi konfirmasi Apple Pay dengan Face Id ataupun verifikasi password. Selain itu terdapat fitur Tap to Pay untuk menerima opsi pembayaran secara tidak langsung.

5. Emoji Baru

Sudah menjadi ciri khas dari IOS yang selalu menggelontorkan deretan emoji baru setiap kali ada pembaruan. Pada iOS 15.4 ini terdapat 37 emoji baru seperti wajah meleleh, pria buncit, gestur hati dengan tangan, bola disko, kacang, troll, dan lain sebagainya.

6. Simpan Password di Keychain

Fitur penyimpanan password di Keychain merupakan fitur yang dapat mengisi informasi pribadi secara otomatis. Dengan begitu, pengguna iPhone bisa dengan mudah mengakses password tanpa khawatir kelupaan dan yang terpenting tetap terjamin keamanannya. Aksesnya bisa kamu lakukan seperti berikut:

  • Akses menu “Settings”.
  • “Klik opsi “Password”, pada bagian ini kamu bisa mengisi password yang bisa diisi sistem saat diperlukan.

7. Peningkatan Air Tag

Apple dalam meningkatkan keamanan para penggunanya terus berupaya memberikan pelayanan terbaik. Pada Fitur IOS 15.4 kini menampilkan notifikasi pemberitahuan ketika pengguna akan memakai fitur Air Tag. Fitur notifikasi ini memiliki fungsi sebagai berikut:

  • Mengingatkan pengguna pada bentuk kejahatan yang mungkin terjadi.
  • Fitur Air Tag dapat mendeteksi pergerakan orang lain.

8. Perintah SOS Darurat

Fitur lain yang menjadi bentuk penawaran dari IOS 15.4 adalah memudahkan pengguna dalam melakukan panggilan darurat. Dengan begitu, pengguna iPhone lebih terjamin keamanannya dalam menggunakan ponsel yang memang tak terpisahkan dari penggunanya. Berikut info perihal SOS Darurat:

  • Pengguna bisa mengakses perintah darurat lewat menu “Settings”
  • Pilih opsi “Emergency SOS Prompt”.
  • Pilih beberapa daftar orang yang bisa dihubungi saat fitur darurat digunakan.

Fokus Layanan IOS 15.4

Dengan berbagai keunggulan dari berbagai fitur canggih yang sudah dijelaskan di atas, sudah menunjukkan secara jelas bahwasanya Apple memang memanjakan penggunanya. Sebab dalam perjalanan memberikan layanan teknologi, Aplle selalu memperhatikan berbagai hal penting berikut:

1. Peningkatan Audio dan Video

Peningkatan audio dan video selalu menjadi prioritas layanan Apple setiap kali meluncurkan produk terbarunya. Peningkatan audio dan video kini hadir ke FaceTime yang juga termasuk di dalamnya audio spasial dan mode potret yang tentu semakin canggih.

2. Peningkatan Layanan Keamanan

Apple lewat produk IOS 15.4 terbarunya fokus membantu kamu dalam mengurangi gangguan dengan cara memfilter pemberitahuan berdasarkan aktivitas yang sedang dilakukan saat ini. Pemberitahuannya pun telah didesain menjadi lebih ringkas yang bisa diakses kapanpun dibutuhkan.

3. Kecerdasan Buatan yang Transparan

Meskipun memberikan layanan canggih lewat fitur kecerdasan buatan. Apple tetap menyediakan kontrol privasi baru seperti di Siri dan Mail yang menunjukkan transparasi kepada pengguna dalam mengontrol data pribadi. Sehingga, fungsi keamanan pengguna tetap menjadi layanan utama.

Penutup

Sistem canggih yang telah disediakan tersebut sudah tentu menjadikan Apple menjadi brand internasional yang menguasai teknologi termutakhir. Berbagai pembaruan yang dilakukan secara cepat dan tepat tentu akan memberikan kemajuan teknologi yang baik dan unggul utamanya bagi pengguna.

Itulah berbagai Fitur IOS 15.4 yang pasti membuat iPhone semakin canggih dengan berbagai inovasi yang telah diluncurkannya. Dengan demikian pengguna iPhone semakin dimanjakan dengan fitur canggih yang tentu mempermudah pengguna dalam melakukan berbagai aktivitas.