Jenis-jenis Mobil Listrik yang Bisa Ditemukan di Pasaran

Mobil listrik ini merupakan inovasi terbaru dan lebih hemat untuk menggantikan mobil konvesional yang masih memakai bahan bakar

Jenis-jenis Mobil Listrik yang Bisa Ditemukan di Pasaran

Inovasi mobil bertenaga listrik sudah dimulai sejak zaman dahulu, lebih tepatnya sejak tahun 1880-an. Tapi mobil listrik zaman dulu memang masih belum semaju sekarang serta fasilitas yang ditawarkan pun masih terbatas. Serta produksi mobilnya juga masih belum semasif sekarang.

Mobil listrik diproduksi tidak hanya satu jenis, tapi ada 4 jenis yang telah diproduksi serta siap digunakan. Bagi yang ingin membeli mobil listrik, ada baiknya mengetahui jenis mobil listrik sebagai pertimbangan. Hal ini juga akan membantu kamu memilih sesuai dengan kebutuhanmu.

Jenis-jenis Mobil Listrik

Jenis-jenis Mobil Listrik yang Bisa Ditemukan di Pasaran

Mobil listrik ini merupakan inovasi terbaru dan lebih hemat untuk menggantikan mobil konvesional yang masih memakai bahan bakar. Berikut adalah beberapa jenis mobil listrik yang sudah mulai diproduksi:

1. Battery Electric Vehicle

Jenis mobil listrik pertama yaitu Battery Electric Vehicle (BEV). Jenis mobil listrik ini tidak memakai sama sekali bahan bakar. Bahkan penggeraknya sangat bergantung pada baterai lithium-ion. Energi mobil dapat diisi ulang kembali menggunakan aliran listrik.

Pengisian daya dapat diisi pada beberapa stasiun ataupun membangun sistem isi ulang di rumah sendiri. Selain itu mobil listrik BEV memiliki harga yang sangat mahal. Karena mobil ini hanya menggunakan baterai sangat wajar jika harganya sangatlah mahal.

Karena 2/3 harga mobil listrik BEV merupakan harga baterai yang dipakai buat daya mobil. Mobil listrik BEV memiliki beragam kelebihan, salah satunya yaitu ramah lingkungan. Mobil ini juga lebih hemat energi dibandingkan mobil yang masih memakai bahan bakar.

2. Hybrid Electric Vehicle

Hybrid Electric Vehicle (HEV) merupakan salah satu jenis mobil listrik yang digerakkan dengan dual sistem. Sehingga mobil listrik ini menggunakan kolaborasi bahan bakar dan motor listrik. Lain halnya dengan BEV, jenis mobil ini tidak membutuhkan stasiun pengisi ulang ataupun isi ulang listrik.

Karena saat daya baterai habis dapat diisi kembali menggunakan energi yang didapat dari bahan bakar. Energi yang digunakan buat jenis mobil ini terbilang efisien serta hemat karena memiliki dua sumber energi. Energi yang dipakai untuk mobilitas (bergerak) lebih banyak memakai bahan bakar.

3. Plug-in Hybrid Electric Vehicle

Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) merupakan salah satu jenis mobil listrik. Jenis mobil listrik ini memakai perpaduan energi bahan bakar serta baterai motor listrik. Berdasarkan energi yang digunakan memang mobil jenis ini mirip HEV, namun ada suatu komponen yang membedakannya.

Perihal baterai mobil jenis PHEV dapat diisi dengan bahan bakar mobil, tapi baterai mobil PHEV juga dapat diisi dengan cara di-charge seperti mobil BEV. Sistem energi mobil jenis PHEV memungkinkan timbulnya proses konektor sumber listrik

Sumber energi pada mobil PHEV dapat berfungsi seperti genset yang dapat mengaliri listrik ke dalam rumah. Hal ini sangat bermanfaat bagi mobil jenis ini ketika keadaan darurat. Cara pengisian energi mobil ini tentu saja membuatnya tergolong mobil yang efisien.

4. Fuel cell electric vehicle

Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV) merupakan salah satu mobil listrik yang tidak menggunakan bahan bakar sama sekali. Tapi mobil ini juga tidak menggunakan baterai, namun mendapatkan energi dari hidrogen, sumber energi inilah yang disebut sebagai cell.

Cell merupakan reaksi kimia antara hidrogen serta oksigen yang menghasilkan energi listrik. Energi ini cukuplah besar dan membuat mobil bergerak, mobil FCEV merupakan jenis mobil listrik terbaru. Masih belum banyak merek mobil menggunakan sumber energi ini.

5 Mobil yang Siap Hadir di Indonesia 2022

Tahun 2022 akan menjadi tahun paling ditunggu-tunggu pencinta otomotif terutama mobil. Pada November (GIIAS) GAIKINDO Indonesia International Auto Show memberikan pertanda positif pada pencinta otomotif.

Bahkan para (APM) agen pemegang merek berlomba-lomba menyiapkan mobil listrik atau electric vehicle (EV) terbaru dengan beragam teknologinya. Berikut beberapa mobil listrik yang sedang siap untuk diluncurkan di Indonesia pada 2022.

1. Hyundai Ioniq 5

Mobil Ioniq 5 memakai platform Hyundai Electric Global Modular Platform yang hadir dan menawarkan dua pilihan versi yaitu AWD serta 2WD. Versi 2WD memakai sumber energi motor listrik tunggal yang terletak di belakang. Motor listrik ini bisa menghasilkan 216 PS serta torsi maksimal 350 Nm.

Sedangkan versi AWD memiliki motor listrik dengan tenaga 209 PS serta torsi maksimal 350 Nm di bagian belakangnya. Sedangkan ada satu lagi motor listrik di depan bertenaga 96 PS serta torsi maksimum 255 Nm, jadi total outputnya berada di antara 304 PS hingga 605 Nm.

2. Wuling Mini EV

Salah satu mobil listrik terbaru yang berhasil menggemparkan ketika GIIAS 2021 adalah Wuling Mini EV. Wuling Motors resmi mendatangkan mobil listrik di Indonesia. Mobil ini memiliki ukuran yang kecil dengan lebar 1.493 mm, panjang 2.917 mm, tinggi 1.621 mm, serta wheelbase 1.940 mm.

Ukuran mobil ini mirip seperti Smart Fortwo, namun dapat memuat empat penumpang. Mobil Wuling ini dilengkapi satu motor elektrik serta magnet kecil yang dapat menggerakkan roda bagian belakang. Wuling juga bisa menghasilkan tenaga hingga 20 kW ataupun 27 dk serta torsi maksimal 85 Nm.

3. The All-New Nissan Leaf

The All-New Nissan Leaf ini dilengkapi baterai lithium-ion sebesar 40 kWh sehingga mobil listrik ini bisa menempuh jarak hingga 311 km. Jarak ini bisa ditempuh dalam sekali pengisian energi. All New Nissan Leaf juga dapat melaju dengan kecepatan mulai dari dari 0–100 km/jam dalam hitungan 7,9 detik.

Mobil listrik Nissan ini juga dapat melaju dengan kecepatan maksimal hingga 155 km/jam. The All-New Nissan Leaf juga mempunyai tenaga maksimum sampai 110 kW atau sama dengan 150 PS serta torsi maksimal hingga 320 Nm.

4. MG ZS EV

MG ZS EV merupakan mobil listrik yang dapat menempuh sampai 380 km saat daya baterai dalam kondisi penuh sebesar 50,3 kWh. Mobil listrik ini juga sudah teruji dan bersertifikasi IP67 karena tahan air serta debu. Mobil listrik MG ZS EV menggunakan motor listrik Permanent Magnet Synchronous.

Motor ini bisa menghasilkan tenaga hingga 115 kW ataupun sama dengan 156 PS. MG ZS EV juga dapat melaju hingga 100 km per jam cuma delapan detik saja. Mobil ini juga memiliki lampu belakang LED electric pulse serta lampu depan projector menggunakan LED Daytime Running Lights.

5. Lexus ES 300h

Lexus Hybrid Drive merupakan mobil listrik keempat, mobil Lexus ES 300h ini dilengkapi mesin berkode A25A-FXS serta berkapasitas 2.5L hybrid In-line dengan 4 Silinder. Mobil listrik ini memiliki output 215 Hp serta torsi 202 Nm, mobil ini dapat melaju hingga 100 km/jam hanya dalam waktu 8,9 detik.

Mobil listrik terbaru Lexus ini dijual dengan harga yang lumayan mahal yaitu Rp1,217 miliar. Mobil Lexus ES merupakan salah satu dedicated hybrid only di Indonesia dan memakai Lexus Hybrid Drive versi keempat. Mobil listrik mempunyai baterai yang lebih kecil serta berada di kursi belakang.

Penutup

Beragam mobil listrik ini sedang gencar ditawarkan untuk menggantikan kendaraan konvensional dengan bahan bakar bensin. Tapi semua ini kembali lagi kepada kamu untuk memilih mobil listrik mana yang sesuai kebutuhan.