Jangan Panik! Ini Cara Mematikan Laptop yang Error

Cara mematikan laptop yang error berguna saat Anda menghadapi situasi error pada laptop. Cara ini akan membuat Anda lebih tenang dan tidak panik.

Jangan Panik! Ini Cara Mematikan Laptop Yang Error

Cara mematikan laptop yang eror bisa dilakukan dengan beberapa langkah sederhana. Anda dapat menggunakan keyboard atau hanya mengandalkan kursor. Satu-satunya hal yang perlu diingat adalah Anda jangan mematikan laptop secara paksa dan ekstrim.

Karena hal tersebut hanya akan memperburuk kerusakan. Tentunya jika tiba-tiba mengalami error pada laptop Anda, Anda tidak perlu panik. Penyebab eror laptop bisa oleh beberapa faktor, maka, Anda perlu mengetahui cara mematikan laptop yang mengalami eror dengan benar.

Cara Mematikan Laptop yang Error Dengan Benar

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk cara mematikan komputer laptop yang error dengan menggunakan keyboard atau kursor. Berikut cara mematikan laptop eror dikutip dari berbagai sumber yang menyajikan informasi ini:

1. Menggunakan kombinasi tombol pada keyboard

Cara mudah pertama untuk melakukannya adalah dengan menekan tombol Window dan tombol U dua kali. Untuk menonaktifkan laptop Anda yang eror, Anda cukup tekan tombol Windows + U + U dan laptop Anda akan mati secara otomatis.

2. Kombinasi tombol kedua ALT+F4

Cara mematikan laptop yang eror bisa menggunakan tombol ALT dan F4. Tekan ALT + F4 untuk mendapatkan opsi untuk mematikan laptop Anda. Pilih Shutdown untuk segera mematikan laptop atau komputer Anda.

3. Kombinasi tombol lain menggunakan ctrl+alt+del

Anda juga bisa menggunakan kombinasi tombol CTRL+ALT+DEL. Tekan ketiga tombol ini secara bersamaan hingga Anda melihat logo off atau shutdown pada layar laptop. Kemudian klik logo shutdown dan laptop atau komputer anda akan langsung mati.

4. Menggunakan tombol Windows

Metode ini tidak mengharuskan Anda untuk menekan beberapa kombinasi tombol. Akan tetapi, cara ini hanya bisa dijalankan di laptop atau komputer yang menjalankan Windows 7 dan Windows XP.

Caranya adalah dengan menekan tombol jendela di baris paling bawah keyboard Anda. Kemudian gunakan tombol panah di kanan bawah keyboard Anda untuk mengetuk panah atas, lalu ketuk panah kanan, lalu tekan Enter jika Anda sudah melihat tombol matikan.

5. Menggunakan kursor atau mouse

Cara ini adalah cara mudah yang banyak digunakan orang untuk mematikan laptop atau komputernya. Caranya adalah dengan mengarahkan kursor ke tombol jendela, klik power, pilih shutdown, tunggu sistem boot, dan laptop atau komputer akan mati secara otomatis.

6. Memanfaatkan tombol power pada laptop

Jika laptop atau komputer Anda berada dalam kondisi serius, dan cara mematikan menggunakan keyboard seperti di atas tidak bisa dilakukan. Anda bisa mematikan laptop dengan menggunakan tombol power tidak tersedia.

Anda bisa menggunakan cara ini dengan menekan dan menahan tombol power beberapa saat untuk mematikan laptop secara otomatis. Namun, cara ini tidak disarankan jika laptop Anda dalam kondisi baik.

7. Melepas baterai laptop

Cara nonaktifkan laptop yang error kali ini adalah cara yang cukup ekstrim, jika laptop Anda bermasalah dan sulit untuk mematikannya, langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah melepas baterai. Cara ini masih aman jika tidak terlalu sering dilakukan.

Sebenarnya, cara ini sama persis seperti jika ponsel Anda mengalami kesalahan dan Anda melepas lalu mengganti baterai. Namun cara ini sebaiknya dilakukan jika semua cara diatas tidak berhasil, maka cara yang terakhir adalah dengan melepas baterai laptop.

Cara Mematikan Laptop Secara Paksa

Menekan menu Windows lalu klik Shutdown adalah cara mematikan laptop dengan benar. Tapi dalam kondisi error itu tidak bisa dilakukan. Jadi satu-satunya cara untuk mematikan laptop adalah dengan memaksanya.

Coba tekan dan tahan tombol daya selama 15 detik. Jika dia mati, itu berarti sukses. Di sisi lain, jika rusak, segera keluarkan baterai. Cara ini sangat efektif, namun dilarang untuk dijadikan kebiasaan. Berikut cara nonaktifkan laptop secara paksa :

1. Copot drivernya

Fungsionalitas driver di komputer sangat penting. Salah satunya adalah dukungan kinerja. Namun, jika salah satu driver tidak cocok dan ternyata membuat laptop Anda tidak bisa dimatikan, berarti Anda harus menghapus atau mencopot instalasinya dari laptop Anda.

Jika Anda sangat membutuhkan driver jenis ini, carilah driver lain yang sesuai dengan versi sistem operasi laptop Anda. Jika Sudah dicopot, tapi tetap tidak bisa dimatikan. Anda bisa melakukan cara mematikan laptop yang error yang ekstrem dengan mencabut baterai.

2. Instal ulang Windows

Jika masalah laptop muncul kembali, coba instal ulang sistem operasi untuk menyelesaikan masalah. Anda dapat memilih Windows 7 atau 8 agar Anda juga bisa menggunakan cara nonaktifkan laptop di windows 7 atau windows 8.

Menginstal ulang sistem operasi biasanya menyelesaikan semua masalah. Karena memperbarui perangkat lunak sama saja dengan memperbaharui laptop Anda seolah-olah bekerja dengan tenaga baru lagi.

3. Ganti perangkat yang bermasalah

Cara mematikan laptop yang error yang terakhir untuk memperbaiki komputer atau laptop yang tidak bisa dimatikan adalah dengan mengganti hardware yang bermasalah. Jika prosesor, memori, atau hard drive rusak, itu sebenarnya dapat menjadi faktor penyebabnya.

Selain itu, jika Anda ingin mengganti hardware yang rusak, ada baiknya Anda menggantinya dengan membawa ke tempat servis resmi. Hal tersebut guna menghindari kerusakan pada laptop Anda lebih para.

Cara Mematikan Laptop yang Sedang Hang

Software komputer sering bermasalah ketika mesin berjalan terlalu lama atau terlalu panas. Software berhenti merespon atau tidak merespon, situasi tersebut biasanya disebut dengan istilah hang.

Hang biasanya ditunjukkan dengan layar kosong karena komputer tidak merespons atau program macet. Beberapa komputer akan mati secara otomatis jika suhu mesin terlalu tinggi. Berikut cara mematikan laptop yang eror atau hang:

1. Tutup program yang bermasalah

Anda dapat mengatasi eror dengan menutup program yang bermasalah. Anda dapat menutup program dengan menekan tombol pintas Alt + F4. Jika masih dapat menggerakkan mouse, Anda dapat menutup program menggunakan garis bidik di sudut kanan atas jendela.

2. Buka task manager lalu end task

Jika langkah pertama tidak berhasil, Anda juga dapat membuka task manager. Anda mungkin tidak dapat menutup program yang berhenti bekerja dengan mouse atau tombol pintas alt f4. Untuk menutup paksa, tekan Ctrl + Shift + Esc.

3. Cara mematikan laptop dengan tekan Ctrl + Alt + Del

Jika program bermasalah, Anda mungkin perlu menekan CTRL + ALT + DEL untuk logout atau restart PC/laptop. Setelah itu, opsi akan ditampilkan, buka Task Manager, logout, restart dan matikan. Cukup pilih Shutdown/Restart sehingga program akan berhenti.

Jika laptop error dan tidak bisa dimatikan, Anda tidak perlu panik, kepanikan akan membuat salah dalam bertindak dan menyebabkan kerusakan yang lebih parah. Masih ada cara nonaktifkan laptop tanpa shutdown. Tetap tenang dan ikuti petunjuk yang telah tersedia di atas.

Penutup

Cara mematikan laptop yang eror sangat mudah jika Anda tidak panik menghadapi laptop yang bermasalah, ada banyak caranya. Semua cara di atas bisa Anda coba dan terapkan sesuai dengan kebutuhan Anda. Baca juga 10 Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Error dan Tidak Berfungsi