Apple  

iPhone SE 3 Dijual Resmi Di Indonesia, Berikut Harga dan Spesifikasinya

Di jantung iPhone SE 3 terdapat chip A15 Bionic super bertenaga yang juga digunakan di iPhone 13 dan kekuatan baterai yang tahan lama.

Foto : https://www.trustedreviews.com/reviews/iphone-se-2022

iPhone SE 3 bisa juga disebut iPhone generasi ketiga resmi dirilis perusahaan raksasa Apple pada tanggal 8 Maret 2022. iPhone versi murah terbaru ini hadir dengan desain yang hampir sama dengan pendahulunya yaitu iPhone SE 2020 dan iPhone 8.

Penjualan resmi iPhone SE 3 di Indonesia dibuka Jum’at 17 Juni 2022 dan sudah bisa dipesan atau dibeli di situs distributor resmi Apple seperti iBox, Eraspace, dan Digimap. Selain itu ponsel murah Apple ini juga bisa dibeli melalui toko offline di iBox dan Digimap.

Berapakah Harga iPhone SE 3?

Di pasar Indonesia, iPhone ini dibandrol dengan harga yang beragam tergantung kapasitas penyimpanannya dari 64 GB hingga 256 GB. Sedangkan untuk warna, tersedia warna midnight, starlight dan merah. Berikut rincian daftar harga iPhone SE 3 :

  • Kapasitas 64 GB : Rp 7.999.000
  • Kapasitas 128 GB : Rp 9.499.000
  • Kapasitas 256 GB : Rp 10.000.000

Bagaimana Spesifikasi iPhone SE 3 ?

Foto : https://www.trustedreviews.com/news/iphone-se-3-specs-and-production-details-leak-4192785

Spesifikasi iPhone SE 3 yang rilis di Indonesia diotaki chipset A15 Bionic super bertenaga yang juga digunakan di iPhone 13, baterai yang lebih tahan lama, konektivitas 5G, dan dirancang tahan banting dengan material kaca yang tangguh di bagian depan dan belakang.

Jaringan / Network

iPhone SE 3 mendukung jaringan GSM/EDGE (850, 900, 1800, 1900 MHz), FDD-LTE, TD-LTE, UMTS/HSPA+DC-HSDPA (850, 900, 1700/2100, 1900, 2100 MHz), GSM/EDGE (850, 900, 1800, 1900 MHz), dan 5G NR.

Layar / display

Layar iPhone SE 3 diapit oleh bezel yang cukup tebal di bagian atas dan bawahnya. Pada bezel bagian bawah terdapat Touch ID dengan tombol home ikonik yang diintegrasikan dengan fitur pemindai sidik jari khas Apple.

Untuk spesifikasi layarnya menggunakan layar Retina HD lebar LCD Multi-Touch 4,7 inci (diagonal) dengan teknologi IPS. Resolusi 1334 x 750 piksel pada 326 ppi, kecerahan maks 625 nit (umum) dan lapisan oleophobic anti sidik jari.

Chip

Chip A15 Bionic, CPU 6-core dengan 2 core performa dan 4 core efisiensi, GPU 4-core, dan Neural Engine 16-core. Hampir semua yang anda kerjakan menjadi lebih cepat berkat chip ini, Chip A15 Bionic sangat handal memuat aplikasi dalam sekejap.

Sistem Operasi

iOS merupakan sistem operasi selular yang dilengkapi fitur andal dan dirancang untuk melindungi privasi anda dan diklaim paling personal dan paling aman di dunia. Apple Saat ini telah merilis sistem operasi terbaru dengan nama iOS 15.

Fitur baru iOS 15 hadir untuk membantu Anda menjelajahi dunia, terhubung dengan orang lain, tetap fokus, dan menggunakan kecerdasan canggih untuk melakukan lebih banyak hal dengan iPhone.

Kamera

Pada sektor kamera utama dilengkapi kamera belakang beresolusi 12 MP dan kamera depan 7MP. Memanfaatkan kemampuan prosesornya, ponsel ini dilengkapi fitur perekaman video 4K, Smart HDR 4, Deep Fusion, dan mode Portrait dari seri iPhone 13.

Fitur kamera Smart HDR 4 menjadikan setiap bagian dari gambar, wajah, tempat, semuanya terlihat menawan. Photographic Styles untuk mengaplikasikan berbagai filter ciamik. Deep Fusion untuk meningkatkan kualitas gambar/foto dengan mengatur noisenya.

Fitur kamera yang lainnya antara lain, mode Potret dengan bokeh yang disempurnakan dan Depth Control, zoom digital hingga 5 kali, panorama (hingga 63 MP), serta format gambar yang diambil adalah HEIF dan JPEG.

Perekaman Video

Beberapa fitur diantaranya perekaman video 4K, video HD resolusi 720p dan 1080p, mengambil foto 8 MP sambil merekam video 4K, zoom digital hingga 3x, dukungan video slo-mo untuk 1080p, dan format video yang direkam adalah HEVC dan H.264.

Panggilan Audio

Fitur panggilan audio diantaranya, panggilan Audio FaceTime, VoLTE, audio spasial, mode mikrofon isolasi suara dan spektrum luas. Fitur lainnya dapat membagikan pengalaman seperti film, TV, musik, dan aplikasi lain melalui panggilan FaceTime.

Konektifitas 5G

Dengan konektivitas 5G, membuat segalanya cepat dan lancer, mulai dari panggilan FaceTime HD, bermain game multi player dan berbagi video. Saat Anda tidak memerlukan kecepatan semacam itu lagi, iPhone SE 3 dapat beralih ke mode Data Pintar untuk menghemat daya baterai.

Baterai

Chip yang sangat efisien, baterai yang canggih, dan iOS 15 bekerjasama untuk meningkatkan kekuatan baterai. Ketika Anda perlu mengisi daya, cukup letakkan iPhone SE 3 di pengisi daya nirkabel, atau hubungkan adaptor untuk mengisi daya dari 0 hingga 50% dalam waktu 30 menit.

Baterai bawaannya adalah lithium-ion 2018 mAh yang dapat diisi ulang dengan adaptor 20 W atau lebih tinggi (dijual terpisah). Kapasitas baterai dapat memutar video hingga 15 jam, video streaming hingga 10 jam, dan memutar audio hingga 50 jam.

Ketahanan Air dan Debu

Fitur lainnya adalah ketahanan air dan debu dengan level IP67 (kedalaman maksimum 1 meter hingga selama 1 menit). iPhone SE 3 tahan dari berbagai jenis tumpahan umum seperti air, soda, kopi, teh, dan jus.

Touch ID

Dari segi keamanan, ponsel ini menggunakan autentikasi keamanan Touch ID, sensor sidik jari yang terpasang di tombol Home. Touch ID merupakan cara mudah, cepat, dan aman untuk membuka kunci ponsel dan masuk ke aplikasi.

Apa Saja Keunggulan iPhone SE 3?

iPhone SE 3 Dijual Resmi Di Indonesia, Berikut Harga dan Spesifikasinya
Foto : https://www.trustedreviews.com/news/apple-reportedly-testing-out-iphone-se-3-in-india-4206538

Kendati dari segi desain tak dapat berbicara banyak, namun sebenarnya Apple telah membekali ponsel ini beberapa fitur andalan yang dapat menjadi pertimbangan anda untuk memilikinya. Fitur apa sajakah yang menjadi keunggulan iPhone SE 3 ini ? simak uraian berikut ini.

1. Chipset A15 Bionic

Untuk menopang kinerjanya, Apple membekali ponsel ini dengan chipset terbaru yang dipakai juga pada seri iPhone 13 yaitu A15 Bionic. Dengan menggunakan chipset ini, Apple sengaja merancang iPhone ini sebagai ponsel murah dengan performa yang dapat diandalkan.

2. Konektifitas Jaringan 5G

Pemakaian chipset A15 Bionic berimbas besar pada peningkatan fitur pada iPhone SE 3 dibandingkan pendahulunya. Salah satu peningkatan fitur tersebut dapat dilihat di sektor konektifitas jaringan seluler 5G yang tidak terdapat pada seri iPhone SE 2.

3. Fitur Smart HDR 4 dan Deep Fusion

Pada sektor kamera utama, Apple membekali iPhone SE 3 dengan fitur Smart HDR 4 dan Deep Fusion. Dengan dua fitur ini dapat menghasilkan gambar dengan warna lebih tajam, tekstur lebih halus dan detail walaupun dalam kondisi minim pencahayaan.

5. Baterai Lebih Tahan Lama

Pada sektor daya, baterai yang digunakan lebih tahan lama dibandingkan iPhone SE 2020. Klaim dari Apple, baterai iPhone ini sanggup memutar video hingga 15 jam dari kondisi daya penuh sampai kosong. Baterai ini pun telah didukung teknologi pengisian daya cepat 20 W.

Kesimpulan

Seri iPhone SE 3 ini memang tidak memberikan peningkatan pada segi desain, tetapi Apple membuat inovasinya pada sektor prosesor, kamera, dan konektifitas jaringan 5G. Dengan bandrol di bawah 10 juta, tentu ponsel ini menjadi ponsel murah Apple dengan performa yang mumpuni.