Gadget, iOS  

iOS 16 Resmi Rilis, Ini Kelebihan dan Daftar iPhone yang Bisa Diupgrade

iOS 16 resmi rilis, ada banyak fitur baru yang dibawa, ketahui juga tipe iPhone mana yang bisa mendapatkan upgrade.

iOS 16 Resmi Rilis, Ini Kelebihan dan Daftar iPhone yang Bisa Diupgrade

Apple telah resmi mengumumkan iOS 16 terbaru pada 2022 Worldwide Developers Conference (WWDC) yang digelar pada Senin (6/6/2022) pukul 00:00 dini hari WIB. Ada banyak fitur yang bisa ditemukan oleh pengguna iOS terkait sistem terbaru ini.

Pembaruan iOS 16 membawa banyak fitur baru seperti kemampuan untuk mengubah font, menambahkan widget ke layar kunci, dan mengedit serta menghapus pesan yang dikirim di iMessages. iMessages sekarang memiliki hotkey yang ditandai sebagai “telah dibaca”.

Datar Iphone yang Dapat Diperbarui ke iOS 16

iOS 16 Resmi Rilis, Ini Kelebihan dan Daftar iPhone yang Bisa Diupgrade

Tentu saja, hanya iPhone terbaru yang dapat digunakan pada sistem operasi generasi terbaru. Perangkat lama mungkin dapat dikecualikan. Menurut situs resminya, Apple mengkonfirmasi bahwa dukungan iOS 16 hanya akan tersedia di iPhone 8 ke atas.

Dengan kata lain, sistem operasi yang lebih baru ini tidak akan berfungsi pada iPhone dengan chipset Apple A9 dan A10 atau kurang. Dari informasi tersebut terlihat bahwa iPhone 6S, iPhone 6S Plus, iPhone 7 Plus, iPhone SE, iPhone 7, dan iPod Touch generasi ketujuh dipastikan tidak akan bisa diupgrade ke iOS 16.

Sebagai catatan, iOS 16 saat ini sudah tersedia dalam versi developer (developer beta) mulai Selasa (7/6) 2022. Pengguna iPhone dijadwalkan mulai menguji versi beta publik iOS 16 pada Juli 2022. Dirangkum 9to5Mac, berikut ini daftar iPhone yang bisa diupgrade ke iOS 16:

  • HP iPhone 8
  • HP iPhone 8 Plus
  • HP iPhone X
  • HP iphone xr
  • HP iPhone xs
  • HP iPhone Xs Max
  • HP iPhone 11
  • HP iPhone 11 Pro
  • HP iPhone 11 Pro Max
  • HP iPhone 12
  • HP iPhone 12 mini
  • HP iPhone 12 Pro
  • HP iPhone 12 Pro Max
  • HP iPhone 13
  • HP iPhone 13 mini
  • HP iPhone 13 Pro
  • HP iPhone 13 Pro Max
  • HP iPhone SE (generasi ke-2 dan ke-3)

Kelebihan Sistem Operasi iOS 16

iOS 16 Resmi Rilis, Ini Kelebihan dan Daftar iPhone yang Bisa Diupgrade

Beberapa keunggulan yang ditawarkan Apple iOS 16 membuat para pecinta gadget dari seluruh dunia mengalihkan perhatiannya ke iOS terbaru ini. Keunggulan Apple iOS 16 antara lain diperkenalkannya banyak fitur baru, yaitu sebagai berikut:

1. Kunci layar

Untuk layar kunci, Apple telah menambahkan banyak efek baru dengan objek foto yang ditempatkan secara artistik. Tampilan waktu dan tanggal dapat diubah dalam berbagai warna dan pola ekspresif

Layar kunci juga dapat menampilkan widget seperti peringatan, zona waktu, pengingat kalender, cuaca, baterai, dan lainnya. Anda juga dapat menambahkan layar kunci emoji.

Sebuah fitur baru adalah Live Activity yang dapat membantu pengguna mengetahui apa yang sedang terjadi secara real time. Notifikasi juga telah didesain ulang agar dapat digulir dari bawah.

2. Atur iCloud

Pengguna sekarang dapat dengan mudah berbagi dan berkolaborasi melalui iCloud dengan hingga enam pengguna secara bersamaan. Pengguna dapat berbagi foto berdasarkan galeri atau tanggal dengan orang-orang di foto.

Itu dapat dikirim melalui perpustakaan foto bersama. Di mana dalam shared photo library, pengguna dapat menambah, menghapus serta mengedit foto dan video favoritnya. Ini akan lebih menyenangkan dibanding sistem iOS sebelumnya.

4. Email

Fitur terbaru berikutnya di sistem iOS 16 adalah email, di mana pengguna dapat menjadwalkan email terlebih dahulu dan memberi mereka waktu untuk membatalkan pengiriman pesan sebelum mencapai kotak masuk penerima.

Mail juga dapat menentukan apakah pengguna lupa menyertakan bagian penting dari pesan mereka, seperti lampiran. Pengguna juga memiliki opsi untuk membatalkan pesan menggunakan fitur ‘Ingatkan’ untuk mengingatkan pengguna agar membalas email yang belum dijawab.

5. CarPlay

Fitur ini berguna untuk integrasi mendalam dengan perangkat keras kendaraan, karena CarPlay menyediakan konten di layar kendaraan dan memungkinkan pengguna mengontrol radio secara langsung untuk perubahan suhu.

Melalui CarPlay, pengguna juga akan diperlihatkan kecepatan, suhu, level bahan bakar dan lainnya. Sistem iOS 16 ini memang sangat menakjubkan dengan fitur CarPlay yang menjadikan mobil Anda terasa lebih canggih.

6. Live Text

Dirancang dengan fitur perangkat pintar untuk menambahkan teks ke foto dan sekarang diperbarui untuk menambahkan teks ke video. Selain menambahkan teks ke foto dan video, Live Text juga dapat digunakan untuk menerjemahkan teks hingga mengonversi mata uang.

Dengan kecerdasan buatan, menjadikan fitur ini terasa sanggat canggih dan sulit untuk ditemui pada ponsel lainnya. Bagi pengguna iOS 16 mungkin akan sering menggunakan fitur ini karena manfaatnya yang sangat banyak.

7. Pencarian visual (Visual Look Up)

Fitur pencarian visual iOS 16 memungkinkan pengguna untuk mengetuk dan menahan objek gambar untuk menghapusnya dari latar belakang dan menggunakannya di aplikasi lain seperti aplikasi perpesanan. Fitur ini juga telah diperluas sehingga dapat mengenali burung, patung dan serangga.

8. Pesan

Aplikasi perpesanan sekarang menawarkan pengeditan dalam fitur barunya yang memungkinkan pengguna untuk memperbaiki pesan yang salah eja dan membatalkan pengiriman pesan menggunakan fitur Undo Send.

Apple juga telah memperkenalkan tombol SharePlay di Pesan sehingga pengguna dapat mengetik pesan saat menjelajah.

Ada Bug Kesalahan di iOS 16, Apakah Berbahaya Bagi Pengguna iPhone?

iOS 16 Resmi Rilis, Ini Kelebihan dan Daftar iPhone yang Bisa Diupgrade

iOS 16 beta dirilis untuk pengembang pada awal Juni, tetapi setelah memperbarui ke iOS 16, apakah ada bug yang mengganggu iPhone? Apple meluncurkan versi beta developer terbaru iOS 16 pada awal Juni 2022.

Dapat dikatakan bahwa versi beta ini belum sepenuhnya mengimplementasikan fitur-fitur yang disediakan oleh iOS 16, pasti ada bug yang dapat mempengaruhi pengoperasian iPhone itu sendiri. Seperti yang diakui oleh pengguna iPhone, Reza Fahlevi, yang menggunakan iPhone 12 Pro.

Setelah memperbarui ke iOS 16, ada bug yang menurutnya menghabiskan lebih banyak baterai dalam versi beta ini dan suka sedikit lag. Namun, dia juga mengklarifikasi bahwa perubahan signifikan sejak pembaruan iOS 16 ditemukan di layar kunci dengan penambahan fitur widget. Menurutnya, iOS 16 masih bagus.

Fauzan Akmal yang juga menggunakan iPhone 13, yang baru saja memperbarui sistem operasinya ke iOS 16, melihat banyak pengguna iPhone lain yang mengeluhkan bug tersebut. Tapi apa yang Fauzan rasakan di iPhone-nya saat ini, dia tidak merasakan kekurangan yang berarti.

Untuk semua fitur yang disediakan, Fauzan juga lebih memilih iOS 16 daripada versi iOS sebelumnya. Menurutnya di iOS 16 lebih banyak pilihan untuk menyesuaikan tampilan lock screen meski belum banyak, mengingat IOS 16 masih dalam versi beta.

Namun, jika Anda melihat komunitas pengguna iPhone, umumnya tidak ada bug bermasalah seperti itu. Tetapi jika Anda ingin merasa aman dengan mengurangi risiko, lebih baik menunggu beta publik bulan depan.

Penutup

Sistem iOS 16 menjadi topik perbincangan yang menarik bagi peminat gadget. Terlebih para pengguna iPhone benar-benar antusias dengan kehadiran sistem terbaru ini. Diharapkan dengan hadirnya sistem iOS 16 mampu menjawab berbagai permasalahan sebelumnya.