Jangan Salah, Inilah Perbedaan Softcase dan Hardcase Smartphone

Bingung menentukan antara membeli softcase dan hardcase smartphone? Tenang saja, artikel ini akan membahas mengenai perbedaan softcase dan hardcase.

perbedaan softcase dan hardcase
https://urbanidea.id/gadget/perbedaan-hardcase-dan-softcase/

Casing dibuat dengan berbagai macam bahan atau material, seperti plastik, karet, silikon, dan aluminium. Setiap bahan dasar casing menentukan seberapa besar proteksi yang diberikan oleh casing tersebut kepada smartphone kita.

Casing ada banyak jenisnya yang beredar di pasaran. Namun, casing umunya dibedakan menjadi 2, yaitu softcase atau casing lunak dan hardcase.atau casing keras. Lalu apa saja perbedaannya, berikut ini penjelasan singkat.

Perbedaan Softcase dan Hardcase

Berdasarkan penamaannya saja sudah terlintas sejenak mengenai perbedaan softcase dan hardcase. Namun, berikut ini terdapat 4 perbedaan softcase dan hardcase yang sighnifikan, yaitu sebagai berikut. 

  • Material Softcase dan Hardcase

Material atau bahan dasar adalah perbedaan softcase dan hardcase yang paling mendasar. Casing keras biasanya terdiri dari material plastik solid, sedangkan casing lunak sering terbuat dari bahan yang lunak atau  fleksibel, seperti silikon atau termoplastik poliuretan (TPU).

Pada awalnya beberapa pabrikan menggunakan material plastik Acrylonitrile Butadiene Styrene (ABS) dan polikarbonat untuk membuat casing keras. Polikarbonat dikenal tahan terhadap peregangan, suhu tinggi, pembengkokan, dan memiliki transparansi yang baik

Material ABS memiliki intensitas bahan yang lebih rendah dan tidak kuat untuk menahan suhu tinggi, tetapi memiliki fluiditas yang baik, sehingga bahan akan mudah diberi warna dan disemprot. 

Oleh karena itu, casing keras berbahan ABS memungkinkan untuk diproduksi dalam berbagai warna dan desain. Hal itulah yang membuat maraknya desain desain casing yang lucu dan menarik, sehingga membuat masyarakat tertarik membelinya.

  • Kekuatan Softcase dan Hardcase

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, casing keras berbahan dasar material yang solid dan keras. Sehingga, casing keras memiliki kemampuan melindungi perangkat yang lebih bagus daripada casing lunak.

Sebagian model casing keras (hardcase) dilengkapi dengan fitur yang membuatnya memiliki tingkat proteksi yang sangat tinggi (military grade hardcase). Casing keras jenis ini biasanya digunakan oleh orang dengan aktivitas luar ruangan yang ekstrem.

Jika kamu suka melakukan banyak kegiatan di luar ruangan, casing keras sangat cocok kamu. Hal itu karena, casing keras biasanya gunakan untuk melindungi HP dari sejumlah masalah yang dapat timbul selama kegiatan luar ruangan.

Sementara itu, casing lunak tidak dilengkapi dengan tingkat proteksi yang cukup tinggi. Sehingga, casing lunak cocok untuk digunakan dalam kegiatan sehari-hari dan untuk melindungi body smartphone dari goresan-goresan ringan saja.

  • Desain Softcase dan Hardcase

Casing keras maupun casing lunak banyak dipasarkan dengan berbagai tampilan dan warna. Bahkan sering ada masyarakat yang lebih tertarik membeli casing karena desainnya yang menarik, dan tidak berdasarkan fungsinya.

Perbedaan softcase dan hardcase dalam desain adalah, softcase desainnya dirancang lebih lucu dan cocok untuk digunakan oleh wanita. Sedangkan hardcase biasanya memiliki desain yang gagah, sehingga lebih cocok digunakan oleh pria.

  • Harga Softcase dan Hardcase

Harga casing pastinya ditentukan dari bahan dasar atau material pembuatan dari casing lunak dan casing keras. Casing keras biasanya dijual di pasaran dengan harga yang lebih tinggi dari casing lunak.

Casing keras dengan tingkat proteksi yang tinggi harganya bisa sampai dengan ratusan ribu, karena menawarkan tingkat proteksi yang tinggi. Sebaliknya, kamu bisa mendapatkan sebuah casing lunak hanya dengan uang kurang dari Rp 10 ribu saja.

Kelebihan dan Kekurangan Softcase dan Hardcase

Softcase dan hardcase memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Oleh karena itu, kita harus memilih casing yang sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, juga perlu diperhatikan kegiatan kita sehari-hari, apakah sebagian besar indoor atau outdoor.

Jika suka berpetualang di alam liar, anda bisa menggunakan casing keras yang menawarkan proteksi kuat terhadap guncangan dan benturan. Sehingga smartphone anda aman dari potensi kerusakan yang ada.

Untuk penggunaan sehari-hari, kamu bisa memakai casing lunak dengan tujuan untuk sekedar menjaga body smartphone dari gesekan benda tajam. Selain itu, casing lunak juga lebih nyaman saat dipegang dan lebih terjangkau harganya. Berikut ini kelebihan dan kekurangannya

Kelebihan Hard Case

  • Memiliki tingkat proteksi yang tinggi dan cocok untuk kegiatan outdoor
  • Smartphone menjadi lebih terlihat kuat
  • Ukurannya yang besar membuat nyaman digenggam

Kekurangan Hard Case

  • Ukurannya yang besar dan tebal, sehingga membuat smartphone semaking berat untuk dibawa
  • Sulit dilepas pasang karena tidak fleksibel
  • Sulit untuk menggunakan aksesoris yang lain.

Kelebihan Soft Case

  • Ukurannya yang cukup tipis tidak mempengaruhi bobot samrtphone.
  • Fleksibel sehingga gampang dilepas pasang.
  • Mudah menggunakan aksesoris smartphone lainnya karena bentuk yang tipis.
  • Tidak mudah berdebu dan nyaman di tangan.

Kekurangan Soft Case

  • Tidak menawarkan ketahanan yang kuat terhadap guncangan dan goresan benda tajam.
  • Mudah longgar karena mudah memuai.
  • Smartphone akan mudah lepas dari casing jika material yang digunakan terlalu lunak.
  • Mudah kotor dan susah untuk menghilangkan panas.

Penutup

Itulah bahasan singkat mengenai perbedaan antara hard case dan soft case beserta kelebihan dan kekurangan keduanya. Perlu digaris bawahi bahwa kualitas casing smartphone memiliki kualitas yang berbeda-beda bergantung pada pabrik dan harga. Baca juga Rekomendasi Headset, Earphone dan Earbuds Terbaik