Ini yang Dibicarakan Jokowi Ketika Bertemu Dengan Elon Musk di SpaceX

Jokowi secara langsung menemui Elon Musk sebagai CEO Tesla dan juga SpaceX. Apa yang dibicarakan keduanya dalam pertemuan tersebut?

Ini yang Dibicarakan Jokowi Ketika Bertemu Dengan Elon Musk di SpaceX
Sumber gambar : YouTube (Presiden Joko Widodo)

Sabtu (14/5/2022) Presiden Joko Widodo mengunjungi markas SpaceX di Boba Chica, Amerika Serikat. Jokowi menemui CEO Tesla juga SpaceX, yaitu Elon musk.

Jokowi tiba di gedung stargate milik SpaceX pada minggu (15/5/2022) pada pukul 10.30 waktu setempat. Elon Musk menjamu secara langsung kedatangan presiden Joko Widodo di markasnya tersebut.

Jokowi Meninjau Produksi Roket Spacex

Ini yang Dibicarakan Jokowi Ketika Bertemu Dengan Elon Musk di SpaceX
Sumber gambar : YouTube (Presiden Joko Widodo)

Setelah bertemu, keduanya meninjau berbagai fasilitas produksi roket milik SpaceX. Di mana sebelumnya Presiden Joko Widodo melakukan pertemuan secara khusus di sebuah ruangan. Presiden Joko Widodo menjelaskan pertemuan keduanya tersebut membicarakan terkait teknologi dan juga inovasi.

Jokowi diajak oleh Elon Musk melihat secara dekat fasilitas untuk produksi roket SpaceX. Ini akan menjadi potensi kerjasama di dalam dunia teknologi pengembangan roket dan juga mobil listrik di masa depan.

Kunjungan yang dilakukan oleh Jokowi tersebut merupakan tindak lanjut atas kunjungan menteri koordinator bidang kemaritiman dan investasi, yaitu Luhut Binsar Panjaitan. Luhut memang diketahui sebelumnya telah berbicara secara langsung dengan Elon Musk.

Jokowi mengatakan, “dan sekarang saya kesini dan bertemu langsung dengan Elon untuk mendiskusikan kerjasama yang akan datang”, PresidenRI.go.id dikutip dari Kompas Tekno.

Indonesia sendiri dikabarkan menjadi wilayah yang cukup potensial untuk pengembangan mobil listrik dan roket, menurut Elon. Pria yang telah berusia 50 tahun itu menganggap Indonesia merupakan negara yang memiliki optimis untuk masa depan.

“Kita akan melihat dari dekat bentuk kerjasama di banyak hal, karena Indonesia memiliki banyak potensi. Apalagi Indonesia memiliki jumlah populasi dan terus berkembang. Ini bagus karena kita membutuhkan banyak orang di masa depan”, ujar Elon yang dikutip dari Tekno Kompas.

Jokowi Mengundang Elon Musk Datang ke Indonesia

Ini yang Dibicarakan Jokowi Ketika Bertemu Dengan Elon Musk di SpaceX
Sumber gambar : YouTube (Presiden Joko Widodo)

Tidak ketinggalan juga Jokowi mengundang secara langsung Elon Musk untuk hadir ke Indonesia. Hal tersebut karena perbincangan terkait teknologi di masa depan dengan Elon sudah dilakukan sebelumnya.

“Saya kira, dia sangat tertarik sekali untuk segera datang ke Indonesia dan tadi saya sudah sampaikan untuk bisa datang di Indonesia”, ujar Jokowi yang dikutip dari Kompas Tekno.

Elon Musk secara terbuka menyambut undangan tersebut. Bahkan Elon telah berencana untuk datang ke tanah air pada November 2022.

Jokowi Meninggalkan Spacex

Ini yang Dibicarakan Jokowi Ketika Bertemu Dengan Elon Musk di SpaceX
Sumber gambar : YouTube (Presiden Joko Widodo)

Setelah berbincang cukup lama dengan Elon Musk, kemudian Jokowi meninggalkan markas SpaceX. Di mana memang Jokowi pada saat itu ditemani oleh beberapa jajaran menteri.

Terlihat turut hadir Luhut Binsar Panjaitan sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Pratikno sebagai Menteri Sekretaris Negara dan juga Rosan Roeslani selaku duta besar RI untuk Amerika Serikat.

Sebagaimana kita ketahui jika Elon Musk dengan Tesla dan SpaceX-nya memiliki rencana besar untuk masa depan. Tesla diproyeksikan untuk terus mengembangkan mobil listriknya.

Sedangkan SpaceX juga berencana untuk dapat mengirimkan manusia ke luar bumi. SpaceX berharap di masa depan manusia dapat berwisata ke planet Mars.

Pertemuan Jokowi dan Elon musk disinyalir akan menjadi babak baru bagi Indonesia untuk bisa bergabung dengan proyek besar Tesla dan SpaceX. Tidak menutup kemungkinan jika nantinya Elon musk juga akan membuka markasnya di Indonesia.

Penutup

Pertemuan Jokowi dan Elon musk diharapkan dapat berdampak baik untuk Indonesia. Sejauh ini Indonesia memang sangat terbuka untuk proyeksi mobil listrik.

Hal tersebut karena Indonesia dikenal memiliki banyak potensi sumber daya alam untuk produksi baterai. Jadi wajar jika Presiden Joko Widodo sangat berharap Indonesia dapat memberikan sumbangsih besar terhadap perkembangan mobil listrik dunia.