Ini Dia, 6 Perangkat Smart Home yang Wajib Anda Miliki!

Perangkat smart home tentu bisa meringankan pekerjaan, jika Anda ingin menggunakannya coba deh simak 6 smart home yang akan sangat berguna ini.

Ini Dia, 6 Perangkat Smart Home yang Wajib Anda Miliki!

Ninja Tekno – Perangkat Smart Home atau yang bisa disebut sebagai rumah pintar saat ini sudah mulai merambah Indonesia. Berbagai perangkat canggih yang biasanya ditonton dalam serial film sudah bisa digunakan. Harga yang ditawarkan pun relatif terjangkau dengan berbagai produk.

Namun apakah Anda benar-benar mengerti apa itu smart home dan seberapa penting barang tersebut? Yuk simak penjelasan berikut ini seputar teknologi smart home yang saat ini banyak digunakan. Akan ada rekomendasi smart home yang patut anda coba.

Konsep Smart Home

Smart home merupakan sebuah sistem pengaturan rumah yang dibuat secara otomatis. Sistem ini bisa dioperasikan secara jarak jauh dengan sambungan internet dan smartphone. Karena itulah smart home sering disebut sebagai salah satu bagian dari IoT atau Internet of Things.

Perangkat smart home yang digunakan memiliki keterhubungan satu dengan yang lainnya. Biasanya sistem pencahayaan, suhu, keamanan hingga perangkat hiburan berkaitan. Tak hanya itu, smart home uga punya keahlian mempelajari kebiasan pemiliknya.

Dengan kecanggihan yang ada pada smart home, membuat perangkat ini bisa mendeteksi jika ada orang yang mencurigakan. Karena itulah banyak masyarakat yang tertarik menggunakan smart home. Apalagi keluarga muda dan kaum milenial yang hidup di perkotaan.

Pertimbangan Penggunaan Perangkat Smart Home

Mulai beralih menggunakan smaart home bukanlah hal yang mudah. Ada banyak pertimbangan pastinya seperti biaya, fungsi dan juga keamanan. Namun, tentu saja teknologi ini diciptakan untuk mempermudah manusia dan pasti ada kelebihan smart home.

Sebelum anda memutuskan untuk ikut menggunakan smart home tentunya anda harus mempertimbangkannya dengan pasti. Dengan begitu anda bisa lebih yakin dan nyaman menggunakan smart home, Berikut adalah hal-hal yang patut anda pertimbangkan.

  • Kenyamanan

Tentunya semua orang suka dengan hal yang memanjakan dan memberikan kenyaman. Jika Anda menggunakan smart home, Anda bisa mendapatkan kenyamanan tersebut.Tentu anda sangat dimanjakan dengan berbagai fitur yang disediakan.

Anda tak perlu lagi untuk beranjak dari tempat tidur jika ingin menghidupkan lampu. Lampu bisa menyesuaikan secara otomatis pencahayaan di kamar tidur anda. Terkadang ada juga smart home yang otomatis memutar musik ketika anda masuk kamar agar lebih nyaman.

  • Kemudahan

Anda akan selalu mendapatkan kemudahan jika menggunakan smart home di rumah. Hal ini karena perangkat smart home bisa membantumu melakukan sesuatu hanya dari genggaman tangan. Mulai dari menyalakan televisi hingga buka pagar pun bisa dilakukan.

  • Efisiensi

Jika Anda angin menggunakan smart home tentu saja harus ada internet yang menghubungkan. Dengan adanya internet ini anda bisa mengorganisir berbagai alat haya dengan smartphone. Tentu ini sangat efisien dan bisa lebih menghemat listrik.

  • Keamanan

Berbagai jenis smart home saat ini diterapkan terutama perangkat keamanan yang beragam. Anda bisa menemukan kunci pintu, sensor atap, jendela hingga sensor banjir menggunakan smart home. Ini bisa membuat anda lebih tenang saat pergi dan keamanan lebih terjaga.

Teknologi Smart Home

Teknologi smart home saat ini sudah banyak sekali jenisnya dan banyak rumah yang sudah memasang. Namun, tentu saja ada orang yang masih belum bisa menerima smart home karena berbagai alasan. Berikut adalah beberapa contoh smart home yang populer di masyarakat.

  • Kunci Rumah dan Sensor Pintu

Salah satu kegunaan smart home yang sangat diminati masyarakat adalah bisa menjaga keamanan rumah. Salah satu perangkat smart home yang menjaga keamanan adalah sensor pintu dan kunci rumah. Anda bisa mengunci pintu hanya melalui smartphone saja. 

Dengan menggunakan teknologi ini, pemilik rumah akan diberitahu jika ada yang membuka pintu rumah. Notifikasi akan muncul di smartphone masing-masing yang tertaut. Pemilik pun bisa melakukan kunci otomatis melalui perangkat smartphone tersebut.

  • Sensor Gerak

Fitur smart home bernama sensor gerak bisa anda temukan di pintu pagar rumah. Teknologi ini akan membuat pagar menutup dan membuka otomatis jika ada orang yang akan masuk. Anda juga bisa menutup dan membuka pintu melalui smartphone yang tertaut.

  • Sensor Lampu

Anda bisa menemukan sensor lampu smart home pada tempat-tempat yang sering dilintasi. Biasanya sensor lampu ini akan diletakan di lorong dan pintu masuk rumah. Lampu akan hidup ketika orang melintasi sensor dan terdeteksi oleh sensor lampu tersebut.

Penggunaan sensor lampu tentu sangat membantu dan memudahkan anda. Anda tak perlu lagi menyalakan saklar lampu ketika akan ke kamar mandi malam-malam. Anda pun tak perlu mematikan lampu ketika sudah merasa ngantuk berat.

  • Smart Speaker

Smart speaker merupakan speaker yang ditanami teknologi artificial intelligence. Dengan adanya sistem AI, Anda bisa mengoperasikan smart speaker hanya dengan suara tanpa menyentuhnya. Dengan begitu anda bisa mendengarkan musik lebih cepat dan mudah.

Merk perangkat smart home speaker yang populer di Indonesia dengan kualitas terjamin adalah Bose Smart Soundbar 700, Amazon Echo With Alexa. Masih banyak merk lain yang bisa Anda  temui. Salah satu speaker pintar yang sangat terkenal adalah Google Assistant.

  • Smart Lampu

Smart lamp atau lampu pintar adalah salah satu perangkat pertama yang biasanya dimiliki pengguna smart home. Bukan sembarang kamu, karena smart lamp bisa diubah warnanya tergantung mood. Salah satu lampu pintar yang mudah ditemui adalah Philips Hue.

Selain isa berubah warna tergantung dengan mood pengguna, anda juga smart lamp dengan sensor gerak. Dengan adanya sensor gerak Anda tak perlu lagi menghidupkan secara manual. Jika masih kurang lengkap, Anda bisa gunakan smart lamp with speaker juga.

  • Colokan

Colokan adalah perangkat smart home yang sering dimiliki pengguna smart home pertama kali. fungsi dari colokan ini sangat menggiurkan, apalagi harganya cukup murah dan terjangkau. Anda juga bisa menemukannya dengan mudah di berbagai e-commerce.

Konsep utama barang ini adalah penghubungan perangkat elektronik yang ada di rumah ke internet. Dengan begitu anda bisa mengaksesnya melalui smartphone masing-masing. Salah satu contoh kerja colokan pintar ini yakni disambungkan dengan AC.

Apakah anda pernah mengalami kepanasan saat masuk ke rumah setelah seharian bepergian? Dengan colokan pintar smart home ini AC anda bisa dihidupkan 15 menit sebelum pulang. Tentunya ketika anda sampai rumah, udara di dalam rumah sudah dingin.

Tentunya hal ini membuat pekerjaan semakin mudah karena anda tidak perlu menyalakan AC secara manual. Anda tak perlu lagi kegerahan menunggu udara ruangan menjadi dingin setelah AC dihidupkan. Tinggal hidupkan da atur suhu melalui smartphone mu.

Penutup

Setelah memperdalam dan mengenal berbagai teknologi smart home apakah Anda tertarik menggunakanya? Dibalik kemudahan dan kecanggihan yang dimiliki tentu banyak pro kontra smart home ini. Tentu Anda bisa memilih sesuka hati ingin menggunakan atau tidak.

Sebelum menggunakan perangkat smart home, ada baiknya anda mencari dahulu informasi sebanyak-banyaknya. Informasi tersebut bisa membuat anda lebih yakin. Carilah juga rekomendasi smart home terbaik dan bagaimana cara penggunaannya.