Cara Menjadi Influencer di TikTok dan Ini Potensinya!

Cara menjadi influencer di TikTok memiliki potensi yang sangat menguntungkan, Indonesia sendiri adalah pasar kedua terbesar TikTok.

Cara Menjadi Influencer di TikTok dan Ini Potensinya!

TikTok baru-baru ini menjadi topik hangat dan merupakan aplikasi video yang sangat populer di kalangan pengguna media sosial. Tidak hanya memiliki banyak pengguna, tetapi juga dapat menghasilkan uang dengan menjadi influencer di TikTok.

Menurut Forbes, bintang TikTok paling populer telah menghasilkan jutaan dolar selama setahun terakhir. Karena semakin populer, banyak yang bertujuan untuk menjadi influencer TikTok. Karena mereka bisa menghasilkan uang dari iklan atau endorse.

Cara Menjadi Influencer di TikTok

Cara Menjadi Influencer di TikTok dan Ini Potensinya!

Menjadi influencer di TikTok sama saja dengan menjadi influencer di media sosial lain seperti YouTube dan Instagram. Seperti diketahui, sumber utama menghasilkan uang di TikTok influencer marketing berasal dari iklan dan sponsor pihak ketiga.

Setiap orang memiliki kesempatan untuk menjadi influencer di TikTok dengan memanfaatkan peluang tren yang berkembang ini. Nah jika Anda tertarik menjadi influencer di TikTok, berikut adalah lima cara untuk melakukannya:

1. Pelajari algoritma TikTok

Algoritma aplikasi TikTok itu sangat berbeda dengan Instagram, Facebook dan Twitter. Algoritma TikTok merekomendasikan video yang terkait dengan orang selain pengikut.

Selain itu, algoritma TikTok memberi peringkat konten berdasarkan parameter seperti akun yang diikuti, video TikTok favorit, dan sebagainya. Dengan mempelajari sistem algoritma TikTok, Anda dapat menggunakannya sebagai referensi nanti saat membuat konten yang lebih optimal.

2. Buat akun dan buat profil TikTok

Saat membuat akun TikTok, kami menyarankan Anda membuat akun profesional untuk bisnis dan pembuat konten. Akun kreator adalah pilihan terbaik bagi siapa saja yang ingin menjadi influencer di TikTok.

Saat mengatur profil akun TikTok Anda, perhatikan bagian Biografi dan Foto Profil. Kami menyarankan Anda membuat dua bagian ini semenarik mungkin untuk memberikan kesan pertama yang positif kepada audiens.

3. Selalu buat konten

Hukum digital platform memanjakan pembuat konten dan influencer TikTok yang terus-menerus mengunggah konten. Semakin lama Anda menonton video, semakin besar kesan yang akan dilihat orang lain.

Dikenal sebagai FYP di TikTok, ini agak mirip dengan istilah topik populer di Twitter atau mirip dengan istilah trending di YouTube. FYP sendiri sangat diharapkan oleh konten kreator TikTok karena video mereka akan direkomendasikan ke banyak penonton.

4. Cari niche tertentu

Untuk menjadi influencer di TikTok, Anda harus sangat berpengaruh dan kredibel tergantung pada industrinya. Daripada mempelajari beberapa ilmu, lebih baik mempelajari ilmu tertentu.

Selain kenyamanan membuat konten yang berkelanjutan, pemirsa TikTok biasanya lebih suka mendengarkan topik tertentu dari influencer di TikTok. Oleh karena itu, carilah niche yang spesifik agar nantinya Anda terlihat ahli di bidang tersebut.

5. Mulai menghasilkan uang sebagai influencer di TikTok

Setelah Anda memilih dan mencapai niche Anda sebagai influencer TikTok, hal berikutnya yang harus dilakukan adalah mulai menghasilkan uang. Anda perlu memonetisasi TikTok untuk menghasilkan uang.

Ada beberapa cara untuk memonetisasi TikTok, termasuk pendanaan siaran langsung, mengelola agensi influencer, membuat konten bersponsor, dan menjual produk.

Mengapa Tiktok Adalah Alat Pemasaran yang Hebat di Tahun 2022

Cara Menjadi Influencer di TikTok dan Ini Potensinya!

Apakah Anda tahu? Sebelum hype Tik Tok kembali seperti sekarang, sudah banyak profesional digital marketing yang mengharapkan kejayaan aplikasi ini di tahun 2020. Bagaimana denganmu? Apakah sudah punya TikTok?

Jika belum punya, Anda bisa menggunakan TikTok sebagai aplikasi untuk mendukung aktivitas penjualan. Betul sekali, ternyata TikTok bisa digunakan juga untuk marketing. Ada lima alasan mengapa TikTok adalah media pemasaran yang bagus untuk bisnis Anda.

1. Memiliki 500 juta pengguna aktif

Faktanya, TikTok memiliki 500 juta pengguna aktif yang “sangat aktif”. Pengguna TikTok ini terutama menggunakan TikTok sebagai alat pembuatan konten. Ini membedakan TikTok dari aplikasi lain. Platform lain tidak mengizinkan pengguna “membuat” konten.

500 juta pengguna TikTok telah tumbuh secara eksponensial pada tahun 2020. Hingga sekarang pertumbuhannya terus meningkat dan sangat bisa menjadi TikTok Marketing yang begitu ampuh.

2. Lebih dari 40% pengguna Tik Tok adalah remaja

TikTok ibarat ladang basah yang bisa digunakan untuk mempromosikan sesuatu. Pasalnya, lebih dari 40% pengguna Tik Tok adalah remaja. Remaja adalah konsumen terbesar produk gaya hidup.

Anda dapat menggunakan Tik Tok untuk mempromosikan barang-barang gaya hidup seperti pakaian trendi dan kopi. Atau bisa juga menjual produk jam, sepatu, tas dan hal-hal lain yang berkaitan dengan gaya hidup.

3. Fitur TikTok yang mudah digunakan

Tidak semua orang dapat menjalankan aplikasi pengeditan seperti Adobe Premiere. Namun, siapa pun dapat membuat konten dengan TikTok. Fitur yang mudah digunakan memudahkan untuk membuat video yang menarik.

Banyak sekali influencer di TikTok adalah orang yang awalnya sangat awam dengan dunia editing video. Namun berkat kemudahan proses editing di TikTok semua bisa menjadi influencer.

4. Banyak influencer menggunakan TikTok

Influencer menggunakan TikTok secara ekstensif. Ini menguntungkan pebisnis yang ingin mensertifikasi produknya. Pasalnya, ketika influencer masuk ke sebuah platform, otomatis memengaruhi basis penggemar artis tersebut.

Jadi gunakan itu untuk membuat produk Anda viral. Siapa pun dapat bekerja sama dengan influencer di TikTok dan meningkatkan penjualan produk secara signifikan. Bahkan banyak pebisnis yang memang fokus memasarkan produknya melalui platform ini.

5. Konten TikTok relatif sering dibagikan

Mendapatkan konten video di TikTok sangat mudah. Ini menguntungkan bagi mereka yang ingin mendapatkan momentum viral pada produk tertentu. Oleh karena itu, Anda harus membuat konten sekreatif mungkin.

Indonesia Adalah Pasar Terbesar Kedua untuk Tiktok

Cara Download Video TikTok Tanpa Watermark, Mudah dan Simple!

Indonesia adalah pasar terbesar kedua di dunia untuk TikTok pada tahun 2020. Menurut Statista, aplikasi video pendek ini di Indonesia memiliki 22,2 juta pengguna aktif bulanan. Sementara itu, Amerika Serikat melampaui peringkat pada tahun 2020 dengan 65,9 juta pengguna aktif bulanan TikTok.

Rusia telah menyusul Indonesia dengan 16,4 juta pengguna aktif bulanan di TikTok. Di Jepang TikTok memiliki 12,6 juta pengguna aktif bulanan. Mengikuti Prancis dan Jerman, TikTok masing-masing memiliki 9,3 juta dan 9,1 juta pengguna aktif bulanan.

Mengutip The Verge, TikTok melaporkan bahwa mereka memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif bulanan. Angka tersebut berhasil diraih, meski platform yang dirilis pada Agustus 2018 itu sempat menjadi sasaran pengawasan pemerintah di banyak negara, termasuk Amerika Serikat.

Sementara itu, popularitas TikTok mencatatkan peningkatan signifikan sejak pandemi Covid-19. Menurut firma analisis aplikasi Sensor Tower, perusahaan milik ByteDance adalah aplikasi yang paling banyak diunduh di dunia pada kuartal pertama tahun 2020, dengan sekitar 315 juta unduhan.

Penutup

Cara menjadi influencer di TikTok memang tidaklah mudah, dibutuhkan kreativitas dan juga konsistensi di dalam membuat konten. Sangat sulit untuk bisa populer hanya mengandalkan satu-dua konten. Setidaknya Anda harus membuat konten setiap hari untuk menjaring followers.

Jika tertarik untuk menjadi influencer, maka sebaiknya Anda mulai merencanakannya sejak sekarang. Catat beberapa poin penting di atas supaya bisa sukses dan memiliki banyak pengikut di TikTok. Baca juga artikel lain terkait Cara Download Video TikTok Tanpa Watermark, Mudah dan Simple!