Harga Kabel NYM, Cara Pasang dan Komponen-komponennya

Kabel nym adalah alat kelistrikan yang sangat dibutuhkan masyarakat. Kegunaannya sebagai media penghantar arus listrik. 

Kabel nym
https://commons.m.wikimedia.org/wiki/File:NYM_nach_VDE_0293-308_2003-01.svg

Pada zaman modern ini hampir seluruh aktivitas manusia bergantung kepada teknologi kelistrikan. Sebab, sebagian besar perangkat rumah menggunakan energi listrik. Untuk mengalirkannya orang-orang menggunakan kabel nym sebagai medianya.

Begitu aliran arus listriknya lancar, maka semua perangkat di rumah Anda dapat  menyala dan digunakan untuk keperluan sehari-hari. Mulai dari memasak, menyetrika baju, menyalakan laptop, lampu, menonton televisi, dan lain-lain.

Pengertian Kabel NYM

Menurut para ahli, pengertian dari kabel nym adalah sejenis kabel yang banyak digunakan pada instalasi listrik  bangunan gedung atau rumah. Penempatannya bisa di luar maupun dalam ruangan dengan kondisi lembab atau kering. 

Komponen inti di dalamnya berjumlah kurang lebih dua sampai empat bagian. Sangat berbeda dengan jenis kabel pada umumnya yang hanya punya satu inti saja. Menariknya lagi, jenis kabel nym ini mempunyai lapisan isolator sebanyak dua lapis.

Lapisan pertama sengaja diletakkan pada bagian dalam guna melindungi inti kabel dari berbagai macam gangguan. Sementara lapisan kedua berperan sebagai pelindung utama yang posisinya ada di bagian paling luar.

Bahan yang biasa dipilih pabrik untuk membuat lapisan luar kabel adalah material PVC dengan kualitas terbaik. Agar wawasan Anda semakin bertambah, berikut sajian informasi tentang arti kode yang ada di kabel nym.

  • Kode N artinya komponen konduktor dalam kabel tersebut menggunakan bahan tembaga.
  • Kode Y artinya lapisan pelindung kabelnya terbuat dari bahan sejenis PVC.
  • Kode M artinya bahan pembuatan selubung kabel memakai material PVC.

Daftar Komponen-komponen Kabel NYM

Sekarang Anda telah mengetahui apa itu kabel nym, bukan?, Selanjutnya mari mengenal komponen apa saja yang ada di dalamnya. Tanpa berlama-lama lagi, silakan simak penjelasan lengkapnya pada sub bab di bawah ini.

  • Komponen Konduktor

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, bahwasanya komponen konduktor pada kabel nym terbuat dari tembaga. Yang mana bahan tersebut dinilai bisa menghantarkan aliran listrik lebih baik ketimbang aluminium.

Konduktornya sendiri mempunyai bentuk yang cukup unik dan berbeda dari kabel yang beredar di pasaran. Ada yang intinya tanpa rongga, model bulat rongga, dan masih banyak lagi macamnya.

  • Komponen Isolasi PVC

Komponen kedua yang ada di kabel nym adalah isolasi PVC. Fungsinya tidak lain untuk menekan arus listrik yang mengalir, sehingga bisa mencegah terjadinya kebocoran saat proses instalasi nantinya.

Ternyata isolasi PVC tidak dibuat dari satu bahan saja, melainkan banyak sekali ragam jenisnya. Mulai dari material berwujud padat, cair, dan ada juga yang berbentuk gas sekali pun.

  • Komponen Selubung

Dan komponen ketiga dan wajib ada dalam sebuah kabel adalah selubung. Bagian satu ini teramat  penting karena sebagai pelindung seluruh komponen inti di dalamnya. Khususnya untuk mencegah kerusakan yang diakibatkan oleh faktor luar. 

Selain itu masih ada fungsi lainnya seperti mencegah terjadinya korosi dan  menghindarkan inti kabel dari air atau uap air yang masuk.  Serta tak lupa melindungi kabel dari pengaruh gaya pegas dan listrik.

  • Komponen Lapisan Pembungkus Inti

Komponen yang terakhir yang  juga perlu Anda tahu adalah lapisan pembungkus inti. Seperti namanya, komponen ini mempunyai fungsi untuk melindungi dan menjaga tegangan di dalam inti kabel agar tetap stabil selama digunakan.

Tentunya bahan-bahan untuk membuat lapisan tersebut bukan yang biasa. Sudah pasti pilihan dan yang paling penting harus memiliki sifat semikonduktor. Dalam hati Anda bertanya-tanya, mengapa mesti menggunakan bahan seperti itu?

Karena bahan yang bersifat semikonduktor dapat menangkal kabel dari radiasi elektromagnetik. Dan juga bisa mencegah terjadinya penimbunan tegangan listrik dan risiko kebocoran kabel.

Harga Kabel NYM Terbaru

Untuk harga pasarannya ditentukan oleh merek dan ukuran kabel nym  itu sendiri. Contohnya merek ETERNA dengan ukuran 2 x 1.5 mm dibanderol Rp7.000. Sedangkan yang berukuran 2 x 2.5 mm dan 2 x 4 mm dihargai Rp10.000 sampai Rp15.000.

Cara Menyambung Kabel NYM

Sebenarnya memasang kabel nym itu mudah dan tidak terlalu sulit. Asalkan Anda mengetahui tata caranya dan punya ilmu dasar kelistrikan. Sebelum memulainya, persiapkan alat dan bahan berikut ini.

Alat dan bahan:

  • Kabel nym ukuran 2 x 2.5 mm
  • Tang kombinasi
  • Tang potong
  • Cutter
  • Isolasi

Langkah-langkah menyambung kabel NYM:

  • Pertama-tama bentangkan kabel  yang akan dilakukan penyambungan.
  • Kemudian ukur jarak penyambungannya dan sisakan inti kabel sedikit.
  • Selanjutnya kupas inti kabel menggunakan cutter.
  • Sambungkan sesuai warna kabelnya, misalnya hitam dengan hitam dan biru dengan biru.
  • Gunakan pola zig zag atau western union supaya terlihat lebih rapi.
  • Setelah itu tutup sambungan kedua kabel tersebut menggunakan isolasi.
  • Berikutnya bentangkan kabel dari bangunan satu ke bangunan lainnya.
  • Begitu hantaran kabelnya sampai, silakan Anda kunci menggunakan paku klem atau klem sw.
  • Lakukan pengecekan sekali lagi terhadap sambungan kabelnya.
  • Jika semuanya sudah baik, langsung alirkan listriknya dengan menaikkan sekering MCB dari titik utama.

Penutup

Inilah informasi terbaru terkait kabel nym yang jarang orang tahu. Semoga setelah membaca artikel ini pengetahuan Anda jadi bertambah luas dan bisa dimanfaatkan untuk kepentingan banyak orang. Jangan lupa berbagi ilmu ini kepada keluarga di rumah ya. Baca juga artikel lain Cara Merawat Kamera DSLR Agar Tidak Mudah Rusak