Hal Menarik Batu Baterai AAA yang Jarang Diketahui Publik

Baterai memang sering kita jumpai saat ini, salah satu contohnya adalah batu baterai AAA. Ada banyak fakta menarik dalam baterai jenis ini, yuk kita bedah bersama!

Batu Baterai AAA

Ninja Tekno – Siapa sih dari Anda semua yang belum tau tentang baterai? Baterai merupakan alat penyimpan listrik DC atau listrik dengan 2 muatan. Kedua muatan tersebut adalah muatan (-) dan muatan (+), salah satu contoh baterai adalah batu baterai AAA.

Membicarakan soal baterai tentu tak akan luput dengan salah satu baterai yang sering digunakan yaitu dengan jenis AAA. Terdapat banyak fakta unik tentang baterai jenis ini, yuk kita bahas bersama agar kita tidak kepo lagi.

Apa Itu Batu Baterai AAA?

Baterai jenis AAA adalah jenis baterai yang tak jarang kita temui, dengan ciri khas berbentuk tabung  dan memiliki benjolan di sisi muatan (+) nya. Baterai jenis ini memiliki diameter sebesar 10,5 mm dan memiliki panjang 44,5 mm.

Baterai jenis AAA memiliki tegangan sebesar 1,5 volt dan kuat arus yang dimilikinya sebesar 900 hingga 1,155 Ampere. Baterai AAA kecil dapat memiliki bobot hingga 11,5 gram, baterai jenis ini sering dipakai dalam remot TV dan alat elektronik lainnya.

Kegunaan Batu Baterai Jenis AAA

Baterai jenis AAA memiliki sangat banyak manfaat salah satunya untuk menyimpan daya yang bisa dialirkan pada barang elektronik. Memang sudah kita ketahui bahwa baterai jenis AAA dapat mengalirkan listrik bertegangan DC.

Aliran DC sendiri tidaklah bahaya sebab aliran tersebut terpisah antara muatan (-) dan muatan (+) nya. Namun jika kedua muatan digabung akan menghasilkan percikan api akibat gesekan yang diakibatkan oleh kedua muatan tersebut.

Baterai AAA dapat digunakan pada alat elektronik seperti remot TV atau mainan anak yang menggunakan baterai jenis ini ya. Selain itu batu baterai jenis ini juga sering kita temui pada alat elektronik berupa jam analog.

Kelebihan dan Kelebihan Baterai Jenis AAA

Tentu saja baterai jenis AAA memiliki kelebihan dan kekurangan yang seharusnya memang terdapat. Sebab semua hal pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing. Meski hal tersebut jarang orang memperhatikannya, namun harus Anda ketahui.

  • Kelebihan Baterai Jenis AAA

Kelebihan batu baterai jenis ini tentu sangat banyak utamanya adalah bentuknya yang sangat kecil membuat baterai ini tidak memakan banyak tempat. Sehingga rancangan sebuah alat elektronik akan lebih terlihat simple dan tidak terlalu banyak memakan tempat.

Jenis baterai ini juga tentu adalah baterai yang menurut banyak orang sedang dan pas, tidak terlalu kecil penyimpanan dayanya dan bentuknya tidak terlalu besar. Sehingga saat ini sangat banyak alat elektronik yang menggunakan kekuatan baterai jenis AAA.

Baterai jenis AAA saat ini telah banyak beredar di kalangan masyarakat diseluruh dunia, selain itu ada yang juga bisa di charge. Sehingga batu baterai dapat bertahan lebih lama daripada baterai yang tidak memiliki fitur demikian.

  • Kekurangan Batu Baterai Jenis AAA

Kekurangan Baterai jenis AAA adalah daya yang tak cukup banyak untuk menghidupkan alat elektronik yang cukup besar. Sehingga memerlukan banyak baterai untuk menghidupkan alat tersebut hingga alat tersebut bisa menyala.

Selain itu penyimpanan yang kecil tak akan cukup lama untuk alat yang membutuhkan daya yang cukup besar. Salah satu contohnya pada alat seperti senter, yang membutuhkan banyak daya untuk menghidupkan lampu yang sangat terang.

Hal tersebut membuat daya baterai lebih cepat habis dan harus mengeluarkan uang kembali agar bisa hidup kembali. Hal tersebut tentu tidak efisien untuk baterai, tentu harus kebutuhan daya disesuaikan dengan apa yang harus dijalani oleh baterai jenis AAA.

Bisakah Baterai AAA Menghidupkan Robot Mainan?

Tentu saja bisa, baterai jenis AAA dapat menghidupkan sebuah robot mainan namun dengan syarat mainan tersebut tidak terlalu banyak memakan daya. Sehingga dapat bertahan lebih lama, namun jika memang memakan daya yang besar bisa diisi dengan 3 baterai.

Namun tentu hal tersebut tidak terlalu efisien dalam sebuah bisnis sebab pelanggan akan merasa kecewa dengan seringnya gonta ganti baterai. Sehingga kita perlu baterai jenis lainnya yang memiliki daya lebih besar.

Baterai AAA Ada Apa Saja?

Baterai jenis AAA tentu tak hanya satu perusahaan saja yang membuatnya, dengan kelebihan kekurangan masing – masing. Salah satunya batu baterai AAA Abc yang bertempat di Indonesia, atau baterai AAA Alkaline.

Kedua baterai tersebut tentu dari perusahaan berbeda ya, namun masih tetap dari indonesia. Tentu baterai tersebut tak akan jarang kalian temui di Indonesia, entah itu baterai AAA atau jenis baterai yang lain yang juga turut mereka buat.

Penutup

Itulah semua tentang serba serbi batu baterai AAA yang jarang orang ketahui, dan saat ini telah Anda ketahui. Sehingga ilmu dan wawasan Anda dapat lebih luas lagi dengan pembahasan yang telah kita lakukan kali ini, babay!