Garuda Digital, Portal Informasi Untuk Kemudahan Akses Jurnal Akademik

Mencari referensi akademik tentu menjadi satu keharusan bagi tiap civitas akademik, terutama mahasiswa. Kini telah hadir Garuda Digital yang bisa jadi solusi. 

Garuda Digital, Portal Informasi Untuk Kemudahan Akses Jurnal Akademik
Foto : https://garuda.kemdikbud.go.id/journal

Ninja Tekno – Garuda Digital dapat menjadi salah satu alternatif bagi Anda untuk berselancar dan mencari segala keperluan berkaitan dengan artikel akademik ilmiah. Garuda sendiri merupakan singkatan dari Garba Rujukan Digital. Portal ini diprakarsai menjadi jejaring informasi berbagai perguruan tinggi.

Beberapa jenis artikel akademik yang dapat diakses telah disuplai oleh perguruan tinggi sebagai penyedia konten dan pengguna. Beberapa jenis artikel yang dapat diakses antara lain ialah e-journal lokal, laporan penelitian hingga hasil conference. Hasil kajian tersebut dapat dijadikan referensi ilmiah

Sekilas Tentang Portal Garuda Digital 

Kebutuhan akan referensi ilmiah menuntut banyak pihak untuk terus mengembangkan sistem manajemen informasi agar dapat menyalurkan dokumentasi penelitian dengan maksimal. Di banyak negara maju, Anda akan dengan mudah menemukan inovasi sistem informasi berbasis literatur. 

Garuda Digital menjadi salah satu portal jurnal di Indonesia yang didalamnya terdapat lebih dari 800.000 artikel. Selain itu juga berisikan 8000 jurnal yang disuplai oleh penerbit dari berbagai kampus di Indonesia. Jika ingin terindex melalui portal ini, penerbit wajib melakukan pendaftaran. 

Portal ini resmi diluncurkan pada 2 Mei 2010 ini mulanya diolah oleh Departemen Pendidikan Nasional. Kini pengelolaan melibatkan DIKTI dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Sistem informasi yang digunakan oleh GARUDA juga telah menggunakan Open Archive Initiative (OAI). 

Pilihan Menu dalam Garuda Digital

Untuk mengakses Garuda Digital, Anda harus menuju ke laman https://garuda.kemdikbud.go.id. Setelah masuk, Anda akan menemui beberapa pilihan menu pencarian berdasarkan kriteria yang diinginkan. Berikut ini beberapa menu yang akan Anda temui saat masuk ke portal tersebut.

  • Menu Publisher

Salah satu cara mencari jurnal di GARUDA ialah dengan menggunakan kategori menu Publisher. Hal ini dapat dilakukan jika Anda sudah mengetahui penerbit mana yang cocok dan memiliki standar untuk disitasi. Pencarian berbasis penerbit kerap digunakan untuk mengecek publikasi sendiri. 

  • Menu Journal atau Conference

Pengguna kini juga makin dimudahkan untuk mencari jurnal tertentu yang bisa disaring berdasarkan abjad. Anda juga bisa memilih jurnal yang akan dicari berdasarkan isu atau topik tertentu yang relevan. Jangan lupa mencermati kualitas jurnal tersebut dengan pergi ke laman terkait. 

  • Menu Subject

Setelah login garuda, jurnal yang Anda inginkan juga dapat ditemukan dengan menggunakan pilihan menu Subject. Pada pencarian ini, Anda akan memilih berdasarkan bidang jurnal. Kini telah ada 38 subject yang tersedia. Untuk mencarinya, tinggal klik nama subject hingga muncul pilihan yang sesuai.

  • Menu Suggest 

Menu Suggest merupakan menu yang dapat Anda gunakan dalam mendaftarkan jurnal dari instansi atau lembaga. Prosedur yang disyaratkan ialah mengisi formulir hingga menerima konfirmasi melalui email terkait. Evaluasi dari pengelola Garuda akan segera menyampaikan hasil melalui email. 

Pengelola GARUDA memprioritaskan jurnal yang telah mendukung sistem Open Archive Initiative (OAI). Contohnya ialah Open Journal System (OJS) PKP yang dapat mempermudah akses bagi pengguna baik civitas akademik maupun masyarakat. 

Manfaat Portal Garuda Digital Bagi Masyarakat

Perkembangan ilmu pengetahuan dewasa ini sangatlah pesat. Hal ini tentu didasari makin berkembangnya sistem informasi. Lahirnya internet dan digitalisasi juga merambah ke ranah produk akademi. Hal ini membawa manfaat bagi banyak pihak terutama masyarakat. 

  • Mempermudah mengakses informasi dan rujukan ilmiah

Garuda Digital jadi salah satu terobosan penting dalam pengembangan sistem manajemen informasi yang mengedepankan sinergitas antar lembaga akademik. Terbentuknya perputaran arus informasi membuat Anda sangat mudah memperoleh dan mengkaji hasil penelitian terdahulu. 

Dengan adanya portal yang menghubungkan berbagai sumber pustaka, Anda tak perlu bersusah payah mendatangi kampus di berbagai pulau di Indonesia. Bayangkan saja, mahasiswa di Sulawesi dan Sumatera bisa dalam hitungan menit mengakses pustaka dari kampus yang ada di Pulau Jawa. 

  • Menambah ruang pilihan pencarian

Dalam portal garuda, jurnal penelitian dapat dengan mudah ditemukan dengan hanya memanfaatkan bantuan fitur penyaring. Anda dapat memilah dan memilih mana topik yang sesuai dan dibutuhkan untuk keperluan penelitian atau sekedar jadi rujukan analisis awal perumusan masalah.

Bayangkan saja pada zaman dahulu para pustakawan harus benar-benar teliti menata berderet-deret buku agar para pembaca dan peneliti dapat menemukan sebuah buku atau dokumen. Pengembangan sistem manajemen informasi ini membawa dampak besar dalam kecepatan akses. 

  • Membantu menyelesaikan target penulisan akademik

Rujukan ilmiah telah menjadi prasyarat wajib dalam sebuah proses lahirnya karya ilmiah. Sebuah pemikiran dan percobaan harus didasarkan pada pondasi keilmuan sebelumnya. Hal ini tentu akan memberi manfaat bagi perjalanan penelitian dimana terdapat pengembangan dan sumbangsih terbaru.

Kesimpulan

Para sivitas akademik tentu punya perencanaan tenggat waktu dan kualitas sebuah penelitian. Hal ini menjadikan kecepatan akses informasi rujukan jadi hal yang penting. Dengan perkembangan sistem manajemen informasi ilmiah seperti Garuda Digital, tentu akan sangat membantu banyak pihak.