Fitur Terbaru Foto Blur di WhatsApp, Begini Tutorialnya

Platform pesan instan, WhatsApp (WA), telah merilis foto blur di WhatsApp untuk memudahkan mengedit foto sensitif sebelum mengirimnya.

foto blur di WhatsApp

Ninja Tekno – WhatsApp adalah platform komunikasi digital yang diandalkan oleh pengguna gadget di hampir setiap sudut dunia. Aplikasi yang sedang dikembangkan Meta ini memiliki fitur dance yang beragam dan terus dikembangkan, termasuk fitur foto blur di WhatsApp.

WhatsApp sering digunakan oleh pengguna untuk berbagi file foto. Pasti ada berbagai jenis foto yang bisa dibagikan. Mulai dari foto pribadi, foto undangan, lowongan kerja, dan lainnya. Bahkan pengguna tidak dibatasi untuk mengirim banyak foto ke orang lain.

Amankan Konten Sensitif dengan Foto Blur di WhatsApp Desktop

Tidak adanya batasan dalam berbagi foto, pengguna sering kali sengaja atau tidak sengaja memposting foto dengan konten sensitif. Tentu bagi sebagian pengguna hal itu akan mengganggu dan membuat mereka tidak nyaman, sehingga perlu fitur WA blur chat

Oleh karena itu, Meta Kali menyediakan fitur untuk mengedit foto dengan mudah. Dengan pembaruan, WhatsApp memiliki opsi untuk mengaburkan foto dengan cepat dan mudah. Berikut informasi lengkap mengenai foto blur di WhatsApp.

  • Foto Blur di WhatsApp Tanpa Aplikasi Pihak Ketiga

Dengan adanya fitur bawaan blur foto di WA, pengguna yang ingin memposting konten sensitif tidak perlu mengedit foto mereka dengan aplikasi pihak ketiga. Pengguna dapat dengan bebas mengatur bagian yang ingin diburamkan. 

Bidang blur juga dapat disesuaikan. Bahkan bentuk blurnya kasar, besar, dan ada juga yang halus. Pengguna cukup mengatur seberapa tebal bidang blur yang dibutuhkan. Dalam fitur foto blur di WhatsApp baru ini, WhatsApp telah menambahkan opsi untuk mengedit foto dan video. 

Ada dua pensil gambar baru dalam opsi pengeditan foto dan video, sehingga jumlah total opsi pensil gambar yang ditawarkan menjadi tiga. Dengan demikian, pengguna WhatsApp dapat mengubah warna pensil gambar karena ingin mengedit foto atau video.

  • Foto Blur pada WhatsApp Tersedia di Desktop

Fitur foto blur di WhatsApp adalah alat untuk mengaburkan (foto) langsung dari aplikasi sebelum dikirim. Jadi, pengguna tidak perlu repot mengedit foto terlebih dahulu ke aplikasi ketiga, menyimpannya di perangkat, lalu mengirimkannya melalui WhatsApp. 

Hadirnya fitur photo blur ini diumumkan oleh WA Beta Info, situs yang kerap memberikan informasi terbaru seputar WhatsApp. Baik fitur yang sudah resmi dirilis maupun yang masih dalam uji coba perusahaan Meta.

Menurut WA Beta Info, fitur foto blur di WhatsApp ini sudah tersedia di WhatsApp desktop versi 2.2241.2. Kami telah mendapatkan fitur ini dengan versi aplikasi yang sama. Fitur blur foto ini juga tersedia di WhatsApp versi web yang bisa diakses di whatsapp.com. 

Fitur photo blur WhatsApp bisa ditemukan saat pengguna ingin mengirim gambar, tepatnya di toolbar editing gambar. Fitur blur foto memiliki ikon piksel persegi yang berada di tengah antara fitur “pangkas” dan “gambar”.

  • Tutorial Foto Blur pada WhatsApp Desktop

Melalui WhatsApp Desktop, pengguna dapat mengatur ukuran area blur, baik sebagian atau seluruh gambar. Posisi bidang blur juga bisa diatur. Bentuk blur juga bisa dipilih, ada pixel yang cukup besar dan kasar, ada yang blur yang cukup halus.

Hal yang sama berlaku untuk tingkat keburaman, yang dapat disesuaikan dengan menggerakkan garis luar. Semakin tinggi angkanya, semakin gelap tingkat blurnya. Agar lebih jelas, berikut tutorial cara blur foto di WA langsung dari aplikasi desktop. 

  • Buka aplikasi WhatsApp di desktop. 
  • Jika belum terinstal, Anda dapat mengunduhnya di halaman resmi WhatsApp versi web. 
  • Buka obrolan kontak yang ingin Anda kirimi foto. 
  • Klik “lampirkan” (ikon klip kertas) di sebelah kiri bidang teks. 
  • Pilih “foto & video” pilih foto yang ingin Anda kirim. 
  • Sesuaikan posisi blur sesuai dengan bagian gambar yang ingin Anda sembunyikan. 
  • Klik panah ke atas di sebelah kanan ikon buram.
  • Jika ingin menyesuaikan kerapatan buram, seret garis di sebelah ikon buram. 
  • Kemudian, klik panah di kanan bawah untuk mengirim foto buram. 

Selain mempermudah edit foto, foto blur di WhatsApp ini juga berguna untuk perlindungan informasi sensitif yang lebih baik. Dengan demikian, pengguna bisa lebih cepat dan mudah menutup informasi sensitif yang tidak ingin dibagikan kepada penerima pesan.

Meski sudah dirilis, kemungkinan fitur blur WhatsApp desktop ini belum bisa diterima oleh semua pengguna. Pengguna dapat memperbarui desktop WhatsApp terlebih dahulu untuk mendapatkan fitur baru.

Fitur-fitur dalam aplikasi WhatsApp terus diperbarui untuk menyenangkan pengguna agar tidak beralih ke aplikasi perpesanan lain. Sehingga, fitur blur tidak hanya bisa diakses di desktop, nantinya fitur blur dengan tool lengkap tersebut bisa diakses di WhatsApp ponsel.

Fitur Edit Foto Blur di Ponsel

Fitur-fitur dalam aplikasi WhatsApp terus diperbarui untuk menyenangkan pengguna agar tidak beralih ke aplikasi perpesanan lain. Baru-baru ini, WhatsApp telah memperkenalkan cara blur chat WA android maupun iOS yang dapat digunakan untuk foto.

Edit foto blur memang sudah bisa diakses di WhatsApp khusus ponsel baik android maupun iOS. Hanya saja fitur blur foto ini belum secanggih dengan WhatsApp versi dekstop. Fitur foto blur di WhatsApp bisa Anda gunakan untuk berkirim foto di obrolan maupun status.

Jadi, kini Anda tidak perlu lagi menggunakan aplikasi tambahan saat ingin memburamkan foto di WhatsApp karena Anda bisa mengeditnya langsung di aplikasi. Jika belum tahu caranya tidak perlu khawatir, karena kamu cukup menyimak tutorialnya di bawah ini sampai selesai.

  • Buka aplikasi WhatsApp di ponsel Anda, lalu buka obrolan, bisa obrolan pribadi atau grup.
  • Setelah percakapan terbuka, ketuk ikon kamera.
  • Pilih foto di baris bawah atau dengan mengetuk ikon galeri di sudut kiri bawah.
  • Setelah foto dipilih, ketuk ikon pensil di sudut kanan atas.
  • Pilih fitur blur di pojok kanan bawah, lalu geser fitur pada foto yang ingin diburamkan.
  • Jika foto berhasil di-blur, tap Done di pojok kiri atas.
  • Ketuk kirim untuk berbagi dengan orang lain.

Fitur blur yang dimiliki WhatsApp juga berguna saat ingin membuat status. Jadi, Anda juga tidak perlu mengedit foto blur terlebih dahulu. Anda bisa langsung mengeditnya di status. Perhatikan bahwa saat ini fitur blur di ponsel hanya berfungsi untuk foto dan bukan untuk video.

Penutup

Platform pesan instan, WhatsApp (WA), telah merilis foto blur di WhatsApp untuk memudahkan pengguna mengedit foto sensitif sebelum mengirimnya.

Dengan fitur blur foto ini, pengguna bisa lebih menjaga privasi. Saat memposting foto atau gambar, mereka dapat menyensor bagian yang berisi informasi sensitif untuk mencegah orang lain mengintip. Saat ini kedua fitur edit foto baru tersebut masih dalam tahap pengembangan.

Selain foto blur di WhatsApp di atas, WhatsApp juga mengembangkan banyak fitur baru. Ini termasuk perubahan besar seperti transfer multi-perangkat dan obrolan dari Android ke iOS, hingga perubahan kecil seperti emoji animasi dan pemutar catatan suara baru.