Dunia Akan Berubah, Ini yang Terjadi Jika Jaringan 5G Hadir!

Walaupun belum masif, jaringan 5G sudah hadir di Indonesia. Kira-kira, apa yang akan terjadi setelah perkembangan 5G ini?

Cara Mengecek Kecepatan Internet

Pada tahun ini, jaringan 5G telah diperkenalkan di Indonesia dan Telkomsel menjadi operator seluler pertama yang menerapkan jaringannya. Bagi yang belum tahu, 5G merupakan teknologi jaringan seluler kelima dengan banyak keunggulan dibandingkan pendahulunya.

Kecepatan akses data 5G jauh lebih cepat, waktu tempuh (penundaan) ke akses data jauh lebih singkat, dan jaringan yang terhubung ke perangkat berbeda jauh lebih mumpuni. Di artikel ini kita akan membahas secara detail terkait teknologi 5G.

Apa Itu Teknologi 5G?

Dunia Akan Berubah, Ini yang Terjadi Jika Jaringan 5G Hadir!

Seperti yang dilaporkan Qualcomm, teknologi 5G adalah jaringan seluler generasi ke-5 (generasi ke-5 / 5G) yang menjanjikan kecepatan unduh dan unggah data 10-20 kali lebih cepat daripada kecepatan internet generasi sebelumnya.

Bahkan, kemunculan teknologi 5G ditujukan untuk memberikan kemudahan bagi pengguna dalam hal kecepatan data, latensi rendah, konektivitas jaringan luas, dan kapasitas jaringan lebih tinggi.

Singkatnya, teknologi jaringan 5G memungkinkan kamu melakukan aktivitas terkait Internet 500% lebih cepat daripada 4G LTE.

Lalu siapa penemu teknologi 5G? Penemu jaringan 5G dikatakan adalah fisikawan Jerman Michael Lemke. Dilaporkan bahwa penelitian dimulai pada tahun 2016 untuk mewujudkan kelahiran teknologi 5G. Tepatnya, berada di Universitas Teknologi Dresden di Jerman.

Michael Lemke tidak hanya seorang fisikawan, tetapi juga punya posisi penting di salah satu merek ponsel terkemuka, Huawei, sebagai salah satu pakar teknologi di sana. Ia telah berkecimpung di dunia teknologi telekomunikasi selama 24 tahun.

Perbedaan Antara 4G dan 5G

Dunia Akan Berubah, Ini yang Terjadi Jika Jaringan 5G Hadir!

5G adalah jaringan seluler generasi ke-5 yang menawarkan kecepatan internet lebih cepat dari 4G generasi sebelumnya. Jaringan 5G menjanjikan kecepatan di mana internet seluler dapat dibandingkan dengan Wi-Fi.

Jaringan 4G adalah teknologi nirkabel generasi keempat yang menggunakan menara nirkabel untuk menyediakan layanan telepon dan internet nirkabel ke perangkat seluler, menyediakan teknologi nirkabel yang lebih cepat.

Sementara jaringan 5G dibangun di atas jaringan nirkabel 4G, 5G juga memperkenalkan teknologi baru dan jangkauan frekuensi radio yang lebih luas. Menara dan pemancar 5G menggunakan lebih banyak antena dan pita radio frekuensi lebih tinggi, menghasilkan kecepatan yang lebih cepat dan waktu respons yang lebih cepat.

Dalam hal kapasitas, di daerah terpadat, 5G 10 kali lebih cepat dari 4G, mencapai kecepatan rata-rata mendekati 500Mbps. Ini adalah perbedaan besar dari 4G yang hanya sekitar 30Mbps. Dalam keadaan normal, kecepatan 4G adalah 100Mbps, tetapi 5G dapat mencapai 10Gbps.

Karena ketersediaannya, jaringan 4G tersedia hampir di mana-mana-kecuali di daerah terpencil dan wilayah pedesaan di mana akses seluler dibatasi-saat ini. Sedangkan untuk cakupan 5G terbatas di kota-kota besar saja dan tidak ada di kota kecil.

Apa yang Terjadi Jika Jaringan 5G Sudah Masif?

Dunia Akan Berubah, Ini yang Terjadi Jika Jaringan 5G Hadir!

Beberapa orang mungkin mengatakan bahwa 5G dapat digunakan untuk apa saja. Berikut ini adalah beberapa kasus penggunaan teknologi 5G yang diterapkan di berbagai negara.

1. Mobil yang Bisa Menyetir Sendiri

Perkembangan mobil self-driving tentunya bukan hal baru. Namun, untuk mewujudkan apa yang disebut sebagai kendaraan yang sepenuhnya mandiri, diperlukan penyesuaian dalam hal teknologi, kecepatan jaringan, throughput data, dan pembelajaran mesin.

Nah, jaringan 5G sendiri sudah siap sebagai teknologi untuk mendukung mobil self-driving. 5G mobil self-driving ini memiliki kemampuan respons (delay) hingga 10 kali lipat dari jaringan seluler normal dan berfungsi untuk merespons semua jenis sinyal di jalan.

Hal ini memungkinkan pengemudi untuk tidak memegang setir tanpa khawatir akan terjadi kecelakaan. Sangat menakjubkan bukan?

2. Pabrik Pintar

Tidak hanya kendaraan akan bergerak secara otomatis, tetapi perangkat dan peralatan di pabrik juga akan bergerak secara otomatis dengan 5G. Faktanya, industri pelapis anti gores untuk layar smartphone sedang mencari cara untuk meningkatkan produksi dengan 5G.

Dengan 5G, banyak hal yang bisa dikontrol secara otomatis dan mudah, sehingga proses kerja menjadi lebih efisien. Tentu saja, bahkan jika ini dilakukan secara otomatis menggunakan bot, manusia dapat menemukan cara bekerja yang efisien.

3. Cloud Game

Bagaimana jika kamu ingin memainkan game PS5? Ya tentu harus punya PS5 dulu kan? Hal yang sama berlaku untuk game Xbox One, misalnya. Namun untuk cloud gaming, kamu tidak perlu menyiapkan konsol atau mungkin PC dengan spesifikasi tinggi.

Semuanya dilakukan hanya dengan cara yang disebut komputasi awan, atau cloud. Yang harus kamu lakukan adalah melakukan streaming game yang dibutuhkan melalui smartphone, tablet, laptop, atau PC standar.

4. Streaming HD dan Panggilan Video

Dengan puluhan kali lebih cepat dari kecepatan data puncak 4G, 5G memastikan kualitas HD saat streaming konten video dan film. Ucapkan selamat tinggal pada buffering dan logo lingkaran saat streaming video.

Kamu tidak hanya dapat menggunakan streaming video berkualitas tinggi, tetapi kamu juga dapat menggunakan panggilan video HD. Oleh karena itu, 5G sangat berguna untuk aktivitas online yang semuanya dilakukan dari jarak jauh.

5. VR dan AR

Kehadiran jaringan 5G membawa pengalaman imersif ke tingkat yang lebih tinggi melalui teknologi realitas maya (virtual reality) dan realitas tertambah (augmented reality).

5G yang cepat dan berlatensi rendah dapat menampilkan gambar yang lebih jelas secara real time untuk digunakan dalam realitas virtual dan augmented reality.

Selain digunakan sebagai sarana hiburan, virtual reality dan augmented reality juga dapat digunakan untuk kebutuhan komersial dan pendidikan.

Misalnya, kamu dapat menggunakan VR dan AR untuk melakukan semua jenis pelatihan, atau kamu dapat membantu pengecer mengetahui jenis produk yang dibeli konsumen.

6. Fixed Wireless Access

Salah satu keunggulan 5G adalah dapat menyediakan Internet berkecepatan tinggi dalam jumlah besar. Sebelumnya, hanya perangkat seperti modem WiFi yang memiliki fitur ini. Fitur 5G ini sangat relevan dengan situasi saat ini karena semua orang terbiasa bekerja secara online.

Kamu tidak lagi harus bergantung pada WiFi untuk akses cepat ke internet dengan bandwidth yang besar. Semua orang bisa mencoba modem seperti Telkomsel Orbit 5G untuk memperlancar aktivitas internet.

7. Kontrol dan Pengiriman Drone

Sejak pertama kali diluncurkan, penggunaan drone telah meluas di kalangan masyarakat umum untuk memenuhi berbagai kebutuhan, termasuk kebutuhan produksi video dan fotografi. Namun, dengan 5G, penggunaan perangkat UAV dapat berkembang dalam jangkauan yang lebih luas.

Beberapa kasus penggunaan 5G yang ditargetkan untuk penggunaan drone adalah layanan pemantauan dan pengiriman. Drone dapat digunakan untuk memantau area pertanian, pertambangan, inspeksi pipa gas, dan area yang sulit dijangkau manusia.

Selain itu, drone juga dapat digunakan sebagai pengangkut untuk pengangkutan barang. Silakan bayangkan, paket kamu akan dikirimkan nanti oleh drone. Ini sangat menyenangkan, bukan?

Penutup

Ini adalah beberapa kasus penggunaan 5G yang dapat berguna di berbagai sektor. Ini sangat menyenangkan, bukan? Semoga semua contoh kasus di atas bisa segera diimplementasikan di Indonesia.