Games  

Deretan Game Asah Otak Ini Ternyata Bisa Mengasah Kepintaran Kamu, Lho!

Game asah otak ternyata bisa menjadi salah satu cara menyenangkan untuk menggali lebih dalam kemampuan otak. Apa saja game itu? Berikut ulasannya.

Deretan Game Asah Otak Ini Ternyata Bisa Mengasah Kepintaran Kamu, Lho!
Deretan Game Asah Otak Ini Ternyata Bisa Mengasah Kepintaran Kamu, Lho!

Menggunakan game asah otak bisa menjadi salah satu jalan praktis nan menyenangkan untuk menggali kemampuan diri. Permainan untuk mengasah otak ini bisa dalam berbagai bentuk, salah satunya adalah game yang bisa kita mainkan di telepon genggam.

Tidak hanya untuk anak-anak, game-game ini juga diperuntukkan oleh para orang dewasa. Hal ini juga didukung oleh tim peneliti dari Universitas Sains dan Teknologi Elektronik China breast Universitas Macquarie Australia yang melakukan studi terkait hal ini.

Deretan Game Asah Otak Seru yang Bisa Kamu Mainkan

Dipublikasikan oleh Nature, studi menemukan bahwa game asah otak offline dan online bisa meningkatkan konektivitas fungsional dan volume otak di sub kawasan insular. Berikut, kami berikan ulasan untuk kamu game-game yang bisa dimainkan untuk mengasah kemampuan otak.

1. Permainan Angka Dalam Kotak, Sudoku

Nama game Sudoku sudah tidak perlu dipertanyakan lagi ya, permainan klasik satu ini memang sudah melegenda dari dulu. Bahkan, game asah otak seru satu ini juga telah dinobatkan sebagai game pilihan editor di Play Store Google Play karena memiliki banyak penggemar.

Lebih asiknya lagi, game Sudoku bisa kamu mainkan secara offline dan tersedia di android dan iOS. Meski kamu berpikir permainan ini mudah, ternyata Sudoku cukup menantang untuk dimainkan karena harus benar-benar menggunakan otak ketika mengisi setiap kotak yang ada.

Semakin tinggi levelnya kamu harus mengisi kotak lebih banyak dengan angka-angka. Tentu game satu ini bisa menjadi game untuk mengasah otak kamu karena setiap baris dan kolom tidak boleh diisi dengan angka yang sama.

2. Game Misi Menyelamatkan Kucing, Hello Cats

Game asah otak yang kedua ada Hello Cats yang namanya sudah populer apalagi di kalangan pengguna android. Dengan misi yang sangat mudah, menyelamatkan kucing, ternyata game satu ini harus membuatmu memutar otak.

Dalam menyelesaikan misi, kamu harus menggambar hal-hal yang dibutuhkan oleh si kucing. Gambaranmu tidak perlu bagus dan sempurna, kamu hanya perlu menggambar seadanya untuk menyelamatkan kucing.

Contohnya adalah ketika kucing kehausan dan perlu minum kamu perlu menggambar bentuk minuman supaya bisa diraih oleh si kucing dan berhasil selamat. Cukup mudah, namun game Hello Cats bisa mengasah kreativitas kamu dengan cara seru.

3. Game Ramah untuk Anak, Brain Dots

Permainan bernama Brain Dots ternyata juga bisa kamu jadikan sebagai game asah otak untuk anak karena sangat ramah bagi anak minimal usia 3 tahun. Meski bisa dimainkan sangat mudah oleh orang dewasa namun game ini sangat bagus untuk mengasah kreativitas anak kecil.

Brain Dots dimainkan dengan cara menggambar jalur agar bola bisa saling berbenturan dengan yang lainnya. Namun, semakin tinggi levelnya maka akan semakin menantang pula permainannya dan ini yang akan membuat kamu terus berusaha mengasah otakmu untuk menyelesaikannya.

Inilah kenapa game Brain Dots cocok untuk kamu yang ingin terus mengasah otak sekaligus mengisi waktu luang. Untuk mendapatkan game ini kamu bisa mengunduhnya secara gratis baik di android maupun di iOS.

4. Game Favorit Anak Matematika, Quick Brain

Bagi pecinta Matematika maka kamu sudah tidak asing lagi dengan game asah otak yang bernama Quick Brain. Permainan ini tentu bisa mengajak otakmu untuk berpikir cepat dan kritis sehingga otak bisa terus terasah.

Game ini juga menyediakan fitur time out yang bisa memberikan efek seru dan tegang. Meski begitu, tampilan dari game Quick Brain cukup nyaman di mata sehingga tidak membuat matamu cepat merasa sakit.

Kelebihan lain dari game ini adalah Quick Brain bisa kamu mainkan baik secara online dan offline. Game ini juga bisa kamu dapatkan di berbagai platform seperti di Play Store untuk android dan App Store di iOS.

5. Game Mari Menghitung di Math Duel

Game asah otak Matematika selain Quick Brain yang telah dibahas di atas adalah Math Duel. Game ini akan mengajak kamu untuk “bertanding” dalam menyelesaikan soal-soal Matematika. Game ini bisa kamu unduh baik di android maupun iOS.

Selama bermain, kamu harus bisa melakukan permainan logika, berpikir cepat juga kritis jadi kamu harus siap-siap ya. Math Duel memiliki tampilan seperti permainan kartu atau catur namun tentu berbeda karena game ini berisikan dengan soal Matematika yang harus diselesaikan.

6. Game Menajamkan Ingatan, Kahoot

Untuk kamu yang ingin menajamkan daya ingat, maka game satu ini sangat cocok untuk kamu, namanya adalah Kahoot. Permainan ini memiliki banyak kuis yang bisa kamu selesaikan, seperti kuis-kuis tentang sejarah, soal-soal hitungan, hingga tentang pengetahuan umum.

Tentu, kuis-kuis ini akan memperluas pengetahuanmu sekaligus bisa meningkatkan daya ingat kamu. Lebih serunya lagi kalau kamu bisa mengajak teman untuk bermain game ini. Yup, game ini bisa dilakukan secara beramai-ramai, bahkan kamu bisa mengajak 10 orang untuk bermain bersama.

Untuk mendapatkan game ini kamu bisa mengunduhnya baik di Play Store maupun App Store. Tidak berhenti di situ, game ini juga bisa dimainkan di laman websitenya yakni Kahoot.com. Bagaimana, tertarik untuk memainkan game menarik satu ini?

7. Harus Ekstra Fokus saat Bermain di Unblock Me FREE

Game asah otak yang wajib dicoba selanjutnya adalah Unblock Me FREE. Permainan ini akan sangat membantu kamu untuk melatih daya konsentrasi karena permainannya yang sangat menantang sehingga kamu harus mengerahkan fokus secara ekstra.

Saking terkenalnya dan memiliki banyak penggemar, game Unblock Me FREE telah diunduh lebih dari 50 juta kali di Play Store. Dalam game ini kamu akan ditugaskan untuk memindahkan balok coklat supaya tidak menghalangi jalur dari balok merah.

Tapi, sekali lagi, untuk menyelesaikan misi kamu harus ekstra fokus untuk menyelesaikannya apalagi ketika level semakin tinggi maka tingkat kesulitannya juga tinggi. Untuk pengguna iOS, game ini juga bisa kamu download secara gratis.

8. Mari Mengingat Semua Hal di Memorado

Game bernama Memorado ini telah diklaim secara ilmiah bisa membantu pemainnya untuk meningkatkan IQ dan aktivitas kognitif. Tidak heran, jika game ini ditetapkan sebagai pilihan editor di bidang game asah otak di Play Store dan telah diunduh lebih dari 1 juta kali.

Namun, untuk pengguna iOS, kamu juga bisa mendapatkan aplikasi game yang seperti Memorado di App Store, yakni bernama GEIST. Terdapat sebanyak 24 game yang bisa kamu gunakan di game ini untuk mengasah otak namun tentu saja dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda.

Seperti namanya, game ini akan membantumu untuk meningkatkan daya ingat, kemampuan berpikir cepat, bahkan berhitung. Selain seru dan menegangkan, game ini cocok untuk kamu mainkan di waktu luang untuk mengusir penat.

Penutup

Di antara 8 game yang sudah dijelaskan di atas, mana pilihan favorit kamu atau kamu pernah mencoba salah satu di antaranya? Memainkan game memang sangat menyenangkan apalagi game-game tersebut bisa memberikan dampak positif pada otak kita.

Meski begitu, kamu harus bisa mengontrol diri sendiri untuk tidak terlalu larut pada permainan game. Karena jika terlarut bisa membuat kamu kecanduan, bermain game juga memiliki dampak negatif pada kesehatan seperti kesehatan mata.

Dengan memperhatikan berapa lama waktu ketika bermain game justru akan memberi dampak yang lebih positif karena tidak membuat kecanduan menatap layar HP. Jadi, hendaknya bisa membagi waktu supaya bisa mendapatkan manfaat lebih ketika memainkan game asah otak ya.