Dapat Banyak Untung dengan Cara Bisnis Lewat Instagram

Selain sebagai media social, penggunaan Instagram juga banyak digunakan untuk berbisnis. Lalu bagaimana cara bisnis lewat Instagram agar meraih banyak keuntungan?

cara bisnis lewat Instagram

Salah satu media sosial yang saat ini banyak diungsikan untuk kebutuhan bisnis adalah Instagram. Cara bisnis lewat Instagram memang menjadi salah satu andalan yang banyak digunakan oleh para pelaku bisnis.

Dengan fitur utama foto dan video, hal inilah yang membuat banyak pelaku bisnis menggunakan Instagram sebagai tempat mereka melakukan marketing. Selain murah, penggunaan Instagram juga bisa menjangkau banyak orang.

Bagaimana Cara Bisnis Lewat Instagram?

Sebagai salah satu platform media sosial dengan jumlah pengguna yang sangat banyak, maka tidak heran jika banyak orang yang menjadikan media sosial ini sebagai tempat bisnis. Instagram memang memiliki potensi yang cukup besar untuk hal ini.

Saat ini sendiri sudah banyak brand besar yang menggunakan Instagram sebagai salah satu lini usaha mereka. Salah satu kelebihan Instagram untuk bisnis adalah biayanya yang relatif murah, namun jangkauannya yang sangat luas.

Lalu bagaimana cara bisnis lewat Instagram? Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan:

1. Gunakan Akun Bisnis

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan sebagai cara bisnis lewat Instagram adalah dengan menggunakan akun Bisnis. Instagram sendiri memiliki dua jenis akun, pertama adalah akun biasa untuk media sosial dan kedua akun bisnis.

Ada banyak keunggulan ketika Anda menggunakan akun bisnis. Salah satunya adalah Anda bisa mendapatkan insight dari setiap hal yang Anda lakukan di Instagram. Insight ini sendiri bisa membantu untuk menentukan strategi marketing di Instagram.

Selain itu, dengan menggunakan akun bisnis, Anda juga bisa memantau lebih jauh pergerakan bisnis yang Anda jalankan. Tidak sekedar posting, Anda juga bisa melihat apa yang konsumen butuhkan, apa yang konsumen mau, dan lainnya.

2. Buat Menarik

Instagram merupakan akun media sosial dengan kekuatan utama berupa visual. Itu artinya, sebisa mungkin Anda juga perlu membuat tampilan profil Instagram Anda menjadi lebih menarik untuk meyakinkan konsumen.

Salah satu cara membuat Instagram bisnis menarik adalah dengan mengatur feed yang Anda punya. selain itu, Anda juga bisa menggunakan username yang mudah diingat oleh para pengikut.

Hal lainnya yang juga perlu Anda perhatikan adalah kualitas konten yang akan Anda post. Pastikan semua foto atau video yang Anda post memiliki kualitas dan resolusi tinggi. Hal ini untuk menghindari konten tersebut buram saat dilihat.

3. Konsistensi Konten

Cara mengelola akun Instagram bisnis tentu saja akan berbeda dengan akun biasa. Ketika mengelola untuk kebutuhan bisnis, maka konten merupakan hal yang tidak bisa Anda lupakan. 

Dalam hal ini, Anda perlu melakukan upload konten secara konsisten. Ketika akun Instagram Anda dibiarkan tanpa konten, maka hal itu akan menimbulkan pertanyaan, apakah bisnis Anda masih berjalan atau tidak?

Konsistensi ini juga berguna untuk menunjukan bagaimana perkembangan bisnis Anda dari waktu ke waktu. Dalam skala yang lebih luas, masalah konsistensi ini juga bisa membuat akun bisnis Anda lebih mudah untuk ditemukan.

4. Buat Perencanaan Konten

Hal penting lainnya yang perlu Anda lakukan sebagai cara membuat akun Instagram untuk jualan adalah dengan melakukan perencanaan konten. Masalah perencanaan ini akan berkaitan juga dengan konsistensi.

Hal yang paling penting dari melakukan perencanaan ini adalah Anda tahu kapan harus melakukan upload konten tersebut. Yang perlu diingat adalah terlalu sering melakukan update konten di Instagram juga tidak begitu disarankan, terutama jika jaraknya berdekatan.

Masalah perencanaan ini juga akan menentukan konten seperti apa yang akan Anda upload nantinya. Dalam masalah perencanaan ini juga Anda bisa mempersiapkan hal apa saja untuk bisa memenuhi kebutuhan konten sebagai salah satu cara bisnis lewat Instagram.

5. Jangan Asal Upload Konten

Sudah dijelaskan sebelumnya jika mengelola akun bisnis akan berbeda dengan akun biasa. Ketika mengelola akun Instagram bisnis maka banyak hal yang perlu Anda perhatikan. Mulai dari kualitas konten sampai waktu menguploadnya.

Salah satu cara bisnis lewat Instagram yang perlu Anda perhatikan adalah memperhatikan kapan waktu yang ramai. Waktu inilah merupakan waktu yang tepat untuk Anda mengupload konten atau postingan terbaru.

Selain itu, hal yang juga perlu Anda perhatikan adalah masalah penggunaan caption. Ketika mengelola akun bisnis, caption ini juga menjadi salah satu cara untuk bisa menarik minat pembeli.

6. Perhatikan Jumlah Engagement

Dalam dunia Instagram, atau digital marketing umumnya ada banyak istilah yang perlu Anda pahami. Beberapa diantaranya seperti engagement, reach, likes, dan lainnya. Istilah ini sendiri akan mengacu pada kualitas dari konten yang Anda buat.

Contoh yang paling mudah adalah likes, ini merupakan indikator berapa orang yang menyukai konten yang Anda buat. Untuk mengetahuinya, Anda hanya tinggal melihat angka yang ada di bawah konten tersebut.

Selain likes, ada reach, indikator ini menunjukan berapa banyak orang yang sudah melihat konten yang Anda buat. Selain itu, yang tidak kalah penting adalah engagement. Ini merupakan indikator yang menunjukan bagaimana interaksi antara Anda dan followers.

Nantinya, semua indikator tersebut akan menunjukan bagaimana performa Instagram bisnis Anda, Semua indikator ini juga merupakan hal yang perlu Anda perhatikan sebagai cara bisnis lewat Instagram.

7. Pahami Profil Followers Akunmu

Hal penting lainnya yang juga perlu Anda perhatikan sebagai cara bisnis lewat Instagram adalah dengan memperhatikan bagaimana profil followers yang Anda punya. Hal ini akan berguna untuk melihat strategi seperti apa yang bisa menarik untuk mereka.

Dengan mengenali seperti apa followers yang Anda punya, maka Anda juga bisa melihat apa saja yang mereka suka dan tidak suka. Tentunya, Anda juga bisa melihat apa yang mereka butuhkan dan apakah Anda bisa memenuhi kebutuhan tersebut.

Lebih lanjut, hal ini juga akan berguna untuk menentukan strategi marketing ke depannya. Anda bisa menentukan strategi apa yang akan digunakan dengan mengetahui bagaimana kondisi target pasar yang akan Anda tuju.

8. Optimalkan Instagram Story dan Reels

Saat ini sendiri Instagram memiliki dua fitur unik yang bisa digunakan sebagai cara bisnis lewat Instagram. Pertama adalah Instagram Story. Fitur ini bisa Anda optimalkan untuk mengupdate konten pendek namun tidak ingin mengganggu feed. Optimalisasi Instagram Story ini juga berguna untuk menaikan engagement.

Sementara fitur lainnya adalah fitur baru yaitu Reels. Fitur ini sendiri mengadopsi penggunaan video vertikal yang saat ini sudah mulai banyak digunakan. Penggunaannya tidak berbeda jauh dengan ketika Anda menggunakan Instagram Story.

Kedua fitur ini bisa dioptimalkan sebagai pendamping dari feed. Jika feed Instagram Anda berisi hal penting dan serius, maka Anda bisa menggunakan fitur ini untuk menunjukan sisi lain atau promo yang ada pada bisnis.

Optimalkan Instagram untuk Keuntungan Berlipat

Tidak bisa dipungkiri jka penggunaan Instagram ini membuat banyak lini usaha baru semakin berkembang. Bahkan, saat ini juga banyak pelaku bisnis lama yang mulai beralih menggunakan Instagram.

Jumlah pengguna Instagram memang menawarkan pasar yang sangat menjanjikan. Bahkan, jangkauan dari Instagram sangatlah luas. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan utama mengapa banyak orang mencari cara bisnis lewat Instagram. Baca juga Bagaimana Cara Membuat Feed Instagram Menarik untuk Kebutuhan Branding?